10 Komponen Listrik pada Mobil Listrik dan Fungsinya

0
55
10 Komponen Listrik pada Mobil Listrik dan Fungsinya
10 Komponen Listrik pada Mobil Listrik dan Fungsinya

Di balik kemewahan teknologi terdapat serangkaian komponen listrik pada mobil yang bekerja secara harmonis untuk bisa menggerakan mesin kendaraan serta memberikan kenyamanan bagi pengendara. 

Baca juga: Teknologi Crumple Zone, Fitur Perlindungan saat Kecelakaan

Mobil listrik kini sudah berevolusi pada industri otomotif dengan menghadirkan solusi ramah lingkungan dan efisien dalam hal konsumsi udara. Setiap elemen listrik dalam kendaraan elektrik terus berinovasi menjadi lebih canggih.

Pada artikel ini kita akan menjelajahi peran setiap elemen kelistrikan pada kendaraan roda empat secara mendalam.

Peran Utama Komponen Listrik pada Mobil

Peran Utama Komponen Listrik pada Mobil
Peran Utama Komponen Listrik pada Mobil

Mobil modern seperti kendaraan elektrik merupakan suatu ciptaan teknologi mengagumkan. Kendaraan elektrik ini terdiri atas sistem elemen listrik yang memiliki peran cukup penting.

Mobil tanpa komponen kelistrikan akan mengalami sejumlah tantangan besar dan kemungkinan besar tidak akan berfungsi dengan baik atau bahkan sama sekali elemen kelistrikan pada kendaraan tidak dapat beroperasional dengan baik. 

Komponen listrik pada mobil akan membentuk sistem yang sangat penting dalam kendaraan modern. Sistem ini melibatkan berbagai macam elemen kelistrikan bekerja secara terintegrasi dan bersama-sama agar mobil bisa berfungsi dengan baik.

Pada dasarnya, elemen kelistrikan bertugas menyediakan daya yang diperlukan oleh kendaraan. Dari mulai menghidupkan mesin, menyalakan lampu, dan menyediakan daya untuk berbagai perangkat kelistrikan pada kendaraan.

Jadi, fungsi sistem kelistrikan bukan hanya untuk menyalakan mesin saja tetapi juga menunjang kinerja setiap komponen mobil lainnya. Setiap komponen listrik pada mobil memiliki fungsi dan peran pentingnya masing-masing.

Jika salah satu elemen bermasalah tentu saja akan berdampak pada fungsi keseluruhan sistem kelistrikan.

10 Komponen Listrik pada Mobil Listrik Beserta Fungsinya

10 Komponen Listrik pada Mobil Listrik Beserta Fungsinya
10 Komponen Listrik pada Mobil Listrik Beserta Fungsinya

Kelistrikan mobil terdiri dari beberapa komponen yang sangat penting agar bisa menjaga kendaraan dapat beroperasi dengan baik. Berikut ini daftar 10 komponen kelistrikan pada kendaraan beserta fungsinya:

  • Komponen Output

Komponen Output
Komponen Output

Komponen output merupakan komponen listrik pada mobil untuk memberikan hasil dari proses kontrol sistem kendaraan. Hasil ini kemudian berguna untuk menggerakan mobil atau komponen lainnya.

Komponen output terbagi menjadi dua kategori yaitu elemen utama dan pendukung. Elemen output utama berfungsi untuk menggerakan mesin seperti motor traksi dan transmisi.

Sedangkan komponen output pendukung berfungsi untuk mendukung fungsi kendaraan seperti sistem pengereman, sistem suspensi dan sistem kemudi.

  • Baterai Traksi

Baterai Traksi
Baterai Traksi

Baterai traksi berfungsi untuk menyimpan dan mengalirkan arus listrik searah (DC) ke inverter. Baterai ini biasanya baterai isi ulang atau sekunder dan biasanya baterai lithium-ion.

Baterai traksi merupakan komponen listrik pada mobil sangat penting karena bertanggung jawab untuk menyediakan tenaga untuk bisa menggerakan kendaraan elektrik.

Ada beberapa jenis baterai traksi yang digunakan kendaraan elektrik seperti baterai asam timbal, baterai nikel kadmium, baterai nikel metal hidrida dan terakhir lithium-ion. Pada saat ini baterai lithium-ion adalah jenis baterai paling populer.

  • Charge Controller 

Charge Controller 
Charge Controller

Controller daya adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengatur energi listrik dari baterai traksi ke inverter untuk menggerakkan motor traksi. Charge controller juga berfungsi untuk mengatur kecepatan, torsi dan regenerasi energi.

Komponen listrik pada mobil ini menjadi salah satu elemen penting menunjukan kinerja dan keselamatan dari kendaraan elektrik.

  • Controller Temperature

Controller Temperature
Controller Temperature

Controller temperature merupakan komponen yang berfungsi untuk mengatur suhu baterai traksi agar tetap dalam batas aman. Baterai traksi pada kendaraan elektrik beroperasi pada suhu yang tinggi, sehingga elemen ini berfungsi untuk mencegah baterai dari kerusakan akibat suhu terlalu tinggi atau rendah.

Komponen listrik pada mobil ini akan bekerja dengan cara mendeteksi suhu baterai traksi menggunakan sensor. Jika suhu baterai terlalu tinggi, controller temperature akan mengaktifkan sistem pendingin untuk menurunkan suhu baterai.

Pastikan kendaraan kalian telah memiliki controller temperature dengan kualitas terbaik telah terjamin sehingga sudah pasti memiliki kinerja dan memperpanjang umur baterai.

  • Inverter

Inverter
Inverter

Inverter adalah perangkat elektronik yang mengubah arus DC menjadi AC, inverter berfungsi untuk menyediakan daya AC dan mengalirkannya pada elemen-elemen membutuhkan daya AC seperti lampu, AC dan televisi.

Prinsip kerja inverter adalah dengan menggunakan switching transistor untuk mengubah polaritas arus DC secara cepat. Hal ini menyebabkan arus DC berubah menjadi arus AC.

  • Motor Traksi

Motor Traksi
Motor Traksi

Motor traksi berfungsi untuk menggerakan roda serta transmisi. Motor traksi biasanya merupakan mesin arus bolak-balik yang inverter kendalikan. Fungsi utama dari komponen ini adalah mengubah energi listrik dari baterai menjadi energi gerak. 

Dengan adanya motor traksi dapat menghasilkan torsi tinggi pada kecepatan rendah, sehingga kendaraan bisa berakselerasi dengan cepat. Selain itu dengan adanya mesin ini, kalian bisa menggunakan energi menjadi lebih efisien dan hemat.

  • Perangkat Pengisian Daya

Perangkat Pengisian Daya
Perangkat Pengisian Daya

Perangkat pengisian daya adalah elemen untuk mengisi ulang baterai traksi. Perangkat pengisian daya terdiri dari beberapa komponen utama seperti adaptor, kontroler daya, serta konverter.

Perangkat pengisian daya bekerja dengan cara mengubah listrik bolak-balik (AC) dari sumber menjadi arus listrik searah (DC) yang bisa mengisi ulang baterai traksi. Ada dua jenis perangkat pengisian daya yaitu pengisian daya AC dan DC.

  • Komponen Input

Komponen Input
Komponen Input

Komponen input pada kendaraan elektrik adalah elemen berfungsi untuk memberikan informasi pada sistem controller. Informasi ini kemudian bekerja untuk mengontrol kinerja mobil.

Ada beberapa Komponen input yaitu, saklar berguna untuk mengaktifkan atau menonaktifkan sistem kendaraan seperti starter, lampu dan wiper. Tombol untuk memberikan input pada sistem mobil, input kecepatan, input arah hingga input mode berkendara.

Elemen input berperan penting untuk memastikan kendaraan beroperasi dengan baik. Komponen input bisa membantu kontrol mobil untuk bisa memahami kondisi kendaraan dan lingkungan sekitar.

  • Sensor

Sensor
Sensor

Kendaraan elektrik adalah kendaraan yang menggunakan motor listrik sebagai sumber tenaga untuk bergerak. Motor ini membutuhkan energi listrik dari baterai traksi. Untuk memastikan kendaraan elektrik dapat beroperasi dengan baik, kalian memerlukan berbagai komponen pendukung salah satunya adalah sensor.

Sensor merupakan salah satu komponen listrik pada mobil untuk mendeteksi kondisi mobil, seperti kecepatan, torsi dan tegangan baterai. Sensor akan mengirimkan data hasil deteksinya ke sistem kontrol kendaraan kemudian digunakan untuk mengontrol kinerja.

Sensor memainkan peran penting dalam memastikan kendaraan bisa beroperasi dengan baik. Sensor membantu sistem kontrol untuk mengontrol kendaraan seperti kecepatan, torsi dan tegangan baterai.

  • Wiring Harness

Wiring Harness
Wiring Harness

Wiring harness adalah sistem kabel yang menghubungkan berbagai elemen dan sistem. Komponen kelistrikan pada kendaraan roda empat ini tentu saja sangat penting, terdiri dari kabel, konektor dan elemen pendukung lainnya.

Wiring harness memainkan peran penting dalam memastikan kendaraan elektrik bisa beroperasi dengan baik. Wiring harness berfungsi untuk mengirimkan sinyal dan data dari satu komponen ke komponen lainnya.

Cara Merawat Komponen Listrik pada Mobil Listrik

Cara Merawat Komponen Listrik pada Mobil Listrik
Cara Merawat Komponen Listrik pada Mobil Listrik

Sistem kelistrikan pada kendaraan elektrik adalah elemen sering sekali diabaikan oleh pemilik kendaraan. Ketika kalian tidak merawat sistem dengan baik, bisa muncul berbagai masalah dan gangguan seperti radio tiba-tiba mati, AC tidak berfungsi hingga potensi risiko yang lebih besar.

Oleh karena itu merawat setiap komponen listrik di mobil adalah suatu keharusan. Berikut ini cara merawat elemen-elemen kelistrikan pada mobil:

  • Pemeriksaan dan Perawatan Baterai

Sumber daya utama dalam sistem kelistrikan kendaraan adalah baterai. Secara berkala, periksa kondisi baterai dan pastikan tidak ada tanda-tanda korosi pada bagian terminalnya. Korosi jika kalian biarkan saja akan mengganggu aliran.

  • Memperhatikan Kondisi Kabel dan Soket

Kabel dan soket merupakan bagian yang cukup vital, dari sistem kelistrikan mobil. Lapisan pelindung kabel terkelupas bisa menyebabkan hubungan arus pendek atau korsleting berpotensi merusak komponen lainnya.

  • Menghindari Genangan Air yang Dalam

Ketika sedang mengemudi, hindari menerobos generasi air dalam terutama jika air tersebut mencapai level yang tinggi. Air masuk ke dalam ruang mesin atau bagian penting lainnya akan rusak dan menyebabkan korosi.

  • Perawatan Rutin

Selain melakukan cara merawat komponen listrik pada mobil tersebut, pastikan kalian tetap melakukan perawatan rutin pada sistem kelistrikan kendaraan. Ini termasuk pemeriksaan oleh teknisi berpengalaman yang bisa memeriksa sistem secara menyeluruh, termasuk komponen seperti alternator, starter motor hingga sistem pengapian.

Baca juga: Dampak Kelebihan atau Kekurangan Oli pada Mobil

Merawat sistem kelistrikan mobil adalah langkah sangat tepat dan penting agar bisa menjaga kendaraan tetap berkinerja optimal. Dengan perhatian dan perawatan yang baik, kalian bisa menghindari masalah mengganggu.

Jadi selain mengetahui setiap fungsi dari komponen listrik pada mobil, kalian juga harus bisa menjaga dan merawat agar mobil tetap beroperasi dengan baik dalam jangka waktu yang panjang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini