Chery Omoda 5: Mobil Listrik Tiongkok Pertama di Indonesia

0
545
Chery Omoda 5: Mobil Listrik Tiongkok Pertama di Indonesia
Chery Omoda 5: Mobil Listrik Tiongkok Pertama di Indonesia

Mungkin kebanyakan orang ketika membahas mobil listrik pasti akan langsung teringat dengan Tesla, padahal saat ini sudah ada Chery Omoda 5 dari Tiongkok yang tidak kalah dengan brand milik Elon Musk tersebut.

Baca juga : Mengenal Perbedaan Mobil Subaru Forester S dan L sebagai Perbandingan!

Meski terhitung baru, tetapi Tiongkok sudah berani membuat inovasi menakjubkan sehingga kita dapat memiliki banyak perbandingan apabila ingin membeli kendaraan listrik tersebut.

Karena dengan adanya banyak perbandingan, kita bisa mendapatkan lebih banyak gambaran kendaraan listrik seperti apa yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Karena bisa jadi, fitur yang diberikan Chery Omoda 5 tidak sesuai padahal harganya merogoh kocek sangat dalam.

Chery Omoda 5 Memiliki Spesifikasi Mirip Hyundai IONIQ 5

Chery Omoda 5 Memiliki Spesifikasi Mirip Hyundai IONIQ 5
Chery Omoda 5 Memiliki Spesifikasi Mirip Hyundai IONIQ 5

OMODA baru-baru ini memperkenalkan produk terbarunya, yaitu Chery OMODA 5 versi listrik atau juga dikenal sebagai OMODA 5 e-QUA. Mobil ini dipamerkan di Auto Shanghai 2023 dan juga di O&J Conference yang dihadiri beberapa waktu lalu. 

Di acara tersebut, Chery akhirnya membuka rincian spesifikasi untuk OMODA 5 e-QUA. Yang menarik, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 450 kilometer, mendekati jarak tempuh Hyundai IONIQ 5.

Hal yang menarik jarak tempuhnya hampir menyamai Hyundai IONIQ 5 yang hanya unggul satu kilometer dengan jarak tempuh 451 kilometer untuk versi Long Range. 

Meski masih di bawah Toyota bZ4x FWD dengan jarak tempuh 500 kilometer atau KIA EV6 GT Line dengan jarak tempuh 506 kilometer, tetapi pilihan Chery untuk menyamai jarak tempuh Hyundai IONIQ 5 terlihat cerdas karena mobil tersebut populer di Indonesia. 

Sehingga bisa dibilang Chery OMODA 5 e-QUA merupakan salah satu produk paling menarik dalam acara tersebut. Dengan jangkauan sejauh 450 kilometer, kendaraan listrik tersebut telah didukung oleh baterai lithium-ion berkapasitas 61 kWh. 

Chery menyatakan, bahwa mobil tersebut memiliki konsumsi listrik kurang dari 15 kWh per 100 kilometer atau setara dengan 6,66 kilometer per kWh atau biaya sekitar 250 Rupiah per kilometer jika dihitung dengan tarif listrik sekitar 1.650 Rupiah per kWh. 

OMODA 5 e-QUA juga dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat sehingga mampu mengisi daya hingga 80% dalam waktu kurang dari 35 menit. 

Selain itu, mobil ini ditenagai oleh motor listrik sebesar 165 kW atau 224 PS, lebih dari cukup untuk sebuah crossover kompak.

Berikut Ini Fitur-fitur Komplitnya

Selain fitur mirip dengan Hyundai IONIQ 5, ada beberapa fitur lainnya yang perlu kalian tahu sebagai berikut ini.

  • Performa

Chery OMODA 5 e-QUA memiliki performa akselerasi dari keadaan diam hingga 100 km/jam sekitar 7,8 detik saja, dan pengereman dalam jarak 36 meter. Fitur V2L juga tersedia pada mobil ini sehingga dapat berfungsi sebagai generator darurat. 

Sementara towing capacity OMODA 5 e-QUA mencapai 750 kg. Selain itu, mobil ini telah melalui pengujian di suhu ekstrem di musim dingin dan menyelesaikan sejumlah standar tes tabrak seperti Euro NCAP, ANCAP, ASEAN NCAP, Latin NCAP, dan C-NCAP. 

  • Bagian Interior

Untuk bagian dalamnya sendiri, mobil listrik tersebut akan dilengkapi dengan sistem infotainment model curved dan layarnya menyambung dengan panel instrumen. 

Sistem ini juga menampilkan chipset Qualcomm 8155, IFLYTEK Voice Recognition Engine, dan Dual 50W Fast Charger untuk gadget

Sistem keamanan juga terbilang lengkap dengan fitur ADAS seperti ACC, AEB, FCW, LDP, LDW, TJA, LCA, dan sebagainya. Lalu, untuk mobil OMODA 5 e-QUA versi setir kanan akan dipamerkan di GIIAS 2023.

Memiliki Jenis BEV, PHEV, dan REEV

Selama perjalanan menuju Auto Shanghai 2023, beberapa media mendapat kesempatan untuk berbincang dengan Mr. Shawn selaku Presiden Direktur Chery Sales Indonesia (CSI). 

Perbincangan ini berlangsung selama kendaraan yang ditumpangi oleh Presdir tersebut menuju ke lokasi acara. Mr. Shawn menjelaskan bahwa pihaknya melihat pasar mobil listrik di Asia Tenggara sedang berkembang dengan positif. 

Dia mengatakan, bahwa mereka yakin kendaraan listrik akan menjadi tren di Asia Tenggara, mengingat kendaraan listrik saat ini sudah mendominasi sekitar 30% dari pasar otomotif di China. 

Mr. Shawn juga menangani pasar Malaysia dan Thailand selain Indonesia. Sehingga dapat mengamati dengan baik bahwa ketiga negara tersebut memiliki pemerintah yang sangat tertarik dengan kendaraan listrik.

Mr. Shawn, yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden Chery International, menjelaskan bahwa perusahaan tidak hanya akan memasarkan kendaraan listrik murni, tetapi juga akan menawarkan opsi lain seperti PHEV dan REEV alias Range Extender EV. 

Dirinya menjelaskan, bahwa Chery Omoda 5 EV menjadi model pertama yang akan mereka bawa juga akan masuk ke pasar Eropa dalam waktu dekat, sedangkan untuk versi setir kanan akan dibawa ke Indonesia. 

Mereka akan membawa demo car untuk versi setir kanan pada acara GIIAS 2023 menurut penjelasannya tersebut. Meskipun begitu, Mr. Shawn juga menekankan bahwa masih ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan bagi Chery.

Chery Omoda 5 e-QUA Akan Segera Rilis Akhir Tahun

Meskipun pertumbuhan kendaraan listrik dianggap cepat, volume penjualan mobil listrik murni masih terbatas, sebagian karena keterbatasan infrastruktur pengisian daya. 

Bahkan, Mr. Shawn sendiri juga menjelaskan, bahwa penjualan BEV yang besar dapat dilakukan secara bertahap, tidak dalam waktu singkat. Sehingga opsi lain seperti PHEV dapat dipasarkan secara bersamaan dengan BEV di pasar Indonesia. 

Seperti kita ketahui, Chery Omoda 5 e-QUA, juga dikenal sebagai Omoda 5 BEV, akan menjadi produk listrik pertama dipasarkan di Indonesia.

Jadi, model pertama BEV yang akan Mr.Shawn bawa ke Indonesia akhir tahun ini adalah Omoda 5 BEV. Bahkan, syarat untuk produksi lokalnya sendiri sudah dibantu regulasinya oleh para pendukung. 

Sehingga pihak perusahaan dapat meningkatkan komponen yang dibuat secara lokal nantinya. Menariknya, Indonesia tampaknya akan menjadi negara pertama yang menerima versi setir kanan Chery Omoda 5 e-QUA. Selain itu, kendaraan tersebut juga akan dirakit secara lokal di Indonesia, lalu diekspor ke pasar RHD berupa ASEAN, Australia, maupun Inggris.

Jelas bahwa mereka serius membawa mobil listrik ke Indonesia dan membuatnya sebagai basis produksi untuk versi RHD. Kita hanya perlu menunggu dan melihat bagaimana itu akan direalisasikan.

Ini Sekilas Tentang Chery Omoda

Ini Sekilas Tentang Chery Omoda
Ini Sekilas Tentang Chery Omoda

Setelah Chery Omoda 5 mulai ramai di Indonesia, mungkin banyak yang belum tahu tentang perusahaan satu ini. Agar kenal lebih dekat, kalian dapat menyimak penjelasannya berikut ini.

Chery Omoda adalah produsen mobil asal Tiongkok yang berbasis di kota Wuhu, Provinsi Anhui. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1997 dan awalnya bernama Anhui Chery Automobile Co., Ltd. 

Produsen kendaraan tersebut adalah bagian dari grup Chery Automobile Co., Ltd., yang terdiri dari beberapa anak perusahaan dalam bidang otomotif, seperti produksi mobil, suku cadang, dan layanan purna jual.

Ia memproduksi berbagai jenis mobil, seperti sedan, SUV, MPV, dan mobil listrik. Perusahaan ini memiliki sejumlah merek mobil yang berbeda, termasuk Chery, Cowin, Exeed, dan Jetour. Selain pasar dalam negeri, produsen ini juga mengekspor mobil ke beberapa negara di seluruh dunia.

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan tersebut telah fokus pada pengembangan mobil listrik dan mobil listrik hibrida plug-in. Perusahaan ini juga telah berinvestasi dalam teknologi yang mendukung mobilitas masa depan, seperti pengembangan otonom dan konektivitas. 

Salah satu produk mobil listrik dari perusahaan tersebut yang paling populer adalah Chery Arrizo 5e, diluncurkan pada tahun 2019 serta berhasil memenangkan sejumlah penghargaan di berbagai ajang otomotif internasional.

Selain itu, hingga saat ini, sudah ada beberapa produk kendaraan yang telah dirilis oleh perusahaan tersebut meliputi:

  1. Chery Omoda 5 e-QUA: Mobil listrik pertama dari Chery yang diluncurkan pada 2019, dengan jarak tempuh sekitar 410 km.
  2. Chery eQ: Mobil listrik yang diluncurkan pada 2014, dengan jarak tempuh sekitar 200 km dan memiliki tiga varian, yaitu eQ1, eQ2, dan eQ5.
  3. Chery EQ1: Mobil listrik yang diluncurkan pada 2018, dengan jarak tempuh sekitar 301 km.
  4. Chery EQ5: Mobil listrik yang diluncurkan pada 2018, dengan jarak tempuh sekitar 311 km.
  5. Chery Arrizo 5e: Mobil listrik yang diluncurkan pada 2019, dengan jarak tempuh sekitar 510 km.

Selain itu, perusahaan tersebut juga memiliki beberapa kendaraan konsep, seperti FV2030, Exeed TX, dan Tiggo Coupe Concept, yang memberikan gambaran tentang arah pengembangan mobil listrik di masa depan.

Baca juga : Inilah New BMW Z4 dan New BMW Seri 5 sudah Hadir Kepoin Yuk

Bila kalian sudah penasaran dengan Chery Omoda 5, tinggal tunggu saja kabar rilis resminya di tanah di air ya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here