7 Muscle Car Paling Diminati Masuk Jajaran Mobil Langka

0
432
muscle car paling diminati

Muscle car adalah varian mobil dengan performa mesin yang tinggi dan desain yang unik. Istilah ini pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat. Sekarang ini, muscle car telah menyebar ke seluruh dunia. Dalam artikel ini akan dibahas jajaran muscle car paling diminati meskipun telah menjadi mobil langka. Para penggemar muscle car biasaya menyukai mobil ini karena modelnya yang klasik dan terkesan retro.

Baca Juga : Mobil Mewah Harga Murah Jenis Sport Untuk Anak Muda Milenial

Penampilan fisik mobil yang satu ini umumnya berbentuk sedan dengan ukuran sedang dengan dua pintu dan memiliki mesin V8 serta penggerak roda belakang. Beberapa brand yang memproduksi seri mobil ini di antaranya adalah Ford, Chevrolet, Chrysler dan Dodge. Muscle car yang pertama kali diproduksi di dunia adalah Oldsmobile Rocket 88 yang di-launch pada tahun 1949.

7 Mobil Langka Ini Menjadi Muscle Car Paling Diminati

Chrysler menjadi brand yang paling berpengaruh untuk mempromosikan muscle car setelah pada tahun 1955 secara sukses memproduksi C-300 pada tahun 1955. Berkat keberhasilan Chrysler tersebut, pada akhirnya brand mobil lainnya pun berlomba-lomba untuk membuat produk serupa. Tidak heran muscle car paling diminati sekarang ini telah menjadi mobil langka. Berikut daftarnya.

1. PLYMOUTH BARRACUDA 1970-1971

muscle car paling diminati

Muscle car paling diminati yang satu ini merupakan hasil desain ulang dari tipe Valiant. John E. Herlitz mendesain ulang Plymouth Barracuda dengan versi yang lebih pendek dan lebih lebar dari platform B milik Chrysler dengan sebutan E-body. Selain itu mobil ini juga menggunakan model coupe dan convertible. Dalam launching pertamanya mobil ini dibanderol dengan harga mencapai Rp 749 juta.

Tentu pada masanya harga tersebut terhitung sangat mahal. Bila Anda ingin meminangnya, sekarang Plymouth Barracuda 1970 dengan mesin 7,2 L dengan 390 dk yang terawat ditawarkan dengan harga Rp 29 miliar! Meski harganya selangit, mobil ini masih menjadi salah satu muscle car paling diminati loh.

2. HEMI CUDA CONVERTIBLE 1970

muscle car paling diminati

Muscle car paling diminati yang juga masuk dalam jajaran mobil langka selanjutnya adalah Hemi Cuda Convertible 1970. Muscle car versi atap terbuka ini sangat langka karena Street Hemi Power hanya membuat 11 unit.

Mobil ini memakai mesin dual-quad Hemi V8 spesial yang menghasilkan tenaga mencapai 426 tenaga kuda. Kabarnya mobil ini pernah dijual pada tahun 2002 dengan harga Rp 33 miliar.

3. DODGE HEMI CHALLENGER R/T CONVERTIBLE 1970

muscle car paling diminati

Muscle car paling diminati yang satu ini lebih langka lagi karena hanya diproduksi sebanyak 9 unit yang 4 diantaranya menggunakan transmisi otomatis. Namun sayangnya, mobil ini masih menggendong mesin 6 silinder. Meski tenaganya bisa mencapai 425 dk, namun kebanyakan pemilik mobil yang pernah dijual seharga Rp 37 miliar ini biasanya memilih mengganti mesinnya dengan yang lebih sangar.

4. CHEVROLET CORVETTE L88 1967

muscle car paling diminati

Chevrolet Corvette adalah salah satu American muscle car paling diminati sekaligus  sangat populer. Mobil ini dinobatkan sebagai muscle car terbaik sepanjang masa berkat desain, mesin, dan tenaganya yang ikonik. Bahkan Pihak Chevrolet hanya memproduksi mobil ini sebanyak 20 unit. Bukan hanya langka, semua proses desain, perakitan, hingga penjualan juga dilakukan secara rahasia.

Konon sebagian mobil ini juga dijual secara diam-diam ke beberapa tim balap saat itu. Jangan tanya tentang spesifikasi mesinnya, karena hanya tenaganya saja yang diketahui yaitu mencapai 430 dk. Sebagai referensi mobil ini pernah terjual dengan harga sekitar Rp 47 miliar.

5. PLYMOUTH HEMI CUDA CONVERTIBLE 1971

muscle car paling diminati

Plymouth Hemi Cuda Convertible tahun 1971 dapat disebut sebagai muscle car paling diminati yang benar-benar langka. Hanya ada sebanyak 14 unit yang diproduksi dan diantaranya empat unit dilengkapi dengan transmisi manual 4 percepatan.

Mobil ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp 12 miliar pada masa perakitannya. Karenanya jangan heran bila kini harga Plymouth Hemi mencapai Rp 51 miliar. Pada sebuah acara lelang di Seattle, Washington, Amerika Serikat tahun 2014 mobil ini berhasil terjual. Dengan bekal mesin Hemi V8, mobil ini dapat memancarkan tenaga sebesar 475 dk.

6. CORVETTE L88S COUPE 1967

muscle car paling diminati

Sebanyak 20 unit Corvette L88S Coupe diproduksi pada tahun 1967. Meski tidak memiliki reputasi balap seperti convertible L88, mobil ini berhasil masuk dalam jajaran muscle car yang paling banyak dicari. Faktanya, muscle car yang satu ini berhasil mencapai harga Rp 57 miliar pada salah satu acara lelang mobil. Padahal bila diperhatikan, mobil ini tidak memiliki kelengkapan interior yang mumpuni.

Jangan berharap adanya fitur seperti pengatur pemanas udara, atau radio, karena nampaknya mereka tidak memperdulikan kenyamanan pengemudi. Namun seperti muscle car lainnya, mobil ini telah dibekali mesin yang handal. Muscle car ini telah menggendong mesin solid-lifter aluminum-head atau silinder head berbahan aluminium V8 yang dapat menghasilkan tenaga mencapai 430 dk.

7. SHELBY GT 500KR 1964-1968

muscle car paling diminati

Selanjutnya ada Shelby GT 500KR yang diproduksi pada tahun 1964-1968. Bagi yang belum tahu, KR dalam tulisan 500KR merupakan singkatan dari King of the Road. Pada tahun 2001 mobil ini dibanderol dengan harga Rp 947 juta.  Karenanya bukan hal yang mengherankan bila kini mobil ini dibanderol dengan harga Rp 81 miliar.

Shelby ini memiliki jantung pacu yang mengadopsi mesin V8. Mesin ini memiliki kemampuan yang dapat dikembangkan mulai dari 360 dk hingga 480 dk. Namun sayangnya, penggunaan model sasis yang dibuat pada zamannya membuat Mustang ini dianggap tidak terlalu seimbang dengan tenaganya karena terlalu ringan.

8. CHEVROLET NOVA

muscle car paling diminati

Sebenarnya Nova merupakan salah satu mobil yang dirilis pada tahun 1967. Namun pada pameran modifikasi SEMA Las Vegas pada 3-6 November 2015  Chevrolet memutuskan untuk melakukan memamerkan hasil perombakan dari Nova ini. Mobil ini dibekali mesin 2.000 cc 4 silinder yang menghasilkan tenaga 272 daya kuda. Sedikit berbeda denga Nova SS 1967 yang bertenaga hingga 275 daya kuda.

Meski demikian bila dibandingkan dengan model standarnya yang dirilis tahun 1960an, salah satu muscle car paling diminati yang diluncurkan pada 2015 ini memiliki tenaga yang jauh lebih besar. Padahal jumlah silinder yang digunakan lebih sedikit. Namun angka akselerasinya sendiri terbilang belum cukup impresif, dengan waktu 6,2 detik untuk berakselerasi dari 0-100 km per jam.

9. PONTIAC GTO 1967

muscle car paling diminati

Sejak kemunculannya di film Smokey and the Bandit pada 1977, Pontiac Firebird Trans Am menjadi salah satu muscle car yang sangat ikonik. Hal ini dibuktikan dengan hasil penjualan , Pontiac Firebird selama 1977 yang laku hingga 155.735 unit untuk seluruh model. Mobil ini memiliki perpindahan melompat ke 400 ci yang dibulatkan dengan baik (6,6L) karena membawa mesin 388 ci GTO (6,4L) V8.

Baca Juga : 7 Jenis Motor Untuk Dataran Tinggi dan Spesifikasi

Nah, demikian tadi pembahasan menngenai muscle car paling diminati yang juga menjadi jajaran mobil langka. Bagaimana? Apakah anda terterik meminang salah satu dari mobil-mobil tersebut? Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan pilihan ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here