Spesifikasi Honda CRF250L serta Perbedaannya dengan CRF250 Rally

0
252
Spesifikasi Honda CRF250L serta Perbedaannya dengan CRF250 Rally
Spesifikasi Honda CRF250L serta Perbedaannya dengan CRF250 Rally

Honda CRF250L merupakan produk dari Honda berjenis motor trail. Kalian tentu tidak asing dengan motor seperti ini. Penampilan sporty, bentuk body ramping dan lincah di jalanan.

Baca juga : Vespa Made In Cikarang: Kebanggaan Manufaktur Skuter Indonesia

Pada waktu yang sama pabrikan ini juga mengeluarkan seri CRF250 Rally yang cukup mirip dengan CRF250L. Keduanya sama-sama dibekali oleh tenaga mesin 249cc, berteknologi PGM-FI.

Meski terdapat kemiripan namun sebetulnya peruntukan keduanya berbeda. Honda CRF250L merupakan motor trail, lebih cocok untuk kalian yang suka menerabas berbagai medan. Sementara CRF250 Rally untuk touring.

Pabrikan Honda sendiri memiliki sejarah pengalaman panjang dalam mengembangkan motor onroad dan offroad. Hal ini sudah dimulai sejak tahun 1973 dan terus dikembangkan sampai saat ini. 

CRF yang telah diproduksi dan dirilis di pasaran bahkan sering memenangkan balapan di berbagai kompetisi internasional. Kini seri motor trail ini hadir di Indonesia untuk memberikan pengalaman offroad sejati bagi kalian para penghobi. 

Review dari Honda CRF250L Berikut

Review dari Honda CRF250L Berikut
Review dari Honda CRF250L Berikut

Honda CRF250L sudah pasti akan menambah ramainya persaingan motor trail di Indonesia. Motor ini digadang-gadang mampu bersaing melawan Kawasaki KLX 250 dengan mengandalkan mesin satu silinder DOHC berkapasitas 249.6cc. 

  • Tenaga Mesin

Pabrikan sudah membekali oleh sistem pendingin cairan atau disebut juga Liquid Cooled. Tenaga yang dikeluarkan oleh mesin nantinya cukup besar. Mencapai 24 Horsepower pada 8.500 rpm dimana torsi puncak mencapai 22.6 Nm pada 6.750 rpm. 

Tenaga besar tersebut akan disalurkan pada sistem transmisi manual 6 percepatan. Pihak Honda juga memanfaatkan teknologi injeksi yang membuat mesin memiliki performa responsive karena pembakaran semakin sempurna.

  • Body dan Beratnya

Dari setting yang sempurna tersebut, Honda CRF250L sangat mumpuni digunakan untuk melewati medan off-road. Torsi tenaga seimbang, cocok sebagai motor trail yang lebih sering digunakan untuk trabas medan.

Bodinya ramping, menyebabkannya jadi ringan sehingga gesit untuk dipakai berkendara dengan lancar. Bahkan jika dibandingkan tipe CRF250 Rally terbilang lebih kecil. Meski begitu untuk urusan berat masih kalah dari kompetitornya yaitu Kawasaki KLX 250.

Kawasaki KLX 250 memiliki berat 135 kg, sementara CRF250L 146 kg. Salah satu hal yang membuatnya lebih berat dibanding KLX 250 adalah penggunaan suspensi depan Upside Down. Selain itu juga dari faktor jarak sumbu roda 1.445 mm.

  • Bahan Bakar

Bagian belakang ramping, begitu juga bagian depannya, menggunakan headlamp dengan desain mengkotak. Tangki bahan bakar berkapasitas 7.8 Liter, yang juga turut mendukung fleksibilitas bergerak. 

Meski kapasitas bahan bakar lebih kecil dibanding CRF250 Rally, namun konsumsi bahan bakarnya sangat irit. Hanya dibutuhkan satu liter untuk menempuh jarak sejauh 33.3 km. Artinya Honda CRF250L ini dapat melakukan manuver hingga sejauh 250 km saat posisi tangki bensin miliknya sudah terisi penuh. 

Teknologi PGM-FI dipadukan dengan mesin 1 silinder 249cc membuatnya semakin irit. Torsi yang dihasilkan begitu besar, sehingga tidak kalah dari motor trail buatan Kawasaki, Suzuki, ataupun Yamaha dengan harga setara.

  • Suspensi

Suspensi depan mengoptimalkan kestabilan, diameter suspensinya juga cukup besar, yaitu 43mm. Lalu suspensi belakang monoshock Pro-Link meningkatkan kenyamanan berkendara. Bagian rangka mengadopsi rangka baja, sehingga sangat kuat menahan beban.

  • Tampilan

Dari segi tampilan motor trail satu ini dibalut dengan warna dominan merah dipadukan dengan warna putih. Grafisnya sporty sudah pasti akan meningkatkan rasa percaya diri kalian sebagai pengguna nantinya.

  • Rem 

Sistem pengereman menggunakan ABS yang dijamin anti slip. Sistem ini mengoptimalkan rem depan karena penggunaan cakram berukuran 256mm dengan twin-piston kaliper. Sementara rem belakang memiliki diameter 220mm. 

Menariknya lagi pengendara dapat mematikan fitur ABS pada roda belakang. Ini akan sangat membantu pada saat melewati medan off-road. Untuk ban depan sendiri digunakan ukuran 3.00-21 51P, ban belakang 120/80-18M/C 62P.

Pengguna juga mendapatkan panel meter digital yang menampilkan informasi secara jelas. Fitur-fiturnya yang modern dan dinamis ini juga semakin memudahkan pengendara dalam memantau kondisi motor saat digunakan.

Ini Spesifikasi dari Honda CRF250L

Ini Spesifikasi dari Honda CRF250L
Ini Spesifikasi dari Honda CRF250L

Performa motor CRF250L bisa menjadi alternatif selain Kawasaki KLX250 yang sama-sama mengusung mesin berkubikasi 250cc. Sebagai motor import, harga CRF250L ini tidak heran jika dijual dengan nominal yang cukup mahal. Hal ini sebanding dengan spesifikasinya, sebagai berikut.

  • Spesifikasi Mesin

Tipe mesin DOHC, liquid-cooled single-cylinder dengan kapasitas 249 cc. Mesinnya dapat mengeluarkan tenaga terbesar 18,2Kw /8.500 rpm, dengan jumlah torsi paling banyak sebesar 22,6 Nm /6750 rpm.

Diameter X Langkah sebesar 76mm x 55mm, dengan rasio kompresi 10:7. Kemudian menggunakan sistem kopling multi-plate hydraulic. Sistem bahan bakar menggunakan teknologi PGM-FI, starter electric dengan transmisi sebanyak 6 kecepatan.

Tipe kecepatan berbeda ini memaksimalkan pengalaman berkendara di berbagai kondisi. Untuk menjelajah jalanan hutan misalnya, kondisi medan tidak rata dibutuhkan modifikasi kecepatan supaya tetap aman.

  • Spesifikasi Bodi

Dari segi body, motor Honda CRF250L berdimensi 2195 x 815 x 1195 mm, dengan berat 146kg. Kenyamanan terjamin saat berkendara sebab motor dibuat dengan tinggi jok 873,76 mm dan wheelbase 1,445 mm.

Kapasitas tangki untuk bahan bakar sebesar 7.8 Liter dengan Ground Clearance 254 mm. Tangki yang besar ini cukup untuk membekali kalian pecinta jalanan hutan sehingga bisa eksplor sepuasnya.

Tangguh dan gesit sangat diperlukan pada saat kalian menjelajah berbagai kontur jalanan. Bodi ramping memungkinkan pengendara lebih mudah mengendalikan pada saat kendaraan kurang stabil karena faktor kondisi medan yang dilalui.

  • Spesifikasi Rangka dan Kaki-Kaki

Dari sisi rangkanya Honda CRF250L sudah dibangun sedemikian rupa dengan pertimbangan kenyamanan, keamanan dan kualitas performa. Rangka dibangun dengan twin-spar aluminum chassis, suspensi depan Upside Down 43mm dan inverted fork.

Sementara pada suspensi belakang motor ini berupa Pro-Link single shock. Ban depan kendaraan ini berukuran sebesar 3.00-21 51P, sedangkan roda belakangnya 120/80-18M/C 62P. Sistem pengereman depan menggunakan Floating Wave Disk 256mm with twin-piston caliper dan rem belakang wave disk 220mm with single-piston caliper.

Harga Honda CRF250L Baru

Harga Honda CRF250L Baru
Harga Honda CRF250L Baru

Motor trail ini sendiri belum ramai dipasaran Indonesia, namun sudah lebih dulu rilis di Malaysia dengan harga 24.378 Ringgit Malaysia atau setara Rp. 76 Jutaan. Namun update terbaru untuk OTR Jakarta tipe trail atau L ini dibandrol seharga Rp 79 jutaan.

Motor ini diprediksi akan menjadi idola baru bagi pecinta trabas di Indonesia. Meski harga Honda CRF250L tergolong mahal, namun tak akan membatasi minat konsumen untuk membelinya. Sebab pangsa pasarnya adalah para penghobi yang tidak akan sayang keluar uang.

Selain bisa dipakai untuk trabas medan hutan, bisa juga mengaspal di jalan raya. Sebab sudah dilengkapi dengan standar wajib seperti headlamp, lampu sein, knalpot serta sudah lolos uji emisi. Jadi sesuai dengan harganya.

Perbedaan CRF250L dengan CRF250 Rally

Perbedaan CRF250L dengan CRF250 Rally
Perbedaan CRF250L dengan CRF250 Rally

Secara teknis antara Honda CRF250L dengan CRF250 Rally cukup banyak perbedaannya. Secara fisik atau tampilannya tipe Rally lebih besar dibanding motor trail terbaru satu ini. Salah satu penyebabnya, pada bagian tangki bahan bakar yang kapasitas keduanya berbeda.

Spesifikasi tipe Rally lebih diperuntukkan bagi para pecinta touring. Dimana dalam berkendara akan sering melalui jalanan kasar. Sementara tipe trail lebih untuk trabasan masuk-masuk ke area hutan meski sesekali juga berjalan di landasan beraspal.

Tipe Rally menggunakan headlight windscreen, sedangkan tipe L tidak menggunakan visor. Dari sisi bobot, tipe L atau trail juga lebih Kg.

Ukuran tinggi juga memiliki perbedaan antara keduanya. Untuk tipe L lebih tinggi dengan angka 893 mm. Sementara tipe Rally hanya 885 mmHal ini akan sangat tampak pada saat keduanya disandingkan sejajar.

Dari segi harga juga terdapat perbedaan. Dimana tipe Rally lebih mahal, untuk OTR Jakarta dibanderol sekitar Rp. 92 jutaan, sementara tipe L lebih murah hanya Rp. 79 jutaan saja. Ini akan jadi alternatif bagi kalian yang ingin jelajah dengan harga sesuai kantong.

Jadi jika ditarik kesimpulan perbedaannya lebih kepada konsep produk. Jika kalian ingin menjelajah jauh, bisa pakai Rally dengan kapasitas tangki lebih besar. Sementara untuk kebutuhan fun ridingon-road dan off-road atau trabasan, bisa pakai tipe L, karena dia lebih ringan.

Baca juga : Spesifikasi dan Harga Suzuki GS150 yang Menyita Perhatian

Sangat worth to buy untuk tipe L ini dilihat dari berbagai kecanggihan yang dimilikinya. Kalian para penghobi eksplorasi berbagai medan jalanan akan terpuaskan dari berbagai sisi baik penampilan, performa maupun segi harga dari Honda CRF250L ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here