Motor Baru Paling Menarik di EICMA 2023 yang di Italia

0
77
Motor Baru Paling Menarik di EICMA 2023 yang di Italia
Motor Baru Paling Menarik di EICMA 2023 yang di Italia

Ajang pamer motor baru paling menarik di EICMA 2023 yang berlangsung di Italia ini sukses menyita perhatian. Pada pameran bertaraf internasional untuk sepeda motor ini dimanfaatkan oleh berbagai pabrikan untuk memperlihatkan produk terbarunya.

Baca juga: KOOL Arjuna Motor Listrik Bergaya Gagah dan Mewah

Beragam merek dan desain motor saling berlomba untuk menonjolkan sisi keren dan kualitas tidak tertandingi. Dalam acara tersebut, mulai dari jenis skutik sampai super sport turut dihadirkan pada pameran roda dua. 

7 Daftar Merek Motor di EICMA 2023

7 Daftar Merek Motor di EICMA 2023
7 Daftar Merek Motor di EICMA 2023

Pameran motor bergengsi tampil di Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori (EICMA) 2023 di Milan, Italia, sukses menghadirkan beberapa merek motor ternama. Terlepas dari vespa yang menjadi salah satu ternama, pabrikan otomotif lainnya juga tidak ketinggalan untuk mengeluarkan merek-merek lainnya. 

Selain vespa, merek Kawasaki, Yamaha, Benelli, Aprilia, hingga Suzuki juga turut andil dalam ajang motor baru paling menarik di EICMA 2023. Adapun berikut ini daftar merek motor dalam ajang EICMA, antara lain:

Vespa Primavera dan Sprint S

Vespa Primavera dan Sprint S
Vespa Primavera dan Sprint S

Vespa Primavera dan Sprint S ini cukup populer di Indonesia. Dua model skuter ini memperkenalkan pembaharuan roda dua untuk tahun 2024. Pada pameran EICMA 2023, Vespa turut andil dalam memperlihatkan beberapa modifikasi dari skuter klasik, termasuk juga pada penggerak dan pilihan mesin motor listrik.

Untuk perbedaannya memang sekilas tidak terlalu menonjol, namun divisi desain Piaggio telah bekerja dalam meningkatkan fitur unit serta pembeda dari model-model sebelumnya. Adapun perubahannya terlihat pada desain grip, stang kemudi, dan tombol elektriknya yang dibuat dengan mengedepankan fungsionalitas.

Selain itu, pada pelat bagian belakang legshield ini menggunakan material baru guna meningkatkan persepsi kualitas perakitan. Hal ini dilakukan agar mampu mejeng di deretan motor baru paling menarik di EICMA 2023.

Untuk sentuhan pada Primavera yaitu adanya lambang baru pada spakbor. Finishing di bagian tengah steering covernya menjadikan tampilan lebih segar. Sedangkan pada desain joknya dibuat dengan menggunakan material yang jauh lebih nyaman.

Pada fitur tambahannya, Primavera termasuk dalam motor baru paling menarik di EICMA 2023 dengan menawarkan fitur keyless dan meter cluster layar TFT. Fitur ini berguna untuk meningkatkan fungsi dan kesan lebih modern. Pencahayaan Primavera bagian depan dan belakang juga telah menggunakan teknologi LED.

Di Eropa, model Vespa Primavera dan Sprint S menawarkan mesin Euro5+ berkubikasi 50 cc, 125 cc, dan 150 cc pada sistem injeksi tiga silinder. Untuk model elektriknya, kedua model ini dilengkapi mode pembatas kecepatan pada moped. Pada versi moped, baterainya bisa dilepas pasang jika dibutuhkan dalam perjalanan jarak dekat.

Yamaha XSR900 GP

Yamaha XSR900 GP
Yamaha XSR900 GP

Daftar motor baru paling menarik di EICMA 2023 selanjutnya yaitu Yamaha XSR900 GP. Merek ini adalah model motor sport heritage yang ditujukan untuk pasaran Eropa dengan menawarkan desain klasik ala 80-an.

Pada model ini telah dikembangkan dengan konsep “Perwujudan Sejarah Balap Yamaha” yang berfokus pada sisi pengendalian kenyamanan feel sporty. Untuk desainnya telah bergaya Grand Prix, yaitu bukti sejarah panjang merek Yamaha di ajang balap motor dunia.

Mengenai fiturnya, Yamaha XSR900 GP menawarkan eksterior yang terinspirasi dari model GP YZR500 pada era 80-an. Pada bagian stangnya tampak terpisah dan posisi rider dimodifikasi untuk keperluan sport.

Untuk sasisnya ditawarkan dengan kondisi lebih kaku dan penggunaan ban Bridgestone Battlax S23, selang rem untuk mempermudah pengendalian, serta suspensi yang diatur ulang.

Motor baru paling menarik di EICMA 2023 merek ini menggunakan meter cluster TFT berwarna dan berukuran 5 inci. Selain itu, juga dihadirkan soker USB type C untuk konektivitas serta fitur Yamaha Ride Control dan Cruise controlnya. 

Masalah performa, Yamaha XSR900 GP masih mempercayakan mesin 890 cc CP3 yang mampu menghasilkan tenaga 117 hp di 10.000 rpm.

Kawasaki Ninja 500 dan Z500

Kawasaki Ninja 500 dan Z500
Kawasaki Ninja 500 dan Z500

Motor baru paling menarik di EICMA 2023 selanjutnya ada Kawasaki Ninja 500 dan Z500. Dua model ini adalah versi upgrade dari model sebelumnya, yaitu Kawasaki Ninja 400 dan Z400 yang telah diperkenalkan di Eropa. Untuk perbedaannya terletak pada tawaran fairing ala Ninja dan motor naked bike.

Kawasaki Ninja 500 dan Z500 memberikan kubikasi mesin lebih besar, yaitu twin in-line 451 cc dua silinder berpendingin cairan. Pada mesin ini mampu menghasilkan tenaga 45 hp dan torsi 42 Nm. Selain itu, dua model baru Kawasaki Ninja ini telah dibekali adanya transmisi enam percepatan berteknologi slip dan assist clutch

Pada model ini dilengkapi juga fitur-fitur unggulan, seperti layar meter cluster TFT berwarna serta dibekali USB Port guna untuk sambungan telepon genggam. Ada juga smart key pada model ini untuk kenyamanan berkendara.

Aprilia RS 457

Aprilia RS 457
Aprilia RS 457

Merk motor baru paling menarik di EICMA 2023 keempat yaitu Aprilia RS 457. Merek ini menawarkan kubikasi mesin 400 cc dan 500 cc, yaitu mayoritas mesin yang ditawarkan pada EICMA tahun ini.

Salah satu yang menarik perhatian pada Aprilia yaitu pada saat membawakan jenis RS 457. Tentu model ini mengisi celah bawah motor sport populer jenis RS 660.

Untuk menempati posisi motor baru paling menarik di EICMA 2023, Aprilia RS 457 menawarkan desain sportbike dengan tambahan penerang lampu berteknologi LED. Sisi modern merek ini tampak dari awalan meter cluster TFT ukuran 5 inci. 

Selain itu, keberadaan mesin 4 katup parallel twin DOHC menawarkan tenaga 47 hp. Sehingga cukup untuk menyasar pasaran rider pemula yang memerlukan Surat Izin Mengemudi A2 di Eropa. 

Spesifikasi lainnya, yaitu suspensi belakang 41 mm, tawaran velg 17 inci yang ringan, dan cakram brembo 4 piston bagian depan serta 2 piston bagian belakang.

Benelli Tornado 500 dan Model BKX 300 S

Benelli Tornado 500 dan Model BKX 300 S
Benelli Tornado 500 dan Model BKX 300 S

Benelli Tornado 500 EICMA termasuk pada daftar motor baru paling menarik di EICMA 2023. Hadir dalam dua tipe, yaitu versi Tornado Naked Twin 500 dan Fairing Tornado 500. Pada versi Tornado 500 hadir dengan mesin 500 cc parallel twin Euro4+ yang menghasilkan tenaga 48 hp.

Untuk fitur-fitur unggulannya yaitu terdapat pengereman brembo dan ABS Bosch serta layar display 5 inci TFT beserta sambungan telepon genggam untuk navigasi. Sedangkan pada versi naked bikenya hadir dengan mesin serupa tapi memiliki berat yang berbeda.

Pada model BKX 300 S nya hadir dengan tawaran mesin 300 cc satu silinder yang menghasilkan tenaga 29 hp. Penawaran desainnya cukup agresif serta adanya fitur pengereman cakram 280 mm di bagian depan berfitur ABS.

Suzuki GSX-8R

Suzuki GSX-8R
Suzuki GSX-8R

Motor baru paling menarik di EICMA 2023 berikutnya ada Suzuki GSX-8R. Merek Suzuki masih menawarkan beberapa model baru dan saat ini sedang bermain di pasar sport fairing di Eropa. 

Model Suzuki GSX-8R hadir dari basis GSX-8S, yaitu motor naked yang telah lebih dulu hadir. Desainnya pun tampak agresif dengan keberadaan stang kemudi terpisah. Stang kemudi terpisah menjadikan posisi berkendara lebih sporty.

Perihal mesinnya menggunakan kubikasi 776 cc 2 silinder segaris dan menghasilkan tenaga 81,8 hp. Merek motor ini menawarkan fitur Suzuki Intelligent Ride System, termasuk juga pada Suzuki Drive Mode Selector, Ride by Wire Electronic Throttle System, dan Suzuki Traction Control System. Selain itu, ada juga Suzuki Easy Start System, Bi directional Quick Shift System, dan low RPM Assist.

Yadea Kemper 

Yadea Kemper 
Yadea Kemper

Motor listrik Yadea Kemper ikut mejeng di deretan motor baru paling menarik di EICMA 2023. Merek ini pertama kali diperkenalkan di pameran otomotif Milan Motorcycle Show EICMA tahun ini. 

Motor listrik dengan segmen sportbike ini dapat menempuh kecepatan maksimal 160 km/jam serta didukung dengan adanya teknologi fast charging yang mampu mengisi hanya dalam 10 menit saja. Dengan begitu, pengendara tidak akan khawatir soal jangkauan yang akan ditempuh dengan Yadea Kamper. 

Merek ini memiliki daya kontinu 23 kW serta daya puncak 40 kW, sehingga mampu memberi akselerasi impresif, yaitu dengan waktu 0 – 100 km/jam hanya dalam 4,9 detik saja. Selain itu, didukung dengan baterai lithium besi fosfat 320V 20Ah bertegangan tinggi ini memungkinkan pengisian daya yang cepat. 

Baca juga: Spesifikasi Yamaha Niken untuk Touring dengan Moge Roda Tiga

Pada Yadea Kemper dilengkapi dengan adanya fitur keamanan, seperti Bosch ABS dan kontrol traksi yang telah terintegrasi dengan rem Brembo. Fitur keamanan ini memberikan rasa percaya diri saat berkendara. Hal ini menjadikan Yadea Kemper turut tampil dalam jajaran motor baru paling menarik di EICMA 2023.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini