Yamaha Nmax 2022 Rilis, Intip Kelebihan dan Kekurangannya

0
120
Yamaha Nmax 2022 Rilis, Intip Kelebihan dan Kekurangannya
Yamaha Nmax 2022 Rilis, Intip Kelebihan dan Kekurangannya

Nmax 2022 merupakan lanjutan dari varian sebelumnya, di mana ini merupakan skuter matic paling laris di Eropa dan Asia. Bukan hanya baru-baru saja tetapi sudah lama sejak masa rilis pertama.

Baca juga: Jimny 4Sport Edisi Khusus Hanya Ada 100 Unit Sedunia

Tepatnya pada tahun 2017 menjadi tahun keluaran pertama produk dari Yamaha ini. Menjadi juga pionir dari skuter matic dengan body besar. Di mana ini sekarang sudah menjadi standar motor kebanyakan.

Kini ada tiga versi yang ditawarkan oleh Yamaha ke pasar, di mana ada versi standar, connected/ABS, dan connected. Masing-masing memiliki harga yang berbeda bersama opsi pilihan warna berbeda beda juga.

Tapi, tepatnya semuanya dijual dengan rentang harga yang tidak berbeda pada versi sebelumnya. Di angka harga kisaran 32 juta hingga 36 juta rupiah untuk versi terbaik yaitu connected/ABS.

Harga Nmax 2022 dan Warna Berdasarkan Varian

Yamaha Nmax 2022 Rilis, Intip Kelebihan daYamaha Nmax 2022 Rilis, Intip Kelebihan dan Kekurangannyan Kekurangannya
Yamaha Nmax 2022 Rilis, Intip Kelebihan dan Kekurangannya_Harga Nmax 2022 dan Warna Berdasarkan Varian

Ada beberapa versi dari motor kebanggaan kalangan masyarakat awam jaman sekarang, dimulai dari versi standar, connected/ABS, dan connected. Memberikan harga dengan pilihan warna berbeda, menjadikan Kalian harus mengenalnya lebih dalam.

Adapun beberapa pilihan varian yang mungkin bisa Kalian pertimbangkan

  • Standar pada harga Rp 31.115.000 pada OTR di wilayah Jakarta, memberikan pilihan warna paling banyak di antara jenis lainnya. Jelas merupakan hal wajar untuk dimiliki pada varian terendah.

Pilihan warnanya dimulai dari hijau tua, biru tua, merah, dan tentu hitam. Sayangnya untuk kelengkapan fitur tidak ada ABS serta connected ke ponsel pintar. Jadi polosan seperti versi versi sebelumnya.

  • Connected version pada harga Rp 32.375.000 pada OTR di Wilayah Jakarta, memberikan empat pilihan warna, dengan hijau tua, merah, putih, dan hitam. Tidak ada biru sama seperti versi standar.

Pilihan Nmax 2022 ini juga tidak memberikan fitur ABS, jadi murni pengereman manual memakai dual combo, depan belakang. Namun, urusan tersambung dengan ponsel pintar sudah bisa didapatkan dengan menambah sejutaan.

  • Versi Connected/ABS dengan harga paling tinggi di antara lainnya yakni Rp 35.250.000 di Wilayah Jakarta. Hanya menyuguhkan tiga pilihan warna, dari hijau tua, putih, dan hitam demi kesan premium darinya.

Sudah tersemat sistem pengereman ABS membuat pengendara bisa semakin nyaman dalam segala medan. Bahkan pada medan licin saat hujan bersama assisted rem ABS. Ditambah lagi dapat tersambung ke ponsel pintar.

Spesifikasi Lengkap Nmax Tahun 2022

Sudah membahas mengenai berbagai jenis Nmax 2022 dari tipe tertinggi dan terendah. Kalian harus mengetahui spesifikasi secara lengkap mengenai mesin, rangka, dimensi, dan kelistrikan. Demi memahami apa yang akan dibeli.

Urusan mesin sudah menggunakan tipe Liquid cooled 4-stroke SOHC tentu dengan satu silinder. Meski begitu untuk kualitas adem dalam berkendara sudah bagus, lalu untuk kapasitas mesin sudah menggunakan 155 CC.

Lalu daya maksimum yang dapat dihasilkan adalah 8000 rpm, sedangkan untuk torsi 6500 rpm. Tidak ada sistem engkel pada starter motor, dimana murni gunakan elektrik starter yang terkait pada aki.

Jadi saat aki atau busi soak, harus menggantinya untuk dapat menyalakan. Meski begitu sistem bahan bakar sudah Fuel Injection dengan V-belt automatic transmisi. Lalu bagaimana dengan tipe rangka Nmax 2022.

Tipe rangka menggunakan underbone, tapi suspensi depan sudah teleskopik dan belakang unit swing. Ban depan memakai 11-/70 dan belakang 130/70. Sedangkan untuk rem menggunakan single disc brake hydraulic depan belakang.

Kebanyakan orang mengetahui bahwa ukuran dari motor gede matic ini besar, tapi Mereka tidak tahu dimensi pasti. Di mana ukurannya adalah 1935 x 740 x1160 mm bersama berat 132 kg.

Lalu untuk urusan pengisian bahan bakar bisa sampai 7,1 liter, jika pada harga pertalite sekarang untuk penuh harus merogoh kocek 71 ribu. Itupun pada bahan bakar paling rendah bilangan oktannya.

Disamping itu motor ini kurang cocok bagi pengendara yang pendek, sebab tinggi tempat duduk mencapai 765 mm atau sampai 77 cm. Ditambah dengan jarak terendah ke tanah menyentuh 124 mm.

Semua hal tersebut disempurnakan dengan sistem kelistrikan TCI, ditambah pemakaian baterai YTZ6V untuk varian connected dan ABS. Lalu untuk standar hanya menggunakan YTZ7V karena memang lebih boros soal energi listrik.

Sedangkan tipe busi saat memang terdesak tidak bisa di starter, boleh ganti dengan tipe NGK/CPR8EA-9. Sebaiknya serahkan saja ke mekanik agar langsung tertangani. Kecuali memang bisa pasang semua secara mandiri.

Kelebihan dan Kekurangan Nmax 2022

Yamaha Nmax 2022 Rilis, Intip Kelebihan dan Kekurangannya_Kelebihan dan Kekurangan Nmax 2022
Yamaha Nmax 2022 Rilis, Intip Kelebihan dan Kekurangannya_Kelebihan dan Kekurangan Nmax 2022

Urusan kelebihan dan kekurangan ini sebenarnya subjektif, namun Kita gunakan sudut pandang dari kalangan awam. Demi membuat pandangan dari pembahasan ini sama-sama ke arah tertentu, adapun kelebihan kekurangannya sebagai berikut.

  • Kelebihan dari Nmax 2022

Saat ini pandangan masyarakat mengenai motor bagus itu yang besar, berbeda pada

beberapa tahun ke belakang. Banyak masyarakat yang menyukai desain kecil, tapi dinamika masyarakat akan terus berubah seiring zaman.

Jadi motor ini memang unggul dari segi dimensi, selain itu ada kelebihan lainnya mengenai pilihan harga. Apalagi pada versi 2022 di mana ada tiga pilihan harga. Jadi pembeli bisa menyesuaikan budgetnya.

Kaki-kaki lebih besar juga menjadi andalan dari keluaran tahun ini, sebab ini akan memberikan kesan kekar plus kokoh. Selain itu untuk melalui berbagai medan jalan juga akan mudah digunakan pengendara.

Mesin motor dengan cc lebih tinggi plus cooled sistem, membuat selalu bisa adem dalam segala kondisi. Ditambah dengan adanya sistem baru yang dapat disambungkan dengan ponsel pintar, membuatnya semakin digandrungi.

  • Kekurangan Nmax 2022

Di samping ada kelebihan tentu ada kekurangan yang menyertai, ini bukan karena produk ini gagal dibuat. Melainkan memang tidak sesuai dengan selera pasaran yang ada di Indonesia pada saat ini.

Stang motor terlalu panjang menjadi satu alasan tersendiri, sebab orang Indonesia tidak berpostur besar untuk rata-rata. Selain itu shock belakang yang belum teleskopik, membuat kesan keras menjadi lebih kentara padanya.

Satu hal lagi yang menjadi kekurangan dari motor kali ini adalah cat, tidak seperti keluaran tahun sebelumnya. Di mana cat dibuat dengan bahan yang lebih bagus. Sehingga banyak orang menilai kualitasnya menurun.

Hal Penting dalam Merawat Motor Nmax 2022

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kualitas dari motor Yamaha model skuter matic gede ini memang bagus. Jadi penting untuk selalu memastikan perawatan berjalan rutin, demi dapatkan performa maksimal.

Sebab jika tidak dirawat dengan baik dan benar, sparepart yang harus dibeli juga akan mahal. Sehingga penting untuk selalu melakukan perawatan secara rutin. Sebenarnya hal tersebut dapat dilakukan secara mandiri.

Tapi jika memang kesulitan boleh langsung serangkan ke mekanik, dengan beberapa indikator yang harus dicek. Pertama jelas soal oli dan CVT, sebab dua hal ini sering menjadi problem di lapangan.

Selalu rutin ganti kedua hal itu demi dapatkan performa terbaik. Selain itu jika ingin mesin Nmax 2022 menjadi lebih maksimal tarikannya, pakai bahan bakar kelas atas dengan oktan paling rendah.

Dengan pemilihan itu akan membuat mesin bisa bekerja secara maksimal. Lalu selain masalah mesin, kaki-kaki juga harus dicek. Sebab ini menentukan sekali kenyamanan berkendara saat melintasi jalan berlubang serta bergeronjal.

Usahakan selalu memberikan minyak shockbreaker agar mampu meredam getaran lebih bagus. Satu hal yang kerap dilupakan oleh banyak pemilik yakni lupa memanasi rutin dan tidak mengecek kondisi aki serta busi.

Ketika mampu merawat motor dengan maksimal, kesimpulannya motor ini layak untuk dibeli, apalagi dengan tampilan baru terkesan elegan plus eksklusif. Membuat pemakai akan merasa bangga dengan tunggangannya, serasa sultan jalanan.

Dihadirkan dengan mesin terbaru 155CC dan jelas lebih canggih dari skuter lainnya. Tentu akan menawarkan tarikan lebih responsif serta nyaman untuk dikendarai. Dengan bodi besar buat lebih stabil dikendarai.

Ditambah lagi dengan tampilan speedometer yang lebih modern karena bisa disambungkan dengan ponsel pintar. Tentunya pada aplikasi Y-connect yang memungkinkan semua sistem motor dapat dipantau hanya melalui ponsel pintar saja.

Namun, penggunaan Y-connect hanya dapat dilakukan pada jenis nmax 2022 Connected/ABS dan Connected, sedangkan untuk jenis standar tidak bisa menggunakan sistem tambahan. Di mana fitur CCU ini merupakan pertama di Indonesia.

Penyambungan CCU communication control unit ini bisa didapatkan pada playstore atau appstore, jadi sesuaikan saja dengan jenis ponsel pintar kalian. Lalu untuk penyambungan hanya bisa dilakukan melalui sambungan jaringan bluetooth.

Baca juga: Manfaat Balancing Ban Mobil dan Perbedaan dengan Spooring

Memang kemajuan akan semakin memudahkan user jaman sekarang, tapi semua itu harus dibarengi dengan effort merawat lebih rutin lagi. Sebab tanpa perawatan yang bagus akan membuat Nmax 2022 kurang maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here