Tips Modif Motor Keren dengan Budget Hemat!

0
815
Tips Modif Motor Keren dengan Budget Hemat!
Tips Modif Motor Keren dengan Budget Hemat!

Trend modif motor keren makin menjamur di berbagai kalangan masyarakat. Anda juga termasuk salah satu yang tercemar trend tersebut bukan? Tidak apa-apa karena kepuasan itu nomor satu.

Baca Juga: Mesin Diesel Menurun Karena, Disebabkan Oleh Beberapa Hal Ini!

Modif bisa membuat Anda makin percaya diri dengan kendaraan yang ditumpangi sehari-hari. Namun, kalangan awam menilai modif atau merubah motor itu perlu biaya cukup mahal.

Padahal itu tidak sepenuhnya berlaku juga, karena modifikasi itu bisa dilakukan dengan budget hemat. Tidak perlu keluar biaya sampai jutaan atau puluhan juta hanya untuk sepeda motor saja.

Kecuali memang Anda punya banyak budget lebih karena memang sudah kaya. Masuk pada sisi lain dari modifikasi motor keren, ada dilema yang harus dialami oleh banyak orang.

Adanya peraturan tentang detail kelengkapan dalam berkendara pada UU No. 22 Tahun 2009 membuat banyak pihak ragu untuk mulai membentuk kendaraan idaman. Sehingga ada kemungkinan untuk melanggar hukum negara.

Tentu Anda tidak mau mengalami hal tersebut bukan? Jika memang iya pas sekali karena Kami akan memberikan tips tentang modif sepeda motor dengan budget hemat tanpa potensi melanggar aturan di Indonesia.

Tidak perlu khawatir semua pasti sudah disaring untuk dapat diterapkan berbagai kalangan. Jadi, simak pemaparan lebih lengkap agar tetap dapat memodifikasi motor dengan budget terbatas.

Pengantar Sebelum Lakukan Modif Motor Keren budget Hemat

Tips Modif Motor Keren dengan Budget Hemat!

Namanya juga suatu proses, Anda harus tahu bahwa ada beberapa cara untuk melakukan modif motor keren dengan biaya hemat. Sebenarnya cara terbaik adalah dengan menggunakan part bekas.

Tidak perlu yang baru jika semata-mata tujuan hanya untuk pajangan. Sudah banyak marketplace yang menjual part bekas untuk digunakan. Belum lagi semua part tersebut disediakan dalam kondisi terbaik.

Urusan harga juga bisa disesuaikan bahkan dicicil. Itulah mengapa cara pertama ini begitu direkomendasikan jika modif hanya untuk body kendaraan saja. Lain halnya jika Anda ingin modif dalam urusan mesin.

Mesin butuh part baru agar dapat bekerja lebih maksimal. Namun, dalam pengerjaannya jika dapat dilakukan sendiri. Lebih baik beli secara bertahap demi melakukan penghematan pada budget.

Pembelian satu per satu banyak dilakukan jika memiliki rekanan bengkel banyak. Itulah mengapa banyak anggota komunitas dapat melakukan modif secara bertahap. Namun, disarankan memiliki skala prioritas.

Mana yang harus di upgrade lebih dahulu dan tidak. Sehingga itu memang butuh pengetahuan lebih untuk melakukannya. Jika memang tidak mau melakukan hal tersebut dan mau menyerahkan kepada bengkel.

Ada baiknya untuk membeli dalam satu paket sesuai dengan gaya custom motor. Ada banyak gaya mulai dari jap style, café racer, scrambler, harley, dan lain lain.

Pada cara ini Anda hanya cukup menyerahkan sebagian uang untuk diproses lebih lanjut pada bengkel terkait. Khusus pada cara ini Anda tidak hanya akan membeli part saja tetapi juga bayar jasa.

Mau pilih cara yang mana? Jika Anda hanya punya budget pas-pasan serta tidak ikut komunitas. Lebih baik untuk mengetahui apa saja part sasaran yang bisa perbagus kendaraan secara cepat.

Berikut sasaran yang Kami maksud tersebut.

1. Modif Motor Keren pada Kaca Spion Dahulu

Tips Modif Motor Keren dengan Budget Hemat!
Tips Modif Motor Keren dengan Budget Hemat!

Ini merupakan part paling murah diantara lainnya. jika pada mobil kaca spion tidak bisa diapa apakan karena mempengaruhi keselamatan berkendara. Lain halnya pada motor dimana bisa diganti sesuka hati.

Di mata banyak rider kaca spion standar memang tidak sedap dipandang mata. Bentuk besar tidak berkonsep sama sekali memang ditujukan untuk keselamatan.

Tetapi desainer tidak mementingkan efek estetika. Sehingga dengan hal tersebut membuat motor terkesan cupu seperti anak kutu buku. Itulah mengapa Anda harus ganti kaca spion dahulu.

Beruntung sekarang banyak penjual part motor secara offline dan online. Jika ingin langsung ganti cepat memang harus ke penjual langsung, tetapi hal ini akan mempersempit pilihan.

Jika pada online akan buat Anda bisa memilih banyak pilihan dari model apapun. Mulai dari tomok, bar up, dan bar end. Beli secara langsung hanya akan memberikan beberapa pilihan.

Untuk saat ini bar end menjadi pilihan banyak orang, jika memang Anda ingin terlihat keren tetapi masih ingin melaju aman. Tetap pasang keduanya dengan cara memasang bar end ke bawah.

Ini banyak dilakukan rider jarak jauh dengan motor besar. entah tujuannya apa tetapi itu membuat motor terkesan keren. Tapi itu semua bisa disesuaikan dengan aliran modif motor keren Anda.

Untuk saran bila memang ingin kualitas terbaik, pastikan membeli pada harga ratusan ribu. Paling mentok harga 200 ribu dan itu pasti memberikan jaminan terbaik.

2. Pasang Decal atau Scorlet Semua Bodi

Tips Modif Motor Keren dengan Budget Hemat!
Tips Modif Motor Keren dengan Budget Hemat!

trend ini sebenarnya dipengaruhi oleh para pemilik mobil. Dimana Mereka melakukan modifikasi pergantian cat dengan cara stiker semua bodi. Tetapi ada juga yang memasang decal.

Skotlet dan decal sebenarnya sama saja yakni dengan stiker. Namun scarlet jauh lebih butuh biaya lebih, pasalnya semua bodi harus dipasang dengan stiker agar tertutup.

Tujuannya demi membuat cat motor awet sampai lama serta warna berubah. Kini banyak penyuka warna doff baik hitam, merah, putih, dan lain lain. Dengan hal tersebut kesan modif motor keren pasti didapatkan.

Tidak perlu khawatir untuk motor tidak akan butuh biaya sampai puluhan juta. Paling hanya beberapa ratus ribu sampai jutaan. Itu cenderung lebih hemat dan membuat harga jual motor tinggi.

Opsi lainnya tentu adalah decal dengan mengusung konsep tertentu. Misalkan ingin menyamai gaya pabrikan Yamaha, honda, ducati, dan sebagainya. Tentu pesan decal dengan gaya tersebut.

Untuk decal butuhkan biaya lebih murah tetapi tidak terlalu murah juga. Pasalnya, ada desain yang harus dibuatkan oleh penyedia stiker juga. Jadi Anda harus membayar hal tersebut juga.

Dengan estimasi budget 500 ribu Anda sudah akan mendapatkan kesan modif motor keren kelas atas. Ini termasuk murah karena bisa bertahan sampai lama dan membuat cat ori terjaga.

Namun, tetap Anda harus memilih penyedia stiker dengan kualitas terbaik. Jangan asal memilih penyedia dengan harga murah karena kualitasnya malah akan merusak cat motor kesayangan.

3. Jok Motor Perlu Anda Perhatikan

Tips Modif Motor Keren dengan Budget Hemat!
Tips Modif Motor Keren dengan Budget Hemat!

Jok motor akan membuat tampilan motor berubah drastis. Bagaimana tidak biasanya jok dengan jahitan tidak rapi, akan diganti dengan jok aftermarket dengan harga yang bersaing.

Tentu membuat tampilan motor akan jadi kelihatan mewah. Tapi tetap sesuaikan dengan aliran costum yang Anda pilih. Jangan melakukan pemilihan warna jok norak agar tetap keren.

Modif motor keren butuh selera yang bagus agar tetap berkualitas. Selain itu tetap lihat juga kenyamanan yang ditawarkan, apakah dengan pilihan tersebut mampu memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Urusan keren tidaknya akan kalah jika tidak nyaman digunakan. Agar memberikan opsi lebih bagus, sebaiknya lihat lihat referensi dari pihak terkait. Biasanya Mereka tahu mana opsi terbaik dengan budget tersebut.

Jika memang tidak punya referensi karena baru pertama kali melakukan modif motor keren. Ada baiknya memilih warna hitam dengan kulit sintetis sebagai pilihan.

Tidak usah memakai pola karena itu akan memberikan kesan norak. Belum lagi pertambahan pola akan membuat uang terkuras lebih banyak bukan?

Untuk biaya estimasi minimal yang harus disediakan adalah 80 ribu, agar lebih aman bawa 100 ribu saja. Dengan budget tersebut Anda bisa mendapatkan kesan pemilik motor gagah dan berkarisma.

4. Ban dan Velg jadi Perhatian

Tips Modif Motor Keren dengan Budget Hemat!
Tips Modif Motor Keren dengan Budget Hemat!

Modif motor keren tidak cukup jika hanya soal body atas saja. Ban serta velg juga harus Anda perhatikan. Keduanya membuat Anda bisa terlihat lebih keren dalam berkendara.

Untuk saat ini selera umum adalah dengan model ban tebal dengan velg rantai. Disesuaikan juga dengan jenis modif Anda. apakah lebih mengarah pada jap style, café racer, scrambler, atau lainnya.

Jika memang ingin yang seperti jap style, cukup dengan ganti ukuran ban saja. Semakin tebal ban akan membuatnya lebih berkualitas. Untuk saat ini harga ban hanya 200- 400 ribuan. 

Itu akan lebih murah jika Anda mengenal bengkel rekanan. Lalu jangan lupa pasang soft breaker yang empuk demi kenyamanan. Banyak pilihannya dan ini bisa dijadikan tahap penyelesaian.

Mudahnya ketika semua part sudah dipasang, Anda bisa memasang soft breaker pada tahap akhir. Dengan pemasangan ini akan membuat motor lebih gagah nyaman.

Sehingga tidak hanya terlihat lebih mewah tetapi juga nyaman. Itulah mengapa soft breaker dijadikan tahap penyelesaian dalam hal ini. Pasalnya memang harga SB lebih mahal dari lainnya.

Bahkan pada barang kualitas terbaik bisa sampai jutaan. Itu hanya untuk SB yang tidak terlihat banyak orang. Tetapi bagi sebagian orang itu adalah barang penting demi suspensi seperti Kijang innova.

Baca Juga: Kepopuleran Modifikasi Motor Matic, Aman Nggak Si?

Bagaimana tidak butuh sampai 5 jutaan bukan semuanya? Cukup lakukan yang ringan-ringan saja agar tidak melanggar uu. Modif motor keren tidak harus merubah total bentuk dari motor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here