Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau Cukup Banyak Ditemui

0
55
Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau Cukup Banyak Ditemui
Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau Cukup Banyak Ditemui

Mobil listrik dengan harga terjangkau cukup mudah ditemui saat ini. Sudah banyak pabrikan yang merilis produk otomotif ramah lingkungan untuk pasar Indonesia. Berbagai pameran juga sering digelar di banyak event.

Baca Juga: Pilihan Motor Terbaik Patut Dibeli untuk berbagai Keperluan

Kendaraan ramah lingkungan saat ini semakin banyak diproduksi. Sebagai tindak lanjut isu lingkungan yang dibahas di kancah internasional. Salah satunya tinggi emisi karbon di udara akibat penggunaan bahan bakar fosil.

Perusahaan ikon mobil listrik dan menjadi pionir adalah Tesla. Dikenal futuristik dengan sistem autopilot yang melengkapinya mobil produksi perusahaan ini harganya relatif mahal. Ini jadi salah satu kendala masyarakat untuk membelinya.

Tak heran jika kehadiran mobil listrik di dalam negeri dari pabrikan Jepang dan Tiongkok jadi angin segar. Kini masyarakat bisa mendapatkan kendaraan ramah lingkungan, minim polusi dengan harga murah. Berikut rekomendasinya untuk Anda.

Suzuki Wagon R EV

Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau Cukup Banyak Ditemui_Suzuki Wagon R EV
Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau Cukup Banyak Ditemui_Suzuki Wagon R EV

Suzuki Wagon R lebih dulu beredar di pasaran dan sudah mendapat apresiasi positif dari konsumen. Ukurannya yang ringkas cocok untuk konsumen yang memiliki ruang terbatas di rumah.

Akhir tahun 2021 Suzuki seri Wagon R merilis versi terbaru yaitu Wagon R EV yang merupakan mobil listrik dengan harga terjangkau. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 190 jutaan saja. Berikut spesifikasi lengkapnya: 

  • Lampu

Tampilannya futuristik, dilengkapi lampu proyektor kluster terpisah, Lampu LED DRL (Daytime Running Light). Fog Lamp di bagian bemper depan, velg multi spoke berwarna hitam letter U seperti yang digunakan pada Suzuki Ignis. 

  • Sistem Infotainment Touchscreen Smartplay

Bagian interiornya tak kalah canggih. Didukung dengan sistem infotainment touchscreen smartplay. Ada konektifitas Apple carplay serta Android Auto yang memudahkan Anda mengakses Smartphone.

  • Mengisi Daya Sampai 100% Dalam Waktu 7 Jam

Salah satu mobil listrik dengan harga terjangkau ini dapat mengisi daya sampai 100% dalam waktu 7 jam. Lamanya pengisian ini jika menggunakan AC standar. Namun jika Anda menggunakan sumber daya DC bisa terisi 80% hanya dalam 1 jam saja untuk 130 km. 

Namun Anda harus bersabar untuk mendapatkannya. Sebab Suzuki Wagon R EV masih diproduksi dan dipasarkan untuk kebutuhan armada. Untuk penggunaan pribadi masih terus dilakukan pengembangan dan penyempurnaan. 

Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau, Toyota C+Pod

Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau Cukup Banyak Ditemui_Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau, Toyota C+Pod
Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau Cukup Banyak Ditemui_Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau, Toyota C+Pod

Mobil listrik harga terjangkau selanjutnya datang dari pabrikan besar Toyota. Meski masih dipasarkan secara terbatas namun bisa dijadikan referensi saat sudah beredar luas di pasaran. Toyota C+Pod adalah kendaraan berbahan bakar listrik ulta kompak.

Berbasis baterai atau BEV dengan konfigurasi 2 kursi. Memang masih terbatas untuk jumlah penumpang sebab kendaraan ini dirancang untuk penggunaan jarak dekat saja. Masih terbatas untuk konsumen korporat sebagai kendaraan perusahaan.

Kemudian juga untuk komunitas perkotaan dan masyarakat di wilayah pegunungan. Beberapa tempat wisata sudah menggunakan mobil jenis Toyota C+Pod, contoh di Nusa Dua bali. Wilayah lain yang juga menggunakan kendaraan listrik adalah Labuan Bajo, Danau Toba dan Borobudur. 

Ukurannya kompak sangat praktis saat diparkir di ruang sempit. Panjangnya hanya 2.490 mm, lebar 1.290 mm, tinggi 1.550 mm. Karena ukuran mungil ini Toyota C+Pod dapat melewati sudut tajam di jalan sempit. Mobil memiliki radius putar 3,9 meter.

Mobil listrik dengan harga terjangkau keluaran Toyota ini mampu melaju dengan kecepatan 60 km/jam. Dibekali magnet permanent 1RM, dengan daya maksimum 9,2 kW atau sama dengan torsi 56 Nm. Dibekali baterai lithium berkapasitas 51 Ah/177,6 V/9,06 kWh.

Toyota C+Pod dapat diisi menggunakan kabel yang langsung dihubungkan dengan stop kontak. Bisa dilakukan di rumah dalam waktu 16 jam untuk 100v/6A atau 5 jam 200V/16A. Dari hasil pengisian tersebut dapat digunakan menempuh jarak sampai 150 km. 

Kemampuannya menyimpan daya dapat difungsikan sebagai genset di rumah. Toyota C+Pod dibandrol dengan harga jual murah hanya Rp 200 jutaan. Anda harus memiliki salah satu mobil listrik dengan harga terjangkau ini. 

Nissan Kick E Power yang Ramah Lingkungan

Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau Cukup Banyak Ditemui_Nissan Kick E Power yang Ramah Lingkungan
Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau Cukup Banyak Ditemui_Nissan Kick E Power yang Ramah Lingkungan

Tanpa ketinggalan Nissan juga mengeluarkan produk kendaraan ramah lingkungan dan minim emisi karbon. Nissan Kick e-power membawa kolaborasi mesin 3 silinder 12-valve 1.200cc dengan motor listrik EM57 tipe AC3 Synchronous Motor.

Salah satu produsen mobil listrik dengan harga terjangkau ini menghadirkan teknologi hybrid. Namun sensasi berkendara yang ditawarkan layaknya 100% tenaga listrik. Nissan Kick e-power tetap menggunakan mesin bensin.

Mesin tersebut bertanggung jawab sebagai generator inverter. Bekerja untuk menghasilkan tenaga listrik yang menjadi sumber daya baterai Lithium ion 1,57 kwh. Juga menghasilkan motor listrik yang menjadi tenaga penggerak roda.

Tenaga yang dihasilkan dari sumber daya listrik tersebut sebesar 125 Ps pada 4000-8992 rpm. Torsi cukup besar yaitu 260 Nm/500-3008 rpm. Dibekali teknologi canggih One-pedal Operation. Dengan teknologi ini kendaraan dapat berakselerasi serta deselerasi melalui 1 pedal.

Lebih lanjut terdapat Nissan Safety Shield System yang merupakan teknologi Intelligent Forward Collision Warning dan Intelligent Emergency Braking System pertama untuk kelas kendaraan hybrid.

Intelligent Forward Collision Warning berfungsi untuk mendeteksi adanya gerakan mendadak kendaraan di depannya kemudian memberi peringatan pengemudi adanya potensi tabrakan. Sedangkan Intelligent Emergency Braking mengaktifkan pengereman ringan secara otomatis.

Memungkinkan terjadinya pengereman mendadak ketika resiko tabrakan tinggi. Sehingga kendaraan beserta pengemudi aman dari bahaya kecelakaan. Kemudian Intelligent Cruise Control menyebabkan mobil akan menjaga jarak dan kecepatan aman dari kendaraan lain didepannya.

Intelligent Cruise Control tersebut dapat membantu mengurangi kelelahan pengemudi saat perjalanan jauh. Untuk teknologi super canggih tersebut Nissan sebagai mobil listrik dengan harga terjangkau hanya dibanderol Rp 400 jutaan. 

Nissan Leaf yang Lebih Canggih

Nissan tak henti berinovasi dalam kendaraan listrik yang lebih canggih. Terbukti dengan dirilisnya Nissan Leaf ke pasaran. Fiturnya sangat lengkap mulai dari power steering, power window depan belakang, Engine start stop button, Automatic Climate Control, adjustable seat, dan sebagainya.

Fitur hiburan dilengkapi dengan radio, sambungan Bluetooth, soket USB dan layar sentuh. Fitur keselamatan terdiri dari sensor parking, anti lock braking system, Child safety lock, brake assist, crush sensor, engine check warning dan masih banyak lagi. 

Produsen mobil listrik dengan harga terjangkau ini juga menghadirkan fitur keamanan seperti sistem anti pencuri, engine immobilizer, smart access card entry, central locking dan power door locks. 

Dari eksterior tampil sangat atraktif dilengkapi dengan adjustable headlights, defogger kaca belakang, cover velg, antenna elektrik, wiper kaca belakang, voglamp. Dibekali velg alloy dan kaca spion elektrik menambah kepuasan selama berkendara.

Dari sisi interior sangat mewah untuk kelas mobil listrik dengan harga terjangkau. Odometer digital, tachometer, electronic multi tripmeter, jam digital, stir dan jok dilapisi kulit. Bukan hanya canggih namun menjamin kenyamanan pengguna.

Untuk semua fitur modern tersebut Anda cukup membayar mulai dari harga Rp 600 jutaan. Masih terjangkau mengingat kelengkapan fasilitas keamanan, kenyamanan, kemewahan serta hiburan di dalamnya sangat memadai. 

Nissan Leaf adalah mobil listrik dengan harga terjangkau yang cocok untuk keluarga karena memiliki 5 seat. Daya 148 Hp yang dihasilkan murni dari sumber daya listrik. Berdimensi 4480 mm, 17990 mm lebarnya, wheelbase 2700 dan ground clearance 150 mm. 

DFSK Gelora E

Bukan hanya untuk penggunaan pribadi, Anda bisa memanfaatkan kendaraan listrik untuk kebutuhan bisnis atau niaga. DFSK Gelora E adalah salah satu yang menyediakan varian tersebut. Menjadi pelopor kendaraan ramah lingkungan untuk segmen niaga.

Mobil listrik dengan harga terjangkau keluaran pabrikan Tiongkok ini adalah tipe minibus. Selain tidak menimbulkan polusi udara dan suara karena penggunaan tenaga listrik, juga ramah di kantong. 

Biaya operasionalnya sangat terjangkau. Dibekali baterai Lithium berkapasitas 42 kWh yang mampu mengakomodasi perjalanan hingga 300 km. Menariknya lagi, kendaraan dilengkapi fitur fast charging dimana untuk mengisi dari 20-80% hanya perlu waktu 80 menit. 

Sedangkan jika Anda ingin mengisi bahan bakar listrik secara penuh 100% diperlukan waktu 2,5 jam. Torsi tertinggi sebesar 200 Nm untuk daya 40 Hp. Anda bisa mendapatkan kepuasan dari jenis minibus ini hanya seharga Rp 500 jutaan. 

Berukuran panjang 4.500 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 2.000 mm. Cocok untuk Anda yang memiliki bisnis dalam bidang angkutan penumpang atau barang. Cabin lega bisa untuk 11 penumpang, cukup juga untuk membawa permainan.

Baca Juga: Nomor Darurat di Jalan Tol Penting untuk Anda Ketahui

Mengingat tingkat pencemaran udara saat ini semakin tinggi, maka diperlukan peran serta masyarakat untuk menguranginya. Salah satunya adalah mengganti penggunaan bahan bakar listrik. Dan lebih mudah terealisasi jika memanfaatkan rekomendasi mobil listrik dengan harga terjangkau diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here