Informasi Lengkap Sepeda Motor Lambretta Tersedia di Indonesia!

0
264
Informasi Lengkap Sepeda Motor Lambretta Tersedia di Indonesia!
Informasi Lengkap Sepeda Motor Lambretta Tersedia di Indonesia!

Mengenal salah satu kendaraan unik Lambretta yang pastinya sudah diketahui oleh banyak orang di Tanah Air. Apa lagi, bagi para pecinta dunia otomotif dengan desain estetik pada kendaraan dipakai.

Baca juga : Berkenalan dengan Smoto TC Jenis Kendaraan Listrik Era Digital

Maka pemakaian dari motor merek Milan, Italia ini akan sangat menarik untuk dapat dicoba. Untuk saat ini, di Indonesia telah disediakan sebanyak 3 model sebagai pilihan dari kendaraan bermotor tersebut.

Menggunakan kendaraan menarik dengan model unik seperti Lambretta dapat mendukung penampilan kalian. Ketika nantinya sedang mengendarai motor menjadi terasa lebih estetik serta menarik.

Maka dari itu, tidak heran jika ada banyak orang merasa tertarik menggunakan kendaraan asal Milan tersebut. Karena ada daya tarik tersendiri membuat seseorang merasa nyaman saat sedang berkendara.

Untuk motor ini sendiri baru mulai diproduksi pada kisaran tahun 1947 oleh perusahaan. Mungkin ketika dilihat sekilas, kalian akan melihat jika bentuk dari motor ini sangat mirip dengan vespa.

Namun, ketika diperhatikan kembali terdapat perbedaan mencolok dimiliki oleh kedua motor. Vespa sendiri memiliki bentuk lebih feminim dibandingkan dengan motor jenis ini, sehingga akan berbeda.

Desain estetik diberikan oleh kendaraan, membuat banyak orang tertarik menggunakan. Apa lagi, di masa sekarang sudah ada berbagai macam perubahan serta nilai estetik kendaraan sangat diperhatikan oleh para pengguna saat berkendara.

Sejarah dari Merek Motor Lambretta

Sejarah dari Merek Motor Lambretta
Sejarah dari Merek Motor Lambretta

Untuk kendaraan sepeda motor unik satu ini, termasuk ke dalam industri Scooter yang diproduksi oleh Ferdinando Innocenti. Sebagai merek sepeda motor skutik asal Milan, Italia yang sudah cukup terkenal.

Di negara asalnya, untuk nama dari Lambretta diambil dari nama sungai Lambro. Sungai tersebut kemudian melewati wilayah distrik Lambrate, lokasi dari pabrik kendaraan berdiri berada pada pinggiran kota Milan.

Kemudian sering juga disebut berasal dari kata lambrus dengan arti light ataupun ringan dan cepat serta gesit. Hal ini yang membuat para penggemar otomotif juga sering kali menyebutkan dengan nama Lambrettista.

Dengan kemampuan dimiliki oleh kendaraan, membuatnya semakin diminati sejak awal dibuat. Pada awalnya Ferdinando Innocenti membangun pabrik baja di wilayah Roma pada tahun 1922 serta pabrik tabung baja di Milan tahun 1931.

Kedua pabrik milik Ferdinando Innocenti tersebut hancur ketika Perang Dunia Kedua berlangsung. Di tengah kehancuran serta reruntuhan puing pabriknya tersebut, Ferdinando Innocenti tidak berputus asa.

Dirinya malah mendapatkan inspirasi untuk membuat alat transportasi bekerja sama dengan Corradino D’Ascanio, seorang insinyur penerbangan. Corradino sendiri diketahui pernah merancang sebuah konstruksi helicopter.

Nah, dari sini, mulailah Ferdinando Innocenti mulai mengutarakan inspirasi membuat skuter kuat dan terjangkau. Kemudian saat dikendarai tidak membuat kotor pakaian pengendara, kemudian didapatkan Lambretta.

Di tangan Corradino D’Ascanio, skuter yang diharapkan oleh Ferdinando Innocenti kemudian terwujudkan. Pembuatan dari kendaraan kemudian terus berlangsung dengan berbagai perubahan terjadi.

Perkembangan Bentuk Skuter Pada Penciptaan Awal

Pada awalnya ciptaan dari skuter yang nantinya menjadi Lambretta memiliki spar frame serta sistem perpindahan gigi di setang kemudi. Kemudian untuk mesin menempel langsung pada bagian bodi.

Mesin kemudian terhubung di roda belakang, nantinya digunakan dalam penyaluran tenaga. Tenaga dari mesin akan langsung disalurkan ke bagian roda, sehingga lebih efisien saat nantinya sedang dipakai.

Pada bagian depan skuter telah dipasangi perisai yang berfungsi membuat pengendara tidak akan terkena kotoran saat berkendara. Cipratan dari depan tidak akan terkena ke pengendara melalui desain tersebut.

Corradino juga menghilangkan bagian rantai konvensional karena menjadi sumber dari kotoran serta minyak. Hal ini, membuatnya menjadi lebih bersih serta mudah untuk dipakai oleh pengguna.

Selain itu, pada ruangan kaki juga lebih lapang serta datar memudahkan ketika sedang mengemudikan skuter. Apa lagi bagi perempuan, akan terasa lebih nyaman ketika memiliki ruang kaki yang lapang tersebut.

Sayangnya kerja sama dimiliki oleh Ferdinando Innocenti serta Corradino D’Ascanio terputus karena Innocenti menginginkan penamaan skutiknya Lambretta. Dari pihak Corradino menolak kemudian dirinya bergabung bersama Enrico Piaggio.

Berdasarkan gabungan dari kerja sama Corradino dengan Enrico Piaggio dihasilkan sepeda motor Vespa tahun 1946. Sedangkan untuk Innocenti dirinya baru bisa mulai memproduksi kendaraan skutik tahun 1947.

Kemudian dirinya menamai motor skutiknya Lambretta dan mengajak kerjasama Cesare Pallavicino dan Pier Luigi Torre. Dari mulai resmi dibuka, membuat kendaraan sebagai cerminan dari kemerdekaan, individualism, serta gaya hidup glamour.

Perkembangan Kendaraan Skutik Scooter di Indonesia!

Untuk di Indonesia sendiri perkembangan kendaraan dibuat oleh Innocenti ini telah banyak mengalami perubahan. Mulai dikenal pada tahun 1950’an serta digunakan sebagai mesin Helicak serta Super Helicak.

Pada tahun 1971, produksinya diharuskan untuk berhenti karena kesulitan ekonomi yang dihadapi. Hal tersebut, pastinya membuat produksi dari motor harus terpaksa berhenti untuk sementara.

Kemudian baru mulai tahun 2019 untuk skutik tersebut kembali hadir di Indonesia. Pastinya dengan tampilan lebih baru serta desain telah mengikuti perkembangan zaman, membuatnya banyak diminati.

Dikenalkan pertama kali pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun 2019. Pada tanggal 5 April sampai dengan 5 Mei 2019 membuatnya kembali membuka dealer pertamanya pada wilayah Ampera, Jakarta Selatan.

Pihak yang memegang kendali sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) motor skutik adalah pihak PT Skuter Motor Indonesia (PT SIM). Perusahaan yang bernaung pada Grup PT Brum Brum ini dipimpin oleh Ade Sulistioputra.

Perkembangan dimiliki oleh PT SIM sendiri telah menghasilkan hingga sebanyak 10 jaringan diler. Jaringannya dimungkinkan juga akan mampu mencapai wilayah seluruh Indonesia dalam waktu dekat.

Tipe Sepeda Motor Lambretta yang Dipasarkan di Indonesia 2023

Tipe Sepeda Motor Lambretta yang Dipasarkan di Indonesia 2023
Tipe Sepeda Motor Lambretta yang Dipasarkan di Indonesia 2023

Di Indonesia sendiri telah banyak peminat dari kendaraan estetik yang bisa menunjang tampilan kalian tersebut. Nantinya, sudah disediakan sebanyak 2 tipe di Indonesia dapat dijadikan sebagai pilihan.

Pastinya, kalian juga dapat memilih jenis manakah yang akan digunakan disesuaikan terhadap keinginan. Mendapatkan pilihan terbaik, serta sesuai terhadap keinginan, akan memberikan kepuasan tersendiri saat sedang berkendara.

  • Tipe Lambretta V200

Untuk jenis V200 mereka telah ada pada pasaran kendaraan Tanah Air yang didatangkan secara langsung dari Vietnam. Proses impor dilakukan dalam bentuk kendaraan completely built up  atau CBU.

Pada mesin V200 telah dilengkapi dengan lampu LED heksagon glove box, juga ada indikator LED. Nantinya bagian glove box mampu memberikan fitur pengisian daya sebanyak 12 volt.

Untuk mesin digunakan juga memiliki standar emisi berupa Euro 4, dan silinder tunggal. Pastinya ketika nantinya dipacu pada kecepatan tinggi dapat mencapai 100 km/jam untuk maksimalnya.

Ini merupakan kecepatan cukup mumpuni untuk sebuah kendaraan skutik sehingga menarik dicoba. Lambretta V200 telah dilengkapi dengan mesin 169 cc, satu silinder dengan kemampuan daya 11,8 tenaga kuda.

Dengan kemampuan 11,8 tenaga kuda tersebut torsi dihasilkan mencapai 12,2 Nm. Untuk V200 juga telah dilengkapi dengan sistem ABS membuatnya lebih nyaman saat dipakai, rem depan dan belakang dapat beroperasi secara bersamaan.

Sudah ada suspensi teleskopik bagian depan serta monoshock di belakang untuk memudahkan pemakaian. Kombinasi pelek dengan ukuran 12 inci berukuran 110/80 ban depan dan 120/70 ban belakang.

Daya tampung dari tangki bahan bakar hanya mampu memuat kapasitas hingga sebanyak 6 liter saja. Sudah diberikan juga pengisi daya dengan menggunakan sistem USB serta starter listrik memudahkan pengendara.

Di Tanah Air, produk V200 bisa didapatkan dengan kisaran biaya Rp. 52,5 jutaan setiap unitnya. Telah disediakan sebanyak 3 pilihan warna kendaraan mulai dari white high gloss, black high gloss, dan red high gloss.

  • Tipe V125 Special

Pada Lambretta tipe V125 Special hampir sama dengan tipe V200 sebelumnya. Hal yang membedakan mulai dari kecepatan saat dipakai untuk jenis ini hanya mampu mencapai pada kisaran kecepatan 95 km/jam saja.

Selain itu, mesin dipakai berupa 124,7 cc, satu silinder dengan mampu menghasilkan tenaga setara 10 kuda. Nantinya dengan tenaga 10 kuda tersebut, torsi dihasilkan mencapai 9,2 Nm, lebih rendah dibandingkan jenis sebelumnya.

Untuk tipe V125 Special masih belum dilengkapi dengan sistem ABS pada kendaraan. Untuk rem gabungan Combi Brake System (CBS) telah dipasangkan membuat kedua rem depan dan belakang dapat beroperasi bersamaan.

Baca juga : Review Lengkap Motor Scooter Qooder 2023 Terbaru!

Jika ingin membeli produk dari Lambretta V125 Special di Indonesia dibanderol kisaran harga Rp. 44,5 jutaan setiap unitnya. Disediakan 3 pilihan warna Lambretta mulai dari blue mint gloss, orange super gloss, dan grey super gloss.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini