BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8, Apa Perbedaan sampai Fiturnya?

0
111
BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8, Apa Perbedaan sampai Fiturnya?
BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8, Apa Perbedaan sampai Fiturnya?

BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8 saat ini sedang menjadi perbincangan hangat karena banyak disukai oleh para pecinta mobil di Indonesia. BMW sendiri merupakan pabrikan mobil asal Jerman yang saat ini menghadirkan generasi terbaru sedan kelas menengah mereka.

Baca juga: Apa Itu Mobil Listrik NETA? Berikut Ulasan Lengkapnya

BMW 5 mendapatkan beberapa Series terbaru yaitu Series Gen7 dan Gen 8 yang dibekali dengan tampilan lebih menarik serta fitur yang lebih canggih. BMW meluncurkan seri 5 murninya dengan kelengkapan mesin Internal Combustion Engine atau ICE dan dilengkapi juga dengan varian listrik.

Perbedaan BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8

Perbedaan BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8
Perbedaan BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8

BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8 pastinya mempunyai beberapa perbedaan mulai dari desain sampai fitur dan performanya yang terus mendapatkan upgrade. Mulai dari desain dan dimensinya untuk BMW 5 terbaru ini sudah dilengkapi dengan bentuk body yang terlihat jelas perbedaannya dari seri lama.

Berbeda dengan keluarga 3 ICE dan listrik yang mempunyai bentuk body seperti i3 dan seri 3 BMW, seri 5 ini menyeragamkan bentuk body varian ICE sampai listriknya. Secara umum BMW 5 Series Gen 8 terlihat lebih bongsor dibandingkan untuk versi terdahulu karena dimensinya bertambah 97 MM untuk panjangnya yang menjadi 5.060 mm.

Kemudian untuk lebarnya juga bertambah 32 mm menjadi 1.900 mm, juga untuk tingginya bertambah 36 mm menjadi 1.515 mm. Selain itu jarak sumbu rodanya juga bertambah menjenjang 20 mm menjadi 2.995 mm, sementara dari segi desain BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8 masih mempertahankan karakter kuatnya.

Terlihat dari bagian depan yang masih menggunakan model kidney grilles dan twin headlights BMW yang desainnya juga tidak berubah secara radikal. Sementara terlihat dari bagian samping mobil ini mempunyai wibawa lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya karena desain ulang pada model garis bahu atau bone line.

Desain pada bagian samping tersebut menambahkan aksen angka 5 yang keren, juga pada bagian belakang terlihat segar karena model lampu berhentinya yang lebih modern. Diffuser juga dihadirkan pada mobil seri 5 ini dibuat secara offside ke atas yang membuat mobil  menambah karakter yang unik dan menarik.

Dari tampak dalam, model kokpit mengikuti bahasa desain BMW yang kekinian model tombol pengaturan mode berkendara, headunit dan transmisinya juga mengikuti gaya i4 sampai iX. menariknya seri 5 menjadi mobil BMW pertama yang interiornya dibuat dari bahan puli vegan berbeda dengan mobil seri sebelumnya.

Mesin BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8

Memang seri BMW 5 juga diberikan pembaharuan untuk bagian mesin khususnya pada pilihan drivetrain mulai dari mesin ICE, plug-in hybrid sampai listrik murni. BMW mengklaim bahwa mesin bensin sampai diesel baru yang dihadirkan pada seri 5 ini merupakan garapan dari BMW Group Efficient Dynamics yang pasti berbeda-beda pada tiap regionnya.

Model terbaru dari sedan BMW 5 ini akan hadir pada musim semi 2024 dengan pilihan plug-in hybrid yang merupakan generasi terbaru dari BMW seri 5. Fitur baru juga akan dilengkapi pada BMW 5 ini seperti generasi terbaru seri BMW lain yaitu operating system 8.5 dengan berbagai fitur turunan terbaiknya.

Salah satu fitur menarik BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8 adalah adanya fitur video streaming yang memudahkan penumpang untuk bermain game saat mengemudikan mobil. BMW 5 juga menghadirkan fitur AirConsole platform sehingga layar pada mobil bisa tetap digunakan untuk bermain game atau hal lainnya bahkan saat mobil berhenti.

Sementara fitur lain yang juga umumnya dimiliki oleh BMW generasi terbaru yang juga hadir pada BMW seri 5 adalah fitur BMW Digital Key Plus, 5G mobile phone antennas, BMW ID sampai personal eSim. Salah satu yang paling menonjol dari mobil BMW ini adalah bagian body yang terlihat lebih besar dibandingkan seri BMW terdahulu.

Fitur BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8

Fitur BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8
Fitur BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8

Generasi 7 dari BMW Series yaitu G3x telah diproduksi selama 7 tahun dari pabrikannya yang berasal dari Munich Jerman. Kemudian BMW meluncurkan generasi 8 nya yang merupakan pengganti untuk menyaingi Mercedes E-Class dan Audi A6.

Generasi baru BMW 8 mempunyai kode G6x atau G60 sedan yang diluncurkan hampir bersamaan dengan versi elektriknya yaitu i5. Kedua mobil BMW tersebut menggunakan platform CLAR yang diproduksi di Jerman, simak berikut ini fiturnya:

  • Fitur Dashboard

BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8 terbaru ini dilengkapi dengan cover display yang memadukan layar infotainment 14,9 inci dan layar instrumennya 12,3 inci. Pengendara bisa mendapatkan pengalaman multimedia terbaik didukung dengan pengoperasian sistem multimedia BMW  iDrive 8.5. 

Sistem kendali pada generasi 8 juga lebih praktis dan mudah untuk dioperasikan karena sudah menggunakan panel sentuh digital bernama BMW Interaction Bar. Bahkan pengendara juga bisa mengoperasikan dashboard panel ini dengan perintah suara yang dikonfigurasikan.

Perpindahan gigi transmisi juga sudah di upgrade dengan menggunakan tombol tidak lagi menggunakan stick persneling. Dengan begitu pengendara tidak akan lagi kerepotan memindahkan gigi didukung teknologi canggih pada BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8.

  • Desain Interior Minimalis

Desain interior dari BMW seri 5 juga terlihat makin canggih pada bagian dashboard dan konsolnya yang semakin minimalis dan futuristik. Desain interiornya dijamin tidak akan kalah dengan mobil-mobil masa kini yang modern.

Walaupun sudah dilengkapi dengan panel kontrol sentuh namun tombol untuk model lawasnya masih tersedia dan tidak dihilangkan. Dibandingkan dengan generasi G3X yang menggunakan layar tablet, pada bagian tengah dashboard BMW Gen 8 sudah menggunakan layar curved display.

Walaupun interior pada BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8 masih menggunakan kulit sintetis nabati, namun tampilannya terlihat lebih elegan dibandingkan Series lama. Apalagi material ramah lingkungan dan hewani juga masih menjadi tren otomotif yang kemungkinan akan bertahan hingga beberapa tahun ke depan.

  • Ukuran Body dan Desain Eksterior

Ukuran body dan desain eksterior pada Series 5 generasi terbaru juga berubah utamanya pada bagian jarak sumbu roda yang membuat ruang kaki menjadi lebih luas. Karena mobil ini sudah dilengkapi dengan penggunaan platform baru CLAR pada bagian sasisnya sehingga membuat jaraknya mulur dari 2.975 mm menjadi 2.995 mm.

Pada bagian dimensi body juga mengalami pembesaran panjang body menjadi 5.060 mm dan lebar bodynya menjadi 1.900 mm, sementara tinggi bodynya menjadi 1.515 mm. Perubahan pada dimensi body ini berimbas pada tampilan eksterior yang terlihat pada ukuran headlamps.

Sementara ukuran grille menjadi lebih tinggi sehingga pada bagian depannya terlihat lebih mancung, kemudian untuk lampu belakang tetap berdesain huruf L namun sedikit mengecil. Bumper belakang terlihat lebih kekar dan pipa knalpotnya tersembunyi dengan anggun menambah estetika dari mobil sedan BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8.

  • Fitur Semi Auto Drive

Fitur berkendara otomatis sudah disediakan oleh BMW namun hanya tersedia pada beberapa kawasan seperti AS dan Jerman, juga dilengkapi dengan fitur Highway Assistant. Dengan fitur ini berkendara di jalanan bebas hambatan akan lebih efektif bahkan ada juga fitur menjaga kecepatan berkendara tidak lebih dari 130 km per jam yang aman.

  • Mesin

BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8 juga dilengkapi dengan mesin baru yaitu versi i5 dilengkapi dengan penghisap elektron tanpa emisi gas buang untuk varian standar xDrive 40 output 335 HP dan torsi 400 Nm. Sementara untuk varian xDrive M60 outputnya adalah 590 HP dengan torsi 795 Nm.

Model M5 dibekali dengan mesin 4,4 liter V8 twin turbo untuk generasi 8 kabarnya akan dibekali mesin 6 silinder + motor listrik penggerak dengan output mencapai 700 HP. Dengan spesifikasi tersebut kemungkinan akan ada peningkatan signifikan pada desain, dimensi dan fitur untuk Gen 8 BMW Series 5.

Bagi sebagian orang yang mungkin menyukai tampilan klasik dan tradisional mungkin lebih menyukai generasi 7 dibanding generasi 8 ini. Juga bagi pengendara yang ingin mendapatkan mobil dengan harga terjangkau pastinya opsi untuk memilih BMW 5 Series Gen 7 akan lebih menarik. 

Baca juga: Chery Omoda 5: Mobil Listrik Tiongkok Pertama di Indonesia

Berbeda dengan pengendara yang menginginkan mobil dengan tampilan modern dan teknologi terbaru akan menjadi pilihan yang sangat tepat. Didukung dengan fitur dan desain terbaik BMW 5 Series Gen 7 vs Gen 8 pastinya lebih baik untuk Gen 8 dari segi teknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here