Honda ZR-V Terbaru Siap Dirilis, Ini Spesifikasinya

0
82
Honda ZR-V Terbaru Siap Dirilis, Ini Spesifikasinya
Honda ZR-V Terbaru Siap Dirilis, Ini Spesifikasinya

Kabar baik bagi para pecinta otomotif karena Honda ZR-V digadang-gadang akan segera meramaikan pasar Indonesia. Setelah sekian lama menunggu, akhirnya mobil terbaru dari pabrikan Honda siap dilepas di pasaran.

Baca Juga: Tampilan Baru Daihatsu Sirion Ternyata Cukup Unik

Mobil kelas SUV Compact saat ini memang tengah populer di masyarakat. Mobil SUV akan tetapi dengan dimensi yang lebih kecil ini dianggap mampu memberikan kenyamanan layaknya mobil keluarga akan tetapi tetap memiliki tenaga dan desain sporty serta modern.

Kabar kemunculan mobil ZR-V dari Honda ini sebenarnya sudah mulai meruak sejak tahun 2021 silam. Akan tetapi hingga saat ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) belum memastikan kapan mobil SUV mini tersebut akan secara resmi dirilis.

Honda ZR-V digadang akan menjadi penerus dari varian Honda CR-V dan WR-V. Tidak hanya itu, ZR-V juga digadang akan menjadi pesaing berat untuk Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Hal ini pastinya akan semakin meramaikan pasar SUV compact dimana memang tengah diminati oleh masyarakat.

Berdasarkan kabar yang beredar, adik dari Honda HR-V ini akan diperkenalkan secara resmi pada moment GIIAS 2021. Meskipun begitu, belum jelas secara pasti apakah Honda akan memperkenalkan ZR-V secara langsung atau tidak pada moment tersebut.

Kombinasi dari Honda BR-V 2022 dan HR-V

Honda ZR-V Terbaru Siap Dirilis, Ini Spesifikasinya_Kombinasi dari Honda BR-V 2022 dan HR-V
Honda ZR-V Terbaru Siap Dirilis, Ini Spesifikasinya_Kombinasi dari Honda BR-V 2022 dan HR-V

Mobil ZR-V merupakan kendaraan SUV akan tetapi dengan ukuran yang cukup kecil. Mobil ini mampu menampung lima penumpan, sama dengan SUV varian sebelumnya yaitu HR-V. Secara desain, mobil ZR-V ini juga diyakini merupakan kombinasi antara BR-V dan HR-V.

Dilihat dari desain yang diungkapkan oleh sang seniman digital, ZR-V sepertinya terinspirasi dari desain All New BRV akan tetapi ada sentuhan desain Honda HR-V. Hal ini karena ZR-V memang digadang akan menjadi adik kandung dari Honda HR-V.

Dari eksteriornya, Honda ZR-V sepertinya akan memiliki bentuk gril depan yang dibuat tegas dan tegak dengan nuansa hitam seperti pada Honda BR-V. Akan tetapi ditambahkan dengan aksen bilah-bilah horizontal yang akan memberikan kesan lebih tegas pada mobil tersebut.

Sedangkan untuk bagian bumper, mobil SUV mini keluaran terbaru dari Honda ini dibuat dengan mini lekukan akan tetapi siluet desainnya justru terlihat lebih kokoh. Pada bagian fog lamp housing, terdapat sirip-sirip aksen yang serasi dengan bagian gril.

Untuk bagian samping, mobil ini memiliki overfender. Sedangkan bagian atap terdapat roof rail sebagai salah satu ciri khas dari kendaraan jenis SUV. Desain ini mampu mewakili kesan modern akan tetapi tetap sporty dan stylish.

Spesifikasi Honda ZR-V Terbaru 2022

Honda ZR-V Terbaru Siap Dirilis, Ini Spesifikasinya_Spesifikasi Honda ZR-V Terbaru 2022
Honda ZR-V Terbaru Siap Dirilis, Ini Spesifikasinya_Spesifikasi Honda ZR-V Terbaru 2022Honda ZR-V Terbaru Siap Dirilis, Ini Spesifikasinya_Spesifikasi Honda ZR-V Terbaru 2022

Mobil ZR-V memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan kakak kandungnya, yaitu Honda HR-V. Hal ini karena Honda memang merancang ZR-V sebagai generasi penerus dari BR-V dan HR-V sehingga tidak akan menghilangkan ciri khasnya.

Untuk lebih jelasnya tentang spesifikasi dari Honda SUV ZR-V ini, simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

  • Mesin dan Performa

Untuk performanya, mobil ini akan menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter. Mesin tersebut akan menggunakan teknologi Double Over Head Camshaft (DOHC) VTEC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 121 PS dalam 6.600 rpm dengan torsi maksimum mencapai 145 NM pada 4300 rpm.

Honda ZR-V juga akan menggunakan transmisi CVT atau manual dengan 5 percepatan. Hal ini pastinya bisa menjadi opsi menarik untuk Anda yang tengah mencari kendaraan kelas SUV akan tetapi dengan ukuran mungil.

  • Tampilan Eksterior Honda ZR-V

Mobil ZR-V sepertinya akan memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan Honda HR-V. Desain mobil ini terlihat lebih sporty dan maskulin dengan adanya panel front grille yang lebih lebar dan tebal sebagai latar dari Logo Honda. 

Tidak hanya itu, mobil ZR-V keluaran terbaru ini juga memiliki garis body yang lebih tegas sehingga memberikan kesan SUV yang modern dan aerodinamis. Sedangkan pada sistem penerangannya, akan menggunakan full LED Light dan fog lamp dengan desain LED Strips.

Pada bagian samping mobil ini terdapat guratan tegas yang memanjang dari bagian tengah dan fender dengan ukuran cukup besar. Hal ini semakin menambah kesan maskulin pada mobil ZR-V terbaru tersebut.

Untuk bagian roba, ZR-V menggunakan velg Two Tone 5 Spoke yang berukuran 17 inci. Sedangkan untuk bagian belakangnya menghadirkan List Krom memanjang yang terhubung dengan kedua lampu LED sehingga menampilkan kesan yang lebih mewah

  • Tampilan Interior ZR-V

Honda ZR-V memiliki kabin dengan dominasi warna hitam yang memberikan kesan minimalis dan modern. Dalam kabin dengan two tone interior ini juga terdapat audio touchscreen yang kompatibel dengan berbagai format media mulai dari AM/FM radio, iPod/iPhone, MP3/WMA, Android via port USB, AUX dan juga Bluetooth and Smartphone Connection.

Pada sisi kenyamanan, mobil ZR-V terbaru menggunakan kursi dengan material kulit berkualitas pada kursi pengemudi maupun penumpang. Tidak hanya itu, kursi juga dibekali dengan fitur back rest serta ada pula pengaturan kursi. 

Hadirnya fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan posisi duduk yang lebih stabil dan nyaman sesuai dengan postur tubuhnya. Semakin nyaman dengan penggunaan setir palang yang akan memudahkan penggunanya.

  • Fitur Keamanan dan Kenyamanan 

Honda ZR-V digadang-gadang akan memiliki fitur yang tidak kalah canggih dari Honda HRV termasuk untuk fitur keamanannya. Sama seperti Honda HR-V, ZR-V juga akan dibekali dengan dual SRS airbag.

Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur electronic parking brake yang berguna untuk membantu pengereman saat parkir. Ada pula fitur auto brake hold yang berguna untuk menahan rem secara maksimal saat berhenti di jalanan yang menanjak atau menurun.

ZR-V juga dibekali dengan fitur emergency stop signal (ESS) dimana mobil akan menyalakan lampu hazard secara otomatis berupa kedipan saat ada peringatan jika terdapat mobil di belakang. Fitur ini akan berfungsi saat kamu melakukan pengereman mendadak ketika tengah melaju dalam kecepatan tinggi.

Sama seperti yang ada di Honda HR-V, mobil SUV mungil ini juga dihadirkan dengan fitur Hill Start Assist yang memungkinkan kendaraan memiliki akselerasi baik ketika melintas di jalan yang menanjak. 

  • Dimensi dan Bahan Bakar

Honda ZR-V termasuk dalam kelas mobil SUV akan tetapi dengan ukuran yang lebih mungil. Mobil ini memiliki dimensi yang tidak jauh berbeda dengan Daihatsu Rocky. Lebih jelasnya tentang dimensi ZR-V ini berikut rinciannya :

Dimensi mobil ZR-V :

  1. Panjang : 4100 mm
  2. Lebar : 1695 mm
  3. Tinggi : 1600 mm

Mobil Honda varian ZR-V ini menggunakan mesin i-VTEC dengan kapasitas 1.5 liter. Hal ini memungkinkan ZR-V memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup  irit dan juga lebih efisien dengan kapasitas tangki mesin sebesar 40 liter.

  • Harga ZR-V

Mobil ZR-V diprediksi memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan Honda HR-V. Jika saat ini Honda ZR-V dibanderol dengan harga Rp 306 jutaan, maka ZR-V pasti dijual di bawah Rp 300 juta. Dengan spesifikasi yang ditawarkan, mobil ini cocok untuk kaum milenial.

Honda ZR-V Siap Melawan Rocky dan Raize

Honda ZR-V Terbaru Siap Dirilis, Ini Spesifikasinya_Honda ZR-V Siap Melawan Rocky dan Raize
Honda ZR-V Terbaru Siap Dirilis, Ini Spesifikasinya_Honda ZR-V Siap Melawan Rocky dan Raize

Secara dimensi dan spesifikasi, ZR-V sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Hal inilah yang membuat adik dari Honda HR-V ini digadang akan menjadi saingan berat bagi kedua jenis SUV tersebut.

Sebelumnya Rocky dan Raize termasuk dalam jenis mobil yang memiliki penjualan cukup tinggi untuk kelas mobil SUV mungil. Dengan harga cukup terjangkau dan fitur yang ditawarkan, mobil berhasil mencuri perhatian banyak orang.

Mobil ZR-V menggunakan mesin yang hampir sama dengan Rocky dan Raize sehingga performanya mungkin tidak akan jauh berbeda. Dengan mengandalkan mesin 1.5 Liter mobil ini mampu memberikan performa maksimal akan tetapi dengan konsumsi bahan bakar yang cukup irit.

Saat ini Honda ZR-V telah didaftarkan oleh HPM. Akan tetapi dari informasi yang beredar, mobil ini akan lebih dulu dirilis di India. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa mobil ini juga akan segera di rilis di Indonesia.

Berdasarkan informasi dari berbagai media, mobil ZR-V akan dirilis pada moment GIIAS 2021 ini. Hal tersebut sekaligus akan menjawab rasa penasaran para pecinta otomotif akan tampang dan spesifikasi resmi dari mobil SUV mungil ini.

Baca Juga: Pilihan Mobil SUV Terbaik dengan Kualitas Terbaik

Untuk Anda yang membutuhkan mobil SUV akan tetapi dimensi mungil, Honda ZR-V ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain memiliki performa yang handal, mobil ini juga dibanderol dengan harga terjangkau sehingga cocok untuk semua kalangan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here