4 Penyebab Oli Rembes pada Kendaraan

0
175
4 Penyebab Oli Rembes pada Kendaraan
4 Penyebab Oli Rembes pada Kendaraan

Mengetahui apa penyebab oli rembes, cara memperbaikinya dan berapa biaya perbaikannya sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan digunakan untuk mendinginkan mesin dan sebagai pelumas komponen mesin.

Baca juga: Dampak Sering Gonta-ganti Oli Mesin yang Perlu Diketahui

Dengan begitu, komponen mesin menjadi lebih awet karena gesekan antar komponen mesin berkurang. Kebocoran oli dari blok mesin sepeda dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Kondisi kendaraan yang menua dan kurangnya perawatan dapat menimbulkan masalah. Misalnya kebocoran oli dari blok mesin dan karenanya harus kalian periksa secara rutin.

4 Penyebab Oli Rembes dari Blok Mesin

4 Penyebab Oli Rembes dari Blok Mesin
4 Penyebab Oli Rembes dari Blok Mesin

Ada beberapa hal yang menyebabkan oli kendaraan mengalami kebocoran. Pengecekan komponen bisa mendeteksi adanya penyebab tersebut, berikut penjelasannya:

Mesin Packing Bocor

Mesin pengemas yang bocor harus segera diganti. Kasus seperti ini sering terjadi pada sudut penghubung antar komponen luar seperti penutup roda gigi kiri dan kanan.

Akibatnya, mesin mesin tidak presisi lagi. Selain itu, udara panas dapat menyebabkan kemasan motor menyusut. Dampaknya juga mengurangi daya rekat antar mesin.

Penyebab oli rembes bisa terletak pada kebiasaan melepas baut dudukan pada blok mesin. Bagian ulir sudah terkikis dan tidak bisa lagi menahan sambungan sehingga menyebabkan oli bocor keluar.

Kerusakan Seal

Gasket sudah rusak dapat menyebabkan pelumas bocor dari blok mesin sepeda motor matic. Bahan ini terbuat dari bahan karet sehingga memiliki banyak kelemahan.

Ketika sudah tua, maka akan menjadi keras dengan mudah. Penggunaan minyak yang berlebihan akan dengan mudah merusak segel.

Selain itu, pemasangan gasket yang tidak tepat akan mengakibatkan kebocoran dari blok mesin. Saat memasang segel, pastikan pemasangan dengan benar dan rata.

Saat memasang, kalian dapat menggunakan lem khusus di lubang pemasangan. Perhatikan apakah segel dalam keadaan uji atau tidak untuk mengatasi penyebab oli rembes.

Bila kondisinya penyok, maka rangkaian sealing sudah tidak sempurna lagi, sehingga tidak bisa menutup sempurna oil pan. Selain oil seal, seal kompresor aus juga menjadi penyebab pelumas motor bocor.

Gesekan antar komponen merupakan penyebab utama keausan seal kompresor. Selain itu, faktor penuaan juga dapat menyebabkan komponen tersebut menjadi aus.

Volume yang Berlebihan

Saat mengisi oli, kalian harus memperhatikan dinding mesin kendaraan. Secara umum, informasi tentang cairan pelumas mesin akan disajikan kepada kalian.

Penyebab oli rembes misalnya volume minimal dan maksimal yang perlu diisi. Jika terlalu banyak minyak sudah terisi, kebocoran dapat terjadi. Tongkat celup oli juga dapat digunakan untuk menentukan kapasitas minyak.

Tongkat celup juga bisa berfungsi sebagai penutup lubang pengisi oli. Jika pelumas ternyata sangat hitam dan kental saat dibenamkan di reservoir, ini pertanda harus ganti segera.

Blok Mesin Mengalami Keretakan

Salah satu penyebab bocornya dari blok mesin sepeda motor matic adalah retakan pada blok. Pemilik kendaraan jarang menyadari hal ini.

Benturan cukup keras atau penggunaan oli tidak sesuai dengan jenis mesin dapat menyebabkan retaknya blok tersebut. Tingkat kekentalan minyak berperan besar dalam performa mesin.

Jika terlalu encer bisa menimbulkan masalah pada mesin. Jika terlalu tebal, maka akan sulit bergerak dan bila kekentalan tidak sesuai, hal ini penyebab oli rembes karena tekanan pada kendaraan.

6 Cara Mengatasi Oli Bocor Tanpa Harus Bongkar Mesin

Ada beberapa cara mengatasi kebocoran pelumas kendaraan, mulai dari repotnya membongkarnya hingga mengatasi masalah tanpa harus membongkar mesin.

Ganti Seal yang Rusak

Gasket dan segel adalah komponen yang digunakan untuk mencegah kebocoran pada sambungan antara dua bagian telah bergerak.

Mereka dapat rusak karena penggunaan berlebihan atau faktor lain seperti suhu atau tekanan tinggi. Kerusakan pada komponen ini akan mengakibatkan kebocoran minyak.

Cara alternatif mengatasi penyebab oli rembes adalah dengan mengganti seal sudah rusak atau aus dengan yang baru sehingga masalah kebocoran bisa teratasi.

Perbaiki Paking Pan Oli

Gasket oil pan adalah komponen yang dirancang guna mencegah terjadinya kebocoran pada sambungan antara blok dan pan. Komponen sebagian besar terbuat dari karet atau logam serta dapat rusak karena lama penggunaan.

Untuk kerusakan ringan, pengguna bisa memperbaiki masalah kebocoran minyak tersebut dengan memperbaiki komponen ini. Namun jika tidak bisa teratasi, sebaiknya ganti dengan komponen yang baru.

Gunakan Lem Penyegel atau Lem Logam

Perekat penyekat khusus atau perekat logam juga bisa menjadi pilihan untuk memperbaiki komponen yang bermasalah. Lem tersebut bisa kalian gunakan untuk gasket serta terbuat dari bahan polimer khusus dapat berubah.

Sealing adhesive, juga dikenal sebagai perekat kemasan, hadir dalam berbagai bentuk, namun umumnya berbentuk pasta. Penyebab oli rembes bisa teratasi dan ini juga mudah digunakan, cukup gosokkan ke area bermasalah.

Kencangkan Sekrup yang Kendor atau Ganti dengan Baru

Baut sudah kendor pada bagian kendaraan akan menjadi penyebab kebocoran oli karena celah yang terbuka antar sambungan bisa menyebabkan pelumas bocor keluar dari mesin.

Cara alternatif mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memeriksa dan mengencangkan baut-baut yang kendor pada kendaraan. Jika rusak atau tidak kencang, kalian harus menggantinya dengan sekrup baru.

Gunakan Sealant Pelumas Kendaraan

Sealant pelumas motor adalah jenis cairan khusus guna mencegah kebocoran dari bagian-bagian kendaraan, seperti sambungan antara dua bagian yang bergerak bersamaan.

Penyebab oli rembes bisa dicegah dengan sealant cair melekat pada permukaan logam dan membentuk lapisan untuk mencegah kebocoran. Aplikasinya mudah, biasanya cukup mengoleskannya saja.

Gunakan Selotip

Selain cairan sealant, caulking tape juga bisa jadi solusi alternatif lain yang bisa kalian coba. Seperti namanya, sealing tape adalah jenis lakban atau selotip khusus dapat mencegah kebocoran pada onderdil.

Sealing tape dapat merekat dengan baik pada permukaan logam dan mengisi berbagai celah yang menyebabkan rembesan atau kebocoran minyak karena terbuat dari material khusus.

Akibat dari Membiarkan Kebocoran Oli

Kebocoran minyak kendaraan terlalu lama dapat menyebabkan mesin mogok. Alasannya adalah karena pelumas yang bermasalah ini dapat bocor seiring waktu dan kalian bisa langsung menggesekkan komponen satu sama lain.

Akhirnya, komponen ini akan aus dari penyebab oli rembes. Gejala yang mungkin terjadi adalah berkurangnya performa kendaraan, sulit distarter di pagi hari terlalu panas.

Dalam hal ini, pengendara harus segera mengganti komponen akan menunjukkan keausan. Bawa langsung ke bengkel, biasanya teknisi bengkel terlebih dahulu akan melepas komponen internal lalu membongkarnya.

Efek lain dari rembesan pelumas tersebut adalah kebisingan motor cenderung menjadi lebih keras. Selain itu suhu kendaraan juga akan naik dan indikator dari pelumas tersebut biasanya akan menyala.

Jika kondisi ini terjadi sebaiknya segera hentikan dan cek kondisi pelumas kendaraan terlebih dahulu. Keadaan ini muncul karena alat yang panas memuai piston sehingga terkunci di dalam silinder.

Selain itu, penyebab oli rembes kekurangan pelumas memperburuk pergerakan piston. Atau lebih parah lagi jika piston tersumbat, motor tidak bisa dihidupkan dan harus langsung dibawa ke bengkel.

5 Tanda Oli Mesin Mengalami Kebocoran

5 Tanda Oli Mesin Mengalami Kebocoran
5 Tanda Oli Mesin Mengalami Kebocoran

Tanda-tanda bisa kalian lihat di beberapa bagian kendaraan yang terlihat kotor seperti pada sambungan dan basah akibat adanya merembes, beriku tanda lainnya:

Rusaknya Karet Seal

Gasket terbuat dari bahan karet. Dengan penggunaan jangka panjang dan pengoperasian terus menerus, komponen ini biasanya menjadi rapuh dan keras, dan jika dibiarkan dapat menyebabkan keretakan serta kerusakan.

Kerusakan Ruang Bakar

Selain itu, kebocoran oli tidak hanya terlihat di bagian luar alat saja, tetapi juga terjadi di dalam yaitu di area ruang bakar. Hal ini biasa disebabkan karena rusaknya kerusakan pada ring piston.

Rusaknya Segel Mesin

Penyebab oli rembes hal ini biasanya terjadi pada sepeda yang usianya sudah tua atau lebih dari belasan tahun. Jika dijaga dengan baik dan jarak tempuhnya lebih rendah, mungkin aman.

Namun, jika alat tersebut sering digunakan sehari-hari dalam jarak cukup jauh, risiko kerusakan pada bagian ini memang biasa terjadi dan menyebabkan masalah lain.

Kerusakan pada Sekrup Keran Oli

Baut keran oli seringkali menjadi penyebab minyak cepat bocor. Benang atau dolly yang aus akibat cara pemasangan yang salah dapat menyebabkan bocor dan menetes.

Sekalipun menetes sedikit karena gravitasi, penyebab oli rembes dengan pemborosan yang terus menerus, pelumas mesin akan cepat habis jika tidak segera ditangani.

Kerusakan Bak Mesin

Kerusakan jenis ini juga biasanya terdapat pada bagian crankcase yang retak atau pecah akibat benturan, terutama pada bagian bawah tidak terlindungi.

Retakan kecil saja akan menyebabkan masalah tersebut. Oleh karena itu, disarankan saat melewati jalan yang rusak seperti berlubang atau speed bump, kalian harus bisa mengurangi kecepatan saat berkendara.

Baca juga: Dampak BBM Dicampur Etanol Ternyata Sangat Banyak

Hal ini agar tidak terjadi masalah tidak kalian inginkan yang biasanya menyebabkan bagian alat retak dan penyebab oli rembes.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini