Hyundai Creta, Mobil SUV dengan 4 Varian Lebih Oke dari HR-V

0
60
Hyundai Creta, Mobil SUV dengan 4 Varian Lebih Oke dari HR-V
Hyundai Creta, Mobil SUV dengan 4 Varian Lebih Oke dari HR-V

Mobil SUV Hyundai Creta merupakan terbitan dari PT. Hyundai Motor Indonesia yang baru saja diluncurkan. Kehadirannya diklaim mampu mengalahkan Honda HR-V jika dilihat dari segi spesifikasinya.

Baca Juga: Harga Spion Winglet Buat Yamaha R15 dkk dan Cara Memasangnya

Mobil yang dibanderol pada kisaran harga Rp. 270 jutaan ini merupakan SUV keempat setelah varian Santa Fe, Palisade, serta Kona EV. Bertemakan Spotlight in in Motion, Hyundai Creta dirancang dengan tampilan unik.

Hal inilah yang membuatnya banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Ditambah lagi ada fitur keselamatan standar, performanya bagus, desain interior maupun eksteriornya terbilang cukup moderin dibandingkan model SUV lainnya.

Mengulas Spesifikasi Hyundai Creta

Membahas tentang desain, tentunya setiap orang memiliki seleranya masing – masing. Namun jika mengenai mobil SUV, Hyundai Creta memiliki daya tarik sendiri, sehingga membuatnya lebih menarik daripada jenis SUV lainnya.

  • Desain Interior

Pertama, dari segi interiornya, sebenarnya Hyundai Creta tidak jauh berbeda dari mobil – mobil pada umumnya. Bagian tengah konsol sampai head unitnya dibuat menonjol, sedangkan lingkar kemudinya seperti D-Cut steering wheel.

Sehingga membuatnya tampak lebih sporty. Ada fitur menarik lainnya, yaitu speedometer fill TFT ukuran 10,25 inci. Sementara head unit canggihnya memiliki ukuran 8 inci, lalu ada sistem audio buatan, yaitu BOSE sound system.

  • Desain Eksterior

Mengusung tampilan layaknya Hyundai Tucson di luar negeri, eksterior Hyundai Creta memiliki fascia depan paling mencolok. Lampu depannya menyatu dengan gril, sehingga saat DRL (Daytime Running Lights) mati, maka tampak seperti grille besar.

Desain ini diberi nama Parametric Dynamic, yaitu grill serta lampu DRL bentuknya seperti jajar genjang 3D. Alhasil, bagian depan mobil seperti dipenuhi oleh permata yang diberi istilah Parametric Jewel.

Bagian sisi sampingnya diberi tarikan garis tegas dengan penggunaan pelek 17 inci two tone bermotif diamond cut alloy. Terdapat LED bar yang mengelilingi lampu utama, sehingga disebut sebagai Boomerang Type Rear Lights. 

  • Performa dan Fitur Safety

Berikutnya adalah bagian performa serta fitur savety atau keselamatannya. Dilengkapi dengan Hyundai Smart Sense, tipe Creta ini mencakup berbagai perangkat canggih untuk membantu pengemudi dan meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Ditambah lagi ada fitur Adaptive Cruise Control yang membuatnya tidak ditemukan pada varian mobil SUV mahal sekalipun. Kapasitas mesinnya 1.500 cc naturally aspirated, semburan tenaga 115 PS dan torsi maksimum 143,8 Nm.

  • Harga Hyundai Creta

Untuk harga dari Hyundai Creta, bisa dibilang lebih murah Rp. 15 juta daripada Honda HR-V. Klasifikasi rentang harganya terdiri dari 6 kelompok, yaitu sebagai berikut:

  1. Creta Active 6M/T Rp. 279.000.000
  2. Creta Trend 6M/T Rp. 299.000.000
  3. Creta Trend IVT Rp. 319.000.000
  4. Creta Style IVT Rp. 359.000.000
  5. Creta Prime IVT Rp. 397.000.000
  6. Creta Prime IVT Two Tone Roof Rp. 399.000.000

Kelebihan Mobil Hyundai Creta dari SUV Lainnya

Hyundai Creta, Mobil SUV dengan 4 Varian Lebih Oke dari HR-V_Kelebihan Mobil Hyundai Creta dari SUV Lainnya
Hyundai Creta, Mobil SUV dengan 4 Varian Lebih Oke dari HR-V_Kelebihan Mobil Hyundai Creta dari SUV Lainnya

Sebagai SUV compact, Hyundai Creta mampu mengalahkan posisi HR-V sebagai penguasanya. Potensi yang dimiliki Hyundai Creta sendiri lebih unggul daripada Honda. Oleh sebab itu, kelebihan pada tiap varian Creta semakin dilirik masyarakat.

Dibekali dengan teknologi canggih serta memaksimalkan performa juga tampilannya, Hyundai SUV ini memiliki banyak keunggulan. Walaupun memiliki 4 varian, seluruhnya tetap dibekali kecanggihan teknologi, hanya berbeda dari porsinya saja.

Bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh sebelum membeli varian Hyundai Creta, berikut ini adalah kelebihan Creta daripada jenis SUV lain.

  • Material Interiornya Lebih Baik dari HR-V

Untuk bahan material untuk interiornya, Hyundai Creta menggunakan bahan kombinasi leather dan soft touch. Kapasitas bagasi belakangnya mencapai 416 liter, ada ambient mood lamp, serta panoramic sunroof.

  • Hanya Memiliki 1 Mesin

Mesin yang dipakai adalah Smartstream G1.5 dengan hasil tenaga 115 PS pada 6.300 rpm. Mesin ini dikombinasikan transmisi IVT (Intelligent Variable Transmission), lalu ada pilihan transmisi manual sebanyak 6 percepatan.

  • Dilengkapi Fitur Smart Sense

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, beberapa fitur Smart Sense dalam tipe Creta antara lain Forward Collision Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Lane Keeping & Lane Following Assist (LKA & LFA).

Lalu Hyundai Creta juga mengusung fitur Driver Attention Warning (DAW), Driver Rear View Monitor (DRVM), Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), Safe Exit Warning (SEW), High Beam Assist (HBA).

Kemudian ada Rear Occupant Alert (ROA), Hill-start Assist Control (HAC), Emergency Stop Signal (ESS), serta Vehicle Stability Management (VSM)

4 Varian Creta yang Dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan

Hyundai Creta sendiri masih terbagi lagi menjadi 4 varian yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan saat perjalanan. Keempatnya memiliki keunggulannya masing – masing, sehingga harganya pun berbeda.

Namun seluruh tersebut sama – sama telah dilengkapi konektivitas Hyundai Blue Link, yaitu platform yang memudahkan pengecekan informasi penting tentang mobil tersebut. Jadi Anda akan tetap terhubung bersama Call Center Hyundai 7 x 24 jam.

  • Hyundai Creta Active

Varian Creta Active ini telah dibekali fitur safety seperti Hill Start Assist, Electronic Stability Control, Pengereman ABS, sampai Speed Sensing Auto Door Lock. Namun Active cukup menawarkan 1 pilihan transmisi manual saja tanpa dukungan Active Sense.

Active menggunakan mesin Smartstream 1,5 liter 4 cylinder. Dengan begitu, dapat menghasilkan tenaga 115 PS saat 6300 rpm.

  • Hyundai Creta Trend

Spesifikasi varian Hyundai Creta Trend juga tidak jauh berbeda dari tipe Active. Namun ditambah dukungan fitur Driver Rear View Monitor serta Hyundai Blue Link, yaitu koneksi antara smartphone ke layar hiburan.

Anda dapat mengubah ataupun menyematkan beberapa fitur tambahan, misalnya lampu LED atau Smart Sense lebih lengkap lainnya. Jika ingin mendapatkan kelebihan ini, maka siapkan dana tambahan di atas Rp. 319 juta.

  • Hyundai Creta Style

Varian Hyundai Creta berikutnya yaitu Style dengan fitur jauh lebih lengkap, salah satunya adalah menggunakan layar cluster meter ukuran 10,25 inci TFT LCD. Desain interior varian Style ini juga jauh lebih mewah.

Fitur Smart Sensenya juga sangat lengkap. Pada bagian mesinnya memiliki pilihan transmisi otomatis, yaitu IVT beserta 4 mode berkendara. Di antaranya adalah Eco, Smart, Comfort, sampai Sport.

  • Hyundai Creta Prime

Terakhir, adalah varian Hyundai Creta Prime, di mana fiturnya beserta tampilannya jauh lebih lengkap daripada 3 varian sebelumnya. Yang menjadi perbedaannya adalah adanya fitur Hyundai Smartsense sebanyak 10 menu berbeda,

Anda dapat menggunakan panoramic roof, posisinya membentang sampai ke bagian penumpang baris kedua, sehingga tampak mewah. Untuk varian Prime ini disediakan 2 pilihan warna, yaitu biasa atau konsep Two Tone.

Pajak Tahunan Hyundai Tipe Creta Active MT

Hyundai Creta, Mobil SUV dengan 4 Varian Lebih Oke dari HR-V_Pajak Tahunan Hyundai Tipe Creta Active MT
Hyundai Creta, Mobil SUV dengan 4 Varian Lebih Oke dari HR-V_Pajak Tahunan Hyundai Tipe Creta Active MT

Ketika memiliki sebuah kendaraan, maka pemiliknya harus siap dengan adanya PKB (Pajak Kendaraan Bermotor). Pembayaran PKB dilakukan setelah satu tahun pemakaian, karena untuk PKB pertama sudah ikut bersama pembelian harga kendaraan.

Lalu berapa harga pajak pada varian Hyundai Creta? Kali ini kami akan membahas versi Creta Active MT, yaitu versi SUV Creta paling murah di antara varian lainnya.

Dengan begitu, dapat dijadikan patokan bagi varian Creta lainnya. Berdasarkan NKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor), maka dikalikan faktor bobot 1,05, kemudian untuk pajak mobil pertama sebesar 2%.

Sehingga pajak tahunannya menjadi Rp. 4.137.000. Namun perlu diketahui, bahwa nilai tersebut masih belum termasuk SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, yaitu sebesar Rp. 143.000.

Dilansir dari beberapa sumber, maka dapat disimpulkan bahwa pajak Hyundai Creta Active MT di daerah Ibukota Jakarta mencapai:

  1. PKB Rp. 4.137.000 per tahun
  2. Pajak SWDKLLJ Rp. 143.000
  3. ADM STNK Rp. 200.000
  4. ADM Nopol Rp. 100.000.

Sementara untuk varian Hyundai Creta Prime IVT dengan harga paling mahal, yaitu Rp. 399.000.000 juga memiliki patokan harga pajak. Dengan NJKB sebesar Rp. 254.000.000, maka berikut adalah pajaknya:

  1. PKB Rp. 5.334.000 per tahun
  2. Pajak SWDKLLJ Rp. 143.000

Harga pajak di atas dapat Anda jadikan pertimbangan dalam memilih varian SUV dari Hyundai Creta. Informasi tersebut merupakan gambaran akurat, namun tidak semua Hyundai Creta pada setiap daerah memiliki pajak yang sama.

Baca Juga: Penyebab Turun Mesin pada Motor, Berikut Penjelasannya

Hal ini ditentukan dari beberapa faktor yang mempengaruhi harga pajak setiap daerahnya. Maka dari itu, jika Anda siap membeli varian Creta, maka juga harus siap dengan kewajiban membayar pajak Hyundai Creta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here