Mobil Listrik Pertama Rolls-Royce yang Rilis di Indonesia

0
67
Mobil Listrik Pertama Rolls-Royce yang Rilis di Indonesia
Mobil Listrik Pertama Rolls-Royce yang Rilis di Indonesia

Perusahaan mobil ternama merilis mobil listrik pertama Rolls-Royce yaitu Spectre Coupe. Roll-Royce memberikan jaminan bahwa Spectre Coupe merupakan kendaraan elektrik paling mewah pertama yang ada di dunia.

Baca juga: 10 Mobil Termurah di Indonesia yang Bisa Jadi Pilihan

Spectre Coupe menjadi salah satu legenda Rolls-Royce karena termasuk kendaraan elektrik luar biasa yang dirancang mode senyap, bertenaga, serta juga menunjukan kesempurnaan untuk beradaptasi dengan elektrifikasi.

Spectre Coupe Mobil Listrik Pertama Rolls-Royce

Spectre Coupe Mobil Listrik Pertama Rolls-Royce
Spectre Coupe Mobil Listrik Pertama Rolls-Royce

Rolls-Royce merupakan produsen mobil yang sangat terkenal berasal dari Inggris, fokus utamanya dari perusahaan adalah memproduksi mesin untuk pesawat dan mobil. Brand ini dikenal sebagai produsen kendaraan roda empat super mewah yang memiliki harga selangit.

Pada tahun 2023, mobil listrik pertama Rolls-Royce rilis yang dinamakan Spectre Coupe. Spectre Coupe dirancang oleh model listrik tidak bersuara, bertenaga serta menunjukan kesempurnaan yang sudah diadaptasi sistem elektrifikasi.

Peluncuran mobil pertama ini menandai babak baru yang cukup berani dari Rolls-Royce sebagai produsen kendaraan mewah dunia. Spectre Coupe menjadi simbol masa depan yang cerah serta kemajuan produsen dalam era serba listrik saat ini.

Spectre sudah mengadopsi sistem kecerdasan terdesentralisasi yang revolusioner sehingga memungkinkan pertukaran informasi terjadi secara bebas dan langsung pada lebih dari 1000 fungsi kendaraan.

Dengan powertrain elektrik serta kecerdasan terdesentralisasi, Spectre menandai dimulainya Rolls-Royce 3.0 sebagai era baru otomotif listrik super mewah.

Indonesia jadi salah satu negara yang paling antusias menyambut Spectre Coupe dan menjadi pasar utama terutama di kawasan Asia Tenggara. 

Yang membuat Spectre Coupe sebagai mobil listrik pertama Rolls-Royce sistem elektrifikasinya tidak mengeluarkan emisi sama sekali alis bebas dari karbon.

Ingin tahu lebih banyak tentang kendaraan elektrik mewah berikut ini pada pembahasan berikutnya kita menjelaskan spesifikasi lengkapnya.

Desain Rolls-Royce Memberikan Kesan Elegan dan Mewah

Desain Rolls-Royce Memberikan Kesan Elegan dan Mewah
Desain Rolls-Royce Memberikan Kesan Elegan dan Mewah

Dikenal sebagai produsen mobil mewah, juga menciptakan desain kesan elegan serta mewah pada mobil listrik pertama Rolls-Royce. Dalam peluncuran Spectre, produsen menciptakan mobil ini untuk masuk kedalam kelas Ultra-Luxury Electric Super-Coupe.

Para desainer mobil merek Spectre berhasil menciptakan desain yang terinspirasi dari dunia yang jauh melampaui otomotif. 

Pada bagian depan lampu depannya terpisah dan berpotongan dengan grill terluas dibandingkan kendaraan Rolls-Royce lainnya. Baling-baling grill pantheon memiliki desain yang halus untuk membantu mengarahkan udara pada bagian depan mobil.

Pada bagian sudut serta lapisan baja mobil listrik pertama Rolls-Royce didesain tahan terhadap karat, dipoles pada grill sehingga akan meningkatkan kendaraan ramah lingkungan. Pada bagian dalam kabin akan memiliki desain yang tradisional. 

Hal ini memang menjadi sangat masuk akal apalagi jika mempertimbangkan pelanggan. Desain tradisional juga akan terlihat pada bagian setir dengan desain tiga palang datar, ventilasi udara bundar dan juga pengontrol iklim fisik. 

Sedangkan pada desain bagian belakang, lampu belakang sengaja dibentuk persegi. Pada bagian bawahnya ada area diffuser yang cukup kompleks. Pemasangan untuk menjadi pengganti karena pipa knalpot tidak ada serta membantu aerodinamika.

Daya baterai mobil ini adalah 120 kwh yang meminjamkan aspek BMW i7, menggunakan platform Architecture of Luxury Rolls-Royce menopang Phantom, Ghost, dan Cullinan. Dengan baterainya akan menciptakan konfigurasi motor listrik paling kuat hingga 600 hp atau 608 PS / 447 kw.

Spesifikasi Mesin Dibekali Tenaga yang Sangar

Spesifikasi Mesin Dibekali Tenaga yang Sangar
Spesifikasi Mesin Dibekali Tenaga yang Sangar

Spectre Coupe memiliki jantung pacu menjadi sektor yang sangat menarik, produsen dikenal memproduksi mobil-mobil mewah dengan tenaga pacu yang sangat. Ciri-ciri ini yang tidak dihilangkan pada mobil listrik pertama Rolls-Royce ini.

Spectre di klaim dapat menghasilkan lebih dari 500 tk serta torsi puncak mencapai 900 Nm. Tenaganya super mewah bisa menempuh jarak mencapai 520 KM. Walaupun ditenagai oleh baterai, Spectre menjadi salah satu mobil yang memiliki tenaga lebih cepat daripada mesin bensin seperti V12 TwinTurbocharger BMW.

Dilengkapi dengan dua separately Excited Synchronous Motors (SSM). Motor listrik pada bagian depan akan menghasilkan 190 kw/365 Nm sedangkan pada motor listrik bagian belakang akan menghasilkan 360 kw/710 Nm.

Performa ini bisa disamakan oleh mesin pembakaran internal 430 kw dengan torsi 900 Nm. Dalam hal akselerasi, Spectre bisa mencapai 0-60 mph dalam 4,4 detik, dalam menetapkan rentang yang sesuai pihak produsen sudah menganalisa sesuai sama kebutuhan para pelanggannya. 

Waktu pengisian daya 10-80% bisa sampai 34 menit saja dengan menggunakan pengisian fast charging 195 kw. Dalam waktu pengisian daya sembilan menit sudah cukup untuk menempuh jarak tempuh hingga 100 km.

Mobil listrik pertama Rolls-Royce juga sudah dilengkapi sama Active Lane Centering serta Adaptive Cruise Control.

Spesifikasi dan Fitur lainnya dari Spectre Coupe Rolls-Royce

Spesifikasi dan Fitur lainnya dari Spectre Coupe Rolls-Royce
Spesifikasi dan Fitur lainnya dari Spectre Coupe Rolls-Royce

Selain memiliki tenaga mesin yang berkelas, mobilnya juga memiliki komponen dan fitur-fitur lainnya yang menambah daya tariknya. Berikut ini spesifikasi serta fitur dari kendaraan elektrik dari Rolls-Royce Spectre Coupe.

Baterai

Spectre menggunakan baterai lithium-ion 102 kwh, menggunakan kobalt dan lithium dari sumber dikontrol secara ketat di Australia, Maroko serta juga Argentina. Setiap sel baterai diproduksi menggunakan 100% listrik sudah ramah lingkungan. 

Regenerative Braking

Pengemudi mobil listrik pertama Rolls-Royce bisa melakukan konfigurasi sendiri dengan menekan tombol bertanda B pada column shifter. Spectre sama fungsi pengereman regeneratifnya memungkinkan bisa berhenti secara total jika diinginkan. 

Digital Engineering

Dengan menggunakan kecerdasan terdesentralisasi, data diproses lebih cepat dan dekat sama sumbernya daripada. Dalam hampir semua kasus, beberapa sub-variabel memperhitungkan variasi iklim, kecepatan gerak, jenis jalan, status kendaraan hingga gaya mengemudi.

Sehingga Spectre bisa merespons pengemudi serta mengetahui perubahan kondisi lebih cepat dibandingkan dengan seri lainnya.

Planar Suspension System

Ketangguhan Spectre lainnya terlihat karena adanya evolusi sistem planar yang diluncurkan seri Ghost sebelumnya. Teknisi menggambarkannya sebagai orkestra yang menggabungkan antara perangkat keras serta kemampuan pemrosesan sama kecepatan tinggi.

Pengendara mobil listrik pertama Rolls-Royce akan merasakan pengalaman luar biasa seperti mengendarai magic carpet. Torsi 30% lebih besar daripada Ghost, pada jalan lurus sistem dapat secara otomatis memisahkan anti roll bar

Kalian bisa merasakan setiap roda bekerja secara independen, dengannya tidak akan ada lagi guncangan yang terjadi saat kendaraan membentur gelombang di jalan. Secara dramatis mengurangi gangguan frekuensi tinggi yang biasanya terjadi karena permukaan lebih kecil dan berulang.

Saat sistem pertama listrik Rolls-Royce mendeteksi tikungan, komponen akan kembali dan mengeraskan peredam. Sistem kemudi juga akan aktif berfungsi untuk memastikan masuk serta keluar mudah.

Fakta-fakta Lainnya tentang Mobil Listrik Pertama Rolls-Royce

Fakta-fakta Lainnya tentang Mobil Listrik Pertama Rolls-Royce
Fakta-fakta Lainnya tentang Mobil Listrik Pertama Rolls-Royce

Dirancang dengan komponen-komponen terbaik dan menciptakan spesifikasi kendaraan luar biasa. Berikut ini fakta-fakta lainnya tentang kendaraan elektrik.

Bersaing Cadillac Celestia

Termasuk ke dalam kelas kendaraan mewah, Rolls-Royce menjadi salah satu pesaing Cadillac Celestia. Jika membandingkannya Cadillac, produsennya memiliki lebih banyak keunggulan. 

Potensi unggul ini terlihat dari potensi unggul serta performa torsi serta jarak tempuhnya. Apalagi Spectre menawarkan tampilan lebih mewah sehingga tidak menutup kemungkinan mobil ini menjadi ancaman Cadillac.

Berbasis Platform Architecture of Luxury

Mobil listrik pertama Rolls-Royce ini menggunakan platform berbasis Architecture of Luxury berbahan alumunium. Rolls-Royce mengklaim memiliki sasis 30% lebih kaku dibandingkan dengan mobil lainnya.

Tetapi yang membuatnya lebih unik adalah baterainya memiliki fungsi tambahan yaitu sebagai peredam suara jalan selain sebagai tempat penyimpanan energi listrik.

Filosofi Nama Spectre

Rolls-Royce memberikan nama kendaraan elektrik dengan merek Spectre. Sebelumnya nama ini juga pernah digunakan pada tahun 1930-an. Sesuai sama tradisi, produk Rolls-Royce biasanya akan menamai setiap seri mobilnya berdasarkan berlian berkualitas permata besar.

Dari mulai Phantom, Ghost, Dawn, Wraith dan masih banyak lagi. Oleh karena itu untuk mempertahankan tradisi ini, produsen juga memilih nama Spectre sebagai inkarnasi masa lalu ke masa kini dalam kendaraan listrik. 

Tidak Hanya Memiliki Bodi Mewah serta Elegan

Rolls-Royce telah membuktikan membuat mobil mewan dan elegan pada kelas kendaraan listrik mewah. Selain itu, kendaraan juga memberikan optimasi aerodinamika lebih ramah angin dan pantheon grille lebih mulus. 

Baca juga: Mengenal Fitur Mazda2 Sedan serta Spesifikasinya

Setelah masuk ke pasar Indonesia mobil listrik pertama Rolls-Royce akan dibanderol dengan harga kira-kira Rp6,4 miliar. Harga ini setara ketika kalian membeli lima unit Toyota Alphard asal Jepang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini