Spesifikasi Honda WR-V yang Bikin Nyaman Mengendarainya

0
40
Spesifikasi Honda WR-V yang Bikin Nyaman Mengendarainya
Spesifikasi Honda WR-V yang Bikin Nyaman Mengendarainya

Spesifikasi Honda WR-V perlu kalian ketahui agar lebih mantap kala membeli tipe mobil satu ini. Honda baru-baru ini meluncurkan WR-V generasi baru di pasar internasional dengan tampilan dan fitur yang diperbarui.

Baca juga : KIA EV9, Mobil SUV Listrik Terbaru Dirilis Tahun Ini

Kehadiran inovasi satu ini tentu tak mengherankan. Honda memang terkenalkan dengan terobosan-terobosan yang istimewa di kalangannya.

Spesifikasi Honda WR-V yang Tahan Banting

Spesifikasi Honda WR-V yang Tahan Banting
Spesifikasi Honda WR-V yang Tahan Banting

Spesifikasi Honda WR-V 2023 spek Indonesia memang terbukti ciamik. Spek ini baru saja menjalani uji tabrak ASEAN NCAP dan mendapat peringkat keselamatan bintang 5. Versi RS dari SUV tersebut menjalani uji tabrak.

  • Sistem Honda Sensing ADAS yang Inovatif

Model RS juga dilengkapi dengan sistem Honda Sensing ADAS. Peringkat keselamatan orang dewasa dan anak-anak untuk SUV tersebut adalah 5 bintang.

Empat airbag, Electronic Stability Control (ESC), Anti-lock Braking System (ABS), dan Seatbelt Reminder System (SBR) untuk penumpang depan adalah fitur yang tak kalah mumpuni. Selain itu, teknologi Pedestrian Protection juga menjadi perlengkapan standar pada SUV lima tempat duduk ini.

Selain itu, versi RS spesifikasi Honda WR-V teratas hadir dengan teknologi ADAS. Dalam pengujian ADAS SUV WR-V Honda tampil baik dalam tes bantuan keselamatan, mendapatkan total 16,37 poin.

  • Model SUV Masa Kini

Honda mungkin akan memperkenalkan WR-V generasi baru ke pasar nasional untuk merebut porsi pasar sub-4 meter yang cukup besar. Utamanya, untuk menggantikan WR-V generasi saat ini, yang akan segera dihentikan produksinya.

WR-V baru memiliki banyak fitur dan tampilan penuh gaya yang akan menarik konsumen tanah air. Pengenalan spesifikasi Honda WR-V generasi baru akan membantu Honda meningkatkan kehadirannya di pasar SUV Indonesia, yang saat ini tidak dimiliki merek tersebut.

  • Crosshatch Versi Upgrade

Apa perbedaan antara compact SUV dan cross hatchback? Banyak, atau sedikit? Keduanya berasal dari hatchback dan menjanjikan pengalaman yang lebih kasar seperti SUV.

Pada akhirnya, pengalamanlah yang diperhitungkan, itulah mengapa crosshatch dengan genetika hatchback yang jelas tidak sepopuler SUV kompak yang lebih maskulin. Namun, Honda ingin menulis ulang resep crosshatch untuk pasar Indonesia dengan spesifikasi Honda WR-V yang baru.

Meskipun didasarkan pada Jazz, WR-V telah direkayasa ulang secara menyeluruh untuk memastikan tidak hanya terlihat berbeda dan kokoh, tetapi juga terasa seperti itu. Jadi, bisa dibilang, memang mirip, tapi spesifikasi Honda WR-V terbaru lebih visioner.

Mengenali Perbedaan Honda WR-V dengan Jazz

Perbedaannya lebih dari sekadar kulit luarnya saja. Dan bahkan sekilas menunjukkan perubahan di permukaan juga luas. Jazz Nya ramping, tanpa menilik spesifikasi Honda WR-V saja, sekilas sudah terlihat lebih tumpul.

Masalahnya, hidungnya semuanya baru, dan termasuk kap mesin yang duduk lebih tinggi dan rata. Ini menutupi lampu depan chunky baru dengan DRL LED. Di sela-sela lampu terdapat bilah krom tebal untuk pernyataan yang lebih besar.

Fender semuanya baru berbentuk persegi dan melebar di bagian tepinya. Skid-plate tiruan berwarna perak menambah daya tarik visual.

Bagian belakang juga terlihat sangat berbeda, dengan lampu belakang tiga dimensi besar yang mengalir ke pintu belakang yang dikuliti ulang. Bempernya juga lebih kokoh, dengan plat selip peraknya.

Jika dilihat dari samping, keterhubungan WR-V dengan Jazz terlihat jelas. Pintu dan panel yang membentang dari Pilar A ke Pilar C juga sama. Namun, rel atap plastik, kelongsong yang lebar untuk lengkungan roda, dan panel goyang membuatnya terlihat lebih berani.

Coba mencari bukti yang tak terbantahkan, coba berdebat dengan 44mm, 57mm, dan 40mm. Itulah pertambahan panjang, tinggi dan lebar dari Jazz. Jadi, fisik maupun spesifikasi Honda WR-V memang pada dasarnya terlihat anggun.

Meskipun peningkatan ukurannya tidak jelas, tetapi terlihat. Tidak memiliki postur yang tinggi dan tampilan jalan yang sama dengan Ford EcoSport atau Maruti Suzuki Vitara Brezza. Tapi, di taman bermain cross hatches ini akan menjadi bosnya. 

Ground Clearance Lebih Aman

Tingkat perubahan sangat besar dibandingkan dengan palka silang lainnya. Spesifikasi Honda WR-V, seperti yang kalian inginkan dari SUV atau mesin mirip SUV, memiliki ground clearance yang sehat. Jaraknya 188mm, lebih besar 23mm dari Jazz dan 10mm lebih kecil dari Brezza.

Jarak sumbu roda WR-V juga lebih panjang dari Jazz sebesar 25mm. Tapak sepanjang 2555 mm lebih dari jejak silang atau SUV kompak mana pun. Insinyur Honda mencapai ini dengan memindahkan titik pemasangan suspensi depan dan belakang lebih jauh ke luar.

Selain foot-print yang lebih panjang, spesifikasi Honda WR-V juga memiliki foot-print yang lebih lebar karena memiliki track yang lebih lebar. Sebagian karena ban 190 seksi yang lebih lebar, tetapi juga karena komponen suspensi baru yang diturunkan dari HR-V.

WR-V juga menggunakan roda 16 inci yang lebih besar, bukan roda 15 inci pada Jazz. Namun, yang terpenting, kalian tidak merasa duduk jauh lebih tinggi daripada di hatchback.

Tata letak kabin juga terasa sangat familiar karena terbawa dari Jazz. Jadi, meski terasa kokoh, plastiknya agak keras. Namun, WR-V mengemas beberapa fitur tambahan yang terlihat di City.

Bagian “pesta” dari spesifikasi Honda WR-V adalah sunroof bukaan satu sentuhan, yang pertama di kelasnya. Ada sistem infotainment Digipad” 7,0 inci baru dari City.

Sistem berbasis Android ini memiliki navigasi bawaan, penyimpanan internal 1,5GB, dua port USB dan juga port HDMI. Sistem ini menawarkan banyak penyesuaian seperti memilih pintasan di layar beranda, atau wallpaper. Namun, sistem terasa agak lambat untuk merespons masukan.

Tempat Duduk Lapang

Juga, sistem kontrol iklim otomatis yang ditawarkan pada varian VX top-end menawarkan faktor yang mengagumkan. Namun, itu mengganggu untuk digunakan saat mengemudi karena kita harus mengalihkan pandangan dari jalan untuk mengubah pengaturan.

Beberapa lekukan atau tekstur akan membantu mempermudah prosesnya. Namun, penambahan rake and reach-adjustable steering, ABS dan dual airbag sebagai standar sangat disambut baik. 

Spesifikasi Honda WR-V juga mendapat dua pilihan warna untuk kain jok dan bantalan pintu. Seperti yang bisa diduga, WR-V, seperti Jazz, adalah mobil yang sangat lapang.

Hanya penumpang paling tinggi yang merindukan ruang kepala yang digerogoti sunroof pada varian VX. Bahkan orang setinggi 6 kaki pun akan merasa menghabiskan waktu di baris kedua cukup nyaman. Namun, duduk tiga baris akan sedikit meremas.

Menariknya, jok Honda Magic, yang dapat dibalik atau dilipat untuk meningkatkan kenyamanan tempat duduk atau meningkatkan kapasitas penyimpanan, telah dihilangkan. WR-V, seperti Jazz, ditawarkan dengan dua mesin.

Baik dengan mesin diesel 1,5 liter yang dikawinkan dengan gearbox manual 6 kecepatan dan mesin 1,2 liter dengan manual 5 kecepatan. Kombinasi bensin dan CVT tidak ditawarkan di sini.

Kali pertama kalian mengendarai bensin; menghasilkan tenaga 90PS dan torsi 110 Nm yang sama seperti pada Jazz. Namun, harus berurusan dengan tambahan 62 kg di sini. Untuk menjaga kemampuan berkendara dari penderitaan, Honda telah menggunakan rasio roda gigi yang telah direvisi dan gearbox yang ditingkatkan yang berasal dari BR-V.

Tipe Mobil Ideal untuk Menyusuri Kota

Tipe Mobil Ideal untuk Menyusuri Kota
Tipe Mobil Ideal untuk Menyusuri Kota

Di jalan, daya tanggapnya tidak terasa lebih baik, atau lebih buruk, daripada Jazz. Mesin terasa halus dan tenang saat mengimbangi lalu lintas kota. Tetapi jika kalian membutuhkan perubahan kecepatan yang tiba-tiba, menekan pedal gas tidak akan memberikan kelonggaran.

Untuk benar-benar melaju, kalian harus menggunakan tuas persneling short-action untuk menurunkan satu atau dua persneling, dan menggunakan putaran untuk melaju. Dalam hal efisiensi bahan bakar, Honda mengklaim bensin WR-V dapat menghasilkan 17,5 kmpl lebih rendah 1,2 kmpl dari Jazz.

Jadi, meski Honda WR-V digadang-gadang sebagai mobil untuk melengkapi gaya hidup aktif, varian bensin paling baik digunakan untuk komutasi dengan tenang di dalam kota. Mesin dieselnya memiliki output tenaga dan torsi yang sama dengan Jazz dan City.

Baca juga : Mobil Listrik Wuling Air Ev dan Pertimbangan yang Wajib Kalian Ketahui

Namun, pada WR-V menggunakan sensor lambda untuk lebih membersihkan emisi. WR-V diesel juga lebih berat dari Jazz dengan bobot 31–50 kg. Itu membutuhkan rasio gigi yang lebih ketat untuk menjaga kemampuan berkendara dalam spesifikasi Honda WR-V.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here