Toyota Land Cruiser 300 Tunggu Datangnya Simak Kemampuannya

0
612
Toyota Land Cruiser 300 - Review Toyota Land Cruiser 300

Toyota Land Cruiser 300 mengalami perubahan besar dari seri sebelumnya. Tidak heran bila kali ini mengusung tampilan lebih elegan dan khas orang atas apalagi, interiornya luar biasa nyaman. 

Walaupun ada beberapa catatan penting harus diperhatikan seperti penggunaan grille besar. Di mana, kemungkinan menyukainya kecil, termasuk pasar Indonesia, tidak heran bila jadwal peluncurannya di Tanah Air masih disembunyikan. 

Baca Juga : Honda All New BR-V Datang Semua Mobil Meradang

Mobil pengganti seri 200 ini memang dirancang bagi Anda yang ingin melintas di jalanan penuh dengan tantangan. Karena, pabrikan menyediakan dua pilihan mesin yang cukup mumpuni. 

Seperti diketahui, mereka masih mempertahankan kesan premium untuk segmen kelas Eropa. Hanya saja, bagi pasar Asia kesan off road masih dipertahankan, sehingga kemampuannya melibas segala medan masih tetap terjaga. 

Harus diakui, pelanggan Land Cruiser dibuat bertanya-tanya dan penasaran. Bagaimana versi terbarunya bagi pasar Indonesia yang notabene, kendaraan ini sangat cocok melintas di jalanan Tanah Air. 

Tampilan Luar Toyota Land Cruiser 300

Toyota Land Cruiser 300 - Review Toyota Land Cruiser 300

Daripada bertanya-tanya kapan kepastian hadirnya di Indonesia? Lebih baik simak terlebih dulu apa saja yang diperbaharui. Mulai dari tampilan bagian depan, di mana secara keseluruhan masih sama saja. 

Semua panjang, lebar, sudut tidak jauh berbeda dari seri 200. Hanya saja, mereka sudah menerapkan sasi terbaru, jadi jangan khawatir pasti ada perbedaan besar yang akan diberikan untuk para pelanggannya. 

Banyak pengamat mengatakan, versi kali ini hanya facelift saja, di mana lampu depan hingga grille tampak lebih tinggi. Kondisi tersebut demi mendapatkan ground clearance paling optimal sehingga semua medan aman. 

Sayangnya, pendapat tersebut salah. Kendaraan ini mendapatkan elemen paling baru. Seperti, ketinggian kap dilengkapi bonnet pada bagian tengahnya. Tidak heran mereka klaim tingkat visibility sangat tinggi. 

Menggunakan grille mesh hitam lebih besar dan lebar, sehingga memberikan kesan sporty dan elegan jika dibandingkan LC200. Inilah alasannya mengapa pelanggan tidak sabar menanti kedatangannya, dari sini saja sudah keren. 

Toyota Land Cruiser 300 tampak gagah dan perkasa, dengan ground clearance mencapai 230 mm. Tidak heran, bagi pengguna Indonesia kendaraan ini siap digunakan melibas jalanan off road. 

Tersedia foot step untuk penumpang masuk, pada bagian kaca spion tiangnya sudah berubah ke sisi pintu sehingga mampu meningkatkan aerodinamik. Beralih ke belakang kesan perkasa belum hilang. 

Menggunakan lampu belakang dengan bentuk trapesium membuatnya terkesan boxy.  Di mana terlihat pula logo toyota terintegrasi dengan pintu di bagian belakang,  sudah dilengkapi pula dengan spoiler. 

Tampilan dalam Toyota Land Cruiser 300

Bila tampilan luar saja menggoda, lalu bagaimana dengan sisi bagian dalamnya? Ada perubahan besar dilakukan oleh Toyota, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman lebih sempurna dari series sebelumnya. 

Beberapa tombol disematkan dengan kesan berbeda terlihat bezel hingga piano black yang membuat semua orang terpukau. Terutama pada bagian dashboard, tersedia layar 9 inci,  terdapat sebuah panel instrumen. 

Di mana fungsinya untuk memilih berbagai mode berkendara serta memberikan perintah seperti, AC, torsi penggerak, serta audio, mewah sekali bukan? Apalagi bagian stir yang sudah dilapisi oleh kulit. 

Jadi, secara sentuhan hingga genggaman lebih nyaman. Tidak cukup sampai disitu, pada kemudi ini juga dilengkapi berbagai tombol multifungsi. Memudahkan pengendara mengatur berbagai kebutuhan. Kesan premium juga dapat terlihat.

Hal itu terbukti dengan penyematan brushed chrome berasal dari kayu, terpasang pada lingkar setir. Banyak pengamat yang sudah mengetahui penampilannya di eropa mengaku cukup terkejut, karena mereka memberikan kelas premium.

Tidak setengah-setengah, melankan total 100%, kondisi itu juga dapat dilihat ketika Anda duduk di kursinya. Suda tersedia pemanas hingga ventilasi, sementara khusus bari satu dan dua disediakan sandaran tangan.

Perombakan terbesar dari Toyota Land Cruiser 300 ini terlihat pada bagian kursinya, di mana hanya menempatkan 2 kursi saja, sehingga memaksimalkan kehadiran bagasi jauh lebih luas. Selain itu meminimalisir adanya benturan.

Harus diakui bahwa perlindungan menjadi poin utama mengapa seseorang harus membeli mobil tersebut. Oleh karena itu, demi memberikan kenyamanan ketika dalam keadaan darurat, mereka meminimalkan kursi.

Fitur Toyota Land Cruiser 300

Toyota Land Cruiser 300 - Review Toyota Land Cruiser 300

Dari sekian banyak ulasan, bagian ini yang paling ditunggu. Pelanggan penasaran, apa saja yang akan disematkan pada Land Cruiser seri terbaru tersebut. Di mana, sistem yang bagus masih tetap dipertahankan.

Seperti,hadirnya fasilitas ramah off road yang membuat kondisi kendaraan hampir tidak terasa waktu melintas di jalan bergelombang atau berlubang. Mode penggerak empat roda juga masih dipertahankan.

Toyota Land Cruiser 300 menyematkan berbagai fasilitas keselamatan mumpuni. Di mana, mereka memberikan sentuhan teknologi seperti, pendeteksi adanya pejalan kaki. pengendara sepeda sampai kendaraan lain, dengan begini mampu mencegah terjadinya benturan.

Mereka mampu membaca bagaimana pergerakannya dan otomatis akan menyesuaikan. Termasuk, bila jarak dengan kendaraan didepan terlalu dekat. Maka ada peringatan untuk menurunkan kecepatan, bahkan sudah dilengkapi dengan perlengkapan otomatis.

Mulai dari pengereman sampai penurunan daya. Mereka juga memiliki controling cukup baik untuk yang salah menginjak pedal. Ada lagi lampu peringat ketika kondisi pintu terbuka. Semuanya ini memberikan jaminan keamanan.

Fitur Lain Toyota Land Cruiser 300

Toyota Land Cruiser 300 - Review Toyota Land Cruiser 300

Fitur lain yang disematkan LC300 adalah hadirnya AC yang bisa berjalan sangat optimal, suhu panas kota Jakarta yang sangat menyengat dapat dihalau dengan baik. Kendaraan ini juga mempunyai box pendingin.

Sehingga, Anda dapat menyimpan makanan serta minuman. Ada juga tambahan fasilitas dari ionizer udara nance teknologi dari Panasonic, sebagai salah satu upaya membersihkan udara di area kabin.

Kebersihan ini membuat udara di dalam mobil jauh lebih segar dibandingkan di luar. Kondisi tersebut juga berperan baik melindungi kesehatan Anda serta keluarga. Toyota Land Cruiser 300 tidak berhenti disitu.

Ada lagi teknologi pertama dari Toyota yaitu hadirnya sidik jari sebagai tombol starter. Dengan begini tidak perlu lagi menggunakan kunci. Sudah pasti berada di area parkir akan sulit. 

Tanpa adanya otentikasi sidik jari pemiliknya, hadirnya fitur ini membuat LC300 tampak semakin mengesankan. Bisa jadi, semua kompetitor harus berpikir dua kali untuk bisa menyaingi kekuatan dan fasilitasnya.

Operasi Toyota Land Cruiser 300

Toyota Land Cruiser 300 - Review Toyota Land Cruiser 300

Sistem operasi yang digunakan cukup mumpuni, karena menggunakan mesin terbaru, 3,5L twin turbo tipe V6. Di mana kekuatannya jauh lebih unggul. Harus diakui, penggunaannya ini mengambil dari serie lexus LS

Di mana menghasilkan tenaga 415 PS dengan putaran 5200 rpm, torsi puncak kurang lebih 650 Nm. Mesin tersebut sudah disandingkan dengan girboks yang dijalankan otomatis 10 percepatan direct-shift.

Teknologi tersebut membuat efisiensi bahan bakar LC300 cukup baik, tidak heran bila konsumsinya lebih irit dibandingkan seri sebelumnya. selain itu, sistem berkendaranya juga lebih mulus sehingga mampu meningkatkan rasio.

Kinerjanya pada jalanan off road semakin menyenangkan. Peningkatan itu terasa sekali pada komponen kaki-kaki, kekuatannya kurang lebih mencapai 20%. Hal itu menjamin meringankan kerusakan saat kecelakaan.

Tidak ada salahnya untuk berandai-andai mengenai harga yang akan ditawakan untuk pelanggan tanah air. Di mana, harganya menyentuh angka Rp630 juta untuk tipe paling rendah hingga Rp950 juta varian tertinggi.

Kesimpulan Toyota Land Cruiser 300

Toyota Land Cruiser 300 - Review Toyota Land Cruiser 300

Untuk Indonesia sendiri masih belum ada kepastian kapan datang, mungkin tahun depan. Tidak heran bila sampai saat ini belum diketahui harga resminya. Biasanya versi global dan Indonesia tidak banyak diubah.

Jadi, dari segi fasilitas dan penampilan mungkin hampir sama. Harus diakui jika memang benar maka Toyota bisa menjadi penantang sejati keberadaan mobil sejenis. Dari segi kekuatan dan kenyaman lebih jelas.

Land Cruiser 300 jauh lebih unggul dibandingkan seri sebelumnya dan kompetitor saat ini. Apalagi sistem keamanan kelas satu dan kenyamanan di kabin yang begitu menyenangkan, tidak salah bila sultan memilihnya.

Paling penting adalah rasa berkendara saat dilakukan di jalanan berlubang dan bergelombang. Seperti tidak terjadi apa-apa. Genggaman setir komplek serta nyaman, rasanya sudah tidak ada lagi yang perlu untuk dibicarakan.

Penggunaan mesin V6 ini juga menjadi gebrakan baru bagi Toyota. Di mana penggantian dari V8 terbukti ampuh dan sangat manjur, senang sekali upgrade mesin tersebut seperti diluar harapan semua orang.

Sasi baru juga terbukti ampuh membuatnya semakin kokoh dan bertenaga. Rasanya berbagai guncangan pada mobil dapat diminimalkan, bagaimana sudah yakin dengan Land Cruiser 300 ini? Tunggu kedatangannya dulu!

 Baca Juga : Spesifikasi Mobil Toyota Raize: SUV Keren Bermesin Turbo

Secara keseluruhan kehadiran kendaraan ini memang menjadi kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia, melihat bagaimana struktur jalannya. Toyota Land Cruiser 300  menurut rencana akan masuk akhir tahun 2021 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here