Tips and Trik Merawat Cat Mobil Menggunakan Cara Ini

0
76
Tips and Trik Merawat Cat Mobil Menggunakan Cara Ini
Tips and Trik Merawat Cat Mobil Menggunakan Cara Ini

Tips and trik merawat cat mobil bisa dilakukan dengan cara-cara simpel yang barangkali sering tidak kita pikirkan. Cat mobil perlu dilindungi, entah dari goresan, kotoran burung, maupun pencucian mobil.

Baca juga : Modifikasi Mobil Tetap Aman Bebas Dari Tilang di Jalan Raya

Merawat cat mobil tidak kalah penting karena estetika dari kendaraan yang kita pakai sedikit banyak juga mencerminkan kepribadian pemiliknya. Maka dari itu, perhatikan dan simak benar-benar uraian tips dan trik merawat cat mobil kali ini.

Simak Tips and Trik Merawat Cat Mobil Ini

Simak Tips and Trik Merawat Cat Mobil Ini
Simak Tips and Trik Merawat Cat Mobil Ini

Kita akan sama-sama belajar tips terbaik untuk merawat cat mobil. Tidak hanya itu, kita juga akan sedikit membahas bagaimana mencuci kendaraan yang benar agar tidak merusak cat mobilnya. Dengan cara ini, mobil kalian akan benar-benar mengkilap dan cantik setiap detik.

  • Bersihkan Segera

Tidak semua berkat datang dari atas. Kotoran burung dan jenis kotoran hewan lainnya bersifat korosif. Semakin lama zat korosif dibiarkan bekerja pada cat mobil, semakin besar kerusakannya. Kalian sebaiknya mengetahui tips and trik merawat cat mobil yang satu ini.

Selain itu, yang juga merusak cat mobil adalah lapisan lengket yang menutupi mobil yang diparkir di bawah pohon jeruk di musim semi. Fenomena ini dikenal sebagai embun madu. Ini mungkin terdengar manis, tetapi membuat pengemudi harus merasakan pahit.

Hal ini karena embun madu adalah kotoran kutu daun. Mereka menyedot getah dari daun jeruk dan mengeluarkan gula yang lengket. Embun madu ini dapat membakar dirinya sendiri ke dalam cat di bawah sinar matahari langsung.

Kerusakan seperti itu tidak dapat diubah dan harus diperbaiki secara profesional. Oleh karena itu, tips and trik merawat cat mobil yang harus dilakukan adalah mencuci kotoran burung yang menempel sesegera mungkin.

Hal yang sama berlaku untuk serangga. Penghilang serangga khusus akan menghentikan sisa-sisa serangga menempel pada cat otomotif dan kemudian dapat dibersihkan dengan mudah saat kendaraan dicuci.

  • Lebih Perhatian Terhadap Mobil

Kalian yang mencintai mobil milik sendiri wajib mencucinya, setidaknya dalam interval mingguan. Kegagalan memberikan perawatan rutin adalah kesalahan paling umum yang dilakukan pemilik mobil.

Jika cat mobil dirawat dengan baik, umumnya juga akan lebih tahan terhadap pengaruh luar. Ini berarti perbaikan mahal dengan cat semprot mobil atau cat sentuh dapat dikurangi secara signifikan.

Seberapa sering kalian harus mencuci mobil bergantung pada jenis mobil dan cara kalian menggunakannya. Sering mencuci tidak ada salahnya selama kalian memperhatikan beberapa hal termasuk tips and trik merawat cat mobil.

  • Perawatan Lilin

Beberapa tempat cuci mobil memiliki sikat dan beberapa juga memiliki kain pembersih bodi mobil yang berkualitas. Satu jenis tidak secara inheren lebih baik dari yang lain. Akan tetapi, apakah kuas atau kain sudah dikotori dengan pasir, sehingga menjadi seperti amplas dan merusak permukaan cat?

Untuk itu, sangat penting bahwa tempat cuci mobil itu sendiri harus bersih dan terawat. Siapa yang mau masuk ke kamar mandi yang kotor? Tips and trik merawat cat mobil kali ini mengharuskan kalian meluangkan waktu untuk melihat kuas lebih dekat.

Jika benang nilonnya rapuh atau sobek, kotoran dapat terkumpul di dalamnya. Dan haruskah kalian melakukan pencucian dengan perawatan lilin? Tentu saja! Lilin menyegel lapisan atas cat mobil dan dengan demikian melindunginya dari pengaruh luar.

Dan pada interval berapa perawatan lilin harus diterapkan? Aturan praktis para ahli adalah selama air hujan menetes dari cat mobil secara normal, tidak perlu waxing baru. Namun, dalam hal tips and trik merawat cat mobil satu ini, cuaca juga merupakan faktor krusial.

Jika kalian menyimpan mobil kalian di dalam garasi, kalian melindungi lapisan lilin lebih lama daripada di tempat terbuka. Jika kalian ingin berada di sisi yang aman, ahli merekomendasikan interval dua kali: buat mobil kalian di-wax sekali di awal dan sekali di pertengahan tahun.

  • Sebaiknya Mencuci Sendiri

Apakah kalian lebih suka mencuci mobil sendiri? Kalian adalah warga negara teladan! Di kalangan pecinta mobil, mencuci dengan tangan dianggap sebagai cara paling baik untuk melakukannya. 

Yang penting di sini adalah menggunakan bahan pembersih ringan dengan nilai pH rendah, serta spons, sikat, dan kain yang lembut dan bersih. Saat menggunakan mesin cuci bertekanan tinggi, prinsip “jalan tol” berlaku: jaga jarak! 

Hal ini karena jika tekanan air terlalu tinggi bisa berpotensi merusak cat. Dalam hal ini, jarak yang benar antara kepala semprotan dan cat mobil akan bergantung pada masing-masing alat dan model.

  • Pentingnya Memoles

Apakah cat mobil kalian tidak lagi mengkilat seperti hari pertama? Atau apakah kalian melihat ada sedikit goresan di bodi mobil kalian? Jika demikian, maka sudah saatnya untuk memoles. Tips and trik merawat cat mobil ini tidak kalah penting untuk perlu diperhatikan.

Semir mobil mengandung bahan abrasif mikro halus. Bahan tersebut dapat dengan lembut membersihkan permukaan cat tanpa merusaknya. Semir secara bersamaan mempertahankan cat yang baru dan melindunginya dari cuaca.

  • Perbaikan dengan Pena atau Semprotan

Apakah goresan masih terlihat meskipun kalian telah memoles mobil kalian? Kemudian langkah selanjutnya adalah menyentuhnya. Cara terbaik untuk melakukan perbaikan cat akan selalu bergantung pada keadaan tertentu.

Perbaikan cat mobil harus dilakukan oleh staf ahli yang terlatih. Kalian mungkin tidak ingin langsung membeli mobil baru hanya karena tergores. Solusinya, yakni tips and trick merawat cat mobil dengan pena cat dan kaleng semprot.

Kalian hanya memerlukan kode warna yang tepat untuk kendaraan kalian. Misalnya, pada pelat pengenal, yang ditempelkan pada pilar B atau di dalam ruang mesin, tergantung pada modelnya. Tapi kalian juga bisa mendapatkan kode warna dari dealer kalian.

Pandangan Psikologi Tentang Cat Mobil

Pandangan Psikologi Tentang Cat Mobil
Pandangan Psikologi Tentang Cat Mobil

Dengan sebagian besar hal dalam hidup kita, semua yang kita lakukan mencerminkan tentang orang seperti apa kita. Ini tidak berbeda dalam pilihan warna mobil kita. Wajar jika saat memilih warna mobil kita secara tidak sadar kita menggunakannya sebagai sarana ekspresi diri.

Tips and trik merawat cat mobil, jenis mobil, dan bahkan perbedaan budaya dapat mengubah arti dan dampak warna mobil di seluruh dunia. Namun, beberapa kemungkinan pilihan warna mobil dapat mencerminkan siapa diri kalian secara tersirat.

  • Hitam

Salah satu warna mobil paling populer pasti hitam, tapi mengapa demikian? Dan apakah ada kelompok tertentu yang mendukung mobil hitam? Jawabannya, mungkin iya. Dalam hal tips and trik merawat cat mobil, aspek satu ini perlu diperhatikan lebih.

Mobil hitam dianggap berbahaya dan memberontak. Warna ini dianggap mewakili kekuatan, yang disukai banyak orang, kuat di dunia yang tidak berdaya ini. Warna mobil yang mengangkut presiden dan diplomat selalu menimbulkan kesan mencolok.

  • Putih

Kendaraan berwarna putih sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir, hal ini karena menggambarkan modernisme dan cita rasa. Bisa dibilang, cukup ampuh untuk menunjukkan keinginan driver untuk memiliki produk baru yang mengkilap.

Itu juga mengekspresikan keanggunan dan kemampuan untuk memisahkan diri dari orang lain. Tips and trik merawat cat mobil warna putih juga lebih repot karena sangat mudah terdeteksi. Dan secara tradisional, warna putih dikaitkan dengan kemurnian, dan kejujuran.

  • Merah

Merah tampaknya memiliki beberapa makna di baliknya. Kita semua tahu lelucon tentang wanita yang mengendarai mobil merah menjadi pengemudi yang buruk. Namun, tampaknya orang yang memilih warna merah adalah orang ekstrovert.

Mereka cenderung mengemudi lebih cepat dengan berpikir bahwa warna membuat mereka lebih terlihat, memberi mereka rasa aman yang “salah”. Sulit untuk melewatkan mobil merah terang yang juga mewakili energi, ambisi, kekuatan, dan kepercayaan diri.

Entah seberapa benar pendapat ini, tetapi tampaknya mereka dikenal pemarah di belakang kemudi. Namun, kiranya pikir siapa pun dapat mengalami kemarahan di jalan raya pada tahap tertentu, terutama jika sedang terjebak kemacetan.

  • Biru

Pengemudi mobil berwarna biru adalah pengemudi yang bahagia menurut sumber dan paling mungkin membiarkan kalian keluar di persimpangan. Ini adalah warna yang praktis dan ceria dan seperti yang kita ketahui, ada banyak nuansa biru yang berbeda.

Biru sedang hingga cerah dapat menunjukkan bahwa pengemudi rendah hati dan dapat diandalkan. Sedangkan, biru batu tulis memancarkan lebih banyak formalitas dan profesionalisme.

Baca juga : Bengkel Modif Mobil di Jakarta yang Dijadikan Pertimbangan

Sebaliknya, nuansa biru yang lebih terang dapat menyampaikan keinginan untuk menjadi rendah hati dan sedikit lebih banyak di latar belakang. Warna biru juga tergolong lebih mudah dalam hal tips and trik merawat cat mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here