Jenis, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik

0
42
Jenis, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik
Jenis, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik

Mobil tenaga listrik telah dirintis sejak 1880 an, kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik sejauh ini juga ada beberapa. Hal ini bisa menjadi acuan kalian sebelum membeli.

Baca juga : Mobil Matic atau Manual, Apa yang Kalian Pilih?

Robert Anderson mendapatkan kredit sebagai penemu dari mobil tenaga listrik yang pertama antara tahun 1832 hingga 1839. Robert Anderson telah mengembangkan mobil beroda tiga dengan memakai baterai listrik. 

Sedangkan bagi generasi milenial saat ini, paling akrab dengan Elon Musk sebagai pendiri mobil listrik bermerk Tesla. Perusahaan Tesla berbasis di Austin, Texas, Amerika. 

Komponen yang ada di Mobil Tenaga Listrik

Komponen yang ada di Mobil Tenaga Listrik
Komponen yang ada di Mobil Tenaga Listrik

Sebelum mulai membahas kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik, mari kita bahas rangkaian komponen pada mobil tenaga listrik berbeda jauh dari mobil yang konvensional. Komponen-komponen ini memiliki performa yang lebih bagus dan membuatnya optimal.

  • Komponen yang Bernama Battery Pack

Komponen Battery Pack berguna sebagai sebuah tempat penyimpanan energi listrik dengan arus DC atau Direct Current. Komponen ini bisa dikatakan sebagai komponen yang paling mahal pada mobil bertenaga listrik. 

Battery Pack mempunyai bobot paling berat dibanding dengan komponen lainnya. Battery Pack juga mempunyai kapasitas yang beragam. Daya listriknya dapat diisi ulang melalui charging atau regenerative braking. 

Battery Pack atau baterai traksi terbentuk dari material yang bernama lithium-ion secara umum. Untuk besaran kapasitas energi listrik berupa satuan kWH atau kilowatt. 

  • Komponen yang Bernama Power Inverter

Power Inverter berguna untuk mengubah listrik Direct Current dari baterai menjadi Alternating Current atau AC. Hal ini sebelum dialirkan ke motor listrik. Power Inverter mempunyai kemampuan dalam mengubah listrik AC ke DC. 

Kemampuan ini dapat dibutuhkan untuk mendukung fungsi regenerative braking atau rem regeneratif. Power Inverter memiliki ukuran yang bervariasi. Ada ukuran 24 volt, 1000 watt, hingga 3000 watt.

Manfaat dari penggunaan Power Inverter yakni dapat terkoneksi dengan aki mobil. Kalian dapat mengandalkan komponen ini supaya dapat mengisi daya listrik pada peralatan mobil yang butuh listrik. 

Komponen Power Inverter bisa terkoneksi dengan alat-alat elektronik pendukung di mobil secara mudah. Di antaranya, tablet, pemutar CD, serta televisi kecil.

  • Komponen yang Bernama Electric Motor

Kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik perlu dipahami. Komponen Electric Motor memiliki kegunaan untuk bisa menghasilkan energi mekanis yang berfungsi menggerakkan mobil bertenaga listrik. 

Electric motor memiliki bentuk berupa dinamo dan di dalamnya ada bagian seperti coil, stator, rotor, serta magnet dua kutub. 

  • Komponen yang Bernama Battery Auxiliary

Battery Auxiliary sering disebut juga sebagai aki. Meskipun bertenaga listrik, mobil listrik juga masih membutuhkan aki. Aki ini berfungsi untuk menyuplai listrik menuju aksesoris-aksesoris mobil. 

Contohnya seperti wiper, air conditioner, lampu mobil, alarm, dan lainnya. Battery Auxiliary dapat difungsikan sebagai baterai cadangan bila sewaktu-waktu baterai traksi mengalami gangguan. 

  • Komponen yang Bernama Thermal System Management

Thermal System Management berfungsi untuk menjaga dengan mendinginkan suhu agar komponen Electric Motor serta Battery Pack tidak mengalami overheat selama mobil listrik kalian gunakan. Jika overheat akan mempengaruhi daya tahan baterai.

  • Komponen yang Bernama Transmission atau Transmisi

Mobil bertenaga listrik juga memiliki transmisi. Kegunaannya untuk menyalurkan energi gerak yang dihasilkan oleh komponen electric motor menuju roda mobil. Cara kerja komponen ini tidak jauh berbeda dengan transmisi pada mobil konvensional. 

  • Komponen yang Bernama DC Converter

Fungsi dari komponen DC Converter adalah sebagai pengubah daya atau arus listrik DC dari Baterai Pack bertegangan ini. Hal ini untuk diubah menjadi tegangan yang lebih rendah tingkatannya.

Penurunan pada tegangan ini bertujuan supaya komponen yang ada di dalam mobil bisa terdistribusi dengan kebutuhan daya rendah yang tetap. DC Converter ini juga berguna sebagai media untuk pengisi ulang baterai supaya arus serta tegangan dalam keadaan tetap stabil. 

Jenis Mobil dengan Tenaga Listrik

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik, kalian perlu tahu bahwa mobil bertenaga listrik tidak hanya diproduksi dalam 1 jenis. Ada setidaknya 3 jenis mobil bertenaga listrik yang telah diproduksi secara masif dan dapat dikendarai oleh kalian.

  • Jenis Battery Electric Vehicle atau BEV

Jenis pada mobil ini juga dikenal sebagai All Electric Vehicle atau AEV. Kendaraan ini sepenuhnya beroperasi dengan memakai listrik di baterai. Kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik jenis BEV tidak mempunyai mesin pembakaran.

Listrik tersimpan di dalam Battery Pack. Pengisian baterainya sendiri dilakukan dengan menghubungkannya ke jaringan listrik eksternal. Cara kerja dari jenis mobil ini terhitung sederhana. 

Daya dikonversi dari baterai DC ke AC agar bisa mengaktifkan motor. Kemudian, pedal akselerator akan mengirim sinyal ke control module. Tujuannya untuk menyesuaikan kecepatan kendaraan dengan mengubah AC dari inverter ke motor. 

Melalui roda gigi, motor menghubungkan serta memutar roda. Saat kalian menekan rem atau mobil menjadi lambat, motor ini menjadi generator yang menghasilkan listrik. Selanjutnya, disimpan kembali di baterai.

  • Jenis Hybrid Electric Vehicle atau HEV

Jenis Hybrid Electric Vehicle bisa juga disebut sebagai standard hybrid atau paralel hybrid. Mobil listrik tipe ini mempunyai 2 sistem penggerak yakni mesin pembakaran serta motor traksi. 

Mesin pembakaran atau ICE mendapat energi dari BBM. Sedangkan motor mendapat daya dari baterai. Cara kerja dari jenis Hybrid Electric Vehicle adalah baik mesin maupun motor bisa memutar transmisi dengan menggerakkan roda pada saat bersamaan.

Kemudian, ketika pengereman, motor bisa berubah menjadi generator serta mengisi baterai. Oleh karena juga mendapat energi dari BBM, mobil listrik ini mempunyai tangki pemasok BBM ke mesin seperti mobil biasa. 

Kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik tipe HEV ini tidak memiliki komponen charging port. Oleh karena itu, baterainya tidak bisa diisi secara ulang dari luar sistem seperti pada jaringan listrik PLN. 

  • Jenis Plug-in Hybrid Electric Vehicle 

Plug-in Hybrid Electric Vehicle atau bisa disingkat dengan PHEV merupakan jenis hibrid yang mempunyai mesin pembakaran serta motor traksi listrik. Jenis mobil listrik ini bisa ditenagai oleh sumber energi dari fosil, sumber alternatif, serta baterai.

PHEV ini biasanya bisa beroperasi dalam 2 mode yakni all-electric mode dan hybrid mode. All-electric mode berarti hanya listrik pada baterai sebagai energi yang dapat menggerakkan mobil.

Sedangkan hybrid mode berarti listrik serta bensin bisa digunakan secara bersamaan. Bahkan beberapa mobil listrik bertipe PHEV ini bisa menempuh lebih dari 70 mil dengan menggunakan listrik saja. 

Cara kerjanya dimulai dengan all-electric mode serta berjalan menggunakan energi dari listrik sampai baterai mobil habis. Ada beberapa tipe mobil ini yang dapat beralih ke hybrid mode ketika laju kendaraan pada posisi yang stabil di jalan raya.

Pada umumnya diatas 60 atau 70 mil per jam. Kemudian, jika baterai sudah kosong, mesin akan segera mengambil alih. Mobil listrik akan beroperasi sebagai hybrid non-plug-in konvensional. 

Contoh Mobil dengan Tenaga Listrik

Mobil listrik menjadi primadona bagi masyarakat dan sudah banyak bertebaran jalanan perkotaan. Sebelum beralih ke kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik, simak 2 contoh mobil listrik ini.

  • Mobil Listrik Bermerk BMW iX

Dapur pacu pada BMW merk ini memakai sistem penggerak xDrive 40. Oleh karena itu, mobil listrik ini dibekali dengan baterai Lithium-ion 76,6 kWh.

Dalam segi performa, tipe ini tidak kalah dengan mobil listrik lainnya. Dari proses pengetesan, iX bisa berakselerasi dari 0-100 km per jam. Untuk top speednya bisa berlari sampai pada kecepatan 200 km per jam. 

  • Mobil Listrik Bermerk Lexus UX300e

Tipe Lexus UX300e sangatlah istimewa karena ini merupakan mobil full listrik pertama Lexus untuk dijual di Indonesia. Mobil ini menggunakan jenis baterai Lithium-ion. 

Untuk kapasitasnya mencapai 54.35 kWh. Dalam pengisian baterai sampai full, dibutuhkan waktu antara 5 sampai 6 jam. 

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik
Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik

Tidak hanya mobil konvensional, mobil tenaga listrik juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Adapun kelebihan dan kekurangan dari mobil tenaga listrik dapat dilihat dari segi ramah lingkungan hingga harganya.

  • Kelebihan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik dari Segi Ramah Lingkungan 

Mobil tenaga listrik dianggap sebagai mobil ramah lingkungan. Hal ini bisa disebut sebagai kelebihan karena mesin tidak menghasilkan pembuangan residu emisi CO2 serta CO.

Meskipun begitu, kalian jangan senang terlebih dahulu. Tenaga listrik dari mobil ini dari PLN dan kurang lebih sekitar 35% menggunakan energi fosil seperti solar serta batu bara. 

  • Kelebihan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik dari Segi Ganjil Genap

Ganjil genap merupakan sebuah kebijakan pembatasan kendaraan bernomor plat ganjil genap. Kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik berikutnya dari segi ganjil genap ini. Oleh karena mobil listrik minim polusi, tidak dikenakan kebijakan ganjil genap.

Jika kalian menggunakan mobil listrik ini, secara tidak langsung mendukung program Pemprov DKI dalam upaya mengurangi polusi udara. Pemerintah juga memberikan insentif pada orang perseorangan yang memakai kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Tentu hal ini menjadi suatu kelebihan tersendiri bagi mobil listrik. Namun, kalian perlu menyiapkan uang yang sangat banyak dalam membeli mobil listrik. Harga mobil listrik sangatlah mahal. 

  • Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik dari Segi Perawatan

Perawatan menjadi kegiatan yang wajib dilakukan supaya mobil listrik tidak mengalami kerusakan. Adapun kelebihan kekurangan mobil tenaga listrik dilihat dari segi perawatan.

Dalam segi perawatan, relatif lebih minim. Mobil listrik mempunyai komponen bergerak yang lebih sedikit daripada mobil konvensional. Kekurangan dari segi perawatan adalah harganya. 

We Predict pernah menggelar survei. Hasilnya biaya perawatan mobil bertenaga listrik ini lebih mahal daripada mobil konvensional dalam 3 bulan pertama. 

  • Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik dari Segi Tempat Pengisian 

Tempat pengisian merupakan hal yang sangat penting bagi mobil listrik. Oleh karena itu, pembahasan kelebihan serta kekurangan mobil tenaga listrik berikutnya dari segi tempat pengisian. 

Tempat pengisian ini yang masih sedikit menjadi hambatan terbatas bagi banyak orang untuk membeli mobil tenaga listrik. Hal ini tentunya menjadi kekurangan dari mobil listrik.

Namun, kalian tidak perlu khawatir. Kalian bisa mengisi daya di tempat tinggal. Selain itu, pemerintah melalui PLN juga sedang berupaya dalam mendirikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU. 

  • Kelebihan dan Kekurangan Mobil Tenaga Listrik dari Segi Pengecasan

Saat kalian memutuskan membeli mobil listrik, perlu membangun sebuah kebiasaan yang baru. Kalian perlu mengecas mobil pada malam hari supaya bisa digunakan pada saat pagi atau siang hari. 

Untuk mobil merk Hyundai, dibutuhkan pengecasan sekitar 5 sampai 6 jam. Sedangkan SPKLU mengisi 1 hingga 2 jam. Tentunya durasi ini lebih lama dibanding isi bensin yang hanya membutuhkan waktu 10- 15 menit. 

Karena pengisiannya lama, kalian perlu pintar memanajemen waktu supaya tidak mengganggu jadwal lain yang membutuhkan lokasi di luar ruangan. Dari hal ini, kalian juga bisa sekaligus belajar sabar, konsisten dan pintar manajemen waktu.

Baca juga : Pilihan Mobil yang Cocok untuk Travelling Rame-rame

Mobil tenaga listrik saat ini telah menjadi tren dan menjadi pilihan dikala bahan bakar mahal. Meskipun begitu ada beberapa kelebihan dan kekurangan mobil tenaga listrik yang perlu kalian cermati juga agar tidak menyesal. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here