Tips Modifikasi Motor Dengan Budget Minim Hasil Maksimal

0
59
Tips Modifikasi Motor Dengan Budget Minim Hasil Maksimal
Tips Modifikasi Motor Dengan Budget Minim Hasil Maksimal

Melakukan modifikasi motor tentu tidak boleh dilakukan sembarangan, karena bisa saja merusak komponen asli pada sepeda motor tersebut. Pada umumnya tujuan banyak orang melakukan modifikasi sepeda motor yakni untuk membuat tampilannya semakin keren.

Baca Juga: Honda Jazz Pensiun, Berapa Harga Bekasnya?

Dalam hal modifikasi tentu selera setiap orang berbeda-beda. Namun yang perlu dipahami adalah modifikasi bukan hanya untuk merubah penampilan motor saja, tetapi juga memastikan fungsinya masih bekerja secara maksimal, serta menambah kenyamanan berkendara. 

Sebenarnya dalam peraturan lalu lintas juga ada ketentuan tentang modifikasi motor tersebut, sehingga pemilik kendaraan tidak melakukan modifikasi yang membahayakan kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, peraturan ini juga perlu dipahami sebelum Anda menerapkan modifikasi tersebut. 

Memang jika modifikasi tersebut diterapkan dengan baik, bisa membuat tampilan kendaraan jadi berubah secara drastis. Penting untuk menetapkan tujuan yang jelas terkait modifikasi tersebut, sehingga hasilnya bisa sesuai harapan, dan sepeda motor tetap bisa digunakan sesuai fungsinya. 

Manfaat Melakukan Modifikasi Motor 

Bisa dibilang bahwa melakukan modifikasi terhadap sepeda motor memberikan banyak manfaat positif. Oleh karena itu, modifikasi ini sebenarnya penting asalkan tidak dilakukan secara berlebihan. Modifikasi umumnya dibuat untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

Jika montir yang melakukan modifikasi tersebut paham tentang prinsip dasar modif, pasti mampu menghasilkan modifikasi maksimal pada sepeda motor kesayangan anda, karena modifikasi yang baik akan memberikan beberapa manfaat berikut. 

  • Menambah Wawasan Otomotif

Salah satu manfaat melakukan modifikasi motor adalah untuk meningkatkan wawasan Anda dalam dunia otomotif. Tentu ketika melakukan modifikasi tersebut, Anda harus paham komponen apa saja yang hendak diganti, serta komponen apa yang tidak boleh disentuh.

Jadi bukan berarti semua komponen sepeda motor tersebut dapat dipreteli. Hanya dengan wawasan otomotif yang baik, Anda bisa menghasilkan modifikasi yang sesuai standard dan hasilnya juga maksimal. Jadi, dalam melakukan modifikasi, wawasan ini penting ditingkatkan. 

  • Membuat Motor Lebih Sesuai dengan Karakter Pengendara

Manfaat lain melakukan modifikasi pada sepeda motor impian Anda adalah untuk membuat motor semakin sesuai dengan karakter si pengendara. Modifikasi motor ini biasanya diterapkan sesuai selera pengendara, sehingga tidak heran beberapa motor dimodifikasi secara total. 

Ketika sepeda motor tersebut cocok dengan anda, atau mewakili karakter anda, tentu jauh lebih nyaman saat memakainya. Anda pasti semakin mencintai sepeda motor tersebut setelah berhasil dimodifikasi, karena sudah tercipta kedekatan dengan motor kesayangan tersebut. 

  • Membuat Motor Berbeda dengan Yang Lain

Dengan menerapkan modifikasi motor yang maksimal, tentu tampilannya menjadi sangat berbeda dengan sepeda motor pada umumnya. Beberapa orang ingin tampilan beda dalam banyak hal, termasuk dalam hal sepeda motor.

Hanya saja, pabrikan motor cenderung mengeluarkan produk yang sama, sehingga dengan melakukan sedikit modifikasi, maka tampilannya bisa langsung berubah sesuai keinginan. Anda bisa memiliki gaya sepeda motor yang tidak dimiliki oleh orang lain. 

  • Membuat Kinerja Motor Semakin Maksimal 

Melakukan modifikasi bukan hanya sekadar gaya-gayaan, tetapi banyak memberikan manfaat positif pada sepeda motor tersebut. Jika modifikasi motor dilakukan dengan tepat, kinerja motor bisa semakin maksimal nantinya.

Misalnya jika Anda ingin membuat laju motor tersebut semakin kencang di jalanan, mengganti jenis ban menjadi ban yang lebih tipis akan membuat lajunya lebih cepat. Modifikasi pada bagian tertentu sepeda motor akan membuat kinerja kendaraan Anda semakin maksimal. 

Apakah Modifikasi Butuh Biaya Mahal?

Tips Modifikasi Motor Dengan Budget Minim Hasil Maksimal_Apakah Modifikasi Butuh Biaya Mahal?
Tips Modifikasi Motor Dengan Budget Minim Hasil Maksimal_Apakah Modifikasi Butuh Biaya Mahal?

Tentu ketika hendak melakukan modifikasi terhadap sepeda motor kesayangan anda, ada biaya yang harus dikeluarkan, bahkan ketika Anda melakukannya seorang diri. Jika Anda memiliki pemahaman dalam bidang otomotif, modifikasi motor ini bisa dilakukan seorang diri saja. 

Tetapi jika tidak terlalu percaya diri melakukan modifikasi sendiri, lebih baik minta bantuan kepada yang ahli. Dalam hal modifikasi ini, semakin berpengalaman montir tersebut, maka hasil modifnya pasti lebih bagus, karena montir tersebut tahu bagian mana saja yang perlu di modifikasi. 

Terkait besarnya biaya untuk modifikasi sepeda motor tersebut, hal ini tergantung seberapa banyak perombakan yang dilakukan pada sepeda motor anda, serta jenis modifikasi apa saja yang Anda terapkan. Jika dalam proses modifikasinya membutuhkan banyak penggantian komponen, pasti biaya modifikasi motor juga besar.

Bukan berarti modifikasi tersebut selalu mahal, karena biaya modif bisa saja tetap minim asalkan diterapkan secara tepat. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan modifikasi, lebih baik konsultasi biaya terlebih dahulu, sehingga hasil modif bisa sesuai keinginan serta tidak membebani anggaran anda. 

Tips Modifikasi Sepeda Motor dengan Budget Minim

Walaupun Anda memiliki modal terbatas, bukan berarti tidak bisa melakukan modifikasi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa modifikasi ini hanyalah soal selera, sehingga perombakan desain motor tetap bisa meski dengan biaya terbatas. 

Hal yang paling penting adalah tetapkan tujuan modifikasi motor terlebih dahulu. Karena banyak orang melakukan modifikasi tanpa tahu apakah perubahan tersebut penting atau tidak. Dengan menerapkan tips berikut, Anda bisa mendapatkan hasil modifikasi maksimal hanya dengan modal kecil.  

  • Menggunakan Spare Part Aftermarket

Salah satu tips agar Anda bisa melakukan modifikasi sepeda motor tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya adalah memilih produk after market dalam hal penggantian spare part nya. Jika modifikasi yang Anda lakukan hanya pada bagian bodi, tidak perlu menggantinya dengan komponen asli.

Produk after market biasanya jauh lebih murah, serta jenis desainnya juga lebih banyak. Jadi Anda bisa memiliki sparepart yang paling mudah untuk diterapkan pada modifikasi motor tersebut. Hanya saja pastikan Anda memilih produk yang memiliki garansi, sehingga produknya terjamin. 

  • Memilih Bengkel Berpengalaman

Tips lain yang juga perlu diterapkan saat Anda hendak melakukan modifikasi adalah pastikan memilih bengkel yang berpengalaman. Hal ini bisa memberikan perbedaan besar terhadap biaya yang dikeluarkan untuk modifikasi tersebut, karena bengkel berpengalaman lebih paham soal modifikasi.

Pihak mekanik akan tahu cara menerapkan modifikasi sepeda motor secara maksimal tanpa harus mengeluarkan biaya yang membebani pemilik kendaraan. Paling baik lagi, jika Anda sudah berlangganan dengan bengkel tersebut, pasti hasil modifnya lebih hemat biaya.  

  • Melakukan Perencanaan Modifikasi yang Tepat

Ketika Anda memiliki modal terbatas tetapi hendak melakukan modifikasi secara maksimal, maka penting untuk membuat perencanaan terlebih dahulu. Jika tidak terencana dengan baik, bisa saja muncul biaya tambahan dalam proses modif nantinya. 

Jadi lebih baik buat perencanaan beserta berapa biaya yang dibutuhkan. Jika ada bagian yang bisa dipangkas, sebaiknya langsung dipangkas untuk menghemat anggaran. Jauh lebih baik melakukan modifikasi motor secara terencana untuk memastikan biayanya tetap hemat. 

  • Melakukan Modifikasi Secara Berkala

Ada juga tips lain yang bisa Anda terapkan dalam melakukan modifikasi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, yakni menerapkannya secara berkala. Beberapa penggemar otomotif menyukai proses modifikasi tersebut, sehingga hasilnya tidak perlu selesai cepat.

Jadi Anda cukup melakukan modifikasi secara berkala saja. Ketika ada biaya, lakukan modifikasi untuk komponen tertentu saja. Nanti, ketika Anda sudah memiliki uang lagi, tambahkan modifikasi yang lain. Cara ini membuat proses modifikasi motor semakin menyenangkan, serta tidak membebani keuangan Anda nantinya. 

Cara Modifikasi Sepeda Motor Seorang Diri

Tips Modifikasi Motor Dengan Budget Minim Hasil Maksimal_Cara Modifikasi Sepeda Motor Seorang Diri
Tips Modifikasi Motor Dengan Budget Minim Hasil Maksimal_Cara Modifikasi Sepeda Motor Seorang Diri

Penggemar otomotif sejati biasanya lebih suka melakukan modifikasi seorang diri, dari pada menggunakan jasa montir, karena ketika modifikasi dilakukan seorang diri, hasilnya jauh lebih memuaskan, karena Anda melakukan semua prosesnya dengan imajinasi sendiri.

Hanya saja, jika Anda masih pemula, ketika menerapkan modifikasi tersebut, jangan dilakukan secara berlebihan. Cukup ganti komponen motor yang tidak ada kaitannya dengan mesin, misalnya melakukan modifikasi pada bagian bodi atau eksterior motor saja.

Modifikasi sederhana yang bisa dilakukan seorang diri misalnya seperti mengganti spion motor tersebut, mengganti velg, mengganti jok, dan masih banyak lagi. Jika Anda paham soal mesin, tentu bisa juga mulai melakukan modifikasi pada komponen dalam motor. 

Ketika hendak melakukan modifikasi seorang diri, penting untuk mengetahui apa tujuan modifikasi tersebut. Jika Anda menyukai proses modifikasi motor maka tidak ada salahnya dilakukan seorang diri. Tetapi jika Anda menginginkan hasilnya, lebih baik minta bantuan para ahli.

Penting juga dipahami bahwa saat Anda hendak melakukan modifikasi seorang diri, pastikan dibawah bimbingan orang yang berpengalaman. Atau ketika modifikasi yang Anda lakukan tidak berhasil, seperti membuat kendaraan tidak lagi nyaman dipakai, lebih baik segera dibawa ke bengkel.

Baca Juga: Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau Cukup Banyak Ditemui

Melakukan modifikasi terhadap sepeda motor memang penting sejauh fungsinya masih tetap maksimal. Melakukan modifikasi motor modalnya bisa sangat hemat asal diterapkan secara tepat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here