Kepopuleran Modifikasi Motor Matic, Aman Nggak Si?

0
844
Kepopuleran Modifikasi Motor Matic, Aman Nggak Si?
Kepopuleran Modifikasi Motor Matic, Aman Nggak Si?

Banyak orang masih belum mengetahui bahwa modifikasi motor matic tidak kalah keren dari jenis kopling. Anggapan masyarakat juga banyak orang mengatakan bahwa jenis matic cuma cocok digunakan untuk ibu-ibu saja.

Baca Juga: Seluk Beluk Bagian Aki Mobil yang Merupakan Komponen Vital

Dikatakan cocok untuk ibu-ibu karena pemakaiannya tidak ribet. Mesin matic memakai sistem transmisi V-Belt Automatic yang merupakan penghubung dengan bahan karet pada salah satu sisinya dan berbentuk trapesium.

Namun, hal itu tentu merupakan anggapan yang salah karena anak muda juga cocok menggunakannya. Apalagi jika Anda melakukan modifikasi agar tampilannya lebih keren, menawan, dan tidak terlihat seperti motor ibu-ibu.

Harga dari motor jenis matic juga cukup terjangkau dibandingkan dengan kopling. Hal itu membuat motor jenis matic menjadi pilihan pertama saat akan melakukan pembelian dengan budget pas-pasan.

Tidak sedikit anak muda yang mau merogoh kocek sedikit dalam untuk melakukan custom kendaraan agar terlihat menawan. Memodifikasi juga membuat performa menjadi lebih tangguh saat melaju di kecepatan tinggi.

Aturan Modifikasi Motor Matic yang Harus dipatuhi

Kepopuleran Modifikasi Motor Matic, Aman Nggak Si?
Kepopuleran Modifikasi Motor Matic, Aman Nggak Si?

Motor modifikasi atau custom memang banyak menarik minat masyarakat Indonesia. Kendaraan custom sering dijadikan untuk menuangkan jati diri, sehingga sering dikatakan bahwa kendaraan tersebut adalah cerminan dari sang pemilik.

Sebenarnya, sah-sah saja apabila Anda ingin melakukan custom kendaraan yang dimiliki. Namun, Anda tidak boleh sembarangan dalam memodifikasi karena bisa terkena tilang sampai Rp. 24 juta.

Nominal tersebut mungkin saja bertambah apabila polisi menilai hasil modifikasi motor matic membahayakan keselamatan dan keamanan saat berkendara. Custom sendiri boleh dilakukan, tetapi tidak mengurangi tingkat keselamatan pada kendaraan Anda.

Menurut kepolisian modifikasi kendaraan boleh dilakukan selama Anda tidak mengutak-atik rangka kendaraan. Hal itu dikarenakan kerangka kendaraan terdapat nomor seri dan menjadi syarat pendataan paling utama.

Selain itu, dimensi kendaraan juga harus sesuai dengan data di STNK dan BPKB. Dimensi disini berupa panjang, lebar, volume dan kapasitas kendaraan, apabila ada ketidaksesuaian siap-siap kena tilang.

Anda juga tidak diperbolehkan untuk merubah warna dalam proses modifikasi. Namun, ketentuan ini sekarang sudah diperingan, Anda boleh mengubah warna akan tetapi harus melakukan registrasi dan identifikasi ulang.

Bagian lain yang tidak boleh diganti saat modifikasi motor matic adalah knalpot, apalagi jika Anda menggantinya dengan suara lebih bising. Knalpot tersebut dianggap kepolisian mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya.

Aturan selanjutnya dari modifikasi kendaraan adalah penggantian suara klakson yang dinilai akan mengganggu pengguna lain. Maka dari itu, jangan pernah coba untuk mengganti bunyi klakson.

Aturan tentu harus dipatuhi para pengendara custom agar tidak terkena tilang. Para pemodif bisa mencegah terjadinya tilang dengan menaati peraturan modifikasi kendaraan bermotor.

Sparepart Modifikasi Motor Matic Murah

Kepopuleran Modifikasi Motor Matic, Aman Nggak Si?
Kepopuleran Modifikasi Motor Matic, Aman Nggak Si?

Hasrat merubah kendaraan sesuai keinginan tentu ada, apalagi jika Anda adalah anak muda yang masih mencari jati diri. Namun, beberapa memiliki kendala pada budget karena membutuhkan beberapa sparepart tambahan.

Aksesoris motornya sendiri memiliki banyak ragam, bukan hanya meningkatkan tampilan namun juga memberikan kenyamanan saat menggunakannya. Hal itu bisa meningkatkan mood pemiliknya saat mengendarai motornya.

Sparepart kendaraan juga saat ini sudah mudah ditemui mulai dari toko online maupun offline. Berikut ini rekomendasi sparepart yang bisa membuat modifikasi kendaraan menjadi lebih keren.

1. Ban

Bagian yang bisa dan aman untuk dibuat bervariasi adalah ban kendaraan. Namun, tetap harus mengikuti aturan kepolisian terkait ukuran bannya sekitar 70/90 atau maksimal 2 kali lebih besar.

Untuk modelnya memiliki banyak pilihan dari berbagai merk. Harganya sendiri cukup terjangkau, mulai dari Rp. 100.000 sampai yang termahal dari beberapa merk seperti micheline, metseller, dan lainnya.

2. Knalpot

Meskipun masuk ke dalam kategori yang tidak boleh diubah dalam modifikasi motor matic. Anda masih diberikan keringanan untuk mengubah knalpot namun, yang memiliki standar SNI.

Penggunaan knalpot bisa membuat tampilan menjadi sporty. Harga knalpot SNI sendiri mulai dari Rp. 200.000 hingga jutaan rupiah, hal itu tergantung dari merk dan model knalpotnya.

3. Lampu Motor

Sparepart lain yang bisa digunakan dalam custom adalah lampu motor pabrikan baik bagian depan maupun belakang. Tidak hanya membuatnya semakin keren, namun lampu led membuat pengendaranya dapat melihat jelas jalanan.

Sebenarnya, pada motor jenis matic keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan lampu led namun, masih sesuai standar pabrik. Apabila Anda ingin menggantinya, bisa gunakan dengan variasi dan model lain.

Tips dalam Modifikasi Motor Matic 

Kepopuleran Modifikasi Motor Matic, Aman Nggak Si?
Kepopuleran Modifikasi Motor Matic, Aman Nggak Si?

Indonesia memiliki pengguna kendaraan matic sangat banyak, ini tidak terlepas dari cara penggunaannya mudah dan harganya murah. Namun, motor jenis matic juga dianggap jenis yang mudah untuk di custom.

Kunci keberhasilan custom kendaraan terletak pada pemilihan bengkel dan sparepartnya. Apabila Anda memiliki konsep baik sederhana maupun ekstrem bisa dilakukan diskusi dengan bengkel pilihan yang berpengalaman dalam mengcustom.

Tips pertama agar aman serta meminimalisir motor mati setelah di custom adalah jangan membongkar dan mengganti komponen mesin. Penggantian komponen ini sangat berisiko terhadap kerusakan.

Kami sarankan dalam modifikasi motor matic ini, daripada memodifikasi komponen mesin lebih baik mengganti ke yang lebih baru. Hal ini juga dilakukan untuk mempertahankan keamanan dan fungsi dari komponen tersebut.

Tips selanjutnya adalah melakukan custom dengan mekanik yang tepat dan sudah berpengalaman. Mekanik yang tepat serta memiliki pengalaman tentu akan tahu apa saja yang boleh dan tidak diubah.

Anda perlu memastikan kendaraan dalam keadaan baik dan bisa digunakan seperti sediakala. Karena apabila modifikasi tersebut merepotkan dalam penggunaan motor jenis matic, maka lebih baik tidak dilakukan.

Apabila terlanjur memodifikasi kendaraan secara ekstrim, segera lakukan uji coba kendaraan ulang. Kegiatan ini akan membutuhkan banyak biaya namun, kendaraan akan bebas melaju di jalanan.

Biaya uji coba kelayakan kendaraan custom sendiri berkisar Rp. 10.000.000, nominal tersebut sesuai dengan PP No 15 Th. 2016. Biaya tersebut dikeluarkan untuk mendapatkan surat pengesahan.

Ada biaya lain yang harus dibayarkan seperti pengukuran dimensi, bahan bakar, lampu, speedometer, dan banyak lainnya. Jika di total, Anda perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 20.000.000 dalam sekali uji coba.

Rekomendasi Aliran Modifikasi Motor Matic

Kepopuleran Modifikasi Motor Matic, Aman Nggak Si?
Kepopuleran Modifikasi Motor Matic, Aman Nggak Si?

Di era 2000 lalu di mana matic baru diperkenalkan, orang sudah banyak melakukan perombakan. Terdapat satu aliran yang cukup populer, ciri khasnya adalah ban depan dan belakang memiliki ukuran besar.

Saat ini aliran-aliran tersebut sudah lebih berkembang dengan mengadopsi banyak gaya dari jaman dulu atau modern. Anda bisa menyesuaikan aliran custom tersebut sesuai dengan karakter diri.

Seperti contohnya aliran café racer yang sempat merajai dunia custom. Ciri unik custom ini adalah penggunaan stang jepit menghadap ke bawah, dan tangki bahan bakar terlihat ramping dan memanjang.

Café racer dalam modifikasi motor matic mulai ditinggalkan, gaya berkendara yang terlalu bawah membuat penggunanya kurang nyaman. Hal tersebut sebenarnya sesuai dengan tujuannya yakni pengoptimalan kecepatan, daripada kenyamanan saat berkendara.

Kemudian ada aliran chopper, di mana gaya ini sempat menjadi viral karena Presiden Jokowi sempat mengendarainya. Gaya chopper sendiri dicirikan dengan stang tinggi, fork panjang, dan diameter ban berbeda.

Apabila Anda mencari gaya yang cocok dan nyaman untuk digunakan berkendara sehari-hari lebih baik memilih Japstyle. Di mana aliran ini memiliki nuansa retro, dan ciri khasnya adalah stang semi hanger.

Namun, jika Anda menyukai berkendara di alam, Kami sarankan untuk menggunakan gaya scrambler. Gaya ini sangat cocok untuk berkendara di jalanan dengan kondisi kurang bagus, dan pergundikan.

Keuntungan dalam Melakukan Modifikasi Motor Matic

Kepopuleran Modifikasi Motor Matic, Aman Nggak Si?
Kepopuleran Modifikasi Motor Matic, Aman Nggak Si?

Melakukan custom tentu dilakukan karena ingin tampil beda dari yang lain, hal itu terkadang akan memberikan kebanggaan tersendiri. Selain itu, hasrat dari si pemilik atau pengguna tersalurkan.

Motor akan memiliki identitas, karena proses custom dilakukan sesuai keinginan dan jati diri si pemilik. Hal tersebut bisa diwujudkan dengan pemilihan aliran yang ada atau membuat inovasi lainnya.

Dengan meng custom motor, Anda juga akan menambah teman atau keluarga. Biasanya pemilik motor custom akan cepat tersebar dan akhirnya diajak untuk mengikuti serta bergabung ke dalam club dengan aliran sama.

Baca Juga: Mesin Diesel Menurun Karena, Disebabkan Oleh Beberapa Hal Ini!

Motor modifikasi tentu menarik untuk dibicarakan, desain tampilannya yang unik membuat banyak orang iri. Lakukan modifikasi motor matic sesuai dengan anjuran pihak berwajib agar tidak kena tilang, bahkan di penjara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here