Daftar Harga Toyota All New Avanza dan Spesifikasinya

0
496
Daftar Harga Toyota All New Avanza dan Spesifikasinya
Daftar Harga Toyota All New Avanza dan Spesifikasinya

Siapa yang kepikiran untuk mengambil satu unit Toyota All New Avanza di tahun ini? Sebelum Anda pergi ke showroom dan memberikan dana untuk pembelian, sebaiknya tahu dulu apa saja yang penting diketahui. Apalagi kompetitor di kelas Medium MPV sudah banyak.

Baca Juga:Bengkel Terbaik untuk Sparepart Mobil yang Berkualitas

Mobil sejuta umat, julukan ini sangat pas untuk ditujukan kepada Toyota Avanza. Sejak tahun 2003, mobil ini selalu menjadi pilihan utama keluarga di Indonesia. Tidak heran jika setiap peluncuran versi terbaru Avanza, pasti langsung banyak yang ingin tahu dan meliputnya.

Di tahun ke-19 ini, Avanza sudah berulang kali mengalami perubahan model dan pembaruan fitur yang esensial. Generasi pertama diluncurkan tahun 2003 dan langsung mendapat sambutan luar biasa hingga Toyota meluncurkan versi facelift pada 2008 dan juga 2009.

Penyegaran itu juga merupakan persiapan untuk versi ke-2 pada tahun 2011 yang bertahan hingga 2014. Generasi dengan penyegaran body, wajah, dan fitur utama muncul t pada 2015 hingga akhir 2021. Hingga kini sudah ada versi terbaru yang total penjualannya luar biasa.

Spesifikasi Toyota All New Avanza

Yang perlu Anda ketahui tentang versi All New Avanza yang diperkenalkan akhir 2021 dan mulai dipasarkan pada tahun 2022 ini adalah soal spesifikasinya. Tentang nilai jual unggulan Avanza ketimbang versi sebelumnya. Beberapa spesifikasi utama yang ditawarkan, yaitu:

  • Fitur Kenyamanan

Dalam hal kenyamanan, Avanza selalu dikenal sebagai salah satu mobil keluarga di segmen MPV yang paling nyaman. Ini juga yang disambung oleh versi Toyota All New Avanza 2022 yang menawarkan suspensi Macpherson Strut untuk sasis depan.

Sedangkan di sasis mobil belakang, suspensi yang digunakan sudah Torsion Beam. Dengan mobil yang dimensinya panjang membuat ruang kaki pas untuk 7 penumpang. Dalam hal ruang kepala, setidaknya penumpang di bawah 170 cm bisa nyaman.

AC juga lengkap dengan power outlet masing-masing row. Soal kenyamanan kursi Toyota All New Avanza, dapat kami bilang sesuai kelasnya. Tetapi posisi duduk ketika berkendara tidak perlu diragukan karena bisa sudah adjustable semua arah.

  • Aksesibilitas Hiburan dan Komunikasi

Sebagai sebuah mobil keluarga, maka peruntukannya juga tidak jauh dari hiburan. Sungguh sayang karena Head Unit yang Toyota sematkan untuk Avanza belum support Apple Carplay ataupun Android Auto, dan hanya tersedia konektivitas Bluetooth.

Speaker sudah ada 6, 2 di belakang, 2 disisi kursi tengah, dan 2 lagi di bagian depan. Untuk memanfaatkan speaker ini bisa menggunakan CD, Audio 2 DIN, USB, Radio AM dan FM, dan juga bluetooth. Disini bisa jadi kelemahan Toyota All New Avanza.

  • Keselamatan

Dalam fitur keselamatan, Anda harus melirik versi yang paling tingginya saja jika ingin safety level yang paling tinggi. Sudah tersedia rem ABS dengan Brake Assist dan EBD (Electronic Brake Distribution). Untuk membantu parkir juga ada sensor parkirnya.

Versi TSS atau Toyota Safety Sense pada Toyota All New Avanza menawarkan berbagai support dalam hal safety. Ada Crash Sensor yang membantu rem otomatis dengan lane departure warning agar pengendara tidak melewati garis jalan raya.

  • Keamanan

Sedari awal memasang mobil Avanza, pembeli akan mendapatkan bonus Kaca Film untuk membuat visibilitas ke dalam mobil dibatasi. Tetapi jika ada pencuri memaksa masuk, sudah ada Alarm Mobil dan Anti Theft Device yang membuat lebih aman.

  • Mesin

Menarik untuk membahas mesin dari Toyota All New Avanza, apalagi ini merupakan mobil yang dikenal akan reliabilitas atau ketahanan mesin, istilahnya adalah “mesin badak”. Versi terendah dari Avanza ini menggunakan varian mesin 1300 cc.

Output yang dihasilkan oleh mesin 1300 cc ini adalah sekitar 98 PS dengan torsi 121 NM. Sedangkan jika memilih yang 1500 cc, total tenaganya adalah 106 PS dengan 137 NM. Sistem penggeraknya ada 2 versi, manual 5 percepatan dan otomatis CVT.

  • Sistem Penggerak

Sistem penggerak menjadi yang paling banyak dikeluhkan oleh para calon pembeli dan pecinta otomotif lain. Avanza dikenal dengan sistem penggerak roda belakangnya, tetapi di versi Toyota All New Avanza, mereka beralih ke Front Wheel Drive.

Penggerak roda belakang atau RWD dinilai lebih mudah menaklukkan kontur jalanan Indonesia yang banyak menanjak, serta lebih mudah drifting. Tetapi alasan Toyota ubah sistem penggerak ini juga masuk akal, karena MPV maka harus lebih irit.

Dimensi Keseluruhan Toyota All New Avanza dan Desainnya

Daftar Harga Toyota All New Avanza dan Spesifikasinya_Dimensi Keseluruhan Toyota All New Avanza dan Desainnya
Daftar Harga Toyota All New Avanza dan Spesifikasinya_Dimensi Keseluruhan Toyota All New Avanza dan Desainnya

Untuk yang sedang memikirkan untuk mengambil versi terbaru Avanza ini, tetapi garasi di rumah sudah pas-pasan untuk menyimpan Avanza versi lama, maka harus pikir-pikir dulu. Kini, dimensinya sudah lebih besar, tingginya meningkat sekitar 5 mm menjadi 1665 mm.

Untuk panjang keseluruhannya telah menjadi 4.395 mm atau tambah 2 cm dari model sebelumnya dengan lebar yang menjadi 1.730 mm atau bertambah 7 cm. Secara visual, tidak ada yang salah dengan Toyota All New Avanza karena semuanya segar dan sporty.

Eksterior Avanza ini mendapat penyegaran yang signifikan dengan penggunaan headlamp yang sudah LED dengan lampu belakang yang LED Rear Combination, ada yang LED dan ada yang masih bohlam. Secara keseluruhan, tampilan versi baru ini jauh lebih modern.

Interiornya juga tidak mau kalah karena mendapat penyegaran dashboard dengan material soft touch di beberapa sisi. Kombinasi warna hitam dan coklat gelap mengisi ruang kabin dengan head unit floating yang lebih elegan dengan tombol AC yang sudah digital juga.

Harga dari Seluruh Tipe Toyota All New Avanza

Daftar Harga Toyota All New Avanza dan Spesifikasinya_Harga dari Seluruh Tipe Toyota All New Avanza
Daftar Harga Toyota All New Avanza dan Spesifikasinya_Harga dari Seluruh Tipe Toyota All New Avanza

Kini kita akan membahas soal harga dari All New Avanza yang pasti Anda telah menunggu-nunggu. Ada banyak tipe yang Avanza hadirkan, dan harga pasti bisa Anda tanyakan ke showroom terdekat. Tetapi untuk OTR Jakarta, ini adalah daftar harga Avanza terbaru:

  1. Avanza 1.3 Tipe E Manual – Rp. 206.200.000
  2. Avanza 1.3 Tipe E CVT – 219.100.000
  3. Avanza 1.5 Tipe G Manual – 228.500.000
  4. Avanza 1.5 Tipe G CVT – 241.400.000
  5. Avanza 1.5 Tipe G CVT TSS Package – 264.400.000
  6. Avanza Veloz 1.5 Manual – 251.000.000 s/d 252.500.000
  7. Avanza Veloz 1.5 Tipe Q CVT – 272.100.000 s/d 273.400.000
  8. Avanza Veloz 1.5 Tipe Q CVT TSS Package – 291.500.000 s/d 292.800.000

Antara Toyota All New Avanza, Kia Sonet, dan Xpander, Mana yang Paling Cocok?

Daftar Harga Toyota All New Avanza dan Spesifikasinya_Dimensi Keseluruhan Toyota All New Avanza dan Desainnya_Antara Toyota All New Avanza, Kia Sonet, dan Xpander, Mana yang Paling Cocok?
Daftar Harga Toyota All New Avanza dan Spesifikasinya_Dimensi Keseluruhan Toyota All New Avanza dan Desainnya_Antara Toyota All New Avanza, Kia Sonet, dan Xpander, Mana yang Paling Cocok?

Namun, kesuksesan Avanza di versi sebelumnya bisa saja terhambat dengan kini munculnya lebih banyak pesaing di kelas MPV Medium, kelas yang selama 2 dekade terakhir selalu didominasi Avanza. Lantas, seperti apa perbandingannya dengan Xpander dan Sonet?

  • Avanza VS KIA Sonet

Kedua mobil ini memang berbeda tipe bodi, Sonet lebih bergaya Small SUV, dengan Avanza yang bermain di kelas MPV. Tetapi dengan harga yang hampir mirip membuat Toyota All New Avanza bisa diredam oleh kehadiran Kia Sonet di pasar Indonesia.

Tetapi jika kita melihat perbandingan Sonet – Avanza, Mobil dari Toyota ini unggul di kenyamanan dengan 7 seat tetap lega. Sedangkan Sonet mobil pendek yang ditambah row ke-3. Tetapi Sonet memiliki fitur yang lengkap dan mesin lebih bertenaga.

  • Avanza VS Mitsubishi Xpander

Satu-satunya mobil yang bisa mematahkan dominasi Avanza di kelas Medium MPV hingga saat ini adalah Xpander. Memang tujuan hadirnya Xpander adalah membuat kelas ini semakin ramai dan Mitsubishi telah banyak riset sebelum diluncurkan.

Terbukti dengan riset ini membuat Avanza kesulitan. Toyota All New Avanza dan Xpander memang sama-sama mendapat penyegaran di tahun ini. Tetapi harus kita akui kalau Avanza lebih unggul dengan varian TSS-nya, serta jauh lebih murah.

Absennya Fitur yang Publik Harapkan dari Toyota All New Avanza

Daftar Harga Toyota All New Avanza dan Spesifikasinya_Absennya Fitur yang Publik Harapkan dari Toyota All New Avanza
Daftar Harga Toyota All New Avanza dan Spesifikasinya_Absennya Fitur yang Publik Harapkan dari Toyota All New Avanza

Unggulnya Avanza di kelas itu juga bukan tanpa kekecewaan dari para pemakainya. Ada fitur yang sudah sangat dinantikan para pecinta Avanza, tetapi hingga saat ini masih belum ada tanda akan dipasang, salah satunya adalah Cruise Control.

Cruise Control ini adalah fitur dimana penumpang dapat menjalankan mobil di kecepatan yang konstan tanpa harus menekan pedal gas. Padahal sudah ada TSS, tetapi fitur sekelas ini belum dipasang pada Toyota All New Avanza, berbeda dengan kompetitornya.

Selain itu, arah semburan AC juga menjadi yang paling banyak diprotes. Biasanya kita bisa mengatur arah semburan AC ke arah wajah saja, ke arah kaki saja, atau keduanya. Tetapi Toyota Indonesia “menyunat” fitur ini agar harganya bisa dipasarkan lebih murah.

Baca Juga: Mengetahui Mobil Jadul yang Sedang Naik Daun Tahun Ini

Avanza juga sudah mulai diexport setelah dirakit di pabrik Indonesia. Ini juga yang membuat harga dari Avanza ini bisa lebih murah, karena semuanya sudah CKD, bebas dari pajak impor. Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil Toyota All New Avanza sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here