Mengenal Yadea G6, Motor Listrik yang Permudah Mobilitas

0
547
Inilah Penyebab Ban Motor Goyang pada Matic
Inilah Penyebab Ban Motor Goyang pada Matic

Motor listrik merupakan salah satu jenis kendaraan yang semakin populer, terutama pada saat ini, di mana salah satu rekomendasinya adalah Yadea G6. Motor ini dapat membantu kalian untuk lebih mudah dalam melakukan mobilitas sehari-hari.

Baca juga : Spesifikasi dan Keunggulan Yamaha Grand Filano Terbaru 2023

Tidak hanya memudahkan dalam mobilitas, kalian juga bisa menggunakan Yadea G6 ini untuk membantu menyelamatkan lingkungan, karena menggunakan listrik sebagai sumber daya utamanya.

Nah, untuk informasi lengkap mengenai motor listrik ini hingga penjelasan mengenai spesifikasinya, silakan simak penjelasan pada artikel di bawah!

Apa itu Sepeda Motor Listrik Yadea G6?

Apa itu Sepeda Motor Listrik Yadea G6?
Apa itu Sepeda Motor Listrik Yadea G6?

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai Yadea G6, kalian harus memahami mengenai konsep atas motor listrik ini. Dengan demikian ketika memutuskan untuk menggunakan atau membelinya, kalian sudah lebih paham dan tidak merasa rugi ketika menggunakannya.

Nah, sepeda motor yang menggunakan energi listrik merupakan sebuah kendaraan motor yang tidak menggunakan bahan bakar minyak (BBM), namun penggeraknya adalah akumulator dan dinamo.

Kehadiran sepeda motor jenis ini merupakan salah satu wujud atau aksi menanggapi terjadinya pemanasan global sekaligus kelangkaan BBM.

Karena dua isu tersebut, banyak produsen kendaraan bermotor memutuskan untuk memproduksi kendaraan hibrida, seperti yang satu ini. 

Alat atau sumber pemberi tenaga pada kendaraan ini adalah akumulator, dan semakin majunya zaman, banyak juga menggunakan jenis baterai untuk menjadi sumber energinya. Dengan demikian, jarak tempuh dan performa kendaraan menjadi lebih maksimal. 

Lalu, seperti yang telah disinggung sebelumnya, kalian bisa mempertimbangkan produk Yadea untuk menunjang mobilitas sehari-hari.

Nah, Yadea G6 merupakan salah satu jenis motor listrik hasil produksi dari Yadea, produsen kendaraan listrik populer di dunia hingga saat ini.

Popularitas tipe ini cukup tinggi pada pangsa motor listrik, serta menjadi salah satu pilihan cukup ideal jika kalian ingin mendapatkan alternatif kendaraan ramah lingkungan, sangat bisa diandalkan, serta lebih efisien.

Dibdandingkan banyaknya model yang dirilis oleh Yadea pada ajang IIMS (Indonesia International Motor Show) 2023 lalu, model ini merupakan produk dengan harga termahal. Mahalnya harga produk tentu menyesuaikan dengan spesifikasi hingga keunggulannya.

Spesifikasi Motor Listrik Yadea G5

Hal yang menjadi penentu utama dalam memilih sebuah kendaraan, terutama jika menggunakan sumber daya listrik adalah mengenai spesifikasi yang dimiliki oleh kendaraan tersebut.

Nah, beberapa informasi mengenai spesifikasi tersebut bisa menjadi pertimbangan kalian:

  • Dimensi Kendaraan

Dimensi dari kendaraan ini cukup standar dan nyaman untuk digunakan oleh ukuran tubuh standar orang Indonesia, sehingga tidak akan terlalu kekecilan atau kebesaran. 

Nah bagian panjang kendaraan ini sekitar 1.790 mm dengan lebar 735 mm, serta tinggi sepeda motornya berkisar 1.220 mm.

  • Mesin Kendaraan

Untuk menunjang performa kendaraan agar bisa lebih ngebut dan nyaman digunakan untuk keperluan sehari-hari, maka motor ini dilengkapi dengan spesifikasi mesin cukup mumpuni.

Di mana kendaraan bertipe motor listrik ini mempunyai daya sebesar 2000 W dengan torsi sekitar 160 Nm. Untuk kecepatan maksimum ketika kalian gunakan untuk mobilitas adalah sekitar 70 km/jam.

Kecepatan seperti itu sebenarnya sudah sangat bagus, sehingga kalian tidak perlu khawatir motor akan sangat lambat karena menggunakan daya listrik. Sedangkan untuk jarak tempuhnya adalah sekitar 100 km.

  • Baterai Kendaraan

Sepeda motor Yadea G6 ini menggunakan baterai sebagai tempat penyimpanan energinya, di mana baterai tersebut menggunakan tipe Graphene

Lalu untuk kapasitas baterainya sekitar 72 V/28 Ah, dengan waktu pengisiannya membutuhkan durasi sekitar enam hingga delapan jam saja.

  • Bagian Listrik Kendaraan

Sedangkan untuk bagian kelistrikan yang juga berperan penting dalam menjaga performa motor ini, di mana dia menggunakan beberapa fitur mumpuni.

Untuk sistem pengeremannya menggunakan F&R Disc Brake, bagian suspensi depan memanfaatkan teleskopik, sedangkan suspensi belakangnya memanfaatkan ganda kejut.

Lalu sistem kelistrikan pada ban depannya adalah 90/90-12 R dan ban belakangnya 110/80-12.

Fitur Sepeda Motor Listrik Yadea G6

Selain spesifikasi yang sudah bagus di atas, ada beberapa fitur pelengkap yang dapat membantu meningkatkan performa kendaraan kalian nantinya, di antaranya adalah:

  • Sistem Pengisiannya Cepat

Sepeda motor listrik Yadea G6 memiliki fitur berupa sistem pengisian data yang cepat sebelum bisa kalian gunakan untuk sehari-hari. Nah dengan pengisian baterai waktu yang cepat dan bisa langsung penuh, waktu tunggu kalian untuk bisa menggunakannya juga tentu lebih cepat.

  • Adanya Rem ABS

Rem ABS (Anti-lock Braking System) pada motor ini merupakan salah satu fitur yang dapat menjaga keselamatan pengendara maupun penumpang di atasnya. Rem ABS tersebut bisa membantu kalian untuk bisa memberhentikan kendaraan dengan lebih efisien dan cepat.

  • Lampu LED

Fitur lampu LED cahayanya cukup terang dan hemat energi sangat membantu kenyamanan maupun keamanan kalian ketika berkendara di malam hari, sehingga risiko kecelakaan karena penglihatan yang tidak memadai bisa dihindari.

  • Layar Sentuh Digital

Layar sentuh digital pada Yadea G6 juga bisa membantu kalian ketika hendak membaca berbagai informasi mengenai kendaraan selama di perjalanan. 

Dari layar sentuh di motor ini, kita dapat memantau seperti apa kondisi baterai, kecepatan, serta jarak tempuh dengan lebih mudah.

Keunggulan dan Kelebihan Motor Listrik Yadea G6

Lalu apa yang menjadi keunggulan dan kelebihan dari motor ini dibandingkan dengan pabrikan lain yang menjadi pesaing hingga sekarang? Nah keunggulan maupun kelebihan produk motor listrik termahal dari Yadea ini antara lain:

  • Efisiensi Energi

Kendaraan satu ini sangat efisien dalam menggunakan energi yang dimilikinya. Nah, saat dibandingkan dengan kendaraan sepeda motor konvensional, motor listrik satu ini sangat mampu untuk menempuh jarak lebih jauh dengan kapasitas baterai yang sama.

  • Ramah Lingkungan

Isu emisi serta pemanasan global cukup banyak menjadi perbincangan dan mendapatkan perhatian khusus dari para aktivis lingkungan, sehingga kehadiran kendaraan satu ini dapat menjadi poin plusnya

Motor ini tidak menghasilkan emisi gas buang dan bisa membantu mengurangi polusi udara. yang saat ini masih sering terjadi dan perlu mendapatkan perhatian khusus.

Lalu motor listrik tersebut juga lebih hemat energi dibandingkan sepeda motor konvensional, sehingga dapat membantu kalian untuk bisa menghemat biaya bahan bakar sehari-hari.

  • Desain Modern dan Stylish

Dulu motor listrik masih terlihat kurang menarik, namun saat sekarang semakin banyak yang lebih bagus, di mana desainnya modern dan stylish. Desain modern dan stylish ini juga menjadi salah satu aspek bagi kalian yang ingin memiliki kendaraan yang keren.

  • Performa Kuat

Performa dari kendaraan ini sangat baik untuk digunakan sebagai mobilitas dalam kehidupan sehari-hari, misalnya bekerja atau pergi ke tempat tertentu. Performa ini didukung dengan adanya tenaga mesin kuat dan akselerasi cepat dari motor listrik tersebut.

  • Mudah Digunakan

Cara menggunakannya sama dengan kendaraan konvensional biasa, sehingga jika kalian sudah terbiasa berkendara motor, tidak akan kesulitan untuk bisa menggunakannya. Selain itu proses pembakaran dan suara mesin dari Yadea G6 juga tidak berisik dan mengganggu.

  • Hemat Biaya

Kalian akan jauh lebih berhemat dalam pengeluaran untuk bahan bakar, karena tidak perlu lagi menggunakan BBM, melainkan cukup dengan mengisi daya menggunakan listrik saja.

Review dari Penggunaan Yadea G6

Review dari Penggunaan Yadea G6
Review dari Penggunaan Yadea G6

Saat ajang IIMS 2023 lalu beberapa pihak sempat menguji coba kendaraan ini untuk merasakan gambaran performanya selama digunakan.

Nah, impresi ketika menaiki kendaraan ini cukup mirip dengan skutik Vespa maupun Lambretta, yang mempunyai dek cukup luas. Jadi saat ada yang mencoba menaikinya dengan tinggi 161 cm, maka akan terasa cukup besar.

Kaki kalian dengan tinggi seperti itu akan kesulitan untuk bisa menapak secara sempurna saat sudah duduk di joknya, sehingga untuk tinggi di bawah 160 mungkin cukup kesulitan juga.

Ukurannya yang cukup besar sepertinya juga dipengaruhi oleh kapasitas baterai graphene 72V 38 Ah yang bisa mencapai 100 km dalam satu kali cas dengan durasi pengisian sekitar enam jam, ditambah dengan bodi dan material pembentuknya yang bagus.

Saat Yader ini dicoba pada area pameran tersebut, banyak juga yang terkejut atas impresi controller, yang dapat menyalurkan tenaga menuju hub roda belakang tanpa perlu mengentak.

Walaupun pengendalian kendaraan ini bukan termasuk yang paling ringan, namun saat dibawa melaju, penguji tetap merasa nyaman selama berkendara, terutama karena sudah ada fitur berkendara berupa fitur reverse.

Lalu untuk putaran gasnya juga termasuk halus daripada motor listrik yang banyak beredar saat ini, walaupun mungkin belum bisa mengalahkan kehalusan produk Jepang.

Baca juga : Fitur Suzuki Sui 125, Skuter Baru ala Kei Car Jepang

Dengan informasi lengkap mengenai Yadea G6 di atas, kalian sepertinya sudah bisa menentukan apakah ini cocok atau tidak untuk mobilitas sehari-hari nantinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini