Modifikasi Digital Yamaha Byson Cafe Racer yang Unik

0
86
Modifikasi Digital Yamaha Byson Cafe Racer yang Unik
Modifikasi Digital Yamaha Byson Cafe Racer yang Unik

Modifikasi digital Yamaha Byson banyak dilakukan oleh sebagian besar pengguna Yamaha. Sebab, mesin yang Byson miliki sangat mumpuni dan terjamin tahan lama.

Baca juga: Jenis Motor Custom yang Paling Populer di Indonesia

Selain itu, harga dari motor ini juga lebih murah daripada motor sekelasnya, seperti Honda CB150R maupun Yamaha Vixion. Meski, Yamaha Byson sudah dirilis pada tahun 2010 untuk pertama kalinya, namun saat ini masih laris di pasar otomotif.

Penjelasan Tentang Modifikasi Digital Yamaha Byson

Penjelasan Tentang Modifikasi Digital Yamaha Byson
Penjelasan Tentang Modifikasi Digital Yamaha Byson

Yamaha Byson adalah salah satu sepeda motor yang peminatnya cukup tinggi di Indonesia. Bahkan, sudah menjadi segmen sport di kelas Naked Bike. Tampilan Byson ini cukup sportif dan asyik untuk kalian modifikasi. 

Sebab, tampak lebih kekar dan garang. Namun, agar menunjang tampilan kalian juga perlu melakukan sedikit sentuhan modifikasi dengan menambah aksesoris. Sebab, penjualan pertama dari motor ini sudah habis kurang lebih 23.000 unit. 

Bahkan, belakangan ini banyak sekali modifikator yang memburu sepeda motor Byson, meski Yamaha telah menghentikan produksinya. Sentuhan modifikasi digital Yamaha Byson kini cukup beragam, mulai dari cafe racer hingga aliran scrambler.

5 Modifikasi Digital Yamaha Ala Cafe Racer

5 Modifikasi Digital Yamaha Ala Cafe Racer
5 Modifikasi Digital Yamaha Ala Cafe Racer

Tema cafe racer terinspirasi dari motor balap, sehingga terlihat cukup menarik untuk modifikasi. Di mana memiliki ciri khas pada bagian tengah lebih besar. 

Namun, kini cafe racer seiring perkembangan zaman, lebih identik dengan bagian belakangnya yang besar. Jadi bisa kalian katakan hampir sama seperti sengat tawon. 

Oleh karena itu, motor ini akan terkesan gahar serta maskulin, karena aliran cafe racer pada Byson sangat klop. Apalagi sudah adanya sentuhan modifikasi digital Yamaha Byson ini tidak hanya berfungsi untuk pemakaian sehari-hari. 

Namun, cafe racer garapan Gear Gear Motorcycles lebih simpel dan tampilan luarnya sangat bagus sekali. Berikut ini sudah ada keunggulan dari modifikasi motor Byson, antara lain:

Ban lebih Gambot

Setiap detail modifikasi digital Yamaha Byson yang dilakukan oleh Gear Gear Motorcycles akan memberikan sentuhan klasik. Selain itu, kendaraan satu ini juga telah dilengkapi dengan jari-jari di bagian peleknya.

Modifikator akan melengkapinya dengan menggunakan ban lebih gambot, untuk menunjang motor Yamaha lebih unik. Sehingga nantinya akan menimbulkan kesan garpu depan lebih rendah untuk menyesuaikan tampilan.

Sementara itu, bawaan pabrikan kaki di bagian belakang masih terlihat jelas. Secara menyeluruh, ternyata bagian bawah motor ini tampak lebih kuat dan tangguh. 

Jadi motor ini nantinya tidak hanya terlihat klasik. Jadi, selain memberikan kesan jauh lebih istimewa, juga dapat meningkatkan tampilannya.

Tangki Lebih Kota dan Ramping Tanpa Side

Pada tangkinya, sentuhan modifikasi digital Yamaha Byson paling terlihat berubah. Selain itu, juga lebih ramping tanpa side cover bawaan Yamaha Byson. 

Seperti penjelasan sebelumnya, garapan Gear Gear Motorcycles ini jadi terlihat simpel dengan sentuhan modif klasik ala cafe racer. Sehingga kendaraan ini akan lebih berkelas. 

Bagian jok juga bisa kalian ubah, tampak lebih simpel. Hal ini agar kendaraan motor tersebut jauh lebih klasik dan memiliki warna unik. Jadi nantinya jok motor jadul akan jauh lebih keren.

Stang Retro

Pada stang retro abis, sudah ada panel bawaan Byson yang digital. Namun, panel akan berubah menjadi dua panel yang berbentuk bulat dempet.

Selanjutnya, modifikasi digital Yamaha Byson terlihat dari bagian stang. Seperti yang kalian ketahui, sudah ada item kemudi yang bisa kalian utak-atik dengan mudah. 

Pada modifikasi Yamaha satu ini juga nantinya akan mendapatkan sentuhan. Jadi pada motor beraliran cafe racer, juga bisa menggunakan stang model clubman yang biasa diaplikasikan.

Stang satu ini memang tampilannya lebih identik dan hampir mirip dengan stang standar. Terdapat sudut patahan yang cukup menarik dengan stang lebih nunduk. 

Clubman lebih enak untuk perjalanan jauh daripada stang jepit, karena tidak cepat pegal. Selain itu, terdapat perubahan kearah yang lebih klasik pada bagian panel instrument. 

Selain itu, juga ada model Bar End yang tidak hanya gaya saja. Namun, untuk bagian lampu serta spion. Jadi akan memberi kesan lebih klasik dan minimalis. 

Hal ini tentu akan lebih unik dan memiliki fungsi yang sangat baik. Motor satu bisa kalian lengkapi dengan spion bulat agar tampak menggantung.

Ada juga lampu sein bagian depan yang terletak di ujung stang. Untuk bagian lampu belakang dari motor satu ini juga tidak kalah menarik. Sebab, sudah memiliki deretan LED yang fungsinya dobel sebagai lampu stop serta lampu sein.

Warna Body

Bicara secara keseluruhan, karya modifikasi digital Yamaha Byson satu ini telah didominasi terang dan gelap. Di mana terdapat nuansa kelir hitam dengan kontras kuning. 

Pada jok hitam dan bagian tangki dari kendaraan tersebut bisa kalian tambahkan warna kuning. Selain itu, untuk menghiasinya juga akan ada striping berkelir hitam.

Kehadiran shockbreaker belakang warna kuning tentu akan lebih senada, karena ada tambahan kontras. Sementara itu, untuk bagian kerangkanya akan tampak perubahan agar bisa sesuai dengan tema. 

Tampilan Yamaha ini menjadi akan lebih terkesan istimewa apabila kalian lihat langsung dari sektor bodinya.

Mesin Tidak Perlu Diubah

Mengingat performa bawaan dari Yamaha Byson cukup mumpuni, karena sudah berkapasitas 153 cc, 4 langkah, 2 valve SOHC, serta berpendingin udara. Ternyata, sektor jantung pacu pada modifikasi Byson satu ini tidak mengalami perubahan.

Kehadiran torsi puncak sebesar 13,6 nm di 6.000 rpm, tentu membuat tenaga yang Yamaha hasilkan sebesar 10,1 kW dan 7.500 rpm. Bahkan, getarannya cenderung lebih minim dan respon mesin masih cukup baik.

Apabila kalian ingin hanya mengubah tampilan saja, maka sektor mesin tidak di upgrade. Namun, modifikasi digital Yamaha Byson masih cukup mumpuni. Kalian harus bisa mempertahankan standar, fungsinya untuk bisa menghemat biaya modifikasi.

7 Aksesoris Modifikasi Motor Yamaha

7 Aksesoris Modifikasi Motor Yamaha
7 Aksesoris Modifikasi Motor Yamaha

Sebelum, kalian melakukan modifikasi digital Yamaha Byson, harus tahu beberapa aksesoris yang perlu digunakan untuk motor ini. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait aksesoris untuk modifikasi motor Yamaha Byson, antara lain:

Cover Tangki

Cover tangki wajib kalian miliki untuk membuat penampilan motor Byson makin gagah dan berani. Jadi, tidak hanya penutup mesin motor saja yang wajib kalian miliki. 

Tempat tangki motor memang terkesan tidak terlalu penting, karena sudah ada penutup tangki ini. Namun, warnanya akan memberikan kesan maskulin, jadi pilihlah cover tangki paling bagus.

Cover Engine

Cover engine atau penutup mesin merupakan aksesoris motor Byson yang wajib kalian miliki. Sama seperti namanya, aksesoris satu ini berfungsi untuk melindungi mesin motor. Kerusakan pada mesin bisa kalian minimalisir, dengan adanya pelindung mesin ini.

Cover Swing

Cover swing arm merupakan penutup berikutnya yang harus kalian miliki untuk motor ini. Cover swing arm sendiri pada bagian roda belakang merupakan kerangka utama lebih melekat.

Untuk modifikasi digital Yamaha Byson, saat ini sudah ada beragam jenis swing arm yang bisa kalian pilih.

Spakbor Depan Motor

Kalian bisa memodifikasi bagian spakbor depan, agar motor Byson lebih menarik. Spakbor depan sendiri bisa kalian letakkan di atas roda. 

Motor Yamaha yang kalian miliki, nantinya akan memiliki tampilan spakbor depan lebih menarik. Hal ini tentu saja akan memberikan nilai tambah. Sehingga warnanya juga mewakilkan kesan berani seorang pria.

Shroud

Shroud merupakan bagian motor selanjutnya yang bisa kalian modifikasi digital Yamaha Byson. Shroud sendiri memiliki fungsi cukup penting untuk bisa menghembuskan kipas utama pada mesin. 

Kalian juga bisa memilih aksesoris satu ini dengan bahan plat besi aluminium hingga plastik. Hal ini tentu bisa kalian sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Spakbor Belakang

Spakbor belakang juga perlu kalian modifikasi untuk mendapatkan penampilan yang semakin mengesankan pada motor Yamaha. 

Jadi, tidak hanya spakbor depan yang membutuhkan modifikasi digital Yamaha Byson. Sebaiknya, antara spakbor depan dan spakbor belakang kalian pilih warna paling sesuai.

Headlamp

Bagian headlamp motor juga sangat perlu kalian modifikasi. Saat melakukan perjalanan pada malam hari, headlamp sendiri berfungsi untuk memberikan penerangan.

Baca juga: Modifikasi Motor BMX CUB: Mengubah Konsep Klasik menjadi Tren kostum Modern

Jadi headlamp bisa kalian pilih sesuai harganya. Namun, kalian tetap harus melihat kualitas dari headlamp agar lebih awet. Jadi, apabila kalian ingin modifikasi digital Yamaha Byson dengan budget murah, maka pilih aksesoris yang biasa saja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini