Bikin Tercengang Berapa Biaya Servis Hyundai Ioniq 5

0
231
Bikin Tercengang Berapa Biaya Servis Hyundai Ioniq 5
Bikin Tercengang Berapa Biaya Servis Hyundai Ioniq 5

Mengenai berapa biaya servis Hyundai Ioniq 5 sangat menarik untuk dibahas. Mengingat perawatan mobil listrik masih banyak yang belum mengetahuinya, wajar jika produk seperti ini masih jarang ditemui di Indonesia.

Baca juga : Spion Honda WR-V dengan Kamera untuk Keselamatan Pengemudi

Untuk layanan purna jual, biaya perawatan Hyundai Ioniq 5 sekitar Rp 3,9 juta. Tidak mahal, karena harganya sekitar 5 tahun pemakaian.

Suprayitno selaku direktur service planning and strategy PT Hyundai Motors Indonesia pernah mengungkapkan bahwa “Biaya layanannya sekitar Rp 3,9-4 juta, sudah termasuk PPN. Biaya perawatan berkala 75.000 – 100.000 pertama”.

Tony Hadiyanto selaku kepala departemen suku cadang PT Hyundai Motors Indonesia yang turut hadir dalam jumpa pers di sela-sela IIMS 2022 mengungkapkan hanya tiga suku cadang diganti selama pemeliharaan terjadwal.

Ulasan Berapa Biaya Servis Hyundai Ioniq 5 

Ulasan Berapa Biaya Servis Hyundai Ioniq 5 
Ulasan Berapa Biaya Servis Hyundai Ioniq 5

Berapa biaya servis Hyundai Ioniq 5  berbeda dengan mobil biasa, yang tentunya membutuhkan lebih banyak penggantian. Tertarik untuk meminangnya dengan service charge terjangkau.

Telah dibuka untuk langganan bagi konsumen dengan membayar biaya pemesanan sebesar Rp. 5 juta mulai IIMS 2022. Adapun harganya ditaksir Rp. 800 juta.

Saat perawatan rutin hanya tiga komponen yang diganti, yaitu filter kabin, intercooler, dan minyak rem. Kemudian mobil listrik tidak memiliki komponen sebanyak mobil konvensional, tidak ada oli mesin dan gearbox

Tidak berhenti sampai di situ, versi Ioniq 5 Long Range juga memiliki jarak tempuh yang lebih impresif, dimana varian Prime Long Range dapat dipacu hingga 481 km. 

Lalu versi Signature Long Range bisa menempuh jarak 451 km. jenis ini merupakan salah satu mobil listrik yang mendapatkan insentif PPN.

Harganya semakin murah, tapi dengan berapa biaya servis Hyundai Ioniq 5, Mobil listrik disebut-sebut lebih mudah perawatannya. 

Tidak hanya itu, biaya perawatannya pun lebih rendah dibandingkan mobil bensin. Komponen mobil listrik disebut lebih sederhana karena perawatannya murah. 

Salah satu mobil listrik yang baru saja diperkenalkan adalah Hyundai Ioniq 5. Jenis ini merupakan mobil listrik yang mendapat potongan PPN 10 persen dari negara.

Dihitung dengan mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 38 Tahun 2023 tentang PPN atas penyerahan Kendaraan Bermotor Listrik Baterai Roda Empat Tertentu.

Bahkan Kendaraan Bermotor Listrik Baterai Bus Tertentu dengan perhitungan model yang menjadi tanggung jawab Pemerintah. Pada tahun anggaran 2023, mobil ini akan mendapat diskon Rp. 70-80 juta.

Meski akan dipotong, harganya akan dijual 600-700 juta rubel. Dengan harga tersebut berapa biaya servis Hyundai Ioniq 5  cukup ramah di kantong. 

Konsumen akan dikenakan biaya IDR 2.390.400 untuk Ioniq 5 Standard. Kemudian pembayaran berikutnya akan diambil setelah 60 bulan atau 75.000 km. 

Disebutkan juga bahwa Ioniq 5 Extended akan menelan biaya Rp. 3.429.900 setelah menempuh 60.000 km atau 48 bulan. 

Sementara estimasi biaya untuk 75.000 km atau 60 bulan adalah Rp. 342.082. Total biaya versi standar adalah Rp. 3.272.482.

Selain itu, total biaya persiapan Ioniq 5 Extended for service adalah Rp. 3.771.982. Harganya telah tergabung PPN dalam jumlah 11%. 

Ioniq 5 diluncurkan di Indonesia pada 31 April 2022 di Indonesia International Motor Show (IIMS). Mobil listrik dalam negara yang pertama diproduksi merupakan jenis ini.

Harga diumumkan kemudian. Namun, banderol harganya dipastikan lebih mahal dari dua Hyundai EV sebelumnya, yakni Ioniq dan Kona EV, yang kini termahal di Jakarta dengan harga Rp. 739 juta on the road (OTR).

Rendahnya berapa biaya servis Hyundai Ioniq 5 disebabkan oleh jumlah komponen pada mobil listrik yang jauh lebih sedikit dibandingkan pada mobil dengan mesin pembakaran dalam.

5 Tahun Pemakaian Berapa Biaya Servis Hyundai Ioniq 5 

Perlu dicatat bahwa harga ini merupakan perkiraan, sehingga harga dapat meningkat. Selain membebaskan perawatan hingga 5 tahun, Hyundai juga menggratiskan suku cadang selama 4 tahun atau 45.000 kilometer.

Berapa biaya servis Hyundai Ioniq 5 tidak jauh berbeda dengan mobil listrik Wuling Air ev. harga perawatan pesawat selama 5 tahun bisa mencapai Rp 3.696.000.

Hyundai telah mengkonfirmasi bahwa total harga perawatan selama lima tahun pertama hidupnya hanya 3,9. 

Keunggulan mobil listrik adalah sistem penggeraknya tanpa emisi dan harga perawatan yang jauh lebih murah dibandingkan mobil konvensional. 

Bahkan Hyundai mengklaim harga perawatan nya hanya Rp. 3,9 juta selama lima tahun.  5 tahun Rp. 3,9 juta.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung kepada media pada konferensi pers IIMS Hybrid 2022 pada Selasa (5 April 2022) oleh PT Hyundai Motors Indonesia, Suprayitno, Director of Service Planning and Strategy

Contohnya saja saat ganti oli transmisi beserta oli mesin guna SUV terbaru jenis ini akan dapat ditekan pada harga perawatan berkalanya. 

Jadi bedanya kita tidak punya busi. Misalnya, kami tidak memiliki oli mesin atau filter oli untuk perawatan rutin. 

Jadi perawatannya lebih mudah. Harga perawatan nya selama lima tahun bisa mencapai 3,9 juta rubel, karena pabrikan berlogo H melengkung ini menawarkan berbagai kemudahan. 

Beberapa dari jenis itu free suku cadang dengan tenggat waktu sekitar tiga tahun atau 45.000 km bahkan free juga berapa biaya servis Hyundai Ioniq 5 dalam waktu 5 tahun atau 75.000 kilometer.

Dari Segi Baterai Ioniq 5 Berapa Biaya Servis Hyundai Ioniq 5 

Namun tentunya perlu diperhatikan berapa biaya servis Hyundai Ioniq 5 penggantian baterai yang mencapai 40% total harga sebuah mobil listrik. 

Jadi misalnya, jika harga nya berharga 700 juta rubel, harga baterainya sendiri bisa naik menjadi 280 juta rubel

Namun Tony Hadiyanto, Director of Indonesia Division PT Hyundai Motors menambahkan, komponen baterai pada EV sebenarnya dirancang untuk bertahan lama.

Kalau saya dengar  dari departemen RandD, ya mereka mendesainnya (mesin) untuk umur panjang. Seperti mesin biasa, ketika mobil hancur, mesin masih bisa hidup.

Baterainya juga bergaransi 8 tahun atau 160 ribu kilometer. Ioniq 5 terbuat dari bahan yang ramah lingkungan dan merupakan mobil listrik pertama yang dibuat berdasarkan Electric Global Modular Platform (E-GMP). 

Sebuah platform yang dirancang khusus oleh Hyundai Motor Group untuk model kendaraan BEV dengan banyak keunggulan. Dibutuhkan waktu 5-6 jam untuk mengisi daya mobil listrik Cikarang ini hingga 100% menggunakan wall charger atau charger listrik. 

Kemudian mobil listrik ini membutuhkan waktu 46-57 menit untuk mengisi daya hingga 80% potongan fast charging atau charger DC 50 kW.

Setiap versi kemudian dibagi berdasarkan kapasitas baterai, yang terdiri dari standar dan jarak jauh. Versi Prime Standard Range dan Signature Standard Range memiliki jarak tempuh maksimum sekitar 384 km. 

Sedangkan versi Prime Long Range memiliki jangkauan maksimal 481 km dan versi Signature Long Range memiliki jarak tempuh maksimal 451 km. 

Kemudian jenis ini juga menawarkan spesifikasi baterai yang valid. Jenis Ioniq 5 Prime Standard beserta Signature Standard diklaim mempunyai kekuatan hingga 384 km ketika baterai mobil full. Pabrikan asal Korea Selatan ini juga menawarkan garansi baterai selama 8 tahun atau 160.000 km. 

Berapa Biaya Servis Hyundai Ioniq 5 dari 5 Sampai 100.000 km 

Berapa Biaya Servis Hyundai Ioniq 5 dari 5 Sampai 100.000 km 
Berapa Biaya Servis Hyundai Ioniq 5 dari 5 Sampai 100.000 km

Suatu hal penting untuk para calon penggunanya guna memahami harga perawatan jenis ini. Berdasarkan data yang terkumpul, ternyata kisarannya relatif murah.  

Ioniq 5 sendiri telah resmi hadir untuk menggairahkan segmen mobil listrik di Indonesia saat diluncurkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid Show 2022.  

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan mobil ini dalam dua varian mewah, Prime dan Signature. 

Untuk melengkapi ketersediaan model baru tersebut, HMID tentunya juga menyediakan beberapa layanan aftermarket dan warranty

Ini termasuk garansi dasar  3 tahun atau 100.000 km, gratis  perawatan hingga 5 tahun atau 75.000 km dan gratis suku cadang hingga 3 tahun atau 45.000 km. 

Mengenai suku cadang, setelah masa bebas konsumen harus menggunakan uangnya sendiri untuk mengganti beberapa barang. 

Sebagai informasi mobil listrik murni seperti Ioniq 5 memiliki komponen yang jauh lebih sedikit daripada mobil bermesin pembakaran dalam. 

Menurut  Hyundai, mobil berbahan bakar bensin memiliki 2.500-3.000 komponen, sedangkan mobil listrik murni memiliki 1.200-1.500 komponen.

Ini, pada gilirannya, juga membuat harga kepemilikan mobil menjadi lebih murah sekitar 50 persen.

Mengutip situs resmi Hyundai Indonesia, perawatan Ioniq 5 baru akan dikenakan harga servis nya selama 48 bulan atau 60.000 km. Pada saat yang sama, 1 bulan atau 1000 km – 50.000 gratis. 

Berapa biaya servis Hyundai Ioniq 5 disebut Rp. 3-4 juta hingga 100.000 km. harga kepemilikannya juga diprediksi akan jauh lebih rendah dibandingkan mobil tradisional.

Kepala departemen perencanaan beserta strategi layanan PT. Hyundai Motors Indonesia mengungkapkan bahwa harga perawatan reguler jenis 5-100.000 km cuman sebatas Rp. 3,9 juta.

Suprayetno mengungkapkan, pengguna harus membayar biaya layanan sebesar Rp. 3,9 juta untuk Ioniq 5 untuk 100.000 kali pemakaian dengan gratis suku cadang hingga tiga tahun. 

Bahkan Hyundai Kona EV dan Ioniq memiliki biaya perawatan yang lebih rendah daripada Ioniq 5. 3,9 (juta) rupiah ditambah PPN. 

Baca juga : Cara Aman Membeli Mobil Bekas yang Harus Diketahui

Jadi, dalam 5 tahun atau 75.000 kilometer kalian akan mendapat free service. Itulah beberapa hal yang harus kita ketahui mengenai berapa biaya servis Hyundai Ioniq 5.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here