Tips Merawat Mobil Diesel dan Berbagai Pilihan Kendaraannya!

0
561
Tips Merawat Mobil Diesel dan Berbagai Pilihan Kendaraannya!
Tips Merawat Mobil Diesel dan Berbagai Pilihan Kendaraannya!

Merawat mobil diesel tentu susah-susah gampang. Sebagai jenis mobil yang cukup berbeda, tentu saja diperlukan treatment khusus untuk merawatnya. 

Baca Juga: Mobil Mogok di Jalan, Berikut ini Cara untuk Mengatasinya!

Sebenarnya, tidak banyak orang yang memilih jenis mobil ini, hal ini disebabkan karena karakter mesinnya yang cukup berisik sehingga membuatnya tidak begitu nyaman untuk dikendarai. 

Padahal, mobil jenis ini dapat menjadi alternatif selain kendaraan bensin. Lebih-lebih mobil diesel lebih irit bila dibandingkan dengan mesin bensin. Dengan pengisian bahan bakar solar, mobil diesel jauh lebih tangguh serta memiliki performa yang baik. 

Keuntungan Menggunakan Mobil Diesel Masa Kini

Sebelum mengetahui apa saja cara merawat mobil diesel, tidak ada salahnya Anda mengetahui berbagai keuntungan menggunakan mobil jenis ini. Berikut berbagai keuntungan menggunakan mobil diesel, antara lain:

  • Penggunaan Bahan Bakar yang Efisien

Mobil diesel memiliki penggunaan bahan bakar yang efisien bila dibandingkan dengan mobil dengan mesin bensin. Tentu saja hal ini disebabkan karena tekanan serta kompresi tinggi sehingga bisa menghasilkan panas yang jauh lebih sedikit. 

  • Bahan Bakarnya Lebih Aman

Mobil diesel menggunakan bahan bakar solar, tentu saja bahan bakar ini jauh lebih aman bila dibandingkan dengan bensin karena bisa tahan pada panas yang tinggi. 

  • Mesin Memiliki Torsi Besar

Kebanyakan mobil diesel memiliki torsi yang besar serta rpm rendah. Bila dibandingkan dengan mesin sehingga dapat diandalkan ketika menghadapi berbagai macam medan jalan. Untuk masalah perawatan, mesinnya juga lebih mudah dibandingkan dengan bensin. 

Meskipun demikian, mobil diesel memiliki suara mesin yang bising, lebih-lebih saat pertama kali dinyalakan, selain itu mobil diesel juga memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan mesin bensin. Mahalnya harga mesin mobil diesel ini memiliki dinding yang kokoh dan tebal sehingga harganya juga lebih mahal. 

Cara Merawat Mobil Diesel dengan Mudah

Untuk merawat kendaraan diesel Anda harus mengetahui cara yang tepat untuk merawatnya dengan baik agar tidak terjadi kesalahan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan, antara lain:

  • Memanaskan Mobil Sebelum Digunakan

Bila mobil akan digunakan, lebih baik panaskan terlebih dahulu kurang lebih 5 hingga 10 menit. Pemanasan mesin ini dilakukan agar oli dapat bersirkulasi dengan melumasi komponen yang ada dalam mesin. 

  • Pilih Oli Paling Tepat

Hal lain yang tidak boleh dilewatkan adalah menggunakan oli dengan tepat. Sekarang ini banyak merek oli di pasaran. Sebenarnya secara umum oli digunakan untuk mendinginkan suhu mesin serta melindungi komponen mesin. 

Karena untuk mobil diesel, pastikan Anda menggunakan oli mesin dengan spesifikasi khusus. Selain itu lakukan penggantian sesuai dengan jadwal perawatan berkala yang berada di buku manual. 

  • Menggunakan Solar yang Berkualitas

Merawat mobil diesel sebenarnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan bakar yang berkualitas, seperti solar dengan CN tinggi atau kandungan sulfur rendah. Tidak sedikit solar yang memiliki kadar CN tinggi serta sulfur rendah di tempat pengisian bahan bakar. 

Perlu diketahui, adanya kandungan sulfur yang tinggi bisa merusak komponen injektor serta menyebabkan pembakaran menjadi kurang sempurna. Namun, jika kandungan sulfur yang dimilikinya rendah, emisi gas buang akan menjadi lebih bersih. Anda bisa menggunakan solar non subsidi yang mempunyai nilai CN 51 serta kandungan sulfur 1200 ppm. 

  • Ganti Filter Udara

Pembakaran mesin yang sempurna disebabkan karena udara yang bersih. Namun debu dan kotoran dengan ukuran kecil sering terbawa angin sehingga masuk di filter udara. Debu serta kotoran yang masuk di filter ini akan mempengaruhi proses pembakaran menjadi kurang sempurna. Oleh sebab itu perhatikan dengan baik. 

  • Melakukan Perawatan Berkala

Sebisa mungkin, lakukan perawatan secara berkala di bengkel. Bengkel resmi mempunyai mekanik ahli yang bisa menangani berbagai macam masalah mobil seperti mesin diesel ini. Anda bisa meminta bagian-bagian tertentu diperiksa dengan baik.

Merawat Mobil Diesel dengan Mengemudikannya Secara Hati-hati

Teknologi dari diesel semakin lama menjadi semakin berkembang bahkan sudah menjadi mesin favorit untuk sebagian orang. Hal ini disebabkan karena diesel jaman sekarang berbeda dengan diesel dulu yang sangat identic dengan suara berisik dan asap hitam.

Namun, mengemudikan mesin dengan tenaga diesel beda dengan mobil bermesin bensin. Hal ini disebabkan karena karakter yang dimilikinya. Diesel mempunyai tenaga yang besar pada putaran bawah. 

Untuk mengemudikannya dengan cepat, berikut berbagai macam tips yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Menginjak Pedal Gas Secara Perlahan

Ketika mengemudikan mobil diesel, Anda harus menginjak pedal gas dengan perlahan. Hindari menginjaknya dalam-dalam seperti mobil yang menggunakan bahan bakar bensin. 

Hal ini disebabkan karena torsi diesel ada di RPM putaran bawah sehingga tidak perlu menginjak pedal gas secara berlebihan hanya untuk menggerakkan mobil. Teknik ini juga bisa membantu menekan penggunaan bahan bakar. 

  • Pastikan Posisi Persneling di Gigi Paling Rendah

Merawat mobil diesel sebenarnya bisa dilakukan dengan berhati-hati ketika mengemudikannya, contohnya dengan memastikan posisi dari persneling di gigi tengah saat berada di medan yang curam. 

Jika menggunakan transmisi otomatis, Anda bisa memastikan tuas transmisi yang dimilikinya berada di posisi L atau 2. 

  • Hindari Langsung Mematikan Mesin

Pada mobil diesel yang memiliki turbocharger, hindari mematikan mesin saat mobil sudah dipacu dengan menggunakan kecepatan tinggi. Anda harus membiarkan mesin terlebih dahulu selama 2 hingga 3 menit.

Setelah membiarkan mesin selama 2 hingga 3 menit, Anda baru bisa mematikannya. Langkah ini juga berlaku untuk mobil diesel dengan mesin turbo yang belum dilengkapi dengan turbo timer atau diesel keluaran lama. 

Kebiasaan Buruk Pengguna Mobil Diesel yang Harus Dihindari

Sebenarnya,  bukan hanya bisa dilakukan dengan memperhatikan perawatan berkmerawat mobil dieselala atau saat mengendarainya. Namun, menghindari kebiasaan buruk ketika menggunakan mobil ini juga bisa dilakukan. Berikut berbagai kebiasaan buruk yang harus dihindari ketika menggunakan mobil diesel, antara lain:

  • Geber-geber Mobil Diesel

Salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan pengguna adalah geber-geber mobil diesel. Padahal, geber-geber mobil ini bisa menjadi masalah, seperti kerusakan nozzele injector.

Tindakan seperti geber-geber ini juga bisa menyebabkan rusaknya mesin turbo. Dengan rusaknya mesin turbo, tenaga mobil bisa menjadi semakin menurun. 

  • Tidak Memanaskan Mesin

Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah tidak merawat mobil diesel dengan baik seperti memanaskan mesin terlalu lama. 

Memanaskan mesin mobil diesel tidak perlu berlama-lama. Anda dapat memanaskan mesin cukup 2 menit saja, dalam 2 menit, pemanasan sudah merata untuk melumasi semua komponen mesin. 

Ketika memanaskan mobil, Anda bisa membiarkannya selama 1 menit kemudian mematikannya kembali sehingga terdapat kesempatan untuk mendinginkan komponen mesin. 

  • Tidak Melakukan Penggantian Oli Secara Berkala

Usahakan untuk melakukan penggantian oli mesin secara berkala. Penggantian oli mesin juga termasuk perawatan yang harus dilakukan. Anda bisa mengganti oli 6 bulan sekali. 

Namun, tidak banyak pengguna yang melakukan perawatan ini. Biasanya penggantian oli mobil hanya dilakukan saat mobil dirasa tidak optimal, dan tidak melihat jadwal dengan baik. 

Pilihan Mobil Diesel Terbaik Saat ini

Setelah mengenal cara merawat mobil diesel, sekarang sudah saatnya untuk menjatuhkan pilihan. Berikut beberapa pilihan mobil diesel, seperti:

  • Mitsubishi Triton

    Mitsubishi Triton_Tips Merawat Mobil Diesel dan Berbagai Pilihan Kendaraannya!
    Mitsubishi Triton_Tips Merawat Mobil Diesel dan Berbagai Pilihan Kendaraannya!

Mitsubishi Triton merupakan sebuah produk andalan yang dimiliki oleh Mitsubishi. Mitsubishi Triton mewarnai segmen double cabin dan menggunakan mesin diesel. Di Indonesia, double cabin memang tidak popular seperti SUV serta MPV, namun mobil jenis ini tetap memiliki penggemar. 

Mitsubishi Triton memiliki kemampuan untuk melibas jalanan sulit, selain itu Mitsubishi Triton memiliki mesin 4 silinder yang mampu mengeluarkan tenaga yang besar. Mitsubishi Triton dibanderol dengan harga Rp 200 jutaan. 

  • Toyota Land Cruiser_

    Toyota Land Cruiser_Tips Merawat Mobil Diesel dan Berbagai Pilihan Kendaraannya!
    Toyota Land Cruiser_Tips Merawat Mobil Diesel dan Berbagai Pilihan Kendaraannya!

Toyota Land Cruiser merupakan sebuah mobil yang bisa melakukan aktivitas offroad sangat tangguh serta membuat penumpang menjadi tetap nyaman saat bepergian. Toyota Land Cruiser merupakan kendaraan dengan jenis SUV. 

Toyota Land Cruiser memiliki mesin diesel 4461 cc, dan memberikan kenyamanan serta performa terbaik di kelasnya. Toyota Land Cruiser memiliki rem anti lock serta SRS airbag. Untuk membelinya, Anda harus merogoh kantong sebesar Rp 2 M. 

  • Isuzu MU-X

    Isuzu MU-X_Tips Merawat Mobil Diesel dan Berbagai Pilihan Kendaraannya!
    Isuzu MU-X_Tips Merawat Mobil Diesel dan Berbagai Pilihan Kendaraannya!

Isuzu MU-X merupakan kendaraan dengan mesin 4JK1-TC. Isuzu MU-X memiliki 4 power silinder sehingga menjadikannya begitu tangguh untuk melalui berbagai rintangan di jalan. Isuzu MU-X memiliki harga Rp 490 jutaan. 

  • New Santa Fe

    New Santa Fe_Tips Merawat Mobil Diesel dan Berbagai Pilihan Kendaraannya!
    New Santa Fe_Tips Merawat Mobil Diesel dan Berbagai Pilihan Kendaraannya!

New Santa Fe merupakan kendaraan dari Hyundai yang memiliki penggunaan bahan bakar cukup irit. New Santa Fe memiliki harga Rp 629 jutaan, selain itu cara merawat mobil diesel ini juga mudah.

  • Pajero Sport

    Pajero Sport_Tips Merawat Mobil Diesel dan Berbagai Pilihan Kendaraannya!
    Pajero Sport_Tips Merawat Mobil Diesel dan Berbagai Pilihan Kendaraannya!

Pajero Sport merupakan salah satu kendaraan yang bisa dikatakan ramah lingkungan karena memiliki VGT atau Variable Geometry Turbo. Dengan menggunakan Pajero Sport, kegiatan berkendara yang Anda lakukan bisa menjadi lebih responsive. 

Baca Juga: Beli Mobil Sport Impian, Tips dan Daftar Harga Termurah!

Ada begitu banyak pilihan kendaraan diesel yang bisa dijadikan sebagai opsi. Namun, jika memilihnya pastikan kembali merawat mobil diesel ini dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here