Fakta Mengenai Daihatsu Ayla Listrik yang Patut Kalian Ketahui

0
110
Fakta Mengenai Daihatsu Ayla Listrik yang Patut Kalian Ketahui
Fakta Mengenai Daihatsu Ayla Listrik yang Patut Kalian Ketahui

Saat ini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan kerja sama Daihatsu Motor Company Japan (DMC) secara mengejutkan telah menampilkan produk terbaru berupa Daihatsu Ayla listrik dengan baterai konsep pada acara GIIAS 2022 pada 11-21 Agustus. Hal ini merupakan satu pengembangan terbaru dan meyakinkan.

Baca juga: Daihatsu Luncurkan New Sirion, Begini Fakta Menariknya

Pada kesempatan di acara GIIAS tersebut President Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Yasushi Kyoda mengutarakan bahwa mobil konsep Ayla BEV (Battery Electric Vehicle) telah berhasil didesain dan diluncurkan menggunakan motor listrik dengan daya sekitar 60 kW serta Lithium-ion Battery 32 kWh.

Daihatsu Ayla listrik juga telah dikembangkan oleh para insinyur lokal dengan melakukan pengembangan terbaik pada beberapa bagian tertentu, seperti drivetrain, battery, under body, dan hingga suspension. Aspek ini merupakan bukti nyata bahwa kualitas dalam layanan terbarukan dalam dunia mobil listrik sangat potensial.

Melalui peluncuran mobil dengan jenis Ayla berkekuatan listrik tersebut tampaknya ada beberapa fakta menarik mengenai perkembangan dan prosesnya. Berikut ini adalah beberapa bagian penting dari kualitas hadirnya mobil listrik tersebut.

Alasan Daihatsu Ayla Listrik Diproyeksikan

Fakta Mengenai Daihatsu Ayla Listrik yang Patut Kalian Ketahui_Alasan Daihatsu Ayla Listrik Diproyeksikan
Fakta Mengenai Daihatsu Ayla Listrik yang Patut Kalian Ketahui_Alasan Daihatsu Ayla Listrik Diproyeksikan

Satu hal yang perlu untuk diketahui adalah bahwa Hadirnya Daihatsu Ayla EV tentu merupakan wujud serta komitmen dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk mendukung program dari pemerintah mengenai percepatan dunia kendaraan listrik saat ini.

Apalagi saat ini kualitas produksi dari mobil listrik telah gencar dilakukan oleh berbagai produsen mobil listrik di seluruh dunia. Inilah yang membuat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kemudian memproduksi Daihatsu Ayla ini sebagai wujud meramaikan kualitas persaingan mobil listrik.

Akan tetapi mungkin masih banyak pihak yang mempertanyakan mengapa Daihatsu memilih tipe Ayla untuk diproyeksikan menjadi mobil listrik. Tentunya hal ini menimbulkan beberapa pertanyaan menarik dan tentunya perlu untuk diketahui alasannya.

Satu alasan pertama mengapa Ayla dipilih untuk jadi mobil Daihatsu Ayla listrik menurut Yasushi Kyoda, Daihatsu Ayla adalah mobil dengan harga yang sangat murah. Terlebih lagi Ayla merupakan LCGC pertama di Indonesia yang diproduksi secara langsung di Indonesia. 

Menurut data yang tersedia bahwa Produksi mobil Ayla sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2013 telah melibatkan lebih dari 1.000 supplier lokal serta memiliki kandungan bahan dan beberapa ornamennya hingga 80 persen berasal dari indonesia.

Jenis LCGC (Low Cost Green Car) Daihatsu Ayla setelah perkembangannya terus mendapatkan sambutan baik dari semua pelanggan. Mobil mesin bensin tersebut bahkan telah terjual lebih dari 255 ribu hingga tahun ini di 2022 sejak perdana dijual belikan pada 2013.

Alasan harga yang sangat terjangkau dengan kualitas penggunaan dan produksi dalam negeri membuat Daihatsu Ayla listrik memang sangat cocok untuk menjadi parameter utama dalam pengembangan mobil listrik di Indonesia.

Performa Baterai dan Penggerak Elektrik Daihatsu Ayla Listrik

Spesifikasi Daihatsu Ayla ini memang belum diinfokan secara detail oleh pihak manajemen ADM. Apalagi jenis mobil listrik ini memang tergolong sangat baru dan hanya dipamerkan terlebih dahulu di beberapa pameran mobil. Namun ada beberapa bocoran khususnya pada bagian performa dan kekuatan baterai mobil tersebut.

Untuk spesifikasi kekuatan baterai, jenis Ayla listrik ini menggunakan kapasitas baterai sebesar 32 kWh. Apabila kondisi baterai sangat penuh. Akan mampu memberikan tenaga pada mobil listrik LCGC untuk menempuh jarak sekitar 200 Km, tentunya dengan beberapa pertimbangan kecepatan.

Akan tetapi secara spesifikasi baterai, kapasitas dasar bacteria dari Daihatsu Ayla listrik mungkin lebih besar dari pada jenis mobil listrik wuling yang hanya mampu berkekuatan 26,7 kWh. Akan tetapi meski daya bacteria lebih besar Ayla, mobil listrik jenis wuling mampu lebih berkembang dengan kualitas melaju 300 Km. 

Menurut beberapa analisa otomotif meski kualitas baterai dari Ayla listrik lebih besar akan tetapi kemampuan lajunya hanya sekitar 200 km. Satu alasannya adalah mobil listrik LCGC ini masih menggunakan basis mobil awal atau konvensional, sehingga dari sisi bobot juga cukup berat.

Ada beberapa ornamen dasar yang hanya diganti, mulai dari mesin, tangki bensin, hingga ban lalu diubah dengan baterai 32 kWh, dengan bertenaga 60 kW, dan suspensi yang lebih sesuai. Sehingga jika berbicara bobot total Daihatsu Ayla tersebut memang masih berat. 

Fitur Eksterior Daihatsu Ayla Listrik

Fakta Mengenai Daihatsu Ayla Listrik yang Patut Kalian Ketahui_Fitur Eksterior Daihatsu Ayla Listrik
Fakta Mengenai Daihatsu Ayla Listrik yang Patut Kalian Ketahui_Fitur Eksterior Daihatsu Ayla Listrik

Satu hal yang juga perlu untuk dibahas adalah bahwa Tampilan eksterior Daihatsu Ayla ini juga terlihat mengalamu beberapa perubahan penting. Tampilan dari jenis Ayla listrik dan Ayla yang biasa tentunya berbeda cukup jauh karena kualitas Ayla listrik lebih terkesan modern dan berkelas.

  • Konsep spion dan Pintu Mobil

Kesan awal dan pertama yang mungkin bisa menjadi salah satu aspek perbedaan mendasar adalah penggunaan spion kamera dan sistem buka pintu belakang unik. Hal ini menandakan bahwa mobil listrik jenis Ayla tersebut memang wajib untuk mendukung penuh mode terbarukan dan sesuai dengan tema mobil listrik.

Berbicara mengenai konsep pada spion, Daihatsu Ayla listrik sudah tidak menggunakan spion model konvensional yang secara umum memang dilengkapi dengan kaca, akan tetapi mobil listrik ini telah dilengkapi dengan spion kamera. Hal ini memungkinkan semua pengguna dapat memonitor semua kondisi belakang dari kamera saja.

Selanjutnya pada bagian pintu belakang juga mengalami beberapa perubahan, salah satunya adalah dihapusnya handle pembuka pintu. Sehingga cara membuka pintu bagian belakang tidak menggunakan handle lagi, melainkan menggunakan sensor yang terletak tepat di bagian bawah list kaca.

  • Desain Dan Ketajaman Warna

Secara keseluruhan tampilan eksterior dari Daihatsu Ayla listrik memang kental dengan konsep awal dari Ayla LCGC. Akan tetapi saat ini terdapat beberapa sentuhan perubahan yang membuat Ayla jenis listrik ini terlihat fresh dan modern untuk menguatkan sisi mobil listrik.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan kombinasi pada bagian warna di body mobil. Ada kombinasi warna silver pada bagian body mobil serta ada warna hitam pada bagian atap, hal ini secara keseluruhan mampu melahirkan aksen warna lebih menarik dan modern.

Selanjutnya Daihatsu Ayla listrik ini juga memiliki garis berwarna kuning yang bergaris mulai dari bagian atas bumper depan hingga bawah list kaca pintu belakang. Aspek ini menumbuhkan kesan lebih sporty pada bagian tersebut.

Lalu pada bagian desain mobil belakang, tampilah bumper dibuat dan didesain lebih agresif dengan cara dipadukan dengan adanya desain lampu yang modern. Lampu tersebut juga memiliki karakteristik layaknya lampu mobil listrik pada umumnya.

Fitur Interior Daihatsu Ayla Listrik

Spesifikasi selanjutnya dari mobil listrik ini adalah dari sisi aksen dan mode interiornya. Saat dipamerkan pada acara di GIIAS 2022, ada beberapa akses layanan interior yang ditunjukkan kepada semua pengunjung, hasilnya ada banyak sekali perubahan yang ada pada bagian interior mobil dibandingkan dengan pendahulunya.

Hal pertama mungkin bisa dilihat pada bagian jok mobil yang secara tampilan telah diketahui sudah menggunakan headrest yang modern apalagi dengan tambahan warna kursi yang cerah. Aspek jok tersebut tampak serasi jika dipadukan dengan warna dashboard yang berwarna kelir hitam. 

Head rest pada Daihatsu Ayla listrik juga bisa diatur ara mampu untuk naik dan turun menyesuaikan keperluan dan kebutuhan pengemudi atau juga penumpang baris pertama. Namun pada bagian kursi belakang tidak ditemukan fasilitas headrest tersebut.

Hal pembeda selanjutnya juga bisa dilihat dari bagian konsol tengah. Sebab pada bagian konsol tengah tersebut sudah tidak ada tuas persneling lagi, sebab telah digantikan dengan knop putar untuk proses perpindahan gigi. 

Untuk headunit dalam Daihatsu Ayla listrik juga telah berubah secara menyeluruh dengan kualitas penggunaan touchscreen. Panel meternya dengan tampilan digital tentunya akan menambah kesan modern, bahkan juga bisa menampilkan beberapa informasi terkait penggunaan mobil Ayla jenis EV.

Untuk baris kedua pada bagian penumpang belakang juga telah memiliki beberapa perubahan. Ada headrest yang juga bisa diatur ketinggian dan rendahnya. Namun tentunya sedikit memiliki perbedaan dengan head rest di bagian depan sebab kualitasnya menyesuaikan kabin.

Baca juga: Tips Sukses Membuka Usaha Cuci Motor, Dijamin Anti Gagal!

Secara akumulasi keberadaan fakta mengenai perkembangan dan beberapa hal yang berkaitan langsung dengan hadirnya Daihatsu Ayla listrik memang cukup menarik, semua alasan produksi dan pemilihan jenis desain yang cukup menarik setidaknya mampu memberikan warna terbaru didunia mobil listrik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here