Rodin Fzero, Mobil yang Dipercaya Secepat Mobil Balap F1

0
56
Rodin Fzero, Mobil yang Dipercaya Secepat Mobil Balap F1
Rodin Fzero, Mobil yang Dipercaya Secepat Mobil Balap F1

Setelah tiga tahun Rodin Cars kini menghadirkan konsep mobil balap, yaitu Rodin Fzero yang merupakan sebuah mobil pabrikan asal Selandia Baru. Hal tersebut dikonfirmasi jika akan memproduksi mobil balap tersebut.

Baca juga : Modifikasi Mobil Tetap Aman Bebas Dari Tilang di Jalan Raya

Sebagai informasi, bahwa mobil ini sudah dirancang tanpa adanya batasan untuk mobil jalanan atau mobil balap. Selain itu mobil ini juga bertujuan untuk menjadikan mobil tercepat di kelasnya. Unit pertama diperkirakan akan selesai pada tahun 2023 dengan jumlah hanya 27 unit saja.

Berikut Ini Tentang Rodin Fzero

Berikut Ini Tentang Rodin Fzero
Berikut Ini Tentang Rodin Fzero

Rodin Fzero ini memiliki bobot yang ringan. Faktanya, bodi mobil ini terbuat dari serat karbon yang memiliki bobot berkisar 698 kg. Sedangkan untuk panjang mobil ini berkisar 5.500 mm dan juga memiliki leba 2.200 mm.

Rodin mengatakan jika semua bagian seta mobil tersebut diproduksi sendiri. Untuk masalah performa mobil balap ini dibekali dengan mesin V10 4.000 cc twin-turbocharged yang diciptakan oleh Rodin bersama Neil Brown Engineering.

Keduanya dapat menghasilkan gabungan output 865 kW. Mesin pada mobil ini juga dipadankan pada gearbox delapan percepatan kustom.

Mesin yang terdapat pada Rodin Fzero ini memiliki berat sekitar 132 kg, sehingga dipercaya sebagai V10 yang paling ringan dan juga paling ringkas yang pernah dibuat. Mesin tersebut juga dipercaya dapat menghasilkan tenaga 1.159 dk dan torsi 1.026 Nm dengan bantuan unit tenaga listrik yang dapat menghasilkan tenaga 174 dk.

Mesin tersebut kemudian dipadukan dengan transmisi 8 percepatan, lengkap dengan case titanium 3D-printed yang berarti gearbox itu sendiri yang memiliki berat hanya 66 kg. Banyak usaha yang telah dilakukan untuk memastikan bahwa rem Fzero ini dapat bekerja sama sebagaimana mestinya.

Hal tersebut dikarenakan telah dilengkapi dengan rem cakram karbon 380 mm yang berada di depan dan belakang. Selain itu juga dilengkapi dengan kapiler titanium enam piston yang berada di depan dan empat piston yang berada di belakang.

Rem tersebut juga memberikan penawaran pengereman regenerasi untuk sistem hybrid. Untuk satu set pelek 0Z Racing 18 inch yang dipesan terlebih dahulu dan juga telah dikembangkan untuk mobil Rodin Fzero ini.

Dengan memiliki lebar 14 inci yang berada di depan dan 16 inci yang terletak di belakang, dibungkus ban depan lebar 300 mm dan ban belakang 360 mm. Tidak hanya itu saja, mobil ini juga dipercaya dapat menghasilkan downforce sampai 4 ribu kg.

Tentang Rodin Fzero Lainnya Berikut

Tentang Rodin Fzero Lainnya Berikut
Tentang Rodin Fzero Lainnya Berikut

Mobil ini dibuat supaya bisa menjadi hypercar yang paling cepat dan juga paling terdepan di kelasnya. Sehingga pemilik hypercar hypercar ini bisa mengkonfigurasi Fzero sesuai dengan yang mereka inginkan. Hal ini dikarenakan aspek tertentu dapat diubah berdasarkan gaya pengemudi dan trek yang digunakan.

Pabrikan mobil tersebut belum mengatakan berapa kecepatan maksimal mobil Rodin Fzero. Melainkan apa yang diketahui merupakan Rodin menyatakan jika Fzero ini telah direkayasa untuk melakukan putaran sirkuit lebih cepat daripada Grand Prix Formula 1 pada saat ini.

Untuk kecepatannya sendiri dapat menempuh kecepatan tertinggi hingga 223 mph (pada saat aero tidak diatur agar dapat memberikan empat ton downforce) dan untuk setiap silindernya memiliki bore dan stroke 86 mm dan juga 68,8 mm.

Angka tersebut masing-masing memiliki angka terakhir yang tentunya dapat membantu putaran V10 hingga 10.000 rpm. Dan dalam upaya untuk mendukung menjadi mobil tercepat pada trek, tanpa mendapat’ ini lebih ringan dari AMG One, atau GMA T.50 Lauda-F Zero Ban Avon yang apik.

Tujuan dari Menciptakan Rodin Fzero

Tujuan dari Menciptakan Rodin Fzero
Tujuan dari Menciptakan Rodin Fzero

David Dicker yang merupakan pendiri Rodin Cars memiliki tujuan dalam menciptakan mobil. Salah satu tujuan menciptakan Rodin Fzero adalah untuk menciptakan mobil egal jalanan yang memiliki performa mobil balap Formula 1.

Merek ini membangun perihal kendaraan pertamanya, yaitu Fzed dengan menggunakan fondasi Lotus T125 yang hampir diproduksi. Pabrikan mobil yang menggunakan basi di Selandia Baru ini telah meluncurkan mobil sirkuit yang telah meluncurkan mobil sirkuit yang serba baru.

Rodin Dicker yang seorang pembalap Ferrari Challenge dan raksasa teknologi tersebut ingin melangkah lebih jauh dengan menggunakan Fzero dan juga menciptakan mesin tanpa hambatan oleh peraturan.

Dicker mengatakan kepada Autosport, “Saya selalu ingin membuat mobil sendiri , itu seperti sewaktu saya masih kecil,” tuturnya.

“Lalu, pada waktu ingin membuat mobil, membutuhkan pengait pemasaran. Sehingga kami pikir dengan membangun mobil lebih cepat daripada F1 merupakan ide yang bagus.”

Tidak hanya itu Dicker juga mengatakan jika mesin Judd pada mulanya dipertimbangkan sebelum memilih untuk membuat unit daya sendiri dalam kemitraan dengan Neil Brown Engineering yang kemudian disatukan dengan gearbox delapan kecepatan Ricardo kustom.

“Dalam memulai menganalisanya dan juga menyadari jika satu-satunya jawaban adalah dengan membuat mesin sendiri,” ungkapnya. Selain itu a juga mengatakan jika mereka ingin membuat mesin serigan dan kompak, karena kemasan dan itulah alasannya memilih 10 silinder.

Harga dan Perbedaan Rodin Fzero dan Rodin Fzed

Harga dan Perbedaan Rodin Fzero dan Rodin Fzed
Harga dan Perbedaan Rodin Fzero dan Rodin Fzed

Lalu pertanyaannya berapa harga mobil Rodin Fzero yang dipercaya dapat menyaingi kecepatan mobil balap F1? Harga dari mobil rodin 2023 yang belum resmi diumumkan secara resmi. Meskipun mobil super eksklusif ini sudah dapat diperkirakan akan dijual dengan harga sekitar Rp 32 Miliar.

Sebelumnya Rodin Cras telah mendesain mobil balap dengan spesifikasi yang sama dengan mobil balap Formula 1. Mobil tersebut dapat dibeli dengan harga berkisar Rp 7,5 Miliar. Mobil Rodin Fzed ini merupakan mobil yang dijual dengan spesifikasi, bentuk dan juga performas yang serupa dengan mobil balap F1.

Rodin Fzed ini memiliki basis mobil balap Lotus T125 yang berlaga di musim balap 2010. Yang mana tim Lotus pada saat itu bangkrut dari akuisisi asetnya oleh pemilik Roden Cars, yaitu David Dicker. Bagi kalian para penikmat otomotif Selandia baru pasti sudah tidak asing dengan nama tersebut.

Secara teknis Rodin Fzed ini memiliki cosworth GPV8 3,5 liter V-8 yang dapat menghasilkan tenaga 640 hp dengan 6 percepatan sequential gearbox yang berasal dari Ricardo. Untuk sassi carbon fibre tub ini menggunakan HP composites, per dumper dengan menggunakan Ohlins, seatbelt dari OMP, dan juga rem carbon ceramic.

Rem tersebut menggunakan Brembo yang sesuai dengan standar super Formula Championship Jepang. Terdapat modifikasi yang dilakukan pada balap Rodin Fzed, seperti muffler yang menggunakan 3D printed titanium.

Selain itu juga terdapat komponen berkelir emas menggunakan titanium nitrida, pelek yang menggunakan bahan unidirectional carbon fibre dan juga 500 baut yang menggunakan bahan titanium dan juga diproduksi dengan menggunakan teknologi CNC Machining.

Jika Rodin Fzero belum ditentukan berapa kecepatan maksimalnya, namun mobil balap Rodin Fzed ini memiliki kecepatan berlari dari 0-160 km/jam dalam kurun waktu 5 detik dan juga top speed yang dapat dicapai hingga kecepatan maksimal, yaitu 300 km/jam.

Meskipun begitu konsumen yang memiliki Fzed ini tidak perlu khawatir perihal service. Hal ini disebabkan Rodin Cars telah melakukan de-tuning supaya mobil balap yang kalian miliki lebih reliable. Perbedaan lainnya antara Rodin Fzero dengan Rodin Fzed adalah pada harga.

Bagi kalian yang ingin memiliki mobil balap Rodin Fzed ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 7,5 Miliar atau setara dengan US$ 535.000. Dengan catatan mobil balap ini hanya akan diproduksi dengan jumlah yang lebih sedikit daripada mobil balap tersebut, yaitu 5 unit.

“Kami tidak ingin sekedar membuat mobil seadanya dengan jumlah yang sedikit,” tuturnya David Dicker selaku CEO Rodin Cars dan juga pendiri.

“Selain itu kami juga ingin mencoba melakukan sebanyak yang kami bisa dari desain hingga produksinya,” tambahnya. Namun, terlepas dari itu semua ruangan untuk mesin yang kompleks yang dibutuhkan untuk membuat bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Perluas Pabrik Demi Membuat Mobil Balap

Perluas Pabrik Demi Membuat Mobil Balap
Perluas Pabrik Demi Membuat Mobil Balap

Brodin Cars salah satu industri otomotif di Selandia Baru itu sudah memproduksi mobil balap sejumlah dua mobil balap, yaitu Rodin Fzed dan Fzero. Untuk memperlancar rencananya yang mana tahun 2023 akan meluncurkan mobil balap ini, Dicker melakukan perluasan pabrik.

Baca juga : Bengkel Modif Mobil di Jakarta yang Dijadikan Pertimbangan

Mobil balap Rodin Fzero yang digadang-gadang memiliki kecepatan lebih cepat dibanding dengan mobil balap Formula 1. Apakah kalian tertarik untuk memilikinya? 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here