Yamaha Tenere 700 World Raid yang Banyak Diburu

0
25
Yamaha Tenere 700 World Raid yang Banyak Diburu
Sumber gambar: www.advpulse.com

Yamaha Tenere 700 World Raid menjadi salah satu kendaraan roda dua yang diburu para pecinta moge adventure. Uniknya bukanlah Yamaha Indonesia yang menjualnya di Indonesia.

Baca juga: Kelebihan Yamaha R15M Connected Motor Sport Unggulan

Tetapi importir umum yang sudah membaca peluang dengan berlomba-lomba memasarkannya di Tanah Air. Yamaha versi terbaru ini didatangkan oleh importir umum 2 Wheelers by Glamour Auto Boutique.

Bila kalian berencana ingin membelinya, kalian harus membaca terlebih dahulu review singkatnya. Di dalam artikel kali ini kami akan mereviewnya secara lengkap agar lebih jelas.

Review Yamaha Tenere 700 World Raid

Review Yamaha Tenere 700 World Raid
Sumber gambar: mcn-images.bauersecure.com

Bagi kalian yang berencana ingin membeli Yamaha versi terbaru, kalian wajib menyimak review singkat ini. Berikut review singkat dari Yamaha versi terbaru yang perlu diketahui sebelum membelinya:

Kenyamanan Berkendara

Kenyamanan Berkendara
Sumber gambar: cdn2.yamaha-motor.eu

Yamaha Tenere 700 World Raid memang dirancang untuk memberi kenyamanan selama perjalanan panjang. Dengan ketinggian tempat duduk kurang lebih sekitar 895 mm, kalian akan memiliki pandangan yang bagus ketika berkendara.

Handlebar tinggi juga akan memberikan posisi berkendara yang nyaman. Sedangkan jok yang empuk dan juga suspensi yang dapat disetel memberikan kenyamanan tambahan. Kendaraan roda dua yang satu ini.

Merupakan pilihan tepat bagi para pecinta petualangan, motor ini mempunyai segudang fitur yang dapat memudahkan kalian. Menjelajahi berbagai macam medan dengan percaya diri, mesinnya yang handal serta tahan lama.

Menjadikannya pilihan yang cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Dengan tangki bahan bakar besar, kalian tidak perlu lagi khawatir tentang terlalu sering mengisi ulang bahan bakar.

Sebab kendaraan roda 2 ini merupakan motor yang siap mengantarkan kalian untuk menjelajahi dunia tanpa batas. Karena tangki bahan bakarnya yang besar, jadi kalian tidak perlu khawatir.

Performa Mesin

Performa Mesin
Sumber gambar: outbackmotortek.fr

Yamaha Tenere 700 World Raid ini menggunakan mesin yang sudah terbukti canggih. Yakni mesin CP2 700 cc yang digunakan juga pada MT-07 dan Yamaha R7. 

Mesin ini mempunyai 2 silinder, 4 katup serta kapasitas 700 cc. Mesin ini dapat menghasilkan daya maksimum kurang lebih sekitar 73 PS pada 9.000 RPM.

Serta torsi maksimum kurang lebih sekitar 68 Newton meter pada 6.500 RPM. Selain itu mesin ini juga bisa memberikan tenaga yang cukup untuk menerjang berbagai macam jenis medan.

Tangki Bensin 23 Liter dengan 2 Lubang Pengisian

Tangki Bensin 23 Liter dengan 2 Lubang Pengisian
Sumber gambar; mcn-images.bauersecure.com

Perubahan paling terasa tentunya ada pada tangki bensinnya, sebab seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Yamaha Tenere 700 World Raid memang lebih ditujukan untuk penggunaan jarak jauh.

Atau untuk menjelajah dengan jarak cukup jauh, jadi kalian tidak perlu khawatir bila jarak antar pom bensin cukup jauh. Karena kendaraan roda 2 ini dibekali dengan tangki bensin yang memiliki kapasitas mencapai 23 liter, guna memudahkan para penggunanya dalam pengisian bensin. Pihak Yamaha sudah memberikan 2 lubang pengisian, 1 di sisi kiri dan 1 lagi kanan.

Tangki bensin berkapasitas 23 liter ini secara otomatis akan langsung mengubah bentuk Tenere 700 terutama di sisi tengah. Nampak bodinya menjadi lebih lebar serta gondrong, namun tetap memperhitungkan sisi ergonomic.

Agar pengendaranya bisa tetap nyaman dan juga tidak terlalu mempengaruhi handling. Itu berarti motor satu ini mempunyai beda kapasitas tangki bensin hingga mencapai 7 liter.

Sebab untuk Yamaha varian standar itu hanya dapat menampung bensin sebanyak 16 liter. Namun dengan desain bodi yang tentunya lebih ramping, jadi di antara versi terbaru dan sebelumnya tentu berbeda.

Harganya Menarik

Harganya Menarik
Sumber gambar: cdn2.yamaha-motor.eu

Importir umum 2 Wheelers by Glamour Auto Boutique membawakan Yamaha Tenere 700 World Raid ke Indonesia dengan harga sangat kompetitif. Dibanderol dengan harga Rp485 juta.

Itu adalah harga asli kendaraannya sebelum dikenakan pajak serta biaya pengurusan legalitas dari pihak dealer atau OTR (off the road). Kendaraan ini menjadi pilihan menarik bagi yang menginginkan pengalaman berkendara menyenangkan.

Shockbreaker dengan Jarak Main Panjang

Shockbreaker dengan Jarak Main Panjang
Sumber gambar: cdn2.yamaha-motor.eu

Shockbreaker bagian depannya menggunakan upside down dari KYB yang memiliki warna tabung dark bronze Kashima coating. Itu membuatnya tidak hanya tampil bagus, namun juga lebih kuat.

Shockbreakernya memiliki diameter as 43 mm, dengan jarak main mencapai 230 mm. Sementara shockbreaker belakang tetap saja monoshock fully adjustable dengan travel 220 mm, lebih panjang dibandingkan versi standar.

Fitur dan Kendali

Yamaha Tenere 700 World Raid mempunyai berbagai tombol dan kontrol yang memudahkan pengendaliannya. Dengan layar TFT 5 inci, kalian dapat melihat informasi penting, antara lain seperti posisi gigi, kecepatan.

Serta odometer dan masih banyak lagi, bahkan kalian bisa mengatur beberapa pengaturan lewat layar ini. Fitur lainnya yang patut diperhatikan ialah kapasitas tangki bahan bakar yang besar. 

Dengan kapasitas 23 liter, kendaraan ini bisa menempuh jarak hingga 500 km tanpa perlu mengisi ulang bahan bakar. Hal itu merupakan berita baik bagi para petualang yang kerap berkendara jauh.

Flat Rally Seat dan Speedometer

Kendaraan roda 2 ini menggunakan desain jok ala-ala pacuan rally di mana bentuk joknya ramping serta rata. Dengan begitu pengendara dapat mengatur posisi badan serta posisi duduk dengan mudah.

Ketika ingin menyeimbangkan motor di jalur bebatuan, seperti halnya varian standar. Kendaraan ini juga dilengkapi speedometer colour TFT display yang memiliki desain persegi panjang portrait dengan dimensi 5 inci.

Desain Jok dan Speedometer

Desain jok yang ramping memudahkan pengguna dalam mengontrol handling dari Yamaha Tenere 700 World Raid. Terutama saat pengendara berdiri dan juga melahap jalur off road dengan cepat. 

Suguhan informasi tergolong lengkap dengan 3 opsi tampilan speedometer, bahkan ada juga roadbook style. Gunanya untuk membaca trip meter seperti motor pacuan Dakar, kendaraan ini juga dilengkapi dengan CCU Atau Communication Control Unit, jadi ponsel si pengendara dapat tersambung dengan speedometer lewat sambungan Bluetooth. Nanti speedometer juga dapat menampilkan beberapa notifikasi, tentunya itu sangat membantu pengendara.

ABS 3 Mode

Guna menjaga kedua rodanya agar tidak mengunci ketika melakukan pengereman keras. Kendaraan ini telah dilengkapi dengan ABS 2 channel, tetapi karena akan banyak digunakan di jalur off-road.

Maka ABS ini memiliki beberapa mode, mode pertama tentunya kondisi ABS berfungsi optimal di kedua roda. Lalu mode kedua ABS hanya berguna untuk roda depan.

Kemudian mode terakhir ABS mati di seluruh roda, sehingga pengendaranya dapat mengeksplor kendaraan ini tanpa diganggu. Jadi kendaraan ini memiliki ABS 3 mode yang memudahkan pengendaranya.

Desain Belalai Filter

Terdapat komponen unik pada Yamaha Tenere 700 World Raid ini yang tidak dimiliki tipe standar. Ini berada di bagian box filter udara, desain belalai filter udara ini menghadap depan.

Guna untuk mencegah kotoran dari roda belakang terhisap, secara dimensi serta volume udara yang ditampung sebenarnya sama. Justru perbedaan ada pada belalai filter udaranya yang menghadap ke depan.

Tujuannya tentu untuk menghindari debu dan juga kotoran yang dihasilkan oleh roda bagian belakang selama perjalanan panjang. Jadi dengan begitu kondisi filter udaranya akan lebih bersih.

Ohlins Steering Damper

Steering damper menjadi fitur yang terdapat pada kendaraan ini, perangkat tersebut terpasang rapi pas. Di antara stang dan juga mulut tangki bensin, memiliki 18 setelan yang dapat disetel senyaman mungkin. 

Komponen berlabel Ohlins ini nampak elegan dengan bodi berwarna silver dan setelan berwarna emas. Selain itu steering damper ini dibekali 18 setelan yang dapat disesuaikan untuk menjaga setang tetap stabil.

Siap Menaklukkan Dunia

Yamaha Tenere 700 World Raid ini bukan hanya sekadar motor, namun mitra sejati untuk menjelajah dunia. Kombinasi dari desain yang menawan, performa tinggi serta sistem suspensi terkini.

Menjadikannya pilihan utama bagi para pecinta petualangan yang tidak kenal batas. Dengan kendaraan ini, petualangan tidak lagi sekedar impian, namun juga realitas yang bisa dinikmati pengendara yang siap menaklukkan dunia.

Rangka dan Dimensinya

Rangka dan Dimensinya
Sumber gambar: cdn2.yamaha-motor.eu

Pada bagian rangka Yamaha Tenere 700 World Raid menggunakan double cradle frame, dengan suspense upside down. Dari KYB dengan diameter 43 mm dan mempunyai travel hingga 230 mm.

Pada bagian suspense juga bisa diatur untuk kompresi, preload dan juga rebound. Sementara untuk suspense belakangnya menggunakan travel 220 mm. Sebagai motor petualangan, motor ini terlihat besar dan tinggi.

Ketinggian tempat duduknya saja mencapai 890 mm atau kurang lebih sekitar 13 mm lebih tinggi. dibandingkan Yamaha Tenere 7000 versi standar, sementara untuk beratnya mencapai 220 kg.

Baca juga: Spesifikasi Motor BF Goodrich CG dan Penjelasan Lengkapnya

Jadi bagi kalian yang berencana untuk membelinya kini tidak perlu ragu lagi. Sebab kini kalian sudah tahu review singkat dari Yamaha Tenere 700 World Raid yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini