4 Syarat Kredit Mobil yang Wajib Dipenuhi sebelum Pengajuan

0
177
4 Syarat Kredit Mobil yang Wajib Dipenuhi sebelum Pengajuan
4 Syarat Kredit Mobil yang Wajib Dipenuhi sebelum Pengajuan

Jika kalian memutuskan ingin membeli mobil secara kredit maka perlu mengetahui syarat kredit mobil terlebih dahulu. Bagi sebagian besar orang membeli kendaraan secara kredit merupakan salah satu pilihan paling mudah dan terjangkau. 

Baca juga : Cara Cek Pajak Tanpa NIK Mudah Beserta Panduan Pembayarannya

Terlebih lagi belakangan ini masyarakat Indonesia menjadikan mobil sebagai salah satu kebutuhan primer. Terutama bagi kalangan kelas menengah ke atas. Jenis kendaraan ini sangat dibutuhkan bagi mereka dengan tingkat mobilitas tinggi. 

Hadirnya kendaraan tersebut mampu mempermudah pemiliknya untuk bepergian ke mana saja dengan membawa banyak barang. Namun bagi sebagian orang dengan anggaran terbatas akan memutuskan untuk membelinya dengan cara kredit. 

Saat ini syarat kredit mobil semakin ketat dengan diiringi meningkatnya daya beli masyarakat. Ada banyak sekali lembaga pembiayaan yang menawarkan pembelian dengan sistem cicilan. Namun sebelum itu kalian perlu memahami beberapa poin penting berikut ini.

Syarat Kredit Mobil dan Aturannya yang Perlu Dipahami

Syarat Kredit Mobil dan Aturannya yang Perlu Dipahami
Syarat Kredit Mobil dan Aturannya yang Perlu Dipahami

Seiring dengan berjalannya waktu syarat kredit mobil semakin lama semakin ketat. Hal ini juga diikuti dengan meningkatnya pasar kendaraan roda empat yang beredar di Indonesia serta kebutuhan dan daya beli semakin bertambah. 

Agar perusahaan pembiayaan menyetujui pengajuan cicilan kalian, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Meski beberapa perusahaan memiliki persyaratan terbilang cukup bervariasi, secara garis besar berikut beberapa hal yang wajib kalian penuhi.

  • Dokumen Pengajuan dan Memenuhi Batas Usia

Saat mengajukan cicilan kendaraan pastikan kalian sudah menyiapkan syarat kredit mobil dan berbagai dokumen pribadi yang dibutuhkan untuk kebutuhan administrasi. Dokumen tersebut terbilang cukup penting untuk bisa memuluskan proses pinjaman. 

Bukan hanya itu saja, dokumen tersebut juga bermanfaat untuk meyakinkan pihak leasing agar menerima pengajuan cicilan yang kalian ajukan. Secara garis besar berikut beberapa dokumen pengajuan yang wajib dipenuhi. 

  • Salinan rekening koran selama kurun waktu 3 bulan terakhir. 
  • Rekening listrik. 
  • Salinan TDP / SIUP untuk wiraswasta. 
  • Slip gaji dan bukti surat keterangan penghasilan. 
  • Kartu Keluarga (KK) atau bisa diganti dengan akta nikah. 
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari pemohon dan pasangan jika sudah menikah. 
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). 
  • Bukti kontrak rumah atau bukti kepemilikan rumah. 

Syarat kredit mobil ini dibutuhkan lembaga pembiayaan untuk melancarkan proses kerja sama selama cicilan berlangsung. Selain itu kalian juga harus memenuhi batas usia untuk bisa mengajukan cicilan. Batas usia tersebut antara lain sebagai berikut ini. 

  • Usia maksimal 55 tahun ke atas ketika angsuran kendaraan lunas. 
  • Usia minimal 21 tahun ketika mengajukan angsuran.
  • Penghasilan Harus sesuai dengan Besarnya Cicilan

Syarat kredit mobil selanjutnya dan tidak boleh diabaikan adalah penghasilan harus sesuai dengan besarnya cicilan. Jika penghasilan kalian tidak mencukupi untuk melakukan pembayaran angsuran tentu pengajuan akan mengalami penolakan. 

Bukan hanya itu saja, pastikan untuk selalu menghitung keseluruhan pengeluaran lainnya. Jangan sampai penghasilan tersebut hanya cukup untuk membayar cicilan dan akhirnya berujung gagal bayar apabila terdapat keperluan mendadak. 

Perlu dipahami bukan hanya sekedar tentang berapa besar gaji saja. Namun hal tersebut juga termasuk berapa persentase penghasilan yang nantinya akan dibayarkan untuk cicilan setiap bulannya. 

Pembeli pinjaman juga melihat apakah cash flow yang kalian miliki sehat untuk memenuhi pembayaran angsuran tersebut. Besarnya pendapatan yang dikatakan sehat untuk bisa membeli kendaraan secara kredit adalah pengeluaran cicilan sebesar 30% dari gaji. 

Jadi apabila kalian memiliki penghasilan sebesar Rp. 20 juta, maka maksimal cicilan yang diambil tidak boleh lebih dari Rp. 6 juta. Jadi pastikan untuk selalu melakukan perhitungan terlebih dahulu sebelum memulai pengajian.

  • Mempersiapkan Uang Muka atau Down Payment

Hal selanjutnya wajib dipenuhi sebagai syarat kredit mobil adalah uang muka atau down payment. Pada dasarnya besarnya uang muka yang diterapkan terbilang cukup bervariatif. Mulai dari 0% hingga 50%.

Namun nominal umum diberikan adalah 20% sampai 30%. Hal tersebut juga bisa bergantung berdasarkan pilihan yang kalian miliki dan kebijakan pemberi cicilan. 

Meski tidak selalu menjamin, pembayaran DP besar akan menunjukkan komitmen serta tanggung jawab finansial lebih besar pula. Jadi kemungkinan disetujui menjadi lebih besar. Jadi penting untuk tahu rincian perhitungan simulasi kredit mobil terlebih dahulu.

  • Memiliki Skor Kredit Baik

Memiliki skor kredit baik juga termasuk ke dalam syarat kredit mobil. Di Indonesia sendiri sistem pengecekan tersebut memiliki nama BI checking. BI memiliki sistem pendataan otomatis berisi nasabah yang menggunakan fasilitas leasing atau kredit bank. 

Jadi pastikan kalian tidak memiliki kredit bermasalah dan memiliki skor baik. Skor kredit berada di angka 300 sampai 850. Sedangkan skor dikategorikan bagus dan baik berada di atas angka 720.

Hasil pengecekan BI checking juga akan terbagi dalam angka 1 sampai 5. Untuk bisa membuat skor bagus pastikan cicilan yang dimiliki saat ini sudah terbayar tepat waktu. Selain itu pastikan juga sudah melunasi semua hutang atas nama kalian.

5 Faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Mengajukan Kredit Mobil

5 Faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Mengajukan Kredit Mobil
5 Faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Mengajukan Kredit Mobil

Setelah mengetahui syarat kredit mobil, ada beberapa hal perlu diperhatikan ketika mengajukan cicilan tersebut. Berikut merupakan beberapa tips mengajukan kredit mobil aman dan bisa kalian ikuti. 

  • Pahami Besaran Uang Muka atau Down Payment

Uang muka atau down payment memang merupakan salah satu syarat kredit mobil. Meski demikian sebagai pembeli cerdas kalian juga harus bisa memahami besaran uang muka yang ditetapkan. 

Hal terpenting yang perlu diperhatikan saat mengajukan kredit mobil adalah memahami besaran down payment dan bunga. Sebab kedua faktor tersebut mampu mempengaruhi nilai cicilan dan masa tenor pinjaman. 

Semakin besar uang muka yang dibayarkan maka semakin kecil cicilan dan semakin pendek masa tenornya. Bukan hanya itu saja, kalian juga perlu memperhatikan berbagai biaya tambahan lainnya seperti biaya administrasi, provinsi dan lain sebagainya.

  • Cek Kemampuan Bayar Angsuran

Tips selanjutnya perlu kalian lakukan adalah selalu mengecek kemampuan bayar angsuran. Sebelum mulai mengajukan syarat kredit mobil penting untuk memastikan terlebih dahulu kemampuan finansial kalian untuk ke depannya. 

Cari tahu terlebih dahulu apakah kalian bisa membayar cicilan hingga selesai atau tidak. Selain itu pastikan pula apakah semua data angsuran kalian sudah terupdate atau belum. 

Data yang dimaksud meliputi pekerjaan, domisili, kondisi saat ini, hingga status kredit yang sudah berakhir maupun masih berjalan. Sebab data yang tidak akurat hanya akan menyebabkan proses pengajuan menjadi terhambat atau bahkan ditolak.

  • Memilih Lembaga Peminjam yang Terjamin

Mengingat saat ini penyedia layanan kredit sudah cukup banyak dan beragam, penting bagi kalian untuk memilih lembaga yang aman dan terjamin. Kalian dapat memilih lembaga keuangan bank, fintech atau kredit online

Setiap lembaga dapat memberikan layanan yang berbeda-beda dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apapun lembaga keuangan yang dipilih pastikan untuk selalu mempertimbangkan dari segi jaminan, bunga, syarat hingga masa tenor.

  • Merancang Skema Keuangan

Selain beberapa hal di atas tips selanjutnya adalah membuat rencana skema keuangan sebelum mulai mengajukan cicilan mobil. Perlu diperhatikan bahwasanya alokasi dana keuangan secara otomatis dapat berubah-ubah ketika kalian mengajukan cicilan tersebut. 

Oleh sebab itu sangat disarankan untuk membuat rencana keuangan yang sesuai dengan kondisi finansial saat ini. Hal tersebut bertujuan agar proses pembayaran angsuran bisa menjadi lebih terencana hingga lunas.

  • Memahami Prinsip 5C

Mungkin sebagian besar orang belum mengetahui apa itu prinsip 5C dan hubungannya dengan tips mengajukan kredit mobil. Pada dasarnya prinsip 5C merupakan salah satu tools yang umumnya digunakan oleh penyedia kredit. 

5C digunakan untuk memastikan apakah nasabahnya layak untuk mendapatkan kreditnya atau tidak. Prinsip 5C terdiri dari collateral, condition, capacity, capital dan karakter. Prinsip ini juga harus dipahami ketika akan melakukan pengajuan agar diterima. 

  • Collateral berarti pihak penyedia harus menentukan apakah aset calon nasabah memenuhi syarat pengajuan atau tidak. 
  • Condition merupakan faktor eksternal yang mampu mempengaruhi calon debitur saat melakukan pembayaran. Mulai dari kondisi ekonomi, usia, negara dan lainnya. 
  • Capacity merupakan kemampuan dari calon debitur selama mengelola finansial yang dimiliki. 
  • Capital sendiri adalah aset yang dimiliki oleh calon debitur saat melakukan proses pengajuan. 
  • Character adalah kepribadian dari calon debitur. Dalam hal ini kalian harus memiliki komitmen dan tanggung jawab untuk bisa menyelesaikan cicilan hingga selesai.

Baca juga : Dealer BMW Pekanbaru yang Pertama, Inilah Lokasinya

Sebelum mengambil keputusan pastikan untuk selalu melakukan pertimbangan dengan cermat dan melakukan perencanaan keuangan yang matang. Secara keseluruhan beberapa syarat kredit mobil tersebut harus dipenuhi agar proses pengajuan berjalan lancar. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini