Pilihan Mobil yang Cocok untuk Travelling Rame-rame

0
55
Pilihan Mobil yang Cocok untuk Travelling Rame-rame
Pilihan Mobil yang Cocok untuk Travelling Rame-rame

Mobil yang cocok untuk travelling bagi sebagian besar orang biasanya bertipe Van atau SUV karena memiliki kapasitas yang besar. Apalagi jika kalian suka travelling ke tempat-tempat baru bersama keluarga atau teman. 

Baca juga : Rekomendasi Pilihan Mobil yang Memiliki Sunroof Terbaik

Mobil seperti ini juga sangat cocok apabila digunakan untuk pergi camping atau menghabiskan akhir pekan ke tempat-tempat wisata dengan medan yang ekstrim sekalipun. Tentunya kalian juga bisa memodifikasi mobil tipe ini sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya menjadi mobil campervan atau sejenisnya sehingga perjalanan terasa semakin nyaman dan menyenangkan. 

Tipe Mobil yang Cocok untuk Travelling

Tipe Mobil yang Cocok untuk Travelling
Tipe Mobil yang Cocok untuk Travelling

Pernahkah kalian menempuh perjalanan jauh menggunakan mobil untuk travelling? Tentunya perjalanan seperti ini membutuhkan kendaraan yang nyaman apalagi jika tujuannya untuk liburan beramai-ramai.

Jika hanya menggunakan mobil pribadi tentunya akan terasa berbeda terutama jika kapasitasnya sedikit serta harus menempuh jalur yang ekstrim. Walaupun tidak menutup kemungkinan jika sebagian orang justru menyukai menggunakan mobil pribadi.

Namun, kalian juga harus mengetahui bahwa tidak semua mobil cocok untuk travelling. Mungkin kalian akan mengira jika menempuh perjalanan jauh bisa dilakukan dengan mobil apa saja asalkan terhindar dari hujan dan panas.

Padahal kenyamanan dan keselamatan selama berkendara juga perlu dipertimbangkan. Misalnya mobil yang seharusnya berkapasitas 2 sampai 4 orang tetapi dipaksakan untuk diisi satu keluarga tentunya akan membuat mobil kelebihan muatan.

Pada akhirnya hal ini hanya akan memicu risiko besar. Jika ingin mencari mobil yang cocok untuk travelling, maka sangat direkomendasikan menggunakan kendaraan jenis SUV atau MPV karena dirancang untuk perjalanan jauh.

Kaki-kaki pada mobil ini juga dikenal bandel sehingga ketika melewati medan sulit atau bergelombang, badan mobil akan tetap tahan goncangan meskipun penumpangnya sedang penuh sekalipun.

Selain itu, jenis ban yang digunakan juga besar sehingga mampu melewati tipe medan seperti apapun. Berbeda dengan city car yang lebih kecil baik dari segi body maupun ban sehingga tidak bisa dijadikan mobil yang cocok untuk travelling.

Tentunya hal ini merujuk pada keselamatan selama berkendara baik bagi penumpang maupun supir itu sendiri.

Berikut Pilihan Mobil untuk Travelling

Berikut Pilihan Mobil untuk Travelling
Berikut Pilihan Mobil untuk Travelling

Untuk melakukan travelling ada beberapa pilihan mobil yang sangat cocok digunakan. Beberapa yang direkomendasikan adalah jenis mobil yang cukup gahar di kelasnya dan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mercedes Benz V-Class

Mobil yang cocok untuk travelling pertama adalah Mercedes Benz V-Class. Mobil ini adalah jenis Van dengan kapasitas cukup besar hingga 7 penumpang serta telah dilengkapi dengan transmisi hingga 7 speed dan otomatis.

Mobil kelas ini juga telah dilengkapi dengan anti theft device & engine immobilizer sehingga meminimalisir terjadinya pencurian. Mercedes Benz V-Class sudah termasuk jenis mobil mewah di kelasnya dan bisa kalian dapatkan dengan harga mulai Rp. 1,6 – Rp. 1,61 miliar.

  • Mazda 6 Estate “Station Wagon”

Mazda 6 Estate “Station Wagon” menjadi mobil Van pertama yang memiliki desain elegan, mewah dengan berbagai fitur teknologi terbaru. Mobil ini sangat tepat jika digunakan untuk travelling karena kapasitasnya besar dan mampu mengangkut banyak barang.

Untuk mobil sekelas Van, Mazda 6 Estate tergolong memiliki fitur yang sangat lengkap. Beberapa diantaranya adanya kabin tambahan yang sudah dilengkapi smart city brake support dan driver alert sehingga sangat cocok untuk travelling.

Mobil sekelas ini telah dihargai mulai Rp. 639,9 juta saja. Tentunya jauh lebih murah dibandingkan mobil Van lainnya.

  • VW Transporter Caravelle

Mobil yang cocok untuk travelling berikutnya adalah VW Transporter Caravelle yang memiliki tampilan benar-benar seperti Van pada umumnya. Kalian akan menemukan fakta bahwa kendaraan ini akan menjadi penerus kombi dan sangat cocok untuk road trip.

VW Transporter Caravelle memiliki desain yang besar dan luas dari segi interior sehingga bisa memuat banyak barang ketika akan melakukan perjalanan jauh. Apalagi untuk kebutuhan spare part dan aksesoris mobil ini mudah didapatkan untuk mendukung perjalanan kalian.

Untuk mobil sekelas Van, VW Transporter Caravelle terbilang cukup mahal, yaitu mulai Rp. 1,7 hingga  Rp. 1,9 miliar per unit.

  • VW Type 2 T2 Kombi

VW Type 2 T2 Kombi adalah mobil yang cocok untuk travelling berikutnya dan masih sekelas dengan VW Transporter Caravelle dengan kapasitas yang cukup besar untuk pergi berjalan-jalan.

Kalian juga akan mendapatkan tambahan camper pada mobil sehingga dapat dimodifikasi untuk istirahat selama di perjalanan.

  • Toyota Avanza

Mobil yang cocok untuk travelling dan paling umum digunakan adalah Toyota Avanza. Mobil ini adalah jenis kendaraan travel yang cukup laris di kalangan masyarakat Indonesia karena harganya yang terjangkau tetapi memiliki kapasitas besar.

Bahkan untuk satu unit kendaraan ini saja kalian hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp. 200 jutaan saja. Selain itu, kelas mobil ini telah dilengkapi dengan kapasitas mobil hingga 1.329 cc dan cukup kuat untuk melewati medan apapun di jalanan.

  • Suzuki APV

Suzuki APV adalah salah satu mobil perjalanan yang memiliki interior luas. Kendaraan tipe ini bahkan menjadi favorit untuk mobil keluarga atau para pengusaha karena bisa memuat banyak barang sekaligus.

Suzuki APV juga telah didesain secara modern dengan fiturnya yang semakin canggih. Pintu mobil juga tersedia dalam bentuk sliding sehingga terkesan semakin mewah dan keren ketika dibawa untuk berlibur. 

Untuk satu unit Suzuki APV bisa kalian dapatkan dengan harga yang sangat murah, yaitu mulai Rp. 192 jutaan saja. 

  • BMW X Series

Jika ingin melakukan perjalanan mewah dan hanya dengan beberapa orang saja, maka BMW X Series akan menjadi rekomendasi pertama. Walaupun tidak memiliki kapasitas sebesar mobil tipe SUV dan Van akan tetapi desain mobilnya sangat gagah untuk melakukan trip.

Bahkan kalian juga akan menemukan fakta jika BMW X Series mampu melewati medan yang sulit sekalipun. Keunggulan dari kendaraan ini adalah adanya fitur xDrive, yaitu bisa menyesuaikan kemampuan laju kendaraan di medan apa saja.

Mobil yang Cocok untuk Travelling Tipe SUV

Mobil yang Cocok untuk Travelling Tipe SUV
Mobil yang Cocok untuk Travelling Tipe SUV

Setelah melihat beberapa tipe mobil di atas, kini kalian juga bisa memilih kendaraan jenis SUV untuk melakukan travelling. Kendaraan ini tentunya sangat cocok untuk bepergian dan melewati medan perjalanan apa saja.

  • Toyota Fortuner

Mobil yang cocok untuk travelling jenis SUV yang pertama adalah Toyota Fortuner. Toyota Fortuner dikenal sebagai kendaraan travelling dengan interior luas dan memiliki kapasitas yang cukup besar.

Menariknya lagi, kalian akan menemukan fitur 4 wheel drive yang artinya keempat roda bisa mendapatkan tenaga sebagai penggerak utama. Fitur seperti ini akan berguna ketika mobil mengalami medan yang cukup sulit. 

Kalian juga bisa menemukan banyak aksesoris yang beragam sehingga bisa memodifikasi mobil sesuai dengan kebutuhan ketika akan melakukan perjalanan.

  • Land Rover Defender

Mobil yang cocok untuk travelling berikutnya adalah jenis Land Rover Defender. Kendaraan ini dirancang khusus untuk bisa melewati lokasi yang sulit seperti di pegunungan, jalan berlubang dan sejenisnya.

Jadi, kalian bisa melihat bahwa kaki-kaki pada mobil ini sangat tangguh dan kokoh. Kalian juga bisa leluasa menggunakan kendaraan land rover defender untuk melakukan travelling karena memiliki kabin dan kapasitas yang luas.

  • Nissan Navara

Nissan Navara adalah jenis mobil keluarga tetapi sekaligus kendaraan travelling. Mobil tersebut telah dilengkapi double cabin sehingga bisa memuat banyak barang sekaligus. Kalian juga akan menemukan fitur ABLS yang berfungsi untuk mendeteksi selip.

Deteksi selip dini ini akan membuat mobil melakukan rem mendadak sehingga terhindar dari kecelakan yang sia-sia. Jadi, bisa dikatakan jika Nissan Navara menjadi mobil yang cocok untuk travelling.

Harga dari mobil ini bahkan sangat terjangkau untuk kalangan middle. Kalian bisa mendapatkannya mulai dari Rp. 448 sampai Rp. 551 juta saja untuk satu unit baru.

  • Isuzu Elf Microbus

Satu lagi daftar mobil yang sangat tepat digunakan untuk travelling beramai-ramai adalah Isuzu Elf Microbus. Kendaraan yang satu ini merupakan brand asal Jepang yang bisa memuat hingga 17 penumpang.

Dengan kapasitas yang sebesar itu, tentunya sangat pas digunakan untuk liburan bersama keluarga besar maupun teman. Bahkan kendaraan ini juga tergolong ramah lingkungan dan irit bahan bakar.

Baca juga : Informasi Spesifikasi Honda Civic Type R 2023 yang Ganas

Melakukan travelling terutama menempuh jarak jauh memang sangat nyaman jika menggunakan mobil. Oleh karena itu, di atas merupakan rekomendasi mobil yang cocok untuk travelling dan bisa kalian dapatkan dengan membeli ataupun menyewa.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here