Teknologi SHVS: Fitur, Keunggulan dan Cara Kerja

0
53
Teknologi SHVS: Fitur, Keunggulan dan Cara Kerja
Teknologi SHVS: Fitur, Keunggulan dan Cara Kerja

Teknologi SHVS ini bisa menjadi solusi inovatif dengan menggabungkan keunggulan mesin konvensional dan listrik. Teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki ini bertujuan untuk memberikan efisiensi energi pada industri otomotif.

Baca juga: Teknologi Crumple Zone, Fitur Perlindungan saat Kecelakaan

Sistem hybrid ini mampu mengurangi emisi gas rumah kaca serta konsumsi bahan bakar. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan energi kinetik yang biasanya terbuang pada saat deselerasi atau pengereman.

Pengenalan Teknologi SHVS pada Kendaraan

Pengenalan Teknologi SHVS pada Kendaraan
Pengenalan Teknologi SHVS pada Kendaraan

Pada dasarnya, prinsip kerja Smart Hybrid ini lebih unik daripada kendaraan listrik full hybrid, Sebab, teknologi cerdas ini menawarkan solusi hybrid yang lebih terjangkau, efisien serta ramah lingkungan.

Sistemnya juga telah dirancang dengan prinsip regenerasi energi. Guna untuk bisa membantu mesin diesel konvensional, khususnya akselerasi. Berikut ini sudah ada penjelasan lengkap tentang fitur, keunggulan dan cara kerja teknologi SHVS:

Fitur Smart Hybrid Vehicle by Suzuki

Fitur Smart Hybrid Vehicle by Suzuki
Fitur Smart Hybrid Vehicle by Suzuki

Kendaraan dengan Smart Hybrid ini sudah memiliki berbagai fitur yang mumpuni. Bertujuan untuk bisa meningkatkan efisiensi serta kenyamanan dalam berkendara. Berikut ini sudah ada penjelasannya:

Fungsi Berhenti Otomatis

Secara otomatis, fitur ini memungkinkan mesin pada kendaraan berhenti dan menyala kembali saat pedal ditekan. Kegunaan fitur ini juga dapat menghemat bahan bakar, khususnya dalam kondisi lalu lintas yang sangat padat.

Generator Pemula Terintegrasi (ISG)

Karena memiliki peran penting sebagai pengganti alternator konvensional, ISG sendiri juga mampu memberikan tenaga tambahan terhadap mesin kendaraan. Hadirnya teknologi SHVS ini, tentu akan memberikan efisiensi pada konsumsi bahan bakar kendaraan yang bisa langsung ditingkatkan.

Baterai Berkualitas Terbaik

Baterai lithium-ion telah memiliki desain khusus yang bekerja sama dengan ISG. Di mana dapat menyimpan energi yang telah dihasilkan pada mesin kendaraan. Setelah itu, energi tersebut akan disimpan kembali untuk digunakan pada saat kendaraan melakukan akselerasi.

Akselerasi Awal dan Melaju

Ketika kendaraan akan memulai akselerasi, maka daya atau energi akan tersimpan langsung dalam baterai. Hal ini juga akan memberikan tenaga tambahan terhadap mesin tersebut.

Namun, daya atau energi tersebut akan langsung dialihkan ke komponen listrik pada saat kendaraan telah mencapai kecepatan jauh lebih stabil. Misalnya saja seperti AC, lampu, sistem audio, maupun layar informasi yang multifungsi.

Hal ini tentunya memungkinkan mesin kendaraan untuk lebih fokus pada tugas utamanya. Di mana tugasnya untuk bisa menghasilkan tenaga saja. 

Dengan begitu pada saat mengemudi efisiensi dan kinerja pada konsumsi bahan bakar akan semakin meningkat karena ada teknologi SHVS. Sehingga selama perjalanan tanpa mengorbankan efisiensi energi tersebut, kalian juga bisa merasakan kehalusan serta kenyamanan.

Mengalami Deselerasi

Secara otomatis, ISG juga akan mengubah energi kinetik yang dihasilkan oleh putaran roda akan menjadi energi listrik. Terutama, pada saat kendaraan mengalami deselerasi atau pengurangan kecepatan. 

Sementara itu, untuk bisa mengisi daya baterai yang menggunakan teknologi SHVS lebih ringan, energi ini juga akan langsung digunakan pada kendaraan. Jadi baterai akan semakin meningkat, ketika mobil melakukan pengereman. Terutama, pada jumlah pengisian daya listrik kendaraan.

Keunggulan dari Smart Hybrid Vehicle by Suzuki

Keunggulan dari Smart Hybrid Vehicle by Suzuki
Keunggulan dari Smart Hybrid Vehicle by Suzuki

Teknologi SHVS dari Suzuki juga menawarkan berbagai macam keunggulan yang menjadikannya sebagai pilihan menarik bagi konsumen. Berikut ini sudah ada lima keunggulan utama dari sistem Smart Hybrid Vehicle by Suzuki, antara lain: 

Performa dan Efisiensi Bahan Bakar Lebih Baik

Keunggulan utama dari sistem hybrid ini, yaitu efisiensi bahan bakar serta meningkatkan kinerja kendaraan. Melalui adanya bantuan Smart Hybrid, system ini juga akan dapat mengurangi beban dari mesin konvensional.

Hasilnya, kendaraan bisa mengonsumsi bahan bakar lebih efisien. Selain itu, teknologi SHVS juga menawarkan performa lebih baik daripada kendaraan konvensional lainnya.

Lebih Terjangkau 

Kendaraan dengan Smart Hybrid satu ini juga menawarkan solusi listrik hybrid yang lebih terjangkau daripada kendaraan lain. Meski telah dilengkapi dengan Smart Hybrid yang ringan, namun harga dari kendaraan ini untuk konsumen umum tetap terjangkau.

Hal ini juga yang menjadikan Smart Hybrid menjadi pilihan yang paling ideal untuk berkendara. Terutama, bagi kalian yang ingin sekali menikmati sistem hibrida terbaik tanpa harus mengeluarkan budget terlalu dalam.

Kemampuan Regenerasi Energi dalam Berbagai Kondisi

Teknologi SHVS ternyata juga memiliki rancangan terhadap prinsip regenerasi energi kendaraan. Biasanya, energi yang terbuang pada saat kendaraan melaju juga akan menjadi energi listrik serta tersimpan kembali ke dalam baterai.

Kemudian, energi ini fungsinya untuk membantu mesin konvensional pada saat akselerasi terjadi. Selain itu, sistem tersebut juga mampu menghasilkan energi dari proses yang telah terbuang. 

Pengalaman Berkendara Jadi Lebih Halus

Melalui teknologi SHVS, akselerasi pada kendaraan juga menjadi lebih nyaman serta halus. Hal ini tentunya akan membuat pengalaman berkendara kalian menjadi jauh lebih menyenangkan.

Selain itu, dengan adanya beban mesin lebih ringan. Hal ini akan membuat biaya perawatan juga lebih rendah dan komponen mesin menjadi lebih awet.

Biaya Perawatan Lebih Rendah 

Melalui beban mesin ringan, tentu komponen kendaraan tersebut menjadi lebih tahan lama. Sehingga nantinya biaya perawatan mobil juga akan menjadi lebih rendah. Hal inilah yang menjadikan kendaraan menjadi lebih ekonomis dalam jangka waktu panjang.

Cara Kerja SHVS dalam Meningkatkan Efisiensi Mobil

Cara Kerja SHVS dalam Meningkatkan Efisiensi Mobil
Cara Kerja SHVS dalam Meningkatkan Efisiensi Mobil

Secara umum, teknologi SHVS memiliki beberapa cara kerja untuk bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar pada kendaraan. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait cara kerja Smart Hybrid dalam berbagai situasi, antara lain:

Ketika Mobil dalam Kondisi Menganggur

Dalam Smart Hybrid sendiri, sudah terdapat fitur engine auto start-stop. Fitur tersebut yang akan berperan penting terhadap kendaraan saat berada dalam kondisi berhenti atau idle.

Sehingga kendaraan yang sedang berada dalam posisi netral atau saat pengemudi tidak menginjak pedal, maka sistem tersebut secara otomatis akan langsung mematikan mesin.

Namun, sistem kelistrikannya juga tetap akan selalu menyala. Sehingga teknologi SHVS membuat fitur-fitur penting seperti sistem audio dan lampu akan tetap beroperasi.

Proses ini juga akan mengurangi konsumsi emisi pada gas buang dan bahan bakar saat kendaraan tersebut berhenti. Misalnya saja seperti saat kendaraan terjebak dalam kemacetan atau berada di lampu lalu lintas.

Secara otomatis, ketika kalian sudah berhasil menginjak pedal, maka mesin akan langsung menyala kembali. Proses ini juga akan berlangsung lebih halus dan cepat. Sehingga kalian sendiri mungkin tidak pernah sadar bahwa mesin tersebut telah mati dan menyala kembali.

Setiap Saat Melakukan Pengereman

Pada saat kendaraan kalian rem atau menjadi lambat, maka teknologi SHVS akan lebih memanfaatkan energi yang telah terbuang. ISG sendiri berguna sekali sebagai pengubah energi kinetik menjadi energi listrik serta generator.

Di mana nantinya ISG akan langsung tersimpan ke dalam baterai lithium-ion. Proses ini lebih sering disebut sebagai regenerasi pengereman. 

Kemudian, energi ini juga dapat kalian gunakan kembali. Hal ini bertujuan untuk bisa memberikan dukungan tenaga pada saat mesin membutuhkannya.

Dari sini, cara kerja sistem hybrid juga akan memanfaatkan energi yang terbuang saat pengereman. Gunanya untuk bisa meningkatkan efisiensi pada bahan bakar.

Dapat Memberikan Tenaga Tambahan selama Akselerasi

Pada saat melakukan akselerasi, teknologi SHVS juga memanfaatkan energi listrik yang telah tersimpan di dalam baterai. Nantinya, energi listrik yang telah tersimpan tersebut akan langsung beralih ke komponen elektrik. Misalnya saja seperti audio, lampu, serta sistem AC.

Sehingga dalam menghasilkan energi, mesin juga akan lebih fokus. Energi listrik satu ini juga akan menyalurkan ke ISG. Karena tugasnya hanya untuk berakselerasi, sehingga dapat meringankan beban putaran mesin kendaraan sesuai kebutuhan.

ISG ini juga sangat berguna, terutama pada saat kendaraan berakselerasi dari kondisi diam. Misalnya seperti saat setelah mobil berhenti di lampu lalu lintas atau memulai perjalanan.

Terlebih lagi, beban yang berkurang terhadap mesin yang melalui teknologi SHVS ini memungkinkan akselerasi jauh lebih responsif dan cepat. Jadi meski memiliki bobot mobil jauh lebih ringan, namun cara kerja Smart Hybrid akan memberikan banyak keuntungan.

Khususnya dalam hal yang berkaitan dengan perawatan mobil. Hal ini tersebut karena telah menggunakan jenis aki basah, sehingga perawatannya juga jauh lebih mudah.

Nantinya, kalian hanya perlu melakukan pemeriksaan kadar cairan secara rutin dan pemantauan terhadap kondisi aki berkala. Jadi perbandingan dengan jenis lithium seperti pada full hybrid juga akan menjadi sangat signifikan. 

Baca juga: Simak, Ini Manfaat Stabilizer Aktif pada Mobil dan Jenisnya!

Hal ini karena perawatan aki lithium umumnya sangat mahal. Jadi dengan adanya teknologi SHVS ini, mobil juga akan melaju lebih baik daripada pesaingnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini