Mobil Matic atau Manual, Apa yang Kalian Pilih?

0
42
Mobil Matic atau Manual, Apa yang Kalian Pilih?
Mobil Matic atau Manual, Apa yang Kalian Pilih?

Mobil memiliki 2 jenis, ada matic dan manual, kalian akan pilih mana antara matic atau manual? Hal ini supaya kalian bisa membeli sesuai kebutuhan dan tidak menyesal di kemudian hari. 

Baca juga : Pilihan Mobil yang Cocok untuk Travelling Rame-rame

Mobil jenis matic memiliki transmisi yang otomatis. Kalian tidak perlu membutuhkan kopling serta tuas. Sebaliknya, mobil yang masih manual tidak memiliki transmisi otomatis. Kalian perlu teliti dalam memilih.

Ingin Tahu Kelebihan dari Mobil Matic atau Manual?

Ingin Tahu Kelebihan dari Mobil Matic atau Manual?
Ingin Tahu Kelebihan dari Mobil Matic atau Manual?

Sebagai mobil jenis matic ada beberapa kelebihan yang menonjol. Hal ini memudahkan kalian dalam memilih matic atau manual.

  • Penggunaan Mobil Matic Lebih Mudah

Mobil jenis matic ini didukung oleh komponen transmisi matic yang memudahkan pengemudi ketika berkendara. Mobil matic menjadi lebih populer serta banyak dipilih oleh calon pengemudi roda empat.

Komponen transmisi matic pada mobil matic dibagi menjadi 5. Pertama, torque converter. Torque converter dikencangkan memakai baut pada flywheel crankshaft dan komponen ini terpasang di input shaft transmisi

Kedua, ada planetary gear unit. Komponen ini dipakai ketika menurunkan atau menaikkan kecepatan pada mobil. Ketiga, Hydraulic Control Unit. 

Komponen pengendali kinerja brake ini juga berfungsi mengendalikan kopling transmisi otomatis. Pompa oli melakukan tugasnya dengan menghasilkan tekanan. Pada umumnya, komponen hydraulic control unit ditemukan di bagian valve body assembly di bawah planetary gear

Keempat, manual linkage. Komponen ini berbentuk selector level dengan dilengkapi kabel, akselerator, dan kabel throttle. 

Kelima, ada ATF atau Automatic Transmission Fluid. Komponen jenis ini biasa dikenal sebagai oli transmisi dan terdiri atas beberapa bahan yang bisa melumasi transmisi. Komponen ini wajib menggunakan ATF yang telah ditentukan oleh produsen agar tidak terganggu. 

  • Mobil Matic Tidak Membuat Kaki kalian Pegal

Kaki kalian tidak akan terasa pegal selama berkendara bila memilih mobil jenis ini merupakan salah satu jawaban dari pertanyaan matic atau manual? Tentunya hal ini menjadi pertimbangan untuk kalian. 

Hal ini tentu membuat kalian nyaman berkendara. Mobil jenis matic hanya menggunakan satu kaki untuk rem dan gas. Tidak seperti mobil jenis manual yang harus melakukan perpindahan gigi. 

Oleh karena itu kalian tidak merasakan kelelahan jika menggunakan mobil matic. Hal ini cocok untuk kondisi jalan menanjak maupun jalan macet. 

  • Terasa Aman untuk Jalanan Menanjak

Ketika bepergian melewati jalanan menanjak, penggunaan mobil matic terasa lebih pas. Ini karena kepraktisannya. Saat sebelum menanjak, kalian hanya perlu menekan pedal gas supaya mobil sampai ke puncak tanjakan. 

Jika perlu, kalian tinggal pindahkan tuas transmisi ke rasio gigi lebih rendah supaya menambah torsi. Kalian tidak perlu khawatir mobil mundur. Pada saat kondisi harus berhenti secara mendadak, mobil jenis matic ini tidak akan langsung mundur. 

Meskipun begitu, kalian tetap waspada serta antisipasi untuk menekan pedal rem sebelum mobil bergerak mundur. Ini dikarenakan gaya gravitasi serta berat mobil mengalahkan torsi yang dihasilkan. 

Mobil matic juga dilengkapi dengan fitur bernama HSA atau Hill-Start Assist. Kegunaannya bisa membantu ketika mobil melintasi jalan yang menanjak serta kondisi stop and go

HSA segera mengaktifkan sistem rem saat pedal gas diangkat, rem belum kalian injak tapi jalan menanjak. Dalam jangka waktu beberapa detik, fitur HSA bekerja serta membuat pengemudi mempunyai waktu cukup untuk mengaktifkan rem. 

  • Cocok jika Menghadapi Kemacetan

Jika kalian menghadapi kemacetan, mobil matic bisa menjadi pilihan. Kamu tidak perlu lagi memusingkan pertanyaan matic atau manual? Ini karena bila mobil manual harus melakukan oper gigi secara rutin membuat kaki pegal dan tidak nyaman.

Ada yang kalian perhatikan ketika menggunakan mobil matic pada saat jalan macet. Jika macet tidak parah dan berhenti kurang dari 10 detik, kalian cukup membiarkan tuas pada posisi D agar bisa sigap bergerak maju. Kinerja pompa hidrolik juga jauh lebih ringan.

Sebaliknya, jika macet terasa panjang dan berhenti lebih dari 10 detik, kalian perlu memindahkan transmisi ke posisi netral. Masukkan tuas ini menuju posisi N dan aktifkan rem untuk parkir. Tujuannya untuk mencegah mobil bergerak maju ketika pedal rem tidak sengaja dilepas. 

Contoh Kekurangan dari Mobil Matic

Ketahui terlebih dahulu kekurangan dari mobil matic. Hal ini ketika kalian sudah memilih mobil matic dari pertanyaan matic atau manual?

  • Mobil Matic Boros Bahan Bakar

Mobil jenis matic ini memang boros bahan bakar. Ini dikarenakan putaran mesin yang paling sering serta tidak dapat diatur saat berkendara. Selain itu, adanya pengaruh dari spesifikasi transmisi yang dimiliki yakni torque converter. 

Torque conventer penyebab tingginya tingkat revolusi per menit atau RPM mobil matic daripada mobil manual. Torque converter sendiri berisi Automatic Transmission Fluid atau ATF dan berfungsi sebagai kopling otomatis dalam mobil matic. 

  • Biaya Perawatan Mobil Matic Mahal

Sebelum benar-benar menjatuhkan pilihan mobil matic dari pertanyaan perbandingan, matic atau manual? Kalian perlu memikirkan biaya perawatannya.

Mobil jenis matic memiliki transmisi yang juga matic dengan harga lebih mahal dari segi perawatan. Girboks pada mobil jenis ini mempunyai komponen yang lebih banyak serta sistem yang lebih rumit. 

Ada banyak komponen elektronik serta sistem hidrolik yang bekerja bersama dalam proses mengganti gigi saja. Untuk olinya sendiri harus khusus dan jumlah pemakaiannya lebih banyak. 

Hal ini karena konverter torsi di mobil mati butuh oli transmisi mencapai 2 kali lipat lebih banyak. Lalu, jika transmisi mobil matic rusak, kalian wajib menyiapkan uang lebih banyak.

Waktu yang dibutuhkan untuk reparasi juga lebih lama. Tidak jarang pemilik mobil jenis matic disarankan untuk mengganti transmisi baru dibandingkan dengan memperbaikinya. 

  • Kalian Tidak Dapat Melakukan Engine Brake

Teknik mengurangi atau memperlambat kecepatan pada mobil yang dikenal dengan nama Engine brake ini mengandalkan putaran mesin. Ini terjadi saat transmisi atau gigi diturunkan ke yang lebih rendah. 

Trik ini dimaksudkan untuk meringankan kerja rem mobil yang sering kewalahan dalam memperlambat laju mobil.

Pemanfaatan teknik dapat dilakukan di jalan menurun yang ekstrim serta kondisi darurat. Namun kalian perlu ketahui pada mobil jenis matic tidak dapat melakukan teknik engine brake ini. 

Ini disebabkan tidak mempunyai gigi persneling yang biasanya berfungsi sebagai pergantian perbandingan kecepatan tenaga ataupun arah putaran. Inilah mengapa saat melewati jalan menurun, kalian hanya bisa menggunakan rem saja. 

  • Harga Beli Mobil Matic Mahal

Kalian juga perlu memikirkan harga beli mobil jenis ini yang terlihat mahal dibanding harga jualnya. Kalian perlu mendiskusikan pertanyaan matic atau manual? Kalian bisa juga mendiskusikannya kepada teman maupun keluarga. 

Harga mobil matic yang tinggi tidak terlepas dari kenyamanan yang ditawarkan kepada calon konsumen. Hal ini sangat berbeda dengan harga jualnya yang rendah. 

Ini disebabkan biaya servisnya mahal. Selain itu, ada anggapan bila mobil matic yang bekas sudah banyak mengalami beberapa masalah. 

Contoh Kelebihan dari Mobil Manual

Tidak hanya mobil matic, mobil yang masih manual pun juga memiliki kelebihan. Tentu hal ini membuat kalian tidak perlu terburu-buru memilih matic atau manual?

  • Konsumsi Bahan Bakar Mobil Manual Irit

Konsumsi bahan bakar mobil jenis manual lebih efisien atau irit daripada mobil matic. Ini dikarenakan pengemudi berkuasa mengatur putaran mesin mobil tetap rendah. Perpindahan gigi ini dapat diatur sesuai kebutuhan dan selera pengemudi. 

  • Akselerasi Mobil Manual Lebih Optimal

Akselerasi adalah kemampuan kendaraan untuk merubah kecepatan persatuan waktu. Akselerasi mobil jenis manual cenderung lebih mulus dibanding dengan mobil matic. Ini karena pengemudi mengatur sendiri laju kecepatan serta persneling kendaraan mobil. 

Mobil manual juga mempunyai lebih banyak gigi percepatan. Oleh karena itu, mobil manual lebih responsif dalam hal kecepatan daripada mobil matic. 

  • Komponen Engine Brake Lebih Maksimal

Komponen engine Brake sangatlah penting bagi kendaraan mobil. Dibanding dengan mobil transmisi matic, komponen engine brake pada mobil transmisi manual lebih bagus dan optimal. 

Kalian bisa pilih mobil manual dari pertanyaan matic atau manual? Ketika mobil melewati jalanan menurun, dibutuhkan pengereman dan juga engine brake. 

  • Perawatan Mobil Manual Mudah dan Murah

Perawatan pada mobil yang transmisinya manual lebih murah dan mudah. Kalian bahkan bisa merawatnya di rumah. Pertama, kalian melakukan pengecekan pada starter mobil. 

Kedua, kalian perlu melakukan penggantian oli secara rutin. Setiap jenis mobil manual mempunyai ketentuan sendiri pada penggantian oli. Namun, secara rata-rata penggantiannya dilakukan pada jarak sekitar 3000-5000 km. 

Ketiga, lakukan penarikan gas dengan kuat. Hal ini untuk menghilangkan kerak-kerak yang ada di dalam bagian mesin. Pastikan kalian lakukan di jalan yang aman. Keempat, penuhi tangki bensin.

Tahukah kalian akibat tidak mengisi penuh tangki mobil matic atau manual? Jika kalian membiasakan diri tidak mengisi tangki bensin hingga penuh, bahan bakar akan bercampur dengan kerak. Maka dari itu, kalian sesekali isi tangki dengan penuh agar tetap terjaga kebersihan. 

Contoh Kekurangan dari Mobil Manual

Contoh Kekurangan dari Mobil Manual
Contoh Kekurangan dari Mobil Manual

Mobil matic yang sudah canggih pun memiliki kekurangannya, tidak terkecuali mobil jenis manual. Kali ini penjelasan mengenai kekurangan yang ada dalam mobil manual untuk memudahkan kalian memilih matic atau manual

  • Mobil Matic Sulit Dikendarai oleh Pemula

Untuk kalian yang pemula mungkin harus mempertimbangkan terlebih dahulu dalam memilih jawaban dari pertanyaan matic atau manual? Jika ragu, kalian lebih baik memilih mobil jenis matic. 

Ini dikarenakan pemula belum bisa mengatur momentum dalam menginjak gas serta melepas pedal kopling. Pemula juga sering merasa tegang hingga kurang ahli dan waspada tingkat tinggi dalam mengendarai mobil manual. 

  • Kaki Kiri Kalian Lebih Cepat Pegal

Kalian juga mempertimbangkan resiko kaki kiri yang pegal ketika berkendara. Hal ini jika kalian terlanjur memilih mobil manual ketika ada pertanyaan matic atau manual? Ini dikarenakan kaki kalian akan sering bermain pada pedal kopling selama perjalanan. 

Padahal selain kaki pegal, umur plat kopling menjadi pendek. Hal ini dikarenakan berlebihan dalam menggunakannya dan tidak sesuai komposisi. 

Baca juga : Rekomendasi Pilihan Mobil yang Memiliki Sunroof Terbaik

Kalian perlu mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangan dari matic dan manual. Hal ini untuk mempersiapkan diri kalian sebelum membeli mobil salah satu jenisnya. Jadi, apa kalian sudah tahu pilih matic atau manual?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here