Spesifikasi Yamaha Niken untuk Touring dengan Moge Roda Tiga

0
70
Spesifikasi Yamaha Niken untuk Touring dengan Moge Roda Tiga
Spesifikasi Yamaha Niken untuk Touring dengan Moge Roda Tiga

Produk Yamaha Niken adalah sepeda motor roda tiga yang menjadi andalan produsen asal Jepang tersebut. Jika melihat pasaran Eropa sebenarnya telah rilis moge versi touring. Spesifikasinya ternyata menarik untuk berpetualang.

Baca juga: Moge Yamaha Buatan Indonesia, MT-07 Tembus Eropa

Sebenarnya model moge ini khusus untuk melewati medan atau jalan kurang bersahabat. Bahkan tidak menutup kemungkinan sulit bagi pengendara lain lewati. Tapi mengendarai Niken nyaman dan aman tanpa kendala.

Klaim yang Yamaha berikan pada produk ini adalah mengendarai pada semua cuaca. Apalagi bisa menghadapi empat musim berbeda khususnya di Eropa. Rancangan perjalanan jauh hingga berganti musim sekalipun bukan masalah.

Komponen khusus dalam Yamaha Niken menjadi pilihan untuk aktivitas touring jangka panjang. Kenyamanannya adalah keutamaan pengendara dan penumpangnya saat perjalanan. Versinya memiliki perlindungan ekstra dari panas, hujan dan angin.

Apabila ingin kalian pakai menampung barang bawaan juga terdapat box besar. Bahkan dapat menampung hingga 25 liter bawaan, sehingga banyak peralatan terbawa. Touring ke berbagai daerah atau negara semakin nyaman.

Review Spesifikasi Motor Gede Yamaha Niken

Review Spesifikasi Motor Gede Yamaha Niken
Review Spesifikasi Motor Gede Yamaha Niken

Niken merupakan model sepeda motor yang menarik perhatian, karena besar dan memiliki tiga roda. Faktanya Yamaha sengaja merancang untuk kegunaan dalam kegiatan touring. Pastinya membantu menikmatinya lebih nyaman dan sporty.

Selain itu, Yamaha Niken menjadi supersport dengan performa yang teruji dengan baik. Apalagi terdukung 847cc inline 3, sehingga menghasilkan sampai 115HP engkol beserta torsi 70 lbs ft, sehingga performanya tangguh.

Meski begitu mesinnya halus karena terdapat poros engkol 120 derajat. Hal ini mampu memastikan agar sistem penembakannya lebih rata serta mulus. Kehadiran dua roda depannya juga membuat kenyamanan berkendara membaik.

Kedua roda bisa kalian pakai untuk bersandar saat perjalanan jauh seperti touring. Tentu memiliki kemiringan 45 derajat dengan batasan mekanis. Desain sport tourer ini lebih baik jika membandingkannya dengan supersport.

Demi menunjang performanya agar semakin matang, bahkan terdapat penggunaan teknologi paling canggih. Sisi modern ini Yamaha hadirkan pada moge tersebut. Inilah alasannya kenapa punya harga lebih mahal melihat lengkapnya kualitas.

Yamaha Niken sendiri telah rilis ke seluruh dunia, sehingga mudah menemukannya. Menurut sejarahnya pertama kali rilis untuk pengguna Eropa. Tapi kemudian telah rilis ke seluruh dunia termasuk Asia seperti Indonesia.

Saat ini terdapat pilihan warna yang bisa kalian pilih. Misalnya Phantom Blue dan Nimbus Grey yang menciptakan visual gagah kendaraan. Warnanya memiliki karakter matte atau doff, sehingga lebih mewah.

Moge Yamaha ini mengusung mesin DOHC CP3 dan terdukung mesin 847cc beserta dukungan fitur canggih. Kegiatan touring ke berbagai medan dan daerah semakin nyaman. Bahkan bisa melakukannya selama berminggu-minggu lamanya.

3 Kelebihan Utama yang Yamaha Tawarkan dalam Moge Niken

3 Kelebihan Utama yang Yamaha Tawarkan dalam Moge Niken
3 Kelebihan Utama yang Yamaha Tawarkan dalam Moge Niken

Sebagai moge dengan model dual sport, faktanya punya banyak kelebihan bagi penggunanya. Mulai dari fitur, spesifikasi roda, konsep sampai mesinnya. Tentu menciptakan kesan hebat yang sulit tertandingi oleh para pesaingnya.

Fitur Tercanggih

Kehebatan Yamaha Niken tercipta karena memiliki fitur tercanggih bagi para penggunanya. Misalnya saja memiliki fitur teknologi assist and slipper clutch. Begitu juga dengan Quick Shift System (QSS) yang telah teruji.

Motor ini mengusung mesin DOHC CP3 berkualitas tinggi. Dengan tambahan tiga silinder sekaligus pendingin cairan membuat performanya baik. Salah satu fitur tercanggih produk ini sebenarnya layar LCD untuk informasi kendaraan.

Desainnya juga menarik karena canggih dan kelihatan agresif dari moge lainnya. Sayangnya memang cukup berat tapi wajar karena memiliki tiga roda. Tentu butuh waktu terbiasa sampai akselerasinya bisa kalian kuasai.

Roda Terbaik

Kalian dapat menemukan roda terbaik dalam produk ini dengan kualitas yang menawan. Apalagi memiliki 2 roda depan yang memanfaatkan teknologi Multi-Wheeler. Bahkan terdapat dual upside down, sehingga kemampuannya semakin baik

Kombinasi tersebut tambah tangguh dengan sistem pengereman yang paling optimal. Terlebih terdapat 3 rem cakram beserta sistem pengereman ABS. Wajar apabila tingkat kenyamanan maupun keamanan saat mengerem terjamin maksimal.

Konsep dan Mesin Tangguh

Motor Yamaha Niken memiliki konsep menarik karena menawarkan teknologi terbaru. Selain itu terdapat pengalaman berkendara yang nyaman dan berbeda. Khususnya jika kalian coba untuk cornering maupun manuver sehingga mudah.

Belum lagi mesin tangguh dengan 3 silinder juga menciptakan nuansa berkendara yang baik. Sebenarnya populer dengan torsi besar seperti Yamaha MT-09. Performa membuat pengendara jatuh cinta bukan hanya pada tampilannya.

Desain Moge Niken Menggunakan Rangka Diamond Terkokoh

Desain Moge Niken Menggunakan Rangka Diamond Terkokoh
Desain Moge Niken Menggunakan Rangka Diamond Terkokoh

Rangka Yamaha Niken adalah jenis diamond sehingga memiliki tingkat kekokohan yang baik. Apalagi dapat menyebabkan keseimbangan motor semakin stabil dan terasa sempurna. Visualnya agresif karena memiliki shockbreaker upside down.

Kalian bisa menemukannya pada semua sisi ban bagian depannya. Sebenarnya terdapat 4 dual upside down dengan fungsi yang bekerja waktu menikung. Untuk tingkat kekerasannya sendiri bisa kalian atur sesuai dengan preferensi.

Dimensi bodynya mencapai 2150x885mm dengan ketinggian 1250mm. Tempat duduknya terbilang lumayan tinggi bahkan mencapai 882 sehingga membuat jinjit. Hal ini wajar mengingat Niken termasuk model motor gede.

Sementara itu pada jarak sumbu rodanya 1510mm dengan ground clearance berjarak 150mm. Bobotnya adalah 263kg sehingga membuat bodynya lumayan besar. Jika melihat dari desainnya sebenarnya telah mengusung tangki besar juga.

Terbukti karena Yamaha Niken dapat kalian pakai menampung 3 liter bahan bakar. Selain itu pembakaran efektif membuatnya awet saat kalian gunakan. Tampilan tangki ini cukup gagah, sehingga desainnya lebih menarik.

Berlanjut pada headlamp yakni punya desain tajam dan lengkap bersama lampu LED. Pencahayaannya baik karena terang khususnya saat malam hari. Apalagi memiliki windshield pada bagian atas lampunya sehingga semakin keren.

Dalam desainnya juga memanfaatkan jok dengan tingkat kenyamanan baik bagi pengendara. Belum lagi terdapat speedometer digital dengan layar LCD. Wajar apabila selain keren tapi lebih modern sekaligus mewah kalian pakai.

Pengereman dan Keamanan dalam Yamaha Niken

Pengereman dan Keamanan dalam Yamaha Niken
Pengereman dan Keamanan dalam Yamaha Niken

Performa tangguh moge ini bukan satu-satunya kelebihan yang Yamaha tampilkan. Melainkan punya sistem pengereman yang lebih bagus dan aman. Apalagi pada bagian dalam memiliki rem Hydraulic Double Disc diameter 298mm.

Selain itu Yamaha Niken juga lengkap dengan Hydraulic Single Disc diameter 282mm. Belum lagi punya bekal ban depan dengan ukuran 120/70 R 15 dan bagian ban belakangnya 190/55 R 17.

Sistem pengereman ini semakin aman karena memiliki teknologi Traction Control System (TCS). Pastinya berguna membantu mengurangi risiko hilangnya traksi ban. Keamanannya meningkat sehingga pengendaraan dan handling sempurna.

Penggunaan rangka diamond mendukung karena faktanya menjadi andalan berbagai moge kelas dunia. Tiga rodanya ternyata menjadi pionir penting karena belum banyak produsen lain merilisnya. Tapi Yamaha telah sukses menciptakannya.

Harga tinggi yang Yamaha tawarkan sebenarnya sesuai dengan kenyamanan dalam berkendara. Apalagi terdapat fitur, desain, performa mesin dan sebagainya. Pastinya mengutamakan suspensi terbaik, sehingga performanya lebih maksimal.

Kualitas Yamaha Niken semakin tinggi karena bagian depannya memiliki double upside down telescopic forks. Lalu bagian belakangnya memiliki link type suspension. Kombinasi keduanya membuat kenyamanan berkendara lebih terjaga.

Keamanan dan kenyamanan menjadi pertimbangan khususnya saat aktivitas touring. Niken bisa melakukan redaman untuk semua getaran yang muncul pada mesinnya. Artinya saat melewati jalan tidak rata bisa lancar sampai tujuan.

Perkiraan Harga Moge Niken akan Kompetitif

Perkiraan Harga Moge Niken akan Kompetitif
Perkiraan Harga Moge Niken akan Kompetitif

Masalah harga tentu menjadi pertimbangan banyak orang sebelum membeli dan memiliki Yamaha Niken. Untuk harga bagi masyarakat Indonesia yakni mencapai Rp300 jutaan. Padahal jika membandingkan dari Eropa harganya Rp250 jutaan.

Perbedaan harga tersebut ternyata tidak membuat pecinta touring mundur. Apalagi dapat menjadi moge berteknologi terbaik untuk kegiatan touring yang nyaman. Belum lagi terdapat dapur pacu tangguh dan stabil dari kelasnya.

Dukungan mesin 3 silinder, 4 stroke, DOHC dan liquid pendingin juga menciptakan performa terbaiknya. Torsinya begitu besar dan punya kapasitas 847cc. Mesin ini mampu menciptakan 87.5 Nm untuk putaran hingga 8.500rpm.

Sementara itu tenaga yang bisa Yamaha Niken hasilkan sampai 115ps dengan putaran mesin 10.000rpm. Performa maksimalnya terdorong sempurna karena transmisi constant mesh. Begitu juga 6 speed, sehingga tarikannya mantap.

Belum lagi terpasang kopling basah beserta Multiple Disc untuk kenyamanan pergantian gigi. Tidak lupa ada fitur Drive Mode, sehingga pengaturan kondisi jalan. Cruise control juga membantu pengaturan laju tepat.

Motor ini begitu unik karena desain moge roda tiga keren dan unik. Kesannya berbeda yang membuat peminatnya hadir dari berbagai kalangan. Harganya dapat terus kompetitif dengan inovasi dan kecanggihan teknologinya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Gixxer 250 Pakar Motor Touring

Spesifikasi unggulan dalam motor gede dari Yamaha ini terbukti unggul. Apalagi dengan pengujian dan bukti performa yang baik. Walau harganya mahal, tapi sebanding dengan kehebatan fitur dan teknologi Yamaha Niken.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini