Mengenal Mobil MINI Clubman, Varian dan Spesifikasinya

0
27
Mobil MINI Clubman
Sumber gambar: tempo.co

Mobil MINI Clubman merupakan jenis mobil yang meskipun harganya mahal dengan bentuk kecil, namun tetap memiliki pasar dan penggemar yang fanatik. Pasalnya, pecinta mobil retro ini tidak hanya membeli karena kebutuhan melainkan juga untuk memanjakan hasratnya.

Baca juga: Mobil Geely Panda Ini Review Jujurnya

Dimana MINI Clubman memiliki model yang unik yang penuh dengan nilai historis. MINI jenis ini berkapasitas lima penumpang serta tersedia dalam 13 pilihan warna. Pada varian terbarunya memiliki ruang kabin lebih leluasa dengan tetap mengusung desain unik khas MINI Cooper.

Selain itu, di desain menggunakan nuansa British yang unik seolah tidak akan pernah ketinggalan jaman dan sangat kompatibel untuk semua jenis kalangan usia. Kemudian dirancang dengan tetap membawa konsep MINI namun lebih berkelas dan mewah.

Ketahui Varian dan Spesifikasi Mobil MINI Clubman Sebelum Membelinya

Mobil MINI Clubman
Sumber Gambar: akamaized.net

Sebelum kalian memutuskan untuk membelinya, harus mengetahui terlebih dahulu secara detail mengenai spesifikasi serta kelebihannya. Berikut spesifikasi dan varian dari mobil MINI Clubman yang perlu diketahui:

MINI Clubman Cooper

Mobil MINI Clubman
Sumber gambar: .jpnn.com

Pada New MINI Clubman Cooper hadir dengan empat pintu samping dan lima kursi. Kemudian ada juga ruang bagasi di bagian belakang yang cukup luas mencapai 360 liter. Ruang bagasi ini dapat diperluas hingga 1.250 liter jika melipat kursi di baris kedua. 

Selanjutnya pada bagian lampu, sudah menggunakan LED baik pada lampu utama, lampu kabut, serta lampu belakang. Pada bagian kaki-kaki, menggunakan velg 17 inch. Kemudian pada bagian mesinnya dibekali 1.500cc tiga silinder dengan torsi maksimum 220 nm pada 1.480-4.100 rpm.

Selain itu, dilengkapi juga teknologi Mini TwinPower Turbo generasi terbaru dan transmisi dual clutch. Bagian interiornya, dibekali sistem audio dengan enam speaker dan soket USB yang dapat memungkinkan kalian untuk streaming audio melalui koneksi Bluetooth.

Terdapat juga fasilitas telepon hands-free dengan antarmuka USB, dan juga Radio MINI Visual Boost termasuk layar sentuh sebesar 6,5 inch. Kemudian ada juga kamera belakang menggunakan sistem Park Distance Control yang dipasang sebagai standar pada semua varian terbarunya.

MINI Clubman Cooper S

Mobil MINI Clubman
Mobil MINI Clubman

Selanjutnya Mobil MINI Clubman Cooper S memiliki tampilan grille berdesain honeycomb dengan tambahan aksen chrome membentang di bagian tengahnya. Kemudian hadir bersama headlamp serta Daytime Running Light LED desain bulat dilapisi bezel berwarna hitam.

Pada bagian bawah bumper depan tersematkan juga fog lamp yang diletakkan pada rumah khusus yang menjorok ke dalam. Selain itu, di bagian kap mesin juga dibekali dengan hood scoop yang mampu membantu untuk menjaga suhu mesin tetap ideal.

Kemudian bagian samping, hadir dengan handle pintu berwarna chrome dan cover rumah spion hadir menggunakan desain baru yang diklaim dapat menambah kesan gagah serta nilai aerodinamika lebih baik. Model ini juga dihiasi over fender dengan akses hitam memanjang dari bagian depan hingga belakang.

Sementara itu, penggunaan velg baru berdesain bendera Union Jack twotone berwarna hitam dan silver berukuran 18 inch berbalut ban R18 224/40 membuatnya terlihat menawan melintasi jalan perkotaan, untuk mengatur spionnya mendapatkan pelipatan otomatis menggunakan penggerak elektris.

Kursi yang digunakan menggunakan bahan kulit dan posisi duduknya sudah bisa di sesuaikan keinginan dengan pengaturan reclining, sliding, serta height adjuster secara elektrik pada kursi bagian pengemudi. Kemudian ruang baris kaki kedua terasa lapang karena dilengkapi tiga headrest dan armrest.

Demi meningkatkan kenyamanan juga ada pendingin udara di kursi baris kedua. Pada bagian konsol tengah ada fitur terbaru wireless charging yang dapat menyesuaikan ukuran ponsel untuk memudahkan kalian saat ingin mengisi daya ponsel.

MINI Clubman John Cooper Works

Mobil MINI Clubman
Mobil MINI Clubman

Mobil MINI Clubman John Cooper Works memiliki fitur desain yang terlihat modern dan dinamis berfungsi untuk optimalkan fitur aerodinamika kendaraan serta desain saluran udaranya. Aksentuasi model eksteriornya termasuk cat kontras merah untuk atap dan tutup spion.

Desain individual untuk scuttles samping dekat lampu isyarat tambahan, dan juga terdapat logo John Cooper Works di grille radiator serta tailgate. Pada lampu depan LED Adaptif dengan teknologi Matrix LED Headlight, lampu belakang, dan body kit aerodinamis juga memberikan tampilan baru.

Memiliki lima kursi di dalamnya serta ruang kaki cukup luas. Selain itu, dilengkapi dengan sistem suara Harman Kardon 360 Watt – 12 speaker, Head-up Display, Bluetooth, Wireless Charging for Mobile Phones, Apple CarPlay serya MINI Navigation System termasuk layar sentuh ukuran 8,8 inch.

Kemudian keamanannya telah dijamin melalui fungsi Park Assist yang secara otomatis mengarahkan kendaraan masuk ke tempat parkir paralel. Fungsinya untuk bagian depan dan belakang adalah mengukur ruang di kedua sisi kendaraan saat di maneuver ke tempatnya. 

MINI Clubman Untold Edition

Mobil MINI Clubman
Mobil MINI Clubman

Mobil MINI Clubman Untold Edition ini menjadi tawaran menggiurkan yang mengusung kelir Midnight Black, menjadikannya lebih unik untuk mobil empat pintu dengan pintu bagasi terpisah. Dibuat kesan keren melalui Sport Stripes disusun paralel melintasi kap mesin hingga atapnya.

Garis tersebut sebagai fitur dari varian Untold Edition. Kemudian di eksterior bagian spion serta door sill trim memberikan sentuhan Refined Brass. Warna tersebut juga akan ditemukan di desain velg 18 inch ber material light alloy. 

Permukaan warna ganda pada velg membawa desain Untold Spoke dengan kombinasi cat Jet Black/Refined Brass yang menjadikannya makin mewah. Dibekali mesin empat silinder berbahan bakar bensin mampu mengerahkan tenaga hingga 178 hp dan mampu melesat 0-100 kpj butuh waktu 7,2 detik.

Adanya bantuan untuk pengemudi adalah Active Guard berfungsi menghindari tabrakan dengan kendaraan di depan atau saat sedang melaju santai di 10-60 kpj, akan melakukan pengereman secara otomatis.

Jika kalian mengaktifkan fitur Active Cruice Control (ACC) akan dibantu kamera sehingga dapat menjaga jarak juga kecepatan dengan kendaraan di depannya. Selain itu, bisa disetel kecepatannya di 30-140 kpj. Dapat memuat barang mulai dari 360 liter hingga 1.250 liter. 

Ketahui Kelebihan dari Mobil MINI Clubman

Mobil MINI Clubman
Mobil MINI Clubman

Pasalnya, mobil MINI Clubman berhasil memikat peminat fanatiknya terutama karena desain eksteriornya yang memiliki kesan kuno namun tetap elegan. Selain itu, tidak hanya mengandalkan desain yang unik tetapi juga memiliki kelebihan yang perlu kalian ketahui sebagai berikut:

Bagian Bagasi Belakang

Mobil MINI Clubman
Mobil MINI Clubman

Pada mobil MINI Clubman memiliki bagasi cukup luas yaitu 360 L. Kapasitas tersebut dapat ditingkatkan menjadi 1.250 L dengan melipat sandaran kunci bagian belakang ke bawah. Fasilitas ini sangatlah cocok untuk berkendara jarak jauh atau liburan bersama keluarga tercinta dengan bawaan yang banyak.

Desain Semakin Unik

Mobil MINI Clubman
Mobil MINI Clubman

Sebagai jenis Cooper, MINI Clubman tetap mempertahankan lampu depan bundar dengan surround chrome sebagai ciri khas pada bagian eksterior bagian depan. Retrofit berkualitas tinggi menghadirkannya sebagai aksesoris original selain scuttle samping dan juga penutup spion eksterior.

Upgrade Fasilitas Kenyamanan 

Mobil MINI Clubman
Mobil MINI Clubman

Selanjutnya pada mobil MINI Clubman telah dibekali sistem keamanan Central Locking serta Power Door Locks. Kemudian adanya alarm mobil, Anti Theft Device dan Engine Immobilizer. Selain itu, untuk memberikan kenyamanan saat berkendara terdapat ventilasi AC belakang dan Automatic Climate Control.

Pada bagian kursinya dilengkapi dengan pengaturan electric seat pada pengemudi dan penumpang depan. Kalian juga dapat mengatur tinggi tempat duduk, posisi longitudinal dan sudut sandarannya. Membuat kalian bebas menentukan posisi nyaman masing-masing.

Untuk fasilitas entertainment telah disediakan streaming audio melalui koneksi Bluetooth, telepon hands-free dengan antarmuka USB dan juga Radio Mini Visual Boost. Terdapat navigasi dengan petunjuk arah suara serta Apple CarPlay memiliki 12 speaker pendukung sebagai penjamin kejernihan suaranya.

Ketahui Harga dari Mobil MINI Clubman 

Mobil MINI Clubman
Mobil MINI Clubman

Mobil MINI Clubman dibanderol dengan harga mulai dari Rp 995 jutaan hingga Rp 1,36 miliar dengan empat varian di atas yang telah dijelaskan. Dapat dikatakan bahwa jenis Clubman adalah jenis mobil MINI yang convenience untuk pemakaian harian baik jarak dekat atau jauh.

Selain itu, juga dapat kalian gunakan untuk perjalanan individual atau hangout bersama teman maupun keluarga. Sehingga, sangat cocok untuk kalian pecinta retro untuk memanjakan hasrat menggunakan mobil mahal sesuai selera.

Baca juga: Mengenal Volkswagen Golf GTI dan Kelebihannya

Dengan varian di atas, kalian dapat mempertimbangkan saat membelinya sesuai kebutuhan dan budget. Dan perlu diketahui untuk mobil MINI Clubman ini membutuhkan biaya perawatan yang lebih mahal. Sehingga perlu kalian pikirkan juga untuk menyiapkan budget perawatannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini