Keunggulan Volkswagen Tiguan Allspace yang Bagus dan Modern

0
32
Volkswagen Tiguan Allspace
Sumber gambar: bauersecure.com

Setelah sepi beberapa waktu, kini telah keluar Volkswagen Tiguan Allspace dengan desain lebih modern. Mobil Volkswagen memang sepi peminatnya di tanah air, padahal kualitasnya bagus.

Volkswagen sendiri merupakan brand yang berasal dari PT. Garuda Mataram Motor yang bertindak sebagai agen pemegang merek. Merasa ingin adanya perubahan, belum lama ini Volkswagen mengeluarkan Tiguan Allspace.

Baca juga: Mobil Geely Panda Ini Review Jujurnya

Dengan hadirnya Volkswagen Tiguan Allspace, berharap konsumen seperti kalian nyaman dengan desain bagus dan modern. Belum lagi, fitur yang futuristik telah hadir untuk melengkapinya.

Sekilas Tentang Mobil Volkswagen Tiguan Allspace

Volkswagen Tiguan Allspace
Sumber gambar: .vw-mms.de

Sebenarnya untuk brand satu ini sudah dari tahun 2021 menjual Volkswagen Tiguan Allspace. Memiliki nama Allspace, memang bukan tanpa tujuan, karena mobil ini berkapasitas 7 orang penumpang. Garuda Mataram Motor mengakui juga bahwa Volkswagen dengan nama tipe Tiguan Allspace menjadi produk yang paling laris. Mobil ini adalah jenis SUV, sehingga ketika datang ke pasar Indonesia langsung mendapat saingan dari brand-brand yang lebih dulu terkenal di sini.

Jika membandingkan dengan harga, mobil SUV ini sangat pantas. Kapasitas penumpang banyak, kabin luas, belum lagi fitur yang ada di dalamnya, itu menambah nilai bagus untuk Volkswagen satu ini.

Saat PT. Garuda Mataram Motor meluncurkan Volkswagen Tiguan Allspace, langsung menarik banyak perhatian, terutama orang yang suka dunia otomotif.

Dengan harga tersebut, mobil SUV ini memang terbilang sedikit lebih mahal jika kalian bandingkan dengan mobil SUV asal Jepang.

Namun, harga tersebut sebenarnya memiliki beberapa alasan. Salah satunya karena desainnya sungguh bagus dan seperti mobil khas Eropa. Padahal ini adalah mobil lokal.

Jika kalian belum tahu, tipe Allspace ini memiliki tambahan panjang hingga 215 mm. Kemudian bagian wheelbasenya juga menambah 109 mm dari yang lalu.

Proses melakukan perubahan panjang memang terbilang cukup mudah karena adanya Volkswagen MQB, yaitu Modularer Querbaukasten.

Setelah mengalami penambahan panjang, sekarang total panjangnya menjadi 4,7 meter dan itu sudah cukup panjang bila kalian bandingkan dengan SUV lainnya di Indonesia.

Kalian juga perlu tahu juga bahwa dimensi dari Volkswagen Tiguan Allspace, telah melampaui beberapa SUV yang muat 7 orang penumpang dari brand lainnya. Ukuran yang panjang ini membuat ada penambahan kursi baris ketiga.

7 Spesifikasi Teknik dari Volkswagen Tiguan Allspace

Volkswagen Tiguan Allspace
sumber gambar: driving.co.uk

Memang Volkswagen Tiguan Allspace bukanlah buatan asli Indonesia. Hanya saja, tipe satu ini memang melakukan perakitan di Indonesia dan ini adalah mobil pertama Volkswagen yang proses perakitannya di negeri ini.

Tepatnya, proses perakitan adanya di Cikampek. Dengan perakitan di dalam negeri, memang mampu memberikan harga yang lebih murah, tapi masih tidak terlalu murah dengan SUV lainnya.

Meski begitu, harga tersebut sangat sesuai dengan kualitas yang akan kalian dapatkan nanti ketika membelinya. Tambahan panjang pada mobil, membuat dimensi Tiguan semakin lebar dan memuat 7 orang penumpang di dalamnya.

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, Volkswagen Tiguan Allspace memang mengusung SUV bergaya Eropa. Ada tambahan kursi pada barisan ketiga.

Akan tetapi, kursi pada baris ketiga itu hanya add-ons saja, sama seperti mobil khas Eropa lainnya. Bila kalian duduki untuk waktu lama juga kurang nyaman. 

Khususnya untuk orang dengan tinggi lebih dari 170-an, pasti akan terasa kurang nyamannya. Baris ketiga lebih baik menempatkan anak kecil saja. Tersedia juga headrest dan juga sabuk pengaman, sehingga aman selama melakukan perjalanan.

Untuk mengenal lebih jauh, berikut spesifikasi teknik dari mobil Tiguan Allspace baru keluaran dari Volkswagen:

Performa

Pertama, kami akan bahas mengenai performanya. Mobil ini menggunakan bahan bakar bensin. Kapasitas mesinnya adalah 1398 cc, tenaganya 150 hp, dengan torsi 250 Nm dan kecepatan maksimumnya 202 kmph.

Kapasitas

Berdasarkan informasi yang telah kami jelaskan di atas, berikut kapasitas dari Tiguan Allspace:

  • Panjang
  • Tinggi
  • Lebar
  • Jarak Sumbu Roda
  • Jumlah Pintu
  • Kapasitas Bagasi

Suspensi dan Rem

Untuk suspensi yang ada pada Volkswagen Tiguan Allspace, bagian depannya adalah MacPherson Strut, bagian belakangnya Multilink. Lalu untuk remnya sendiri di bagian depan jenis ventilated discs dan bagian belakang adalah discs.

Transmisi

Beralih pada bagian transmisi mobil yang menggunakan jenis dual-clutch. Kemudian gearboxnya sebesar 6-speed dan jenis penggeraknya adalah 2WD.

Detail pada Mesin

Membeli mobil juga perlu mengetahui jenis mesin yang Tiguan gunakan. Jenis mesinnya sendiri adalah 1,4 L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC.

Jumlah katup silindernya sendiri ada 4. Jumlah silinder keseluruhan ada 4. Sementara itu, konfigurasi katupnya adalah DOHC.

Velg & Ban

Pada mobil, velg dan ban memang elemen yang cukup penting. Berikut detail velg dan ban dari Tiguan, yaitu:

  • Ukuran Velg Allay: 8 inch menggunakan cover velg
  • Ukuran Velg: R18
  • Jenis Ban: Radial
  • Ukuran Ban: 205/65 R18

Kemudi

Kemudian spesifikasi terakhir ada pada kemudi yang jenisnya adalah power, kemudian kolom kemudinya adalah tilt dan telescopic. Dan steering gear tipenya adalah rock dan pinion.

5 Keunggulan Mobil Baru Volkswagen Tiguan Allspace

Volkswagen Tiguan Allspace
Sumber gambar: .vw-mms.de

Sebagai bahan bertimbangan ketika membeli Volkswagen Tiguan Allspace nanti, kalian juga harus tahu beberapa keunggulannya.

Pada penjelasan sebelumnya, kalian sudah membahas bahwa ciri khas dari Tiguan adalah dimensinya yang cukup luas. Terdapat tambahan kursi juga di barisan ketiga, sehingga muat banyak penumpang.

Selain keunggulan tersebut, masih banyak keunggulan lainnya yang harus kalian ketahui sebelum membeli. Perkiraan harga dari mobil SUV ini sendiri sekitar Rp598 juta bahkan sampai Rp854 juta OTR Jakarta.

Dengan harga tersebut, memang apa yang akan kalian dapatkan? Berikut keunggulan dari Volkswagen Tiguan Allspace:

Eksterior Menawan

Tiguan Allspace memang menambah panjang pada bodi mobil. Penambahan panjang tersebut akan sangat terlihat ketika kalian menengok mobil dari luar.

Desain luar yang terlihat sangat ramping dan cukup proporsional, memang cukup modern. Belum lagi ada tambahan garis tegas yang menambah kesan dinamis pada mobil.

Desain Interior Nyaman

Review desain interior memang akan lebih panjang bila kalian bandingkan dengan ulasan eksteriornya. Karena mengambil desain khas Eropa, ketika kalian membuka mobil ini akan banyak kursi. 

Pada kenyataannya, orang dewasa akan merasa kurang nyaman bila duduk di kursi barisan ketiga. Akan tetapi, kalian akan sangat merasa nyaman ketika duduk pada barisan pertama dan kedua.

Dengan tambahan panjang, memang dimensinya semakin lebar. Ketika membuka pintu depan, masih sangat lapang spacenya.

Lalu pada bangku barisan kedua masih banyak ruang untuk para penumpang. Bagian kaki masih lapang. Untuk penumpang yang tinggi, masih bisa masuk dengan baik. Apalagi ruang kepala cukup lapang juga.

Kira-kira untuk bangku kedua, bisa muat 3 orang dewasa. Bagian belakang khusus untuk anak-anak saja karena spacenya tidak terlalu besar.

Transmisi DSG Cukup Canggih

Mobil Volkswagen Tiguan Allspace akan menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman dan juga mulus. Sebab, menggunakan transmisi 6-speed DSG, serta kopling ganda hidrolis.

Kalian juga semakin nyaman menggunakan mobil ini karena perpindahan gigi yang responsif dan cepat. Jika bisa menggambarkan, berkendara dengan transmisi DSG memang cukup mulus. 

Kinerja Mesin Maksimal

Kami beralih pada kekuatan mesin dari mobil satu ini. Mesin dari Tiguan sendiri telah kami bahas di atas, yaitu dengan 4 silinder yang menghasilkan daya sebesar 150 hp dan 250 Nm. Mesin ini memiliki kapasitas hingga 1,4 liter. 

Mobil ini menggunakan tipe Front-Wheel Drive atau FWD. Jika ingin mencapai kecepatan 100 km/jam membutuhkan waktu 9,5 detik. Kemudian kecepatan maksimum mencapai 200 km/jam.

Mobil Tiguan ini memang besar, tapi ternyata penggunaan mesinnya tidak besar. Para pengguna juga telah berkata, jika pengalaman mengemudi dengan Tiguan luar biasa.

Fitur pada Mobil

Kemudian terakhir, beralih pada fitur yang ada di mobil. Fitur pada mobil ini cukup beragam, di antaranya adalah:

  • Active info display dengan luas 12,3 inch
  • Adaptive Chassis Control untuk mengubah mode berkendara
  • Head unit 8 inch dengan layar sentuh yang kiri dan kanannya adalah tombol kapasitif
  • AC dengan fitur tri-zone auto climate control
  • Park Assist yang membantu parkir
  • Smart key
  • Power back door

Baca juga: Inilah 7 Fitur Hyundai Creta Masih Terbaik Layak Beli!

Berdasarkan informasi yang ada di atas, jadikan pertimbangan jika ingin membelinya. Jika kalian memiliki keluarga besar yang suka bepergian dengan mobil, Volkswagen Tiguan Allspace adalah jawaban tepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini