Ini Dia Spesifikasi Suzuki S-Presso Lengkap dengan Kelebihannya

0
43
Ini Dia Spesifikasi Suzuki S-Presso Lengkap dengan Kelebihannya
Ini Dia Spesifikasi Suzuki S-Presso Lengkap dengan Kelebihannya

Suzuki S-Presso secara resmi diperkenalkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Baca juga : Akan Rilis di Negara Indonesia Mobil Listrik Toyota Bz4x

Video teaser Suzuki yang diposting ke akun media sosial mereka telah mengkonfirmasi bahwa mobil tersebut benar-benar akan diluncurkan.

Dalam teaser tersebut, ditampilkan dua siluet mobil dengan pengumuman bahwa mereka secara resmi akan tampil pada konferensi GIIAS 2022.

Jika dilihat dari gambarnya, kemungkinan besar mobil tersebut adalah Suzuki Baleno Hatchback dan S-Presso. Pengenalan kedua kendaraan ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan Suzuki secara nasional.

Suzuki S-Presso yang didatangkan langsung dari India ini harganya cukup terjangkau, yakni dibawah Rp. 200 juta untuk semua variasinya. Karakteristik memang sederhana, sehingga harganya jadi terjangkau.

Suzuki yang dijual di Indonesia tidak sama dengan yang dijual di seluruh dunia. Suzuki berupaya memasarkan kendaraan ini sesuai dengan preferensi konsumen negara tersebut. Namun jangan khawatir, perbedaan sebenarnya tidak terlalu signifikan.

Selain itu, mobil ini memiliki sejumlah dekorasi atau tambahan eksterior yang telah diberi sentuhan unik untuk membedakannya dari model internasional.

Berikut Ini Harga Suzuki S-Presso

Berikut Ini Harga Suzuki S-Presso
Berikut Ini Harga Suzuki S-Presso

Konsumen dapat memilih antara dua variasi Suzuki ini. Adapun harga masing-masing keduanya adalah sebagai berikut:

  1. New S-Presso MT Rp155 juta
  2. New S-Presso AGS Rp164 juta

S-Presso juga tersedia dalam enam warna berbeda, termasuk White, Metallic Granite Grey, Silky Silver Metallic, Pearl Starry Blue, Solid Fire Red, dan Sizzle Orange.

Ketahui Tentang Suzuki S-Presso Ini

Ketahui Tentang Suzuki S-Presso Ini
Ketahui Tentang Suzuki S-Presso Ini

Pada September 2019, Suzuki S-presso pertama kali diperkenalkan di India. Di sana, harga mobil ini sangatlah rendah.

Kisaran harga kendaraan ini adalah Rp 439 ribu rupee atau sekitar Rp 85 juta untuk model dasar dan Rp 536 ribu rupee atau sekitar Rp 103 juta untuk model teratas.

Di India, mobil ini dipasarkan sebagai kendaraan sport (SUV). Kendaraan ini memiliki ground clearance yang relatif tinggi untuk kelasnya. Menurut data yang ada, S-Presso memiliki ground clearance hingga 180 mm. Lalu untuk sumber tenaga kendaraan ini yaitu mesin K10B.

Rumor bahwa nama mobil tersebut dapat ditemukan dalam catatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan nomor permohonan DID2021020609. Ya, Suzuki Motor Corporation telah memiliki nama ini sejak Maret 2021. S-Presso yang didesain ulang secara resmi diperkenalkan di GIIAS 2022.

Spesifikasi dari Suzuki S-Presso 2022

Spesifikasi dari Suzuki S-Presso 2022
Spesifikasi dari Suzuki S-Presso 2022

Soal dapur pacu, Suzuki S-Presso dibekali mesin 998 cc 3 silinder segaris yang memiliki torsi maksimal 89 Nm dan tenaga maksimal 65,6 Hp pada 5.500 rpm. Kendaraan ini memiliki dua pilihan transmisi: perpindahan gigi manual dan otomatis (AGS).

Beberapa orang mungkin sudah tahu bahwa Suzuki Karimun Wagon R, Karimun Estilo, Alto, dan Celerio juga ditenagai oleh mesin seri K. Ada laporan bahwa S-Presso mungkin masuk ke Indonesia setelah dua tahun pemasaran di industri mobil India.

S-Presso juga menggunakan suspensi Torsion Beam di bagian belakang dan suspensi MacPherson Strut di bagian depan. Belum lagi mobil ini memiliki efisiensi bahan bakar yang luar biasa. Menurut klaim pabrikan, konsumsi bahan bakarnya mencapai 21 kilometer per liter.

Nah, buat kamu yang membutuhkan kendaraan murah untuk keperluan sehari-hari juga bisa menggunakan mobil ini.

Eksterior Suzuki S-Presso 2022

Eksterior Suzuki S-Presso 2022
Eksterior Suzuki S-Presso 2022

Masuk ke segmen city car, desain eksterior Suzuki ini memberi kesan tangguh serta modern. Diantaranya adalah:

  • Dimensi

Ukuran Suzuki S-Presso relatif kecil, yakni panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, tinggi 1.567 mm, dan wheelbase 2.380 mm.

Berdasarkan ukuran ini, Suzuki Ignis memiliki proporsi yang lebih kecil daripada S-Presso. Ignis memiliki jarak sumbu roda 2.435 mm dan panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.595 mm.

Proporsi S- Presso sebenarnya hampir identik dengan Karimun Wagon R, yang memiliki ukuran sebagai berikut: panjang 3.600 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.670 mm, dan jarak sumbu roda 2.400 mm.

  • Desain Body

S-exterior Presso secara umum memiliki tampilan yang tangguh, kontemporer, dan agresif. Hal ini terlihat dari desain bodi yang berbentuk kotak, penggunaan kap mesin dengan empat kotak, dan emblem Suzuki yang dipasang di bagian depan.

S-Presso dapat dibawa dan digunakan untuk gerakan yang lincah. Selain itu, gril mobil diposisikan mirip dengan Suzuki Jimny. Bumper depan dan belakang terbilang cukup besar.

S-Presso terintegrasi dengan sejumlah bagian yang tampak dasar dan harganya terjangkau, terbukti dengan tuas pembuka pintu dan lampu sein di atas rumah roda. Di bagian samping, mobil ini memiliki pelek 14 inci.

  • Fitur Eksterior

Salah satu fitur keselamatan S-Presso adalah High Mount Stop Lamp. Lampu rem tambahan yang terintegrasi di bagian belakang merupakan bagian yang paling keren. Diposisikan sedemikian rupa sehingga terlihat jelas oleh pengemudi mobil di belakang karena letaknya lebih tinggi dari lampu belakang mobil. Dengan fitur ini, dimungkinkan untuk menghindari tabrakan dari arah belakang.

Interior Suzuki S-Presso 2022

Interior Suzuki S-Presso 2022
Interior Suzuki S-Presso 2022

Jika sebelumnya kita sudah membahas desain interior, mari kita masuk ke pembahasan selanjutnya, yaitu:

  • Konfigurasi Kabin

Meski memiliki body yang mungil, Suzuki S-Presso memiliki kabin/ruang yang mencangkup hingga lima orang.

  • Fitur Hiburan dan Kenyamanan

Mengenai fitur hiburan dan kenyamanan S-Presso memang cukup lengkap. Kendaraan ini memiliki head unit layar sentuh 6,8 inci yang dapat mengontrol USB dan AUX serta berbagai pilihan hiburan. Lalu saat berkendara, kalian juga dapat mendengarkan musik favorit. 

Selain itu, disediakan pula cup holder sehingga pengemudi dapat menaruh minuman di dalam kendaraannya. Selain itu, S-Presso menawarkan AC manual yang menjaga interior kendaraan tetap dingin.

  • Fitur Keselamatan

Belum lagi, Suzuki S-Presso memiliki sejumlah fitur keselamatan yang dapat dipercaya. Kendaraan ini sudah dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System), sistem EBD (Electronic Brake Force Distribution), dual SRS Airbag, dan sensor untuk memudahkan parkir mundur.

Sekedar informasi, Heartect merupakan sasis Suzuki yang diklaim memiliki struktur unik dari sasis lain pada umumnya.

Sasis Heartect dipisahkan menjadi tiga bagian: tengah, kiri, dan kanan, berlawanan dengan enam bagian pada umumnya, dengan baja kuat di bagian depan.

Baja kekuatan tinggi digunakan di seluruh sasis. Kalian dapat menurunkan risiko kecelakaan di jalan dengan memanfaatkan Heartect.

Kunci pintu belakang juga tersedia untuk melindungi penumpang khususnya anak-anak saat mereka bepergian. Tidak hanya ida, ada juga alat pemadam api kecil didalamnya.

  • Desain Interior

Saat berada di dalam Kabir S-Presso, kalian bisa melihat dasbor dengan gaya center fascia yang didominasi warna hitam. Anehnya, ada speedometer digital berbentuk lingkaran yang dipasang di tengah dasbor.

Suzuki juga memberi S-Presso sedikit ruang bagi konsumen untuk meletakkan barang-barang mereka di belakang kursi baris kedua. Karena cukup lapang, pengguna dapat memasukkan koper besar ke dalam bagasi tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki S-Presso 2022

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki S-Presso 2022
Kelebihan dan Kekurangan Suzuki S-Presso 2022

Seperti pada mobil umumnya, Suzuki S-Presso juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Diantaranya adalah:

  • Kelebihan

  • Ground Clearance Tinggi

Suzuki S-Presso memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 180 mm. Dengan begitu, mobil dapat dikendarai dengan nyaman dan aman bahkan saat melintasi jalan yang tergenang karena ground clearance-nya yang besar.

  • Harga yang Terjangkau

Salah satu kendaraan paling terjangkau di kategori city car adalah Suzuki SPresso. Hal inilah yang menarik banyak konsumen Indonesia terhadap mobil tersebut. Seperti diketahui, S-Presso dibanderol dengan harga Rp.155 sampai 164 juta.

  • Bahan Bakar yang Hemat

Keuntungan selanjutnya adalah penggunaan bahan bakar yang hemat. Mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar yang diketahui 21 kilometer per liter.

  • Kekurangan

  • Masih Menggunakan Transmisi AGS 

Perlu diketahui bahwa teknologi transmisi Automated Manual Transmission (AMT) disebut juga sebagai transmisi AGS. Mekanismenya akan menggeser persneling saat transmisi ini diaktifkan tergantung pada sensor yang mengukur kecepatan mesin.

Dikhawatirkan kinerja sistem akan menimbulkan sejumlah masalah, antara lain ketidakmampuan mobil untuk menanjak, kabel yang sering terputus, dan lain-lain.

  • Kabin Kurang Kedap Suara

S-Presso memiliki kelemahan tambahan karena kurang kedap suara. Pengemudi dan penumpang mobil ini masih bisa mendengar suara bising dari luar, seperti angin atau mesin mobil, yang jelas membuat berkendara jadi kurang nyaman.

Dalam hal segmen Pasar, Renault Kwid Climber merupakan rival dari Suzuki S Presso baik itu dari dimensi, kapasitas mesin, dan tenaganya.

Baca juga : Wow! Ini Dia Spesifikasi Termewah dari SUV Hybrid Murah Wuling

Bagaimana, sudah ada gambaran bukan mengenai spesifikasi, kelebihan dan kelemahan dari Suzuki S-Presso? Terlepas dari hal itu, belilah mobil yang sesuai kemampuan juga kebutuhan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here