Ketahui Tentang Lamborghini Sukoharjo serta Penjelasan Terkaitnya

0
327
Ketahui Tentang Lamborghini Sukoharjo serta Penjelasan Terkaitnya
Ketahui Tentang Lamborghini Sukoharjo serta Penjelasan Terkaitnya

Sebelumnya ada berita tentang seorang pria yang telah merombak mobil tuanya menjadi Lamborghini Sukoharjo. Modifikasi pada mobil ini merupakan sesuatu yang sudah wajar pada masa kini bagi setiap pemilik kendaraan, khususnya mobil. 

Baca juga : Cek Modal Bikin Mobil Motorhome Mewah, Mulai Rp 200 Juta

Namun, ada beberapa aturan yang harus kalian ketahui, pahami, dan ikuti sebelum melakukan modifikasi mobil ini. Hal ini bertujuan supaya pengemudi tetap nyaman serta aman berkendara. Tidak hanya itu, pengemudi lain juga tidak merasa dirugikan oleh kalian.

Ada beberapa aksesoris atau komponen yang sebaiknya tidak kalian ganti. Di antaranya, setir, pedal, klakson, serta kaca film. Aksesori kaca film memiliki banyak manfaat tapi pemasangan kaca film secara berlebihan dapat mengganggu pemandangan ketika sedang berkendara. 

Info Tentang Warga Rombak Mobil Lamborghini Sukoharjo

Info Tentang Warga Rombak Mobil Lamborghini Sukoharjo
Info Tentang Warga Rombak Mobil Lamborghini Sukoharjo

Ada beberapa info menarik mengenai seorang warga dari Sukoharjo yang melakukan modifikasi pada mobil tuanya. Mobil ini hampir berhasil dimodifikasi menjadi mobil tipe Lamborghini, sebuah mobil sport bergaya mewah. 

  • Warga Modifikasi Mobil Tua Jadi Lamborghini Sukoharjo

Warga yang memodifikasi mobil tuanya menjadi Lamborghini bernama Aryo Purwanto. Arjo Purwanto sudah memodifikasi fiber, galvanis, dan bahan yang lain dalam kurun waktu 2 tahun ini. Tidak lama lagi Arjo Purwanto mencapai mimpinya mempunyai mobil Lamborghini. 

  • Cerita Tentang Sejarah Awal Modifikasi

Pada awalnya Arjo Purwanto jatuh hati dengan model dari Lamborghini Aventador SVJ. Namun, melihat harga aslinya yang fantastis membuat Arjo Purwanto pesimis. Oleh karena sudah terlanjur cinta Arjo Purwanto berusaha melakukan apa saja untuk mendapatkannya.

Hal inilah permulaan dari Lamborghini Sukoharjo. Disela kesibukan Arjo Purwanto sebagai seorang pedagang, dia berusaha meluangkan waktu untuk bisa menyelesaikan pekerjaan modifikasi mobil tuanya dengan segera.

Dalam setengah tahun terakhir, fokus perhatian Arjo Purwanto telah meningkat dalam menyelesaikan replika dari kendaraan Lamborghini Aventador SVJ. Sejauh ini, pekerjaannya dalam modifikasi ini telah mencapai 90%.

Arjo Purwanto tinggal menyelesaikan beberapa hal dalam Lamborghini Sukoharjo seperti pintu kanan-kiri, panel-panel, serta power window. Dalam proses modifikasinya, telah mengeluarkan uang sebanyak Rp. 100 juta. 

Hal ini masih belum termasuk biaya dari pembelian Mitsubishi jenis Eterna. Mitsubishi yang dimiliki oleh Arjo Purwanto produksi 1990. 

Spesifikasi dari Mobil Bermerk Lamborghini

Mobil merk Lamborghini khususnya Lamborghini tipe Aventador SVJ merupakan salah satu puncak yang menduduki peringkat tertinggi dalam keluarga Aventador. Mobil tipe ini secara eksklusif tersedia berjumlah sekitar 900 unit di seluruh dunia. 

  • Beberapa Spesifikasi Tentang Lamborghini Jenis Aventador SVJ

Lamborghini tipe Aventador SVJ merupakan keluarga Aventador yang memakai mesin tipe V12 atau terpasang 12 silinder dengan cabang silinder berjumlah 2 buah. Ada spesifikasi lainnya berjumlah 3 dari mobil Lamborghini ini, yakni spesifikasi tenaga, kecepatan, serta bahan. 

  • Spesifikasi Tenaga untuk Lamborghini Aventador SVJ 

Lamborghini jenis Aventador SVJ mempunyai mesin tipe V12, berkomunikasi 6,498 cc, serta MPI. MPI ini kepanjangannya yaitu Multi Point Injection. Lalu, arti dari kubikasi adalah volume atau isi yang berasal dari perhitungan rumus panjang x lebar x tinggi. 

Pada Lamborghini Sukoharjo versi Arjo Purwanto dalam proses modifikasi menggunakan mobil tuanya berjenis Mitsubishi Eterna. Kubikasi dari mobil tipe ini adalah 2.000 cc. 

Maksud dari MPI ini yaitu sebuah sistem penginjeksian bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin yang telah dikontrol elektronik.

Hal ini berdasarkan sinyal sensor dan membuat mesin menerima supply campuran udara serta bahan bakar yang tepat. Kemudian, mesin pada Lamborghini mampu mengeluarkan tenaga secara maksimum sejumlah 566 kW pada 8.500 revolusi per menit. 

Torsi dengan level maksimalnya yakni 720 Newton meter pada 6.750 revolusi per menit. Mesin pada Lamborghini Aventador SVJ telah menerima sertifikasi emisi Euro 6 dengan level 3. 

Euro 6 ini berarti ada penurunan sejumlah 67% pada tingkat Nox atau nitrogen oksida yang diperbolehkan pada bahan bakar jenis diesel. Selain itu, juga pengenalan batas jumlah partikel untuk bahan bakar bensin.

  • Spesifikasi Kecepatan dari Lamborghini Jenis Aventador SVJ

Pada Lamborghini jenis ini memakai sistem penggerak dengan jenis four wheel drive atau 4WD. Ini merupakan sebuah istilah yang biasa digunakan pada kendaraan yang mempunyai sistem bertenaga penggerak pada empat rodanya. 

Mobil Lamborghini jenis Aventador SVJ mempunyai kecepatan maksimum dengan lebih dari 350 kilometer per jam. Kecepatan pada mobil juga berpengaruh pada komponen knalpotnya. Semakin tinggi kecepatan maka suara knalpot pada mobil juga lebih keras. 

Lamborghini Sukoharjo versi Arjo Purwanto menggunakan galvanis pada mayoritas pengerjaannya. Jika bahan galvanis ini juga digunakan pada knalpot, ada 3 keuntungan yang didapat. 

Pertama, bahan anti karat. Ini dikarenakan adanya campuran bahan aluminium serta Zinc. Kedua, bobot terasa ringan hingga pemasangannya tidak lama. 

Ketiga, harga dari galvanis khususnya knalpot besi galvanis terjangkau oleh semua orang. Tidak hanya itu, bahan ini juga bisa ditemukan di beragam bengkel tempat sekitar kalian. 

Lalu, akselerasi pada mobil Lamborghini Aventador SVJ ini dari kecepatan 0 hingga ke kecepatan 100 kilometer per jam. Hal ini bisa dicapai hanya sekitar waktu 2.8 detik. 

  • Spesifikasi Bahan dari Lamborghini Jenis Aventador SVJ

Untuk material yang dipakai pada Lamborghini Aventador SVJ ada beragam di setiap bagiannya. Di antaranya bagian bodi serta sasis yang memiliki perbedaan bahan satu sama lain. Sasis mobil memiliki untuk menopang mobil mesin beserta penumpang. 

Hal ini berbeda dengan Lamborghini Sukoharjo yang mayoritas menggunakan galvanis. Pertama, bodi serta sasisnya memakai material ultra weight. Selanjutnya untuk sasis mobil di bagian depan serta belakang frame memakai carbon fiber monocoque dan aluminium. 

Kemudian, pada beberapa bagian dari mobil Lamborghini Aventador SVJ memakai material dari serat karbon serta aluminium. Serat karbon ini terbuat dari polimer organis serta terdiri dari beberapa untaian berukuran panjang molekul yang dipadukan oleh atom karbon. 

Tips untuk Memodifikasi Mobil Pribadi seperti Lamborghini Sukoharjo

Tips untuk Memodifikasi Mobil Pribadi seperti Lamborghini Sukoharjo
Tips untuk Memodifikasi Mobil Pribadi seperti Lamborghini Sukoharj

Modifikasi berarti melakukan perubahan dari bentuk awalnya. Ditengah banyaknya aturan tentang memodifikasi pada kendaraan seperti mobil, ada beberapa celah yang bisa dilakukan oleh pecinta otomotif dalam memodifikasi mobil dengan aman. 

  • Beberapa Tips yang Bisa Kalian Aplikasikan

Ada beberapa tips yang bisa kalian aplikasikan dalam melakukan modifikasi pada mobil. Di antaranya menentukan tema, memakai jenis sistem pembakaran lain, hingga mengubah beberapa interior pada mobil.

  • Tentukan Tema pada Mobil Kalian

Perencanaan pertama dalam modifikasi mobil adalah menentukan tema sesuai keinginan. Ada beberapa varian tema yang bisa kalian coba seperti balap, offroad, Japanese domestic market, serta retro. 

Untuk tema Japanese domestic market memiliki ciri tertentu seperti memiliki warna dasar yang tidak ramai. Warna hitam bisa kalian pasang di kap mesin. Selain itu, kalian bisa menggunakan stiker yang memiliki beragam jenis. 

Stiker berwarna kuning hijau dan berbentuk panah dikhususkan untuk kalian yang masih pemula dalam mengemudi mobil. Sebaliknya, stiker berwarna kuning oranye dan berbentuk daun dikhususkan untuk kalian yang sudah berumur. 

  • Bisa Pakai Karburator seperti Lamborghini Sukoharjo

Tips modifikasi aman berikutnya bisa kalian coba dengan memakai sistem karburator yang memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan pertama yakni memiliki harga yang murah sehingga dapat terjangkau oleh semua orang.

Kelebihan kedua, proses perbaikan dan perawatannya lebih mudah. Ini dikarenakan sistemnya yang konvensional. Kelebihan yang ketiga adalah bisa diatur sesuai keinginan karena tidak terhubung dengan mesin motor. 

Lamborghini Sukoharjo versi Arjo Purwanto memakai sistem karburator ini. Sistem karburator berbeda dengan sistem pembakaran jenis injeksi.

Sistem pembakaran jenis karburator mengandalkan gerakan piston yang berfungsi untuk menentukan kebutuhan volume dari bahan bakar bensin. Hal ini membuat ukuran tidak ada yang pasti. Karburator berbeda dengan injeksi.

Sistem jenis injeksi ini memiliki beragam sensor. Oleh karena itu sistem jenis ini bisa bekerja secara optimal dalam melakukan pengukuran penggunaan bahan bakar bensin serta udara saat proses pembakaran terjadi. 

  • Ubah Interior pada Mobil Kalian

Tips modifikasi yang bisa kalian coba selanjutnya yakni mengubah beberapa interior pada mobil. Di antaranya audio, sarung jok, serta kemudi. 

Audio bisa kalian ganti sistemnya untuk meningkatkan kualitas serta mempercantik interior pada mobil. Kalian bisa menyertakan beberapa hal seperti Bluetooth, Speaker Subwoofer, serta USB.

Untuk Lamborghini Sukoharjo versi Arjo Purwanto, dashboard beserta interior dari bahan fiber. Fiber atau serat merupakan bahan yang berbentuk potongan komponen hingga membentuk jaringan memanjang secara utuh. 

Kelebihan dari bahan fiber yakni jika suatu hari pecah, kalian bisa memperbaikinya dengan didempul. Bahan fiber dapat juga dipakai untuk bagian kendaraan besar. 

Baca juga : Modifikasi Mobil Tetap Aman Bebas Dari Tilang di Jalan Raya

Saat ini, modifikasi sudah menjadi tren dan bisa dilakukan oleh orang awam. Salah satunya Arjo Purwanto yang melakukan modifikasi pada mobil tuanya menjadi seperti merk mobil Lamborghini Sukoharjo, yang bertipe Aventador SVJ.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini