Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Gixxer 250 Pakar Motor Touring

0
67
Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Gixxer 250 Pakar Motor Touring
Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Gixxer 250 Pakar Motor Touring

Suzuki Gixxer 250 adalah salah satu produk yang tampil mengagumkan dalam beberapa tahun terakhir, Ini karena Suzuki terus mengeluarkan varietas baru dari produk unggulannya, khususnya sepeda motor sport. Untuk kalian yang tidak ingin ketinggalan, kalian harus memahami ulasan ini.

Baca juga: Kawasaki Z125 PRO dan Keunggulan yang Dimilikinya

Produk ini memiliki kualitas yang cukup baik sehingga memiliki peminat yang banyak. Selain itu, desainnya sangat menarik, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi yang mengendarainya.

Jika kalian ingin membeli produk ini secara langsung atau online, kalian harus membaca ulasan ini terlebih dahulu. Akan melalui beberapa keuntungan serta beberapa potensi kerugiannya.

7 Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Gixxer 250 yang Wajib Diketahui

7 Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Gixxer 250 yang Wajib Diketahui
7 Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Gixxer 250 yang Wajib Diketahui

Untuk kalian yang berencana ingin membeli motor namun masih bingung ingin membeli tipe motor yang bagaimana, kalian bisa memahami ulasan ini mengenai kelebihan dan kekurangannya, berikut ulasannya.

Desain Modern dan Sporty

Salah satu daya tarik kendaraan sport Suzuki Gixxer 250 ini adalah tampilannya yang modern dan sporty. Alhasil, cukup sebanding dengan kendaraan yang sering para pembalap motogp gunakan.

Meski kemampuannya masih lebih rendah, desainnya sangat mumpuni. Alhasil, saat kalian gunakan cukup sebanding dengan mobil modern dan memiliki tampilan yang sangat atletis sehingga menarik untuk kalian kendarai.

Ini adalah salah satu alasan kenapa para pria lebih suka mengendarai jenis motor yang satu ini. Selain itu, ingin tampil lebih ideal di jalanan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Itu sebabnya motor ini selalu menjadi pilihan terbaik.

Fitur Canggih Luas

Jika kalian bandingkan dengan model sebelumnya, kendaraan ini menawarkan fitur yang sangat kompleks. Dengan fitur pintar tersebut, Suzuki Gixxer 250 bisa kalian optimalkan untuk berbagai keperluan, terutama perjalanan jauh.

Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu fitur-fitur canggih apa saja yang disediakan. Karena bisa saja fitur-fitur canggih tersebut tidak kalian perlukan sama sekali.

Jadi tidak ada salahnya untuk memikirkan hal ini sebelumnya. Jika kalian benar-benar membutuhkan fitur-fitur canggih tersebut, berarti kalian dapat langsung melakukan transaksi.

Menghemat Bahan Bakar

Kendaraan yang lebih besar mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar secara signifikan. Untuk menempuh jarak sekitar 30 kilometer, Suzuki Gixxer 250 menggunakan kurang lebih 1 liter. Jika kalian bandingkan dengan kendaraan sejenis, konsumsi ini sebenarnya tergolong murah.

Jika ingin berhemat, isi bahan bakar kira-kira 12 liter sampai tangki penuh. Kendaraan ini juga bisa kalian gunakan selama 5-7 hari untuk jarak dekat. Bisa lebih jika akan kalian gunakan untuk traveling.

Harga di Pasar Indonesia Relatif Tinggi

Kendaraan ini tidak sesuai untuk pasar sepeda motor Indonesia secara penuh. Karena sudah dibanderol kurang lebih Rp 49 juta per unit begitu masuk ke sini. Harga ini biasanya lebih tinggi dari pesaingnya.

Coba bandingkan dengan kompetitor seperti Ninja 250 yang harganya kurang lebih Rp. 35 juta. Meski tidak jauh tertinggal dalam hal aptitude, terutama dalam hal kekuatan utamanya.

Akibatnya, Suzuki Gixxer 250 ini mungkin menghadapi persaingan yang sangat ketat. Ini menandakan bahwa kendaraan ini sangat menyesuaikan untuk sekelompok kecil konsumen dan tidak dapat digunakan untuk orang lain.

Memiliki Kehadiran Fisik yang Besar

Beberapa orang memuja tampilan kendaraan Suzuki Gixxer 250 yang masif ini. Bahkan bisa terbilang memiliki tampilannya seperti motor raksasa atau motor gede, sehingga cocok untuk menambah penampilan kalian di jalanan.

Namun, tidak semua orang menyukai tampilan motor masif ini. Itu sebabnya sebagian orang memilih untuk naik roda dua biasa.

Selain itu, menggunakan dua roda dengan desain yang begitu berat juga tidak estetis. Membutuhkan lebih banyak ruang, terutama jika akan kalian parkirkan atau di simpan di dalam rumah.

Gahar Memiliki Kekuatan yang Lebih Kecil

Meski bisa menghemat bensin, namun masih kalah dengan beberapa pesaingnya. Dengan CC yang hampir sama, ternyata Suzuki Gixxer 250 ini masih kurang memadai untuk kalian gunakan di jalanan.

Menjalankan mesin dengan tenaga tidak dapat dilakukan secara optimal. Inilah mengapa sebagian orang tidak suka menggunakan kendaraan ini untuk melakukan aktivitas jauh karena terlalu lama.

Namun, jika kalian gunakan di dalam kota, seperti untuk bekerja atau bepergian ke tempat-tempat terdekat, itu sudah cukup. Jadi, sebelum membeli, pertimbangkan apakah kalian akan sering atau jarang menggunakannya.

Sistem Pengereman Efektif

Fitur terakhir dari kendaraan Suzuki Gixxer 250 ini adalah memiliki mekanisme pengereman yang sangat baik. Sistem pengereman ini sangat penting karena kendaraan ini merupakan motor sport yang sering kalian gunakan pada kecepatan tinggi.

Dengan sistem pengereman yang memadai, kendaraan dapat berhenti dalam waktu singkat. Selain itu, meskipun motor mengerem dengan sangat keras atau cepat, motor tidak akan mudah terguling.

Bakat ini secara signifikan lebih unggul dari beberapa pesaingnya. Tak heran jika motor ini dianggap sebagai salah satu kendaraan dengan sistem keamanan yang memadai.

5 Keunggulan Suzuki Gixxer 250

5 Keunggulan Suzuki Gixxer 250
5 Keunggulan Suzuki Gixxer 250

 

Jika kalian menginginkan Suzuki ini untuk menjadikannya motor impian, kalian harus benar-benar memahami apa saja spesifikasi dari motor ini. Untuk lebih jelasnya kalian bisa membaca ulasan ini.

Spesifikasi Gixxer 250

Suzuki memilih menyematkan mesin SOHC dengan satu silinder di kelas motor sport touring 250cc. Sepintas, opsi ini mungkin akan membuat kalian heran, mengingat mayoritas kompetitornya di kelas yang sama bermesin DOHC.

Namun, mengingat tujuannya sebagai sepeda motor touring, fitur Suzuki Gixxer 250 membuatnya lebih hemat biaya dan mudah dirawat.

Sistem pendingin mesin mendapat perhatian khusus dari teknologi yang kita terapkan pada sepeda motor ini. Sistem pendingin Suzuki menggunakan pendingin cair berupa oli yang mengalir melalui saluran jaket yang dirancang khusus.

Hal ini memungkinkan kinerja mesin menjadi luar biasa dan stabil selama pengoperasian jangka panjang tanpa kepanasan. Dengan begitu, kalian juga tidak perlu khawatir saat melakukan perjalanan jauh karena keamanannya sudah terjamin aman.

Efisiensi

Di atas kertas, spesifikasi Suzuki Gixxer 250 lebih bersaing dengan kompetitornya di putaran rendah. Dari segi kecepatan, hanya butuh 3,55 detik untuk berakselerasi dari posisi diam hingga 60 km/jam.

Demikian juga akselerasi kecepatan tinggi hanya membutuhkan waktu 9,21 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam. Meski rekor ini masih lebih rendah dari kompetitor seperti Kawasaki Ninja dan Yamaha R25, statistiknya cukup mengagumkan.

Apalagi Suzuki ditenagai mesin SOHC dengan single camshaft. Namun, yang membedakan 250 adalah konsumsi bahan bakarnya yang super irit untuk kelas 250cc.

Konsumsi BBM dalam kota 31,2 km/liter, dan 37,9 km/liter pada rute luar kota. Hasil ini sangat impresif jika kalian bandingkan dengan kompetitor di kelas yang sama, yang rata-rata mencapai 20-25 km/liter. Ini menunjukkan keseriusan Suzuki menjadikan motor ini spesialis sport touring.

DesainĀ 

Desain tidak dapat kalian ragukan lagi merupakan salah satu aspek terpenting dari fairing motor sport. Ukuran Suzuki Gixxer 250 terbilang kecil, berukuran pxlxt = 2.010 x 740 x 1.035 mm. Apalagi untuk motor sport, ground clearance-nya lumayan tinggi.

Suzuki jelas tidak pernah mengecewakan dengan striping bodi yang luar biasa, meski penampilannya bermasalah. Dengan varian warna blue silver, blue, dan matt black masing-masing memiliki ciri khas tersendiri dan cocok untuk pengendara yang berbeda.

Arsitektur knalpot (knalpot) juga bikin penasaran. Bentuk dual outlet membuat motor ini tampil lebih atletis dan menarik. Dengan begitu penampilan kalian akan lebih memukau dengan mengendarai mesin roda dua ini.

Kenyamanan Berkendara

Dalam hal kenyamanan berkendara, Suzuki Gixxer 250 menyisakan sedikit hal yang kalian inginkan. Kursinya hanya setinggi 800 mm. Posisi pengendara menjadi sangat ergonomis, nyaman, dan tidak melelahkan saat menggunakan stang tipe Clip-On, bahkan untuk jarak jauh.

Selain itu, Suzuki ini membanggakan sistem yang dapat mengaktifkan mesin dengan sekali tekan. Untuk melengkapi sistem keamanan, terdapat fitur dual ABS (Anti-Lock Braking System).

Harga Suzuki Gixxer SF 250

Harga Suzuki ini cukup terjangkau untuk motor sport di kelas 250 cc, yaitu sekitar Rp. 49 juta. Namun, mengingat keistimewaannya sebagai motor sport touring, kalian akan puas dengan performa dan efisiensinya.

Baca juga: Fitur Honda Forza 150 serta Kelebihan dan Kekurangannya

Menurut penilaian di atas, kelebihan dan kekurangan dari produk ini dapat kalian dapat memperhitungkan. Dengan begitu dapat kita simpulkan jika Suzuki Gixxer 250 merupakan motor sport ramping yang sangat cocok untuk perjalanan jarak jauh.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here