Mobil China Chery Siap Ramaikan Pasar SUV di Indonesia

0
139
Mobil China Chery Siap Ramaikan Pasar SUV di Indonesia
Mobil China Chery Siap Ramaikan Pasar SUV di Indonesia

Mobil China Chery kembali masuk pasar Indonesia dan ikut meramaikan pasar SUV di tanah air. Kali ini, PT Chery Indonesia hadir dengan persiapan yang lebih baik agar tidak mengulangi kegagalan di tahun-tahun sebelumnya. Kini, langsung 3 seri SUV diluncurkan oleh Chery.

Baca Juga: Nusa Motor Listrik Sport Milik Indonesia Patut Dibanggakan

Persaingan pasar otomotif Indonesia semakin intense dengan di tahun 2022 ini ditandai dengan kehadiran beberapa pabrikan baru di tanah air. Jika dekade lalu praktis hanya brand Jepang yang mendominasi, kini pabrikan China dan Korea Selatan telah semakin bersaing.

Salah satu pabrikan yang masuk ke Indonesia adalah Chery yang pada gelaran IIMS 2022 turut memamerkan kendaraan terbarunya. Namun pasar Indonesia masih bersikap skeptis pada mobil asal China, tetapi ini juga yang membuat Chery merasa tertantang pada kali ini.

Tetapi sekarang tampaknya sudah semakin siap dengan 3 seri yang diluncurkan langsung. PT Chery Indonesia juga tidak lagi ingin gagal lagi di Indonesia sehingga persiapan sudah mereka lakukan sebelum perilisan. Mobil China Chery juga diklaim akan lebih murah harganya.

Pecinta Otomotif Indonesia dan Dunia Pasti Tidak Asing Lagi dengan Pabrikan Otomotif Chery

Dapat kami katakan kalau Chery ini bukan pabrikan yang sembarangan untuk pasar Indonesia. Pecinta otomotif pasti sudah tahu tentang pabrikan ini sebelum kabar tentang kembalinya Chery ke Indonesia menyeruak. Pasalnya, Chery telah pernah di Indonesia 2 kali di sini.

Pertama kali mereka masuk ke Indonesia pada tahun 2006. Tetapi karena minat masyarakat masih menuju pabrikan Jepang, maak Chery harus angkat kaki agar mencegah kerugian lebih lanjut. Ini juga yang membuat persiapan mobil China Chery harus jauh lebih baik.

Saat ini, Chery Indonesia memiliki status yang lebih baik daripada sebelumnya. Nilai jual ini juga yang bisa membuat nama Chery tidak lagi seperti bayangan masyarakat dulu. Kini, Cherry dikenal sebagai exportir mobil penumpang terbaik no. 1 di China selama 19 tahun.

Bahkan sudah banyak gelar yang didapatkan, Gold Award untuk Quality Control Chery serta gelar pribadi untuk unitnya. Misalnya Mobil China Chery Tiggo 8 Pro diberi gelar sebagai Most Innovative Car pada 2020 lalu, Most Popular Chinese SUVdan Most Techy SUV.

Jika sebelumnya brand Chery masih dipandang sebelah mata, salah satu unit yang dihadirkan ke Indonesia ini merupakan mobil SUV yang paling laku di Qatar, yaitu Chery Tiggo 7 Pro. Selain itu, jika Anda berkunjung ke Rusia pasti dimana-mana melihat Chery di jalanan. 

Saat Ini Mobil China Chery Versi CBU, Pabrik Sedang dibangun

Mobil China Chery Siap Ramaikan Pasar SUV di Indonesia_Saat Ini Mobil China Chery Versi CBU, Pabrik Sedang dibangun
Mobil China Chery Siap Ramaikan Pasar SUV di Indonesia_Saat Ini Mobil China Chery Versi CBU, Pabrik Sedang dibangun

Jika Anda memesan mobil Chery pada pameran kemarin atau langsung datang ke showroom resmi Chery, maka yang Anda dapatkan adalah versi CBU atau Complete Built Unit. Unit Anda itu sudah jadi dikirimkan dari exportir dengan pemesan PT Chery Indonesia.

Mobil China Chery ini memiliki banyak jaringan sehingga bisa dari mana saja mereka impor. Tetapi karena Chery ingin meluaskan pasar mereka di Asia, maka Indonesia dipilih sebagai area pemenuhan pasar domestik Indonesia, Asia Tenggara, dan beberapa negara Asia.

Dengan demikian, nantinya harga dari Mobil Chery ini akan lebih murah karena lepas dari pajak impor. Pembangunan akan segera dilakukan, tetapi baru akan selesai pada tahun 2024. Jika terealisasi, maka kemungkinan Mobil Chery sukses di Indonesia juga jauh lebih besar.

Target yang PT Chery Motor Indonesia Harapkan Terhadap Penjualan Mobil China Chery di Indonesia

Dengan adanya pabrik untuk memproduksi mobil untuk kawasan Asia di Indonesia itu, maka target juga sudah dipasang, Chery ingin segera meresmikan 70 hingga 80 showroom dan dealer resmi. Jika semakin mudah mencari dealer, semakin banyak juga calon customer mereka.

Jaringan aftersales ini yang akan membuat orang menghilangkan perspektif buruk pada brand mobil China Chery yang sebelumnya dikeluhkan karena sulit mendapatkan servis purna jual. Dengan demikian, unit yang keren dengan layanan yang baik pasti membuat lebih laku.

Review 3 Mobil China Chery yang dihadirkan

Terdapat 3 tipe Mobil China ini yang dihadirkan ke Indonesia untuk fase pertama. Saat ini, PT Chery Indonesia baru mendatangkan 3 seri SUV ke tanah air dan mereka klaim ini merupakan hasil riset mereka selama ini. Dan benar saja, respon yang diberikan juga sudah positif.

Mobil China Chery ini ada yang Tiggo 4 Pro, 7 Pro, dan juga 8 Pro. Semuanya masuk ke pasar yang memiliki persaingan, sehingga kompetitor itu juga sedikit terkejut dengan pemain baru. Adapun review atau ulasan kami mengenai 3 SUV dari Chery ini ada di bawah ini:

  • Chery Tiggo 4 Pro – Sekitar 250 hingga 300 juta

Chery Tiggo 4 Pro merupakan seri SUV yang berada di kelas Small SUV. Adapun mobil lain di pasar Small SUV ini adalah seperti Honda HR-V yang baru diluncurkan versi barunya, KIA Seltos, Hyundai Creta, dan juga saingannya dari China ada MG ZS.

Melihat saingan mobil China Chery ini, maka cukup sulit melihat HR-V yang selalu menjadi raja di segmen ini. Tetapi fitur yang ditawarkan bisa menjadi nilai unggulnya. SUV ini support apple Carplay dan Android Auto dengan interior yang mewah.

Memang masih belum ada sistem ADAS, tetapi sudah ada Cruise Control dan Speed Limit. Ada juga sunroof di bagian belakang sehingga sesuai dengan selera pasar tanah air. Kapasitas mesinnya adalah 1500 cc dengan Output hingga 111 hp.

  • Chery Tiggo 7 Pro – Sekitar 350 Juta

Chery Tiggo 7 Pro ini merupakan mobil terlaku dan salah satu yang terbaik di Qatar. Dan tentu saja ekspektasi Anda meningkat karena pemain di kelasnya adalah Mazda CX-3, Wuling Almaz, dan MG HS. Apakah peluang sukses Tiggo 7 Pro cukup besar?

Memang cukup berat, tetapi nilai jual utamanya ada pada Panoramic Sunroof yang panjang dengan interior yang spacy. AC sudah dual zone dan di atasnya ada head unit 10,25 inci yang support Apple Carplay, Android Auto dan Speech Recognition.

Selain itu, mobil China Chery ini memiliki fitur seperti kamera 360 dengan electric shift gear. Memang masih belum ada Adaptive Cruise Control, hanya Cruise Control biasa. Tetapi mesin 1500 CC Turbo ini menghasilkan output 155 hp dan torsi 230 NM.

  • Chery Tiggo 8 Pro – Sekitar 500 Juta

Pasar yang didominasi oleh Medium SUV seperti Pajero Sport dan Fortuner ini juga berani Chery masukkan. Kini lewat mobil Tiggo 8 Pro yang diklaim memiliki eksterior paling cantik dan teknologi yang paling canggih dengan interior yang sangat keren.

Modern tetapi sangar pas menggambarkan mobil China Chery dengan kapasitas mesin 1600 cc ini. Headunit yang disematkan pada mobil ini sudah berukuran 12.3 inci dan tentu saja entertainment system merupakan yang paling unggul di kelasnya.

Tiggo 8 Pro ini sudah memiliki safety level paling baik dengan EPB dan Auto Hold pada sistem pengeremannya. Tiggo 8 Pro ini merupakan yang diharapkan di pasar Indonesia karena fiturnya sangat unggul dengan harga yang sangat bersaing di segmennya.

  • Chery QQ – di bawah 100 Juta

Memang sebelumnya kami mengatakan kalau mobil China Chery baru kenalkan 3 seri SUV unggulannya secara langsung. Tetapi PT Chery Indonesia juga sudah kenalkan 1 lagi mobil yang sangat menarik, yaitu Chery QQ Ice Cream dengan mesin listrik.

PT Chery Indonesia menjelaskan kalau pabrikan ini sedang fokus untuk mobil listrik di Indonesia juga sehingga Chery QQ ini bisa jadi yang akan mereka datangkan. Dan lewat statement dari internal Chery, mobil ini akan segera dirakit di pabrik tanah air.

Tetapi jika ada konsumen yang ingin mendapatkan mobil ini segera, maka PT Chery menawarkan paket CBU dari China. Mobil listrik lucu ini sangat pas untuk memenuhi kebutuhan dalam kota sehingga jika ingin bisa langsung pesan lewat Chery.

Peluang Mobil China Chery Sukses di Indonesia

Mobil China Chery Siap Ramaikan Pasar SUV di Indonesia_Peluang Mobil China Chery Sukses di IndonesiaPeluang Mobil China Chery Sukses di Indonesia
Mobil China Chery Siap Ramaikan Pasar SUV di Indonesia_Peluang Mobil China Chery Sukses di Indonesia

Lantas, jika kita melihat seluruh penawaran dari PT Chery Indonesia, seberapa besar pastinya peluang pabrikan ini sukses di tanah air? Kami rasa tahun ini sangat pas untuk menjadi momentum Chery karena minat masyarakat sudah lebih bervariasi.

Apalagi pendapat masyarakat Indonesia kepada pabrikan Jepang adalah brand overprice. Dengan Chery memasarkan produk di bawah harga pasaran, maka peluangnya juga semakin besar. Apalagi mereka mengatakan kalau sudah ada riset sebelum perilisan mobil.

Baca Juga: Daftar Harga Toyota All New Avanza dan Spesifikasinya

Siapa di sini yang sangat siap untuk mengambil 1 unit atau lebih dari PT Chery Indonesia. Ada 3 tipe yang bisa Anda pesan sekarang, dan ditambah satu unit opsional. Peluang sukses mobil China Chery di Indonesia diyakini semakin besar karena seri yang ditawarkan menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here