Tips dan Referensi Modifikasi Mobil Mitsubishi L300 Bekas

0
118
Tips dan Referensi Modifikasi Mobil Mitsubishi L300 Bekas
Tips dan Referensi Modifikasi Mobil Mitsubishi L300 Bekas

Mitsubishi L300 merupakan salah satu kendaraan roda empat keluaran lama namun sampai saat ini masih menjadi primadona. Terlebih lagi, banyak pemilik mobil jenis ini yang melakukan modifikasi mobil Mitsubishi L300.

Baca juga: Campervan: Kendaraan Serba Guna untuk Petualangan dan Liburan

Modifikasi yang dilakukan bertujuan untuk merubah wujud dan interior agar menjadi tampak keren dan menarik. Bahkan, banyak pemilik mobil mitsubishi bekas yang berlomba-lomba untuk memamerkan hasil modifikasinya.

5 Tips Modifikasi Mobil Mitsubishi L300 Bekas

5 Tips Modifikasi Mobil Mitsubishi L300 Bekas
5 Tips Modifikasi Mobil Mitsubishi L300 Bekas

Sejak 1980, merk Mitsubishi telah berhasil memasarkan jenis L300 di Indonesia. Di indonesia, jenis ini hadir dengan versi pick-up nya dan versi minibus. 

Meski umur kendaraan jenis ini tergolong lawas, namun tidak menyurutkan banyak orang yang masih menyukai mitsubishi L300. Malah, mobil lawas ini mengundang kreatif banyak orang untuk melakukan modifikasi mobil Mitsubishi L300.

Dengan modifikasi, akan menjadikan mobil tampak lebih mewah dan mampu mengundang perhatian saat melintas di jalan raya. Jadi, jika sudah merasa bosan dengan tampilan merk L300 ini, berikut terdapat tips modifikasi yang bisa dicoba. 

Modifikasi dengan Sticker Meriah

Modifikasi dengan Sticker Meriah
Modifikasi dengan Sticker Meriah

Tips modifikasi mobil Mitsubishi L300 pertama ini sangat mudah dan murah untuk memodifikasi Mitsubishi L300, yaitu dengan memasang cutting stiker. Untuk varian stiker umumnya bervariasi dan dapat dipilih sesuai selera.

Adapun stiker yang banyak dipakai untuk melakukan modifikasi, seperti tema animasi, grafiti, racing, atau sekadar tulisan-tulisan unik saja. Dalam pemasangan stiker, sebaiknya mengaplikasikannya dengan ukuran besar agar lebih menonjol dan terlihat meriah. 

Biasanya stiker ini akan dipasang pada bagian bak belakang atau kepala mobil. Agar tidak tenggelam dan berlawanan, maka stiker harus disesuaikan dengan kombinasi warna cat body Mitsubishi bekas.

Modifikasi dengan Velg Besar

Modifikasi dengan Velg Besar
Modifikasi dengan Velg Besar

Tips modifikasi mobil Mitsubishi L300 berikutnya yaitu dengan mengganti velg standar. Pada mitsubishi L300 telah dibekali dengan adanya velg besi 14 inci. 

Sehingga bisa dilakukan perubahan pada bagian velg dengan menggantinya menggunakan velg berukuran 17 inci. Hal ini bertujuan agar memodifikasi tanpa banyak merubah standar pabrik.

Modifikasi dengan Bentuk Ceper

Modifikasi dengan Bentuk Ceper
Modifikasi dengan Bentuk Ceper

Ketika merubah bentuk menjadi modif ceper, maka dapat membangun body merk ini menjadi terlihat lebih keren. Adapun pada konsep bentuknya adalah dengan menurunkan ketinggian Mitsubishi. 

Dalam melakukan modifikasi mobil Mitsubishi L300 bentuk ceper dari kondisi standar umumnya bukan hal yang sulit.

Pada bagian suspensi depan, dapat dilakukan pemotongan ulir sesuai kebutuhan. Semakin panjang ulir yang dipotong, maka akan semakin ceper bentuk mobil tersebut. Selain itu, terdapat cara lain yang dapat digunakan pada model ini, yaitu mengganti per aftermarket.

Pada bagian belakang, bisa melakukan press atau roll pada lembaran per-nya. Untuk mengerjakan press ini dapat dikerjakan di bengkel agar hasil lebih maksimal.

Modifikasi dengan Menggunakan Body Kit

Modifikasi dengan Menggunakan Body Kit
Modifikasi dengan Menggunakan Body Kit

Modifikasi mobil Mitsubishi L300 selanjutnya menggunakan body kit. Dalam pemasangan body kit pada bumper bagian depan atau belakang, dapat dijadikan sebagai salah satu terobosan modifikasi yang unik. Adapun body kit ini bisa di pesan pada bengkel-bengkel spesialis.

Untuk bahan bakunya dapat dipilih, baik dari fiber maupun plat besi. Ketika menggunakan plat besi akan menjadikan body kit semakin kuat dan tahan terhadap benturan. Tapi bahan besi umumnya memiliki bobot yang berat. 

Sedangkan jika menggunakan fiber, maka memiliki risiko yang rentan hancur saat terjadinya benturan.

Modifikasi Bagian Interior Mitsubishi L300

Modifikasi Bagian Interior Mitsubishi L300
Modifikasi Bagian Interior Mitsubishi L300

Jika mobil Mitsubishi L300 sudah memiliki tampilan yang keren, maka hanya tinggal diubah terkait tampilan interiornya saja. Apalagi jika tema kabinnya juga ikut diubah, tentu akan menjadikan tampilan yang lebih maksimal.

Meski demikian, pada tips modifikasi mobil Mitsubishi L300 ini sangat opsional. Langkah awal yang bisa dilakukan, yaitu melapisi ulang ruang kabin. 

Bahkan bisa ditambah audio system pada mobil tersebut. Terkait biayanya, biasanya akan menjadi bahan pertimbangan yang pertama kali diperhatikan sebelum memodifikasi mobil. 

Umumnya, dana yang dibutuhkan untuk memodifikasi Mitsubishi bekas ini bergantung pada komponen apa saja yang ingin dipasang pada mobil tersebut. Misalnya, jika hanya ingin menambahkan cutting stiker saja, maka cukup menyediakan budget Rp. 100 ribu saja.

3 Referensi Modifikasi Mobil Mitsubishi L300

3 Referensi Modifikasi Mobil Mitsubishi L300
3 Referensi Modifikasi Mobil Mitsubishi L300

Tips seputar modifikasi tentu akan sangat berguna jika sedang mencari gambaran ketika akan melakukan modifikasi Mitsubishi. Selain itu, adanya tips modifikasi bisa menjadi ide sebelum mengaplikasikannya pada L300.

Selain tips modifikasi, kurang lengkap rasanya jika belum mengetahui seputar referensi untuk melakukan modif pada mobil. Berikut terdapat 3 referensi yang dapat kalian terapkan pada mobil Mitsubishi.

Mitsubishi L300 Buka Pintu Pakai e-KTP

Mitsubishi L300 Buka Pintu Pakai e-KTP
Mitsubishi L300 Buka Pintu Pakai e-KTP

Referensi modifikasi mobil Mitsubishi L300 pertama dalam melakukan perubahan pada mobil ini bisa diubah terkait kabinnya yang mewah dan pintu bisa dibuka dengan E-KTP.

Pada bagian eksteriornya, kabin luar mobil ini telah di repaint warna biru bunglon kombinasi warna lembayung keunguan. Adanya kombinasi warna ini akan menjamin tampilan memukau dan mewah.

Apalagi jika wajah standar modifikasi mobil Mitsubishi L300 ini dipadukan bersama body kit custom, mencakup bumper depan yang telah didesain memble dan plus side skirts yang mengisi area depan.

Sementara itu, pada buritan terlihat lebih agresif karena terdapat asupan ducktail dan diffuser dekoratif. Pada bagian ini siap menampung 8 lubang knalpot palsu.

Sedangkan pada bagian kaki, proporsi pick-up ini dibuat merunduk dengan suspensi custom serta pasokan velg multi spoke dengan warna silver.

Pada bagian interiornya, hampir semua permukaan kabin akan dikemas dengan tampilan lebih elegan dan memakai pelapis kulit sintetis berwarna putih. Untuk joknya telah di retrim memakai bahan kulit sintetis berwarna kontra hitam putih, begitu pula dengan door trim-nya.

Kemudian, referensi modifikasi mobil Mitsubishi L300 ini terdapat konsol tengah super mewah yang telah di custom sedemikian rupa dengan tujuan untuk mencakup tombol-tombol ekstra, armrest, dan cup holder.

Agar menjadikan suasana lebih asyik pada mobil jenis ini, bisa dipasangi sistem entertainment canggih yang dapat dipakai untuk karaoke.

Selain itu, terdapat pula sederet fitur-fitur tambahan yang hampir menyamai Tesla, yaitu akses masuk dan menyalakan mesinnya menggunakan kartu E-KTP, aktivasi AC, engine On/Off, hingga buka tutup sunroof.

Mitsubishi L300 dengan 6 Roda

Mitsubishi L300 dengan 6 Roda
Mitsubishi L300 dengan 6 Roda

Untuk referensi modifikasi mobil Mitsubishi L300 dengan 6 roda, secara tampilannya memiliki pick-up bak terbuka yang mampu tampil ekstrim dengan komposisi 6 roda.

Pada bagian eksteriornya dibungkus dengan warna bunglon cokelat, termasuk pula body kit-nya. Salah satu keunikan pada referensi jenis ini yaitu terdapat body L300 yang terlihat lebih panjang karena adanya penambahan 1 set gardan belakang.

Selain itu, pada kaki-kakinya memiliki suspensi udara yang bisa diatur terkait tinggi rendahnya. Kaki-kaki ini juga dicustom menggunakan velg dengan desain palang 5 ukuran 20 inci lansiran ADV.1. Ubahannya ini tidak kalah menarik ketika merambah ke area kabin.

Audionya juga di upgrade menggunakan subwoofer 12 inci sebanyak 9 buah serta speaker coaxial 5 inci sebanyak 24 buah. Terakhir, bak belakang juga diberi penutup serta dapat dibuka menggunakan remot karena telah dipasangkan teknologi motorized 18 titik.

Mitsubishi L300 Pasang Pintu Gunting

Mitsubishi L300 Pasang Pintu Gunting
Mitsubishi L300 Pasang Pintu Gunting

Referensi modifikasi mobil Mitsubishi L300 selanjutnya, modifikasi L300 pasang pintu gunting ini sukses menarik perhatian karena tampilannya yang nyentrik dari body dan kabinnya.

Pada bagian body mobil, dilapisi dengan cutting stiker sampai pintu gunting yang bergaya ala Lamborghini.

Selain itu, kaki-kaki dan kabin pick-up ini juga tidak luput untuk di modif. Pada kaki-kakinya diubah di bagian per-nya saja agar menjadi ceper. Untuk peleknya diganti menggunakan replika Vossen dengan ukuran 18 inci.

Dengan begitu, hasil modifikasi pick-up L300 berhasil tampil beda dengan adanya kaki ceper dan velg palang 5.

Selain dari segi eksteriornya, di bagian interiornya Mitsubishi L300 juga turut diubah. Pada bagian interiornya diganti lapisannya menggunakan Mbtech berwarna pink dikombinasikan dengan warna putih.

Sedangkan, untuk bagian dasbor, plafon, dan pintu di custom untuk tempat audio. Seluruh permukaan dasbor, jok, door trim, beserta lantainya dilapisi dengan warna putih dan pink. Untuk setirnya diubah dengan gaya seperti racing.

Baca juga: Mengenal Aliran Modifikasi Mobil yang Populer

Pada beberapa tips dan referensi terkait modifikasi mobil Mitsubishi L300 ini bisa diterapkan pada mobil lawas kalian agar tampilannya tampak lebih menarik dan unik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini