6 Kendaraan Traditional Terunik Indonesia, Wajib Diketahui

0
406
6 Kendaraan Traditional Terunik Indonesia, Wajib Diketahui
6 Kendaraan Traditional Terunik Indonesia, Wajib Diketahui

Indonesia adalah negara yang kaya dan artikel ini akan membahas tentang 6 kendaraan traditional terunik, mulai dari becak hingga delman. Beberapa kendaraan tersebut masih bisa ditemui dan adapun yang sudah mulai langka karena keberadaan alat modern.

Baca juga : Inilah Info Baru Rute KRL Beserta Perubahannya di Tahunh 2023

Keduanya mempunyai keunggulan masing-masing, misal kendaraan tradisional yang tidak menggunakan bahan bakar minyak, sedangkan kendaraan modern lebih nyaman dan juga cepat.

Walaupun sudah banyak yang beralih ke kendaraan modern, tetapi tidak ada salahnya jika kalian mengetahui jika Indonesia mempunyai beberapa kendaraan tradisional unik. Penjelasan selengkapnya akan disajikan berikut ini!

Informasi Sekilas Tentang Alat Transportasi Kendaraan Traditional

Informasi Sekilas Tentang Alat Transportasi Kendaraan Traditional
Informasi Sekilas Tentang Alat Transportasi Kendaraan Traditional

Sebelum membahas tentang 6 kendaraan traditional terunik, kalian perlu mengetahui sekilas tentang apa itu alat transportasi atau kendaraan.

Alat transportasi adalah salah satu hal yang tidak akan bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mereka diperlukan untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya sehingga memudahkan proses memindahkan barang.

Tidak hanya itu saja, penggunaan alat transportasi juga bisa membantu buka lapangan pekerjaan, seperti sebagai sopir, masinis, pilot, dan lain-lain. Ada juga untuk melancarkan angkutan kebutuhan, misal sayuran, pakaian, makanan, dan masih banyak lagi contoh lain.

Beberapa alat transportasi yang familiar digunakan selain 6 kendaraan traditional terunik adalah sepeda motor, mobil, bus, perahu, pesawat, dan lain sebagainya. Alat transportasi bisa dibagi menjadi dua jika ditinjau menurut zamannya, yaitu tradisional dan modern. 

Sebagian besar kendaraan tradisional tidak membutuhkan bahan bakar untuk bergerak, sedangkan modern memerlukannya, baik itu berupa BBM maupun listrik. 

Berbicara mengenai kendaraan tradisional, pada poin selanjutnya akan dijelaskan tentang 6 alat transportasi tradisional paling unik di Indonesia. 

6 Kendaraan Traditional Terunik di Indonesia

Kendaraan tradisional memang sudah banyak ditinggalkan, tetapi kalian perlu paham bahwa Indonesia adalah negara super kaya, termasuk mempunyai berbagai jenis kendaraan unik. Berikut ini adalah daftarnya, antara lain:

  • Becak Dayung

Pertama dari 6 kendaraan traditional terunik ada becak dayung atau kayuh yang banyak ditemui di depan gang hingga pasar untuk membantu mengangkut orang maupun barang belanjaan. Ini berjalan dengan cara dikayuh, seperti sepeda ontel atau sepeda kayuh. 

Tenaga yang diperlukan cukup banyak, sehingga becak tidak cocok digunakan perjalanan jarak jauh. Walaupun demikian, penggunaan becak tidak perlu menggunakan bahan bakar dan dengan kata lain ini jauh lebih ramah lingkungan dibanding kendaraan bermotor.

  • Delman

Salah satu dari 6 kendaraan traditional terunik di Indonesia selanjutnya adalah delman. Mungkin beberapa dari kalian sudah tidak asing lagi dengan nama ini apalagi sejak keberadaan lagu anak-anak berjudul Naik Delman.

Mereka memang tidak bisa ditemukan di semua tempat, hanya di beberapa lokasi saja, seperti daerah Jawa Tengan dan Yogyakarta. Jika masih belum tahu, delman adalah kendaraan tradisional yang memanfaatkan kuda untuk menggerakkannya.

Kuda ini nantinya bekerja untuk menarik kereta kecil yang bisa dinaiki oleh 4 hingga 5 orang saja. Seorang pengemudi delman disebut sebagai kusir. Adapun beberapa nama lain, yaitu kahar dan kretek (Sunda), nayor (Sukabumi), dan dokar atau andong (Jawa).

  • Bentor

Selain itu, dalam daftar 6 kendaraan traditional terunik ada bentor yang merupakan singkatan dari becak motor. Sama dengan namanya, ini berupa becak untuk mengangkut orang dan menggunakan sepeda motor agar bisa bergerak tanpa lelah mengayuh lagi. 

Bentor sendiri berasal dari Provinsi Gorontalo dan menjadi kendaraan modifikasi dari becak dayung atau kayuh. 

  • Getek

Selanjutnya dari daftar 6 kendaraan traditional terunik adalah getek. Ini tidak dikenali banyak orang karena hanya ada di daerah yang dekat dengan sungai atau danau. 

Getek berupa perahu tradisional yang terbuat dari anyaman bambu, kemudian ditata membentang dan direkatkan satu sama lain. Kendaraan tradisional ini tidak bisa digunakan untuk perjalanan jarak jauh, tetapi hanya sekitar 100 meter atau hanya untuk menyebrang.

Daya angkutnya juga tidaklah terlalu besar dan hanya bisa dinaiki oleh beberapa motor dan barang dengan jumlah terbatas. Jika bebannya terlalu banyak, maka sudah pasti getek akan rusak atau tenggelam, sehingga membahayakan penumpang.

Jenis kendaraan tradisional ini sudah mulai ditinggalkan karena masyarakat sudah beralih ke perahu atau kapal yang dirasa lebih cepat, tenaga lebih sedikit, dan lebih aman. 

  • Ojek Sepeda

Sebelum ada sepeda motor, masyarakat Indonesia menggunakan ojek sepeda kayuh yang juga termasuk salah satu dari 6 kendaraan traditional terunik. Sistem kerjanya sama, yaitu mengantarkan penumpang atau barang ke suatu lokasi yang dituju.

Hanya saja, sama dengan namanya bahwa ojek sepeda memang menggunakan sepeda yang dikayuh. Oleh karena itu, ini tidak cocok jika digunakan untuk perjalanan jarak jauh karena kecepatannya cukup lambat dan pasti akan menghabiskan banyak tenaga.

  • Pedati

Terakhir dari daftar 6 kendaraan traditional terunik Indonesia yang memanfaatkan tenaga hewan, mulai dari kuda, kerbau, atau lembu. Nantinya hewan tersebut menarik kereta yang diisi oleh beberapa orang atau barang. Kendaraan ini sudah sulit dijumpai di Indonesia.

Ketahui Jenis Kendaraan Unik di Negara Lain

Selain alat transportasi tradisional unik yang dimiliki oleh Indonesia, sebaiknya kalian juga memahami bahwa di negara lain juga terdapat banyak kendaraan super unik, mulai dari Filipina hingga tuktuk Thailand yang mirip dengan bajaj Indonesia.

Jika sudah tidak sabar, berikut adalah daftar alat transportasi unik yang wajib kalian pahami, antara lain:

  • Jeepney – Filipina

Kendaraan ini adalah hasil modifikasi mobil Jeep yang dibuat lebih memanjang dan lebar, sehingga bisa menampung banyak orang bahkan hingga 20 penumpang. Salah satu keunikan Jeepney adalah penggunaan warna yang mencolok, seperti merah, kuning, biru, dan lainnya.

Selain itu, ada juga tambahan banyak stiker atau lukisan yang menjadikannya tampak berbeda dibandingkan kendaraan lain.

  • Gondola – Italia

Daftar 6 kendaraan traditional terunik tidak hanya dimiliki oleh Indonesia, tetapi juga Italia khususnya kota Venesia yang disebut sebagai gondola. Kendaraan ini dikatakan unik karena berupa perahu dayung dengan bentuk runcing ke atas di bagian ujungnya. 

Desain ramping menjadikannya hanya bisa ditumpangi dua hingga enam orang saja beserta pendayung yang bertugas mengarahkan gondola ke kanal-kanal sungai di Venesia. Belum ditinggalkan karena kendaraan ini masih banyak digunakan, terutama untuk sarana wisata.

  • Coco Taxis – Kuba

Alat transportasi unik yang bisa kalian temukan ketika berkunjung ke negara Kuba, terutama di kota besar, seperti Havana, Varadero, dan Trinidad. Coco taxis adalah kendaraan berupa taksi yang bentuknya menyerupai helm tanpa kaca berwarna menyala.

Kendaraan yang mulai beroperasi sejak tahun 1990-an ini mempunyai tiga roda dan bisa menampung dua penumpang dewasa di bagian belakang dan satu orang pengemudi di bagian depan.

  • Barco de Totora – Peru 

Mempunyai nama lain perahu totora yang bisa ditemukan di wilayah Pantai Tengah Peru dan Pulau Paskah. 

Tidak hanya 6 kendaraan traditional terunik di Indonesia, tetapi perlu juga punya barco de totora yang dikatakan unik karena bentuknya memang tidak biasa, yaitu runcing ke atas di kedua sisi perahu.

Uniknya lagi, alat transportasi ini dibuat dari bahan tumbuhan totora atau sejenis rerumputan atau jerami kering yang cukup kuat. 

  • Tuktuk – Thailand

Jika berkunjung ke Thailand, rasanya belum lengkap jika kalian tidak mencoba kendaraan tuktuk yang bentuknya mirip dengan bajaj di Indonesia, tetapi bodinya lebih panjang dan terbuka, sehingga cocok untuk menikmati pemandangan atau suasana sekitar.

Kendaraan ini bisa menampung tiga penumpang dewasa dan satu pengemudi. Bentuknya cukup unik, yaitu roda tiga dan dibuat dengan warna cat yang mencolok, seperti kuning, biru, dan hijau. 

Perbedaan Kendaraan Tradisional dan Modern

Perbedaan Kendaraan Tradisional dan Modern
Perbedaan Kendaraan Tradisional dan Modern

Adanya kendaraan atau alat transportasi sangatlah membantu aktivitas sehari-hari, seperti mengantarkan seseorang ke suatu tempat, memindahkan barang ke satu lokasi ke lokasi lain, hingga menciptakan lapangan pekerjaan. 

Itu bisa dilakukan, baik itu oleh kendaraan tradisional maupun kendaraan modern. Sebelumnya kalian sudah mengetahui 6 kendaraan traditional terunik di Indonesia yang mulai ditinggalkan. 

Adapun di bawah ini kita telah merangkumkan perbedaan antara kendaraan tradisional dan modern, antara lain:

  1. Sumber tenaga: kendaraan tradisional bergerak dengan memanfaatkan manusia dan tenaga hewan, sedangkan modern berasal dari mesin canggih yang menggunakan bahan bakar minyak atau listrik.
  2. Efektivitas waktu: kendaraan tradisional membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berpindah tempat, sedangkan modern bisa dikerjakan dalam waktu yang singkat.
  3. Dampak lingkungan: kendaraan tradisional lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi, sedangkan modern tidak ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar dan mengeluarkan limbah berupa asap.
  4. Biaya: kendaraan tradisional membutuhkan biaya penggunaan yang cukup murah, sedangkan modern bisa murah, tetapi cenderung mahal tergantung dengan jenis hingga penggunaan.

Baca juga : OLX Mobil Bekas, Definisi, Fungsi, hingga Tips Menggunakannya

Alat transportasi menjadi salah satu bagian terpenting dalam kehidupan manusia, baik itu tradisional maupun modern. Walaupun sudah mulai ditinggalkan, tetapi tidak ada salahnya untuk mengetahui 6 kendaraan traditional terunik di Indonesia untuk menambah wawasan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini