Daftar Harga Mobil Listrik Mini Terbaru

0
39
Daftar Harga Mobil Listrik Mini Terbaru
Daftar Harga Mobil Listrik Mini Terbaru

Sejak munculnya mobil listrik di Indonesia, informasi harga mobil listrik mini juga semakin banyak dicari. Karena rasa penasaran pecinta mobil yang tertarik untuk membeli mobil dengan ukuran mungil satu ini.

Baca juga : Mobil yang Cocok untuk Anak Muda, Ciri dan Fiturnya

Mobil listrik mini memang berbeda dari mobil biasanya. Tentu ada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mobil ini dan berbeda dengan mobil biasanya. Untuk lebih jelasnya, kalian perlu menyimak ulasan ini hingga akhir.

Mobil Listrik Mini Sebagai Kendaraan Ramah Lingkungan

Mobil Listrik Mini Sebagai Kendaraan Ramah Lingkungan
Mobil Listrik Mini Sebagai Kendaraan Ramah Lingkungan

Di Indonesia, mobil listrik mini memang masih menjadi hal baru. Namun begitu, tidak menutup peluang bahwa banyak orang yang kini beralih dari mobil biasa ke mobil listrik seperti ini.

Karena masih menjadi hal baru di Indonesia, harga mobil listrik mini juga masih tergolong mahal, sehingga jenis mobil ini tidak bisa dijangkau oleh semua kalangan. Selain itu, masih banyak yang belum paham betul mengenai mobil jenis ini.

Kelebihan dan kekurangan dari mobil listrik juga masih banyak yang belum paham. Sehingga untuk penggunaan mobil seperti ini juga masih sangat sedikit di Indonesia. 

Beberapa merk dan seri mobil listrik yang telah dipasarkan di Indonesia diantaranya yakni Kona Electric, Ioniq Electric, dan Ioniq 5. Dan mengenai pajaknya, pemerintah memberi ketentuan besaran pajak sejumlah 10% dari normalnya.

Kelebihan Mobil Listrik Mini Dibandingkan Mobil Biasanya

Mobil listrik mini menawarkan berbagai kelebihan yang bisa kalian nikmati jika membeli dan menggunakannya untuk kendaraan sehari-hari. Simak beberapa kelebihan mobil listrik mini di bawah ini sebelum kita membahas mengenai harga mobil listrik mini terbaru.

  • Mobil yang Ramah Lingkungan

Kelebihan utama yang ditawarkan dari mobil listrik yakni kendaraan yang ramah lingkungan. Alasan ini juga yang menjadi faktor peralihan dari mesin pembakaran internal beralih ke teknologi elektrifikasi yang dilakukan secara global termasuk Indonesia.

Pada proses kerjanya, mobil listrik memang menggunakan tenaga listrik untuk mesinnya. Hal ini tentu berbeda dengan mobil dengan mesin pembakaran internal yang menghasilkan emisi gas buangan dan tentunya tidak ramah lingkungan.

Dengan cara kerja yang berbeda, harga mobil listrik mini juga menjadi berbeda dengan mobil biasanya.

  • Perawatan Mobil yang Lebih Mudah

Mobil listrik mini memiliki komponen fast moving yang juga harus dirawat secara rutin. Meski begitu, perawatannya tetap lebih mudah jika dibandingkan dengan perawatan mobil biasanya.

Mobil listrik juga tidak membutuhkan pelumas mesin seperti mobil biasa. Hal ini karena komponen bergerak dari mobil listrik juga lebih sedikit. Jika kalian berniat untuk membeli mobil ini, cek harga mobil listrik mini terbaru di Indonesia.

  • Pajak yang Lebih Murah

Pemerintah mengeluarkan kebijakan pajak yang murah untuk mobil listrik mini dengan tujuan lebih memperluas penggunaan mobil listrik di Indonesia. Bahkan, di Jakarta untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau BBNKB di gratiskan.

Selain itu, pembayaran PKB hanya perlu dibayar dengan jumlah 10% dari pemilik mobil. Seperti beberapa seri mobil listrik yang sudah digunakan di Indonesia, diketahui besaran pajak mobil listrik hanya berkisar kurang dari Rp. 1 juta untuk pajak setiap tahunnya.

  • Suara Kabin yang Senyap

Berbeda dengan mobil mesin biasa, mobil listrik memang hampir tidak memiliki suara karena tidak ada proses pembakaran pada mesinnya. Tentu dengan kelebihan yang seperti ini sangat sesuai bagi kalian yang suka ketenangan.

Jangan lupa untuk cek harga mobil listrik mini sebelum membelinya. Selain itu, cari rekomendasi merek dan seri yang baik untuk kenyamanan berkendara kalian. 

  • Torsi yang Instan

Kelebihan selanjutnya yakni memiliki torsi instan. Mobil ini akan sangat gesit dan lincah saat digunakan. Mobil ini ditawarkan dengan torsi puncak langsung tersedia saat akselerator diinjak sehingga performanya tidak bisa diremehkan.

Dan selain kelebihan, mobil ini juga memiliki kekurangan. Untuk kekurangan yang harus dipertimbangkan akan dibahas pada bagian berikutnya.

Kekurangan Mobil Listrik yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli

Sebelum membeli mobil listrik, mengetahui kekurangan jenis kendaraan yang satu ini juga sangat penting. Dan beberapa kekurangan dari mobil listrik ini adalah:

  • Harga Mobil Listrik Mini yang Masih Mahal

Harga mobil listrik memang masih mahal di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu kekurangan yang banyak menjadi pertimbangan utama mengapa orang memutuskan untuk membeli mobil biasa.

Harganya yang mahal dipengaruhi oleh performa mesin yang lebih canggih dibandingkan dengan mobil biasa. Harga yang ditawarkan juga masih berkisar hingga ratusan juta.

  • Tempat Pengisian Baterai yang Masih Sedikit di Indonesia

Selain harga mobil listrik mini yang masih mahal, kekurangan lainnya yakni tempat pengisian baterai yang masih sedikit di Indonesia. Hal ini karena mobil listrik di Indonesia juga masih sangat sedikit.

Mobil listrik memang menggunakan tenaga listrik untuk bekerja. Hal ini menyebabkan mobil harus diisi daya untuk bisa digunakan. Namun di Indonesia masih sangat sedikit yang menyediakan layanan tempat pengisian baterai mobil listrik.

Meski sebenarnya pemilik mobil bisa mengisi daya di rumah, namun tetap saja membutuhkan pengisian daya di luar. Keterbatasan fasilitas pengisian daya di Indonesia membuat orang enggan membeli mobil dengan jenis yang satu ini.

Namun saat ini pemerintah telah mengupayakan untuk pendirian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan bekerja sama melalui PLN.

  • Harga Baterai Mobil yang Mahal

Salah satu komponen penting pada mobil listrik adalah pada bagian baterainya. Baterai menjadi komponen yang paling mahal diantara komponen lain dari mobil listrik. Semakin lama digunakan juga kualitas baterai akan menurun sehingga perlu menggantinya.

Dengan harga mobil listrik mini, pabrik akan memberi garansi yang cukup panjang. Hal ini juga untuk memberi layanan bagi pembelinya dan membantu agar penggunaan mobil listrik juga nyaman dan aman.

Garansi yang diberikan bahkan berkisar hingga 8 tahun atau kisaran 160.000 km. Hal ini membuat para penggunanya tidak perlu khawatir karena masih bisa diperbaiki jika terjadi kerusakan baik ringan maupun yang cukup parah.

  • Proses Pengecasan Baterai Membutuhkan Durasi Waktu yang Lama

Perhatikan harga mobil listrik mini dalam memutuskan untuk membeli mobil listrik. Selain itu, tentu hal yang harus diperhatikan adalah durasi pengecasan baterai mobil yang membutuhkan waktu cukup lama. Kisaran waktunya yakni 5 hingga 6 jam dari daya kosong hingga penuh.

Kalian bisa menyiasati ini dengan cara mengisi daya baterai saat malam hari, hal ini juga menguntungkan karena pada malam hari listrik yang digunakan tidak terlalu banyak. Proses pengisian daya baterai mobil juga bisa ditinggal tidur sehingga kalian tidak perlu menunggu.

Dan setelah membahas mengenai kekurangan mobil listrik mini, kalian tentu bertanya-tanya, semahal apa sebenarnya mobil listrik ini? Apakah memang tidak bisa dijangkau oleh semua kalangan?

Harga Mobil Listrik Mini Terbaru di Indonesia

Harga Mobil Listrik Mini Terbaru di Indonesia
Harga Mobil Listrik Mini Terbaru di Indonesia

Berikut ini akan ditampilkan beberapa merek dan seri mobil listrik mini beserta harganya untuk pertimbangan kalian sebelum membelinya.

  • Mobil Listrik Mini K-Upgrade

Merek mobil yang satu ini sudah diluncurkan di Indonesia dan bisa dibeli dengan sistem pre-order. Mobil ini dijual dengan kisaran harga di bawah 100 juta yakni Rp. 75 juta dengan harga booking Rp. 25 juta.

  • Mobil Listrik Wuling Air EV

Jika kalian tertarik dengan mobil yang satu ini, kalian bisa menyiapkan dana yang cukup besar. Harga dari mobil ini mencapai kisaran Rp. 250 juta hingga Rp. 300 juta untuk tipe Long Range.

  • Mobil Listrik Mini DFSK

Mobil listrik mini DFSK ini masih belum dipasarkan secara massal di Indonesia. Namun untuk harganya sudah diketahui secara resmi yakni Rp. 250 juta. Mungkin pada tahun berikutnya akan dipasarkan secara masal dan kalian bisa membelinya.

  • Mobil Listrik Mini Metropod

Meski belum secara resmi diumumkan harga mobil listrik mini yang satu ini sudah dibocorkan oleh pihak PT MAB dengan kisaran harga Rp. 500 juta. Hal ini karena adopsi penggunaan mobil ini belum dimulai di Indonesia.

Untuk pemesanan juga belum bisa dilakukan karena mobil ini belum tersedia di Indonesia. Namun jika kalian ingin membeli mobil listrik tentu kalian bisa mencari merek lainnya karena pihak distributor juga belum memiliki rencana peluncuran dalam waktu dekat.

  • Mobil Listrik Mini Wuling E100

Untuk mobil jenis yang satu ini memiliki kisaran harga hingga Rp. 100 juta rupiah. Harga ini termasuk lebih murah jika dibandingkan dengan harga merek lainnya. 

Baca juga : Wow! Ini Dia Spesifikasi Termewah dari SUV Hybrid Murah Wuling

Setelah mengetahui kelebihan, kekurangan, dan harga mobil listrik mini, kini kalian bisa mempertimbangkan apakah jadi membeli atau menabung dulu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here