Pahami Trik Modifikasi Toyota Fortuner untuk Offroad

0
1002
Pahami Trik Modifikasi Toyota Fortuner untuk Offroad
Pahami Trik Modifikasi Toyota Fortuner untuk Offroad

Sebenarnya trik modifikasi Toyota Fortuner ini bisa diperoleh dari berbagai referensi. Mobil Fortuner agar tampil dengan gaya yang lebih garang ini harus diperhatikan dengan baik. Sebab, untuk memodifikasi Fortuner ala mobil offroad bukanlah hal yang mudah.

Baca juga : Mobil-mobil ‘Buatan’ India Tidak Kalah Eksis

Dalam memodifikasi mobil Fortuner menjadi ala mobil offroad sudah pasti memiliki ketentuan yang harus diperhatikan. Tujuannya adalah agar tampilan mobil tersebut bisa seimbang. Memodifikasi mobil offroad umumnya dikenal dengan istilah ALTO (All Terrain Off Road).

7 Tips Modifikasi Toyota Fortuner  Ala Mobil Offroad

7 Tips Modifikasi Toyota Fortuner  Ala Mobil Offroad
7 Tips Modifikasi Toyota Fortuner  Ala Mobil Offroad

Dalam memodifikasi mobil Fortuner ini umumnya dilakukan dengan cara mengubah diameter velg dan ban. Selain itu juga ditambahkan ketinggian, menambahkan tanduk pada bagian gril depan dan belakang serta menambahkan roof rack dan snorkel pada bagian kap mesin.

  • Snorkel

Tips dalam modifikasi Toyota Fortuner yang pertama adalah pada bagian komponen lain yang bisa menunjang offroad. Kemampuannya tidak lain adalah snorkel. Fungsi dari komponen ini adalah untuk menghisap udara ketika kondisi mobil terendam air yang lumayan dalam.

Snorkel tersebut nantinya akan memindahkan titik pengambilan udara yang terdapat pada mesin. Sehingga menjadi lebih tinggi atau setinggi atap mobil.

Udara yang masuk biasanya langsung disalurkan ke filter udara dan kemudian ke ruang mesin. Komponen snorkel ini bisa kalian dapatkan di pasaran dengan harga mulai dari 750 ribu.

  • Winch

Komponen yang direkomendasikan untuk kalian yang hendak modifikasi Toyota Fortuner adalah winch. Komponen tambahan ini merupakan alat penarik beban yang biasanya diletakkan pada bagian bumper depan.

Winch digerakkan oleh motor yang terhubung oleh aki kendaraan. Namun, kalian harus memperhatikan jenis dan daya aki yang sesuai supaya aki pada mobil tersebut tidak cepat tekor ketika menggunakan komponen tambahan yang satu ini.

  • Ukuran Ban

Biasanya dalam modifikasi Toyota Fortuner hal yang tidak kalah diperhatikan adalah pada bagian ukuran ban mobil. Umumnya untuk kendaraan yang digunakan untuk mobil offroad memiliki ukuran ban yang lebih besar dan memiliki gigi yang dalam.

Ban yang sering digunakan untuk mobil offroad ini biasanya dijuluki sebagai ban pacul. Sehingga bisa memudahkan daya cengkram yang lebih kuat pada setiap pergerakan di medan yang berlumpur atau yang bebatuan.

Perubahan ban tentunya disertai dengan adanya perubahan pada bagian velg. Biasanya ukuran velg kendaraan yang digunakan mobil-mobil offroad yaitu 18 inci ke atas. Untuk ban ini sendiri dibanderol dari Rp. 1,9 juta dan untuk velg yang mulai berukuran 18 inci dibanderol dari harga Rp. 8,2 juta.

  • Roof Rack

Aksesoris tambahan ketika modifikasi Toyota Fortuner adalah roof rack. Adanya komponen ini adalah untuk mendapatkan aksen yang lebih terasa. Roof rack yang biasa digunakan memiliki dua jenis, diantaranya adalah yang dipasang pada bagian talang air dan yang dipasang pada bagian roof rail.

Untuk mobil Fortuner roof rack bisa menggunakan keduanya. Sedangkan untuk harga roof rack sendiri berkisar mulai dari Rp. 2 juta atau lebih.

  • Bumper Guard

Bumper guard atau yang biasa disebut dengan pelindung bemper ini merupakan salah satu komponen yang tidak boleh ketinggalan ketika memodifikasi Fortuner menjadi ala offroad. Komponen tambahan ini bisa kalian pasang pada bagian depan dan belakang mobil.

Namun, umumnya komponen aksesoris ini dipasang disertai dengan tanduk atau bull bar. Lalu, apa fungsi dari bumper guard? Fungsi dari komponen ini adalah sebagai pelindung pelindung ketika ada benturan baik dari depan dan belakang.

Atau bumper guard ini juga bisa berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan aksesoris, seperti lampu tembak atau juga bisa digunakan untuk meletakkan winch. Untuk harganya aksesoris ini dibanderol dari harga Rp. 8 juta.

  • Suspensi

Perubahan lain ketika modifikasi Toyota Fortuner manjadi ala mobil offroad adalah perubahan pada suspensi. Hal ini tentu untuk menyesuaikan ukuran ban. Sebab, biasanya dilakukan dengan cara mengubah per dan juga kaki-kaki mobil.

Dengan cara ini juga bisa untuk menambah tinggi dari tanah sehingga bisa menciptakan kesan yang gagah pada mobil Fortuner kalian. Untuk harga dalam mengubah per dan suspensi ini tentunya beragam. Biasanya tergantung pada jenis penggeraknya, apakah menggunakan oli atau menggunakan nitrogen.

Untuk harga suspensi yang depan belakang yang masing-masing bisa mencapai Rp. 7 juta. Sedangkan untuk harga per keongnya dibanderol dari harga Rp. 3 juta dan untuk per daun mulai dari Rp. 7 juta.

  • Lampu Tembak

Aksesoris lainnya yang tidak boleh luput ketika modifikasi Toyota Fortuner adalah adanya lampu tembak. Fungsi dari aksesoris tersebut adalah sebagai penerang tambahan ketika mobil tersebut melaju pada lintasan yang berkabut, pegunungan, hutan, atau melintas di rawa-rawa.

Aksesoris lampu tembak ini biasanya dipasang dengan jumlah yang genap, seperti 4, 6 atau lebih. Untuk pemasangan lampu tembak sendiri biasanya diletakkan pada bagian atap mobil. Selain itu pemasangan aksesoris ini juga bisa pada bagian grill depan.

Untuk mendapatkan aksesoris lampu tembak ini bisa kalian dapatkan di pasaran dengan harga yang bervariasi. Umumnya harga lampu tembak ini berkisar antara Rp. 150 ribu/buah.

Modifikasi Toyota Fortuner  untuk Santai

Modifikasi Toyota Fortuner  untuk Santai
Modifikasi Toyota Fortuner  untuk Santai

Selain dimodifikasi untuk offroad mobil yang gagal ini juga cocok digunakan untuk jalan-jalan di jalanan beraspal. Namun, jika berbicara tentang modifikasi mobil tentu kurang lengkap rasanya jika tidak menambahkan aksesoris berikut ini.

  • Cargo Net

Bagi kalian yang suka menikmati jalanan bersama tetap dapat memodifikasi mobil kesayangan dengan aksesoris pendukung. Salah satu aksesoris pendukung yang sekaligus bermanfaat adalah cargo net.

Aksesoris ini akan sangat bermanfaat jika kalian memiliki mobilitas tinggi dan memerlukan ruang untuk membawa barang bawaan yang banyak di mobil. Dengan adanya aksesories ini pastinya akan sangat membantu dalam meletakkan barang bawaan.

Dan untuk mendapatkan komponen tambahan untuk modifikasi Toyota Fortuner ini kalian hanya perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp. 283 ribu. Kabar baiknya lagi cargo net ini bisa digunakan untuk semua tipe Fortuner, lho.

  • Air Purifier

Dengan adanya air purifier tentu akan membuat mobil kalian menjadi terasa lebih nyaman ketika berkendara. Sebab, kenyamanan dalam berkendara merupakan prioritas utama teruntuk kalian yang memiliki mobil Fortuner sebagai mobil keluarga.

Adanya sirkulasi udara yang terdapat pada kabin mobil tentunya akan sangat mempengaruhi kenyamanan ketika sedang dalam perjalanan. Sehingga adanya aksesoris ini akan sangat membantu untuk memberikan sirkulasi udara yang bersih.

Dengan menambahkan komponen air purifier ketika melakukan modifikasi Toyota Fortuner merupakan hal yang tepat. Meski terkesan sederhana, namun aksesoris ini akan memberikan efek yang sangat penting untuk kendaraan kalian.

Bagi kalian yang ingin menambahkan aksesoris ini maka harus merogoh kocek sekitar Rp. 1,5 juta. Untuk mendapatkan air purifier kalian bisa mengunjungi outlet Toyota terdekat di kota kalian.

  • Aksesoris Spion

Hal yang terkesan sepele namun cukup menarik perhatian bagi yang memandang adalah spion mobil. Aksesoris ini berfungsi agar mobil Fortuner kalian terlihat lebih tangguh dan tentunya lebih menarik. Dengan adanya tambahan aksesoris pada bagian spion menjadi lebih menarik.

Komponen aksesoris ini bisa kalian dapatkan di outlet-outlet yang menyediakan aksesoris mobil Toyota atau di pasaran. Untuk harganya sendiri dibanderol dari Rp. 293 ribu saja.

  • Spare Tire Cover

Dalam berkendara memiliki ban cadangan merupakan hal yang penting. Untuk menjaga kondisi ban cadangan juga merupakan hal yang patut diperhatikan. Sehingga ketika modifikasi Toyota Fortuner jangan lupa untuk menambahkan aksesoris spare tire cover.

Meski terkesan sederhana namun, dengan menambahkan aksesoris ini dapat menambah perlindungan pada ban cadangan. Sehingga kalian dengan mudah dan memberikan perlindungan pada ban sehingga menjadi salah satu keunggulan dari aksesoris ini.

Untuk mendapatkan komponen tambahan yang satu ini kalian bisa mengunjungi outlet-outlet Toyota yang ada di kota kalian. Untuk harga aksesoris ini dibandrol dari harga Rp. 800 ribuan.

Baca juga : Mobil Klasik Amerika yang Dijuluki Muscle Car Legendaris

Mobil Fortuner yang terdiri atas beberapa tipe ini cocok sekali untuk dimodifikasi sehingga memberikan kesan yang gagah nan elegan. Namun, jika hendak modifikasi Toyota Fortuner  jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan berkendara kalian. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini