Spesifikasi Toyota Rilis Crown Signia yang Perlu Diketahui

0
107
Spesifikasi Toyota Rilis Crown Signia yang Perlu Diketahui
Spesifikasi Toyota Rilis Crown Signia yang Perlu Diketahui

Toyota rilis Crown Signia di Amerika Serikat tahun ini. Crown Signia adalah model terbaru dari keluarga Crown. Versi SUV ini melengkapi model sebelumnya yaitu Crown Sedan, Sport, dan Crossover

Baca juga: Mobil Listrik Pertama Rolls-Royce yang Rilis di Indonesia

Mobil ini sekarang hanya tersedia dalam pilihan mesin hybrid. Toyota menawarkan dua pilihan trim untuk pasaran Amerika yaitu XLE dan Limited. Tersedia dalam 5 pilihan warna yaitu Finish Line Red, Bronze Age, Black, Storm Cold dan Oxygen White. 

Toyota belum mengumumkan secara resmi harga dari mobil SUV ini karena baru akan tersedia pada musim panas 2024. Sebagai tambahan informasi sebelum kalian membeli SUV ini, berikut kita akan bahas beberapa spesifikasi dan fiturnya.

Toyota Rilis Crown Signia dengan Tampilan Desain Menawan

Toyota Rilis Crown Signia dengan Tampilan Desain Menawan
Toyota Rilis Crown Signia dengan Tampilan Desain Menawan

Platform Toyota Global New Architecture (TNGA) GA-K membangun mobil Crown Signia dengan sangat apik. Memiliki bahasa desain “Hammerhead Design“serupa dengan model dari tipe Crossover. Detail body dari SUV baru Toyota ini cukup unik.

Detail unik secara visual tampak dari adanya lampu DRL yang ramping, grill lebih tertutup dan bermotif. Lampu juga mencolok dari bagian depan yang terpasang pada sudut bumper. Bagian lain yang menyempurnakan desain eksterior adalah kelongsong bodi warna hitam dan profil SUV. 

Toyota rilis Crown Signia juga memperhatikan desain area belakang bodi mobil. Yaitu adanya lampu lebar penuh yang menjadikannya tampak gagah serta mencolok saat melaju di jalanan. 

Bentuk lampu belakang pipih memanjang, serasa mengintimidasi kendaraan lain karena sangat berciri khas. Seperti kebanyakan SUV, Crown Signia hadir dengan aksen warna hitam pada area bawah bodi.

Visual eksterior dari samping, Crown Signia terlihat sebagai SUV berbentuk wagon. Pada varian XLE, mobil tersemat velg berukuran 19 inci multi-spoke beraksen hitam. Sementara varian Limited tipe velg lebih besar ukuran 21 inci berwarna metalik abu-abu gelap.

Toyota rilis Crown Signia dalam lima warna eksterior. Sementara warna jok atau tempat duduk pada kedua trim baik XLE atau Limited tersedia dalam nuansa Saddle Tan atau Black. Keduanya sangat serasi dengan semua warna eksterior mobil.

Interior dan Fitur Toyota Crown Signia

Interior dan Fitur Toyota Crown Signia
Interior dan Fitur Toyota Crown Signia

Saat masuk ke dalam, interior mewah berdesain modern akan langsung menyapa kalian. Selain menghadirkan kesan mewah, ruangan tampak luas dan lega. Aksen bronze pada bagian dashboard menghadirkan kesan eksklusif.

Masih kurang lega? Kalian bisa melipat kursi bagian belakang dengan konfigurasi 60:40 untuk menambah ruang. Ini sangat bermanfaat bagi yang sering membawa banyak barang selama perjalanan. 

Ruang kargo juga menambah maksimal fungsi ruang. Kalian dapat mengaksesnya dari Power Liftgate Hand-free. Lebih mudah dan sangat membantu meringankan pekerjaan karena tidak perlu tenaga untuk membukanya.

Toyota rilis Crown Signia dengan dashboard mewah sekaligus fungsional. Terdapat dua buah layar ukuran 12,3 inci yang memiliki fungsi ganda. Pertama sebagai Gauge Cluster dan kedua sebagai Infotainment Display. 

Layar pada bagian dashboard ini sudah mendukung untuk bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay serta Android Auto. Jadi selama berada di dalam mobil kalian bisa sambil mengakses semua fitur perangkat HP. 

Kedua trim yaitu XLE dan Limited memiliki perbedaan pada penggunaan material tempat duduk. Tipe XLE menggunakan jok dari material kain kombinasi softex sebagai pemangkasnya. Sementara tipe Limited menggunakan jok lapis kulit jahit ganda. 

Sisi interior pada trim XLE sudah lengkap dengan pengaturan elektrik dan pemanas. Kemudian juga lengkap dengan fasilitas pengisi daya nirkabel, Climate Control Dual Zone, Keyless Entry and Start, dan Sistem Audio 6 Speaker.

Sementara varian Limited hadir dengan Ventilasi. Kelengkapan lainnya berupa Sistem Audio JBL dengan 11 buah speaker lengkap dengan subwoofer. Kursi belakang untuk trim Limited lengkap dengan pemanas, kaca spion digital, Toyota Digital Key, dan Panoramic Roof

Toyota Rilis Crown Signia dengan Fitur Keselamatan Maksimal

Toyota Rilis Crown Signia dengan Fitur Keselamatan Maksimal
Toyota Rilis Crown Signia dengan Fitur Keselamatan Maksimal

Crown Signia hadir dengan delapan airbag sebagai fitur keselamatan standar. Serta sudah ada Toyota Safety Sense 3.0 yang memaksimalkan fungsi keamanan. Berikut beberapa fitur keselamatan lainnya.

Autonomous Emergency Braking 

Mobil akan langsung melakukan pengereman saat mendapat sinyal bahaya. Bekerja secara independen tanpa perlu ada kendali dari pengemudi. Fitur ini akan langsung aktif begitu mobil mengalami situasi kritis misalnya ada potensi bahasa di depannya.

Lane Departure Alert with Steering Assist

Toyota rilis Crown Signia juga sudah membekalinya dengan fitur keselamatan Lane Departure Alert with Steering Assist. Fitur ini mirip dengan yang ada pada Toyota Raize. Fitur ini bekerja dengan membaca marka jalan yang terintegrasi dengan Steering Control

Adaptive Cruise Control

Fitur penting lainnya adalah Adaptive Cruise Control. Pengemudi bisa mengendalikan laju berkendara pada kecepatan tertentu. Teknologi ini merupakan fitur yang mendukung untuk berkendara di perkotaan atau jalan bebas hambatan. 

Road Sign Assist

Masih dengan inovasi teknologi termutakhir, Toyota rilis Crown Signia lengkap fitur Road Sign Assist. Bekerja mengandalkan kamera membantu pengemudi mengidentifikasi tanda lalu lintas yang mungkin terlewat.

Automatic High Beam

Automatic High Beam, ini adalah fitur keselamatan yang sangat vital saat kalian berkendara malam hari. Automatic High Beam mengatur ketinggian sorot lampu mobil yang secara otomatis aktif saat kecepatan mobil menyentuh tingkat tertentu.

Proactive Driving Assist

Proactive Driving Assist yang melengkapi fasilitas keselamatan dan keamanan memiliki fungsi pengaturan kecepatan adaptif. Fungsi ini akan membantu pengemudi meminimalisir risiko kecelakaan, membantu mempertahankan kendali dan stabilitas kendaraan. 

Blind Spot Monitoring

Blind Spot Monitoring ini juga melengkapi keselamatan selama kalian mengemudi di jalanan. Setiap objek yang berada pada jangkauan titik buta atau Blind Spot akan langsung terdeteksi. Selain menjaga keselamatan pribadi juga memaksimalkan keselamatan pengendara lain. 

Fitur Khusus yang Tersemat pada Crown Signia

Fitur Khusus yang Tersemat pada Crown Signia
Fitur Khusus yang Tersemat pada Crown Signia

Toyota rilis Crown Signia dengan fitur khusus yang menunjang kenyamanan pengemudi maupun penumpang. Salah satunya yaitu dari fitur khusus Traffic Jam Assist. Fungsi dari teknologi ini untuk menyesuaikan kecepatan kendaraan secara otomatis. 

Traffic Jam Assist membantu menjaga posisi mobil tetap berada pada tengah garis jalur. Toyota mendesain inovasi ini untuk membantu pengemudi melewati kondisi slow-moving dan stop-and-go, misalnya saat kalian terjebak macet. 

Fitur ini ada pada trim Limited, selain itu trim ini juga sudah lengkap dengan Panoramic View Monitor. Kalian bisa menikmati panorama sekitar selama di jalanan tanpa harus melongok keluar jendela atau sunroof, cukup lihat dari monitor saja. 

Lane change assist, adalah kelengkapan yang membantu pengemudi untuk bisa berganti jalur dengan aman. Saat berada pada jalur yang tidak tepat fitur ini akan memberikan tanda untuk segera kembali ke jalur seharusnya. 

Front Cross Traffic Alert yang tersemat pada Crown Signia merupakan teknologi keselamatan berupa pemberi peringatan dari arah samping. Fungsinya mirip dengan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). 

Rear Cross Traffic Alert pada trim Limited maupun XLE berfungsi untuk memberi peringatan pada saat mobil mundur. Toyota rilis Crown Signia menambah visibilitas bagian belakang mengandalkan kinerja kamera. Fitur ini juga akan menghentikan mobil ketika mendeteksi adanya objek di belakang. 

Fitur pelengkap lainnya adalah Safe Exit Assist. Safe Exit Assist (SEA) membantu menjaga keselamatan khususnya penumpang anak-anak. Mencegah penumpang keluar mobil ketika sedang menepi sementara ada kendaraan lain mendekat. 

Fasilitas keamanan ini ada pada trim Limited yang sangat bermanfaat ketika ada kendaraan lain mendekat dari arah belakang. Sebab akan meminimalisir risiko tabrakan saat penumpang turun. SFA sendiri bekerja mengandalkan sensor Blind-spot yang bekerja otomatis. 

Toyota Rilis Crown Signia dengan Sektor Performa Optimal

Toyota Rilis Crown Signia dengan Sektor Performa Optimal
Toyota Rilis Crown Signia dengan Sektor Performa Optimal

Toyota Crown Signia mengandalkan mesin berbahan bakar bensin 4 silinder kapasitas 2.500 cc lengkap dengan dua motor listrik. Mobil ini menggunakan mesin hybrid yang bergabung menghasilkan tenaga sebesar 243 hp. 

Tenaga dari mesin hybrid ini kemudian akan tersalur ke empat roda (all-wheel drive) melalui transmisi e-CVT Toyota. Mesin hybrid ini mengkonsumsi bahan bakar sampai 15,3 km/liter.

Toyota rilis Crown Signia dengan sistem penggerak empat roda pintar. Motor listrik yang berpasangan pada bagian belakang memberikan tenaga untuk roda belakang. Sistem AWD kendaraan ini mampu menyediakan hingga 80% daya ke roda belakang dan membatasi selip.

Sementara yang masuk pada roda depan meminimalkan risiko understeer. Jadi selain memberikan kemampuan untuk melaju di jalanan, distribusi daya juga memaksimalkan fungsi keselamatan mobil.

Dengan beberapa mode berkendara seperti Normal, Eco, Sport, dan EV. Mode Eco untuk efisiensi bahan bakar dan baterai. Mode Sport memaksimalkan respon throttle, lalu Mode EV untuk laju rendah.

Baca juga: Kecanggihan Teknologi Alphard Hybrid Memiliki Mode Senyap

SUV satu ini sangat worth to buy, jadi jangan lewatkan kehadirannya di pasaran Indonesia. Pastinya Toyota rilis Crown Signia sesuai dengan kebutuhan pasar masing-masing Negara konsumen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini