5 Teknologi Otomotif Terupdate Berkendara Semakin Nyaman

0
265
5 Teknologi Otomotif Terupdate Berkendara Semakin Nyaman
5 Teknologi Otomotif Terupdate Berkendara Semakin Nyaman

Otomotif terupdate yang kian mutakhir memberikan banyak kenyamanan pada manusia. Mulai dari memungkinkan seseorang pergi ke suatu tempat dengan mudah dan cepat, hingga memberikan kenyamanan penuh selama perjalanan.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih Ban, Ini Beberapa Tipe Ban Beserta Peruntukannya

Salah satu jenis produk otomotif yang mengalami perkembangan pesat adalah mobil. Saat ini ada berbagai jenis, pabrikan, dan tipe mobil mengusung berbagai keunggulan dalam segi teknologinya.

Setiap produsen mengembangkan teknologi terbaru agar tetap bisa menarik konsumen. Mulai dari teknologi autopilot, kecanggihan fitur, mapping, hingga menyediakan berbagai hiburan dalam mobil.

Kali ini, kami akan membahas beberapa jenis teknologi terbaru yang sudah disematkan atau masih dalam tahap rancangan untuk mobil-mobil masa depan. 

Otomotif Terupdate Sistem Kunci Biometrik

Saat ini teknologi biometrik telah dikembangkan untuk mempermudah manusia dalam sistem penguncian. Baik rumah maupun gadget banyak sudah menggunakannya. Sekarang juga diterapkan pada mobil-mobil kelas premium.

Mobil-mobil masuk kategori supercar ini tidak memerlukan kunci manual lagi, tapi bisa dinyalakan hanya dengan sentuhan tangan saja. Sehingga tidak ada lagi drama ketinggalan atau kehilangan kunci.

Brand Ford telah mematenkan teknologi sentuhan tangan untuk membuka mobil ini pada tahun 2015. Ford memproduksi seri mobil dengan menanamkan kunci biometrik di dalamnya dan menjadi otomotif terupdate selama satu dekade terakhir.

Bukan hanya Ford yang sukses dengan kunci biometriknya, Volkswagen juga mulai mengembangkan sistem pengenalan wajah untuk akses mobil. Selain lebih aman juga memudahkan pengguna. Beberapa bagian tubuh bisa dijadikan kunci pengenal biometrik adalah:

  • Tangan atau Sidik Jari

Sentuhan tangan yang membiarkan pemindai sidik jari mengenali pemilik sudah digunakan cukup lama dalam dunia otomotif. Anda hanya perlu menyentuh atau melambaikan tangan, kemudian sensor akan mengenalinya sebagai pemilik.

  • Mata

Bola mata manusia sangatlah unik dan berbeda satu dengan yang lain, sama halnya seperti sidik jari. Jadi, ini juga dapat dimanfaatkan sebagai kunci biometrik pada kendaraan pribadi seperti mobil.

  • Wajah

Otomotif terupdate saat ini menggunakan sistem pengenalan wajah sehingga tidak akan terjadi kesalahan dalam pengenalan pemilik. Kunci biometrik ini sudah banyak digunakan, hanya saja harganya masih cukup tinggi.

Perangkat Penyimpan Energi untuk Mensuplai Kebutuhan Pengemudi dan Penumpang

5 Teknologi Otomotif Terupdate Berkendara Semakin Nyaman_Perangkat Penyimpan Energi untuk Mensuplai Kebutuhan Pengemudi dan Penumpang
5 Teknologi Otomotif Terupdate Berkendara Semakin Nyaman_Perangkat Penyimpan Energi untuk Mensuplai Kebutuhan Pengemudi dan Penumpang

Kemunculan Tesla memulai era baru dalam dunia teknologi otomotif saat ini. Jika sebelumnya hanya ada mobil-mobil yang harus mengisi bensin sebelum bisa dijalankan, maka saat ini sudah ada mobil listrik.

Para produsen atau pabrikan mobil kemudian mulai mengembangkan teknologinya agar bisa menciptakan mobil listrik. Jenis otomotif terupdate memiliki perkembangan berbeda-beda pada masing-masing pembuat.

Namun, hingga kini baru beberapa yang mengeluarkan produknya. Kebanyakan lagi masih mencoba mencari tahu prospek berbisnis di bidang tersebut. Beberapa produk yang sudah diluncurkan memiliki teknologi penyimpan energi cukup besar.

Dengan adanya energi ini, maka mobil listrik dapat digunakan dalam jangka panjang (apabila pengisian penuh). Selain itu, juga dapat memenuhi kebutuhan lainnya, seperti mengisi daya handphone atau gadget lainnya, serta mendukung hiburan pengemudi dan penumpang.

Salah satu hambatan yang dialami pengguna mobil listrik adalah kerepotan mencari tempat mengisi daya. Namun, dengan adanya otomotif terupdate berupa pengembangan mobil listrik berbaterai dengan baterai besar, daya tahan bertahan berjam-jam tanpa isi ulang.

Penggunaan Teknologi Blockchain di Industri Otomotif

Blockchain merupakan istilah dalam dunia teknologi yang cukup sering disebut satu dekade terakhir. Banyak juga menyebutnya sebagai internet generasi kedua. Ini merupakan teknologi yang dapat melakukan organisasi jaringan dengan lebih baik.

Sederhananya blockchain merupakan sebuah sistem komputer yang membantu pengolahan data menjadi lebih mudah menggunakan jaringan aman. Sehingga dapat dipergunakan untuk mengamankan transportasi kota, mengatur lalu lintas kendaraan juga pengiriman.

Selain digunakan sebagai teknologi otomotif terupdate, blockchain sudah digunakan untuk bidang-bidang lainnya. Sebab kemampuannya dalam membuat struktur yang baik dan aman.

Keunggulan dari blockchain adalah tingkat keamanan data yang terjamin, sebab tidak dapat menambah atau memperbaiki suatu sistem di dalamnya sehingga menyulitkan hacker untuk masuk dan melakukan perubahan data.

Penyimpanan data dalam blockchain dapat disesuaikan sehingga bukan hanya untuk bidang otomotif, tapi dapat diubahsuaikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Contoh penggunaan blockchain telah diterapkan produsen Jaguar Land Rover. Penerapannya yang dilakukan produsen mobil asal Inggris tersebut dalam bentuk perangkat lunak yang memungkinkan pengemudi mendapatkan uang digital atau disebut sebagai dompet pintar.

Jadi, otomotif terupdate yang digunakan tersebut, memungkinkan pengemudi mobil Jaguar mendapatkan uang apabila memberikan informasi perjalanan ke media. Mulai dari rute terbaik, kerusakan di jalan, dan berbagai informasi kecil yang penting bagi perjalanan.

Nah, para pengemudi juga bisa menjadi pemandu perjalanan yang aman dan nyaman bagi pengemudi lain, hanya dengan berbagi pengalaman perjalanan. Bahkan mendapatkan bayaran dari informasi yang dibagikan tersebut.

Fitur Cruise Control Nyamankan Perjalanan

5 Teknologi Otomotif Terupdate Berkendara Semakin Nyaman_Fitur Cruise Control Nyamankan Perjalanan
5 Teknologi Otomotif Terupdate Berkendara Semakin Nyaman_Fitur Cruise Control Nyamankan Perjalanan

Cruise control mungkin bukan masuk jajaran teknologi baru, karena sudah lama ditemukan dan dipergunakan pada mobil. Namun, teknologi otomotif terupdate ini selalu diperbaiki dan disempurnakan dari waktu ke waktu.

Cruise control memungkinkan para pengemudi dapat melakukan perjalanan jarak jauh dengan lebih mudah dan nyaman. Sering disebut juga speed control atau autocruise, jadi masing-masing produsen mobil bisa menyebutnya berbeda sebagai fitur di produk mereka.

Meskipun namanya berbeda-beda, tapi tetap memiliki fungsi yang sama, yaitu:

  • Pengatur Kecepatan Stabil

Pengaturan kecepatan stabil yang dilakukan cruise control tidak membutuhkan pijakan gas. Jadi, mobil Anda tetap akan melaju di jalanan dengan kecepatan stabil tanpa perlu diinjak gasnya.

  • Memudahkan Perjalanan Jarak Jauh

Otomotif terupdate satu ini memberikan kemudahan bagi pengemudi ketika harus mengemudi dalam jarak yang tidak dekat. Sebab dapat disetel berapa kecepatan yang diinginkan secara otomatis.

Selain menyetel kecepatan, Anda juga dapat mengatur waktunya. Misalnya, dengan memasang timer 1 jam atau lebih. Sebagai pengaman, sistem otomatis dapat langsung berubah manual apabila pengemudi menggunakan pedal gas mengatur kecepatan.

  • Efektif Dipergunakan di Jalan Bebas Hambatan

Penggunaannya mudah dan simpel, yakni hanya dengan mengaktifkan fiturnya pada layar di dashboard mobil, lalu mengatur kecepatan diinginkan. Pengaturan kecepatan di angka 40 km/jam tidak boleh kurang.

Karena di jalan tol memang diharuskan memacu kecepatan kendaraan. Maka penggunaan fitur ini memang paling pas di jalanan tersebut dan disesuaikan dengan jalurnya.

Selain itu, jalan tol memiliki jalanan yang mulus dan rata sehingga sensor dapat berjalan dengan baik.

Meskipun sangat memudahkan pengguna, cruise control yang merupakan teknologi otomotif terupdate ini memiliki kelemahan, yaitu tidak bisa digunakan dalam kondisi jalanan ramai. Sebab risiko tabrakannya sangat tinggi.

Walaupun dilengkapi sensor dengan laser yang dapat mendeteksi jarak kendaraan di depan dan akan melakukan pengereman otomatis. Akan tetapi, penggunaannya di jalanan ramai tetap berisiko. Jadi, sebaiknya tidak Anda gunakan pada jalanan padat merayap.

Satu catatan penting, apabila Anda menggunakan fitur ini tetap harus memperhatikan kondisi jalan, terutama kendaraan di depan. Sebab ada kemungkinan pengemudi lain tiba-tiba mendahului atau munculnya kendaraan lain di arah berbeda.

Menikmati Hiburan Melalui Jendela Mobil

Fitur teknologi otomotif terupdate terakhir yang akan kami bahas adalah jendela mobil sebagai sarana menikmati hiburan. Jika dulunya jendela kaca mobil digunakan sebagai ruang pandang untuk melihat ke depan, samping atau belakang, kini fungsinya berkembang.

Pengguna supercar bukan hanya bisa mendapatkan kecepatan, beragam fungsi paling baru, dan kenyamanan interior, tapi juga bisa menjadikan kendaraan mereka sebagai tempat menikmati hiburan.

Jendela-jendela kaca mobil dapat dijadikan sebagai layar besar untuk menikmati hiburan. Misalnya untuk menonton acara tertentu, pertandingan olahraga, atau dijadikan sebagai layar bermain game.

Teknologi otomotif terupdate telah banyak dikembangkan oleh produsen kendaraan roda 4, terutama pada mobil pribadi sehingga memberikan kenyamanan lebih kepada penggunanya. Jadi, tidak perlu lagi layar tambahan yang ditempatkan di belakang jok mobil.

Anda bisa mendapatkan berbagai hiburan dengan mengaktifkan fitur jendela mobil sebagai layar besar. Tentu saja, fitur ini tidak akan membahayakan keamanan saat berkendara. Sebab telah ada sistem canggih yang bantu pengemudi tetap bisa fokus saat berkendara.

Saat ini, pengembangan penggunaan jendela mobil untuk akses berbagai hiburan masih terus dilakukan. Karena membutuhkan teknologi tinggi dan dana yang cukup besar, maka masih belum banyak produsen mampu menerapkannya pada produk mereka.

Kian hari perkembangan dunia otomotif memang kian pesat, bukan hanya dari segi tampilan kendaraan atau jeroannya, tapi juga menyangkut fitur-fitur yang ditawarkan.

Para produsen kendaraan berupaya memberikan fitur-fitur baru yang canggih untuk bisa memuaskan pelanggannya sehingga tidak kalah saing dengan produsen lainnya. Beberapa contohnya sudah kami uraikan di atas.

Baca Juga: Tips dan Trik Merawat Cat Mobil dan Rekomendasi Cat Terbaik

Kebanyakan fitur-fitur tersebut hanya bisa dinikmati di kendaraan-kendaraan mewah, karena memang dibuat untuk kenyamanan dan kemudahan. Selain itu, biaya penerapan teknologi otomotif terupdate juga mahal sehingga mempengaruhi harga jual kendaraan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here