Teknologi Otomotif Terupdate bagi Penyuka Kendaraan

0
24
Teknologi Otomotif Terupdate bagi Penyuka Kendaraan
Teknologi Otomotif Terupdate bagi Penyuka Kendaraan

Otomotif terupdate saat ini sudah memunculkan berbagai macam teknologi otomotif yang canggih. Sehingga membuat dunia otomotif semakin maju dan berkembang.

Baca juga : Jurusan Automotive Engineering dengan Prospek Kerja Menarik

Misalnya saja teknologi autonomous drive, yang dikenal sebagai salah satu inovasi mobil bergerak sendiri tanpa harus dikendarai. Kemampuan mobil ini tentunya telah didukung oleh teknologi, khusus bernama sensor mobil.

Mengenal Otomotif Terupdate yang Perlu Diketahui 

Mengenal Teknologi Otomotif Terupdate yang Perlu Diketahui 
Mengenal Teknologi Otomotif Terupdate yang Perlu Diketahui

Drive autonomous dikenal sebagai salah satu salah satu teknologi paling canggih yang ada di mobil. Melalui teknologi ini mobil bisa langsung bergerak tanpa harus dikendarai oleh manusia. 

Hal ini tentunya karena ada dukungan sensor yang ada di mobil. Sensor inilah yang memiliki peran penting dalam mengoperasikan mobil. Sistem teknologi ini sebenarnya sangat kompleks karena hanya perlu algoritma yang rumit. 

Algoritma ini berfungsi untuk buat mobil mengetahui hambatan di depannya, dan arah yang dituju. Selain itu, teknologi otomotif terupdate juga bisa membuat laju mobil lebih cepat namun tidak melanggar batas kecepatan.

Tesla tipe model S menjadi salah satu mobil yang menggunakan teknologi autonomous drive. Ada juga pabrikan mobil lainnya yang telah menggunakan teknologi ini, seperti BMW melalui tipe BMW 7-Series, Mercedes-Benz melalui tipe Mercedes S-Class, dan lainya.

Nama Teknologi Otomotif Paling Terbaik 

Ada beberapa Teknologi otomotif yang terbaru perlu kalian ketahui. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait teknologi mobil, antara lain:

  • Pre-collision

Teknologi otomotif terupdate memiliki peran penting dalam hal menghindari terjadinya sebuah tabrakan. Apabila tabrakan tersebut tidak mampu dihindari, maka teknologi ini memiliki sistem yang bisa membuat penumpang terlindungi.

Contoh dari teknologi mesin ini seperti Mercedes-Benz yang disebut Pre-Safe. Nantinya, sistem ini mampu mendeteksi apabila terjadi tabrakan yang tidak mampu dihindari.

Hal ini dapat langsung dilihat berdasarkan dari sudut kendaraan, kalkulasi kecepatan, maupun sensor yang ada di sekeliling mobil. Sementara itu, secara otomatis sistem dapat langsung mengatur ketinggian sandaran kepala, dan mengencangkan seat belt. 

Bahkan, juga bisa langsung mengatur sudut pada sandaran kursi hanya dalam hitungan menit. Apabila dibutuhkan, sistem ini juga mampu menutup sunroof maupun jendela.

  • Connected Cars

Connected cars dikenal sebagai salah satu teknologi otomotif terupdate yang dapat membuat kendaraan memiliki komunikasi dua arah. Dimana sistem teknologi yang sudah ada harus keluar dari kendaraan. 

Teknologi seperti ini tentunya berhubungan erat dengan koneksi internet. Jadi teknologi ini hanya disematkan oleh General Motors Company yang merupakan perusahaan otomotif multinasional.

Teknologi Mesin Terbaru dan Terbaik

Kini memang teknologi otomotif semakin menunjukkan perkembangannya dalam mendeteksi lokasi GPS atau Global Positioning System. Berikut ini sudah ada beberapa penjelasan terkait teknologi otomotif.

  • Hybrid

Hybrid dikenal sebagai salah satu dari teknologi otomotif terupdate yang inovatif. Diketahui teknologi ini telah memadukan dua sistem penggerak menjadi sebuah kesatuan. 

Jadi, untuk bagian mesinnya sendiri telah digabungkan dengan motor listrik. Kemudian bisa dilanjutkan dengan menyatu pergerakan dari mobil. 

Sistem inilah yang berguna untuk mengisi baterai sebagai penggerak motor listrik. Jadi untuk konsumsi emisi maupun bahan bakar akan menurun drastis.

Sementara itu, ada sejumlah mobil lainnya yang telah menggunakan teknologi hibdrid dengan plug in. Sistem ini sebenarnya bisa membuat motor listrik bergerak dengan baterai.

Jadi mesin konvensional tadi lebih jarang bekerja. Sebetulnya, ide teknologi otomotif terupdate sudah ada sejak abad 30. Namun, akhir tahun 1990 teknologi hibrid baru dikenal secara komersial.

  • Sistem Automatic Safety Braking

Safety automatic braking system menjadi salah satu teknologi terbaru terhadap mesin mobil. Teknologi ini tentunya bisa membuat mobil lebih cepat melaju secara hati-hati. 

Jadi untuk rem mobilnya sendiri sudah bekerja otomatis. Apalagi saat pengemudi mobil mengendarainya, maka teknologi ini sudah langsung mendapatkan kecepatan 30 kilometer per jam.

Untuk sensornya sendiri mampu mendeteksi hambatan atau pejalan kaki yang tidak terlalu disadari oleh pengemudi. Teknologi Otomotif terupdate ini ada pada beberapa mobil canggih seperti Mazda CX-5.

  • Sensor Electromagnetic Parking

Teknologi otomotif yang satu ini sudah lama ada sejak tahun 1992. Meski begitu, teknologi sensor electromagnetic parking tetap bertahan sampai saat ini. 

Inovasi ini malah dapat membantu mobil mendeteksi benda yang berada di sekeliling kendaraan. Mulai dari belakang, depan, hingga samping. Sehingga pengemudi mampu menghindari terjadinya benturan pada benda sekitar.

  • Teknologi Self Leveling Suspension

Meskipun teknologi ini hadir tidak terlalu baru, namun juga menjadi salah satu teknologi otomotif terupdate yang berguna. Sebelum muncul teknologi dari self leveling suspension, malah mobil keluaran lama suspensinya ditekan.

Apalagi saat mengisi penumpang maupun barang yang ada di belakang. Sementara itu, untuk traksi roda di bagian ini akan mengalami reduksi dan bagian depan mobil ikut terangkat. 

Hal inilah yang membuat mobil malah kurang stabil dan mampu membahayakan penumpang. Hadirnya teknologi self leveling suspension ini bisa membuat mobil tetap dalam keadaan postur awal dan suspensi mobil mampu dikendalikan.

Sehingga saat mobil terisi beban tidak terjadi apapun. Dengan begini, hal lainnya dapat terkendali apalagi yang berhubungan dengan pengendara pasti tampak lebih optimal.

Jenis Modifikasi Mobil yang Disukai Orang

Jenis Modifikasi Mobil yang Disukai Orang
Jenis Modifikasi Mobil yang Disukai Orang

Pada dasarnya, setiap pengendara boleh saja melakukan modifikasi terhadap mobilnya. Tidak ada larangan pemerintah asalkan modifikasi Otomotif terupdate tidak merugikan orang lain atau diri sendiri.

Saat ini sudah ada banyak sekali jenis modifikasi yang paling terkenal di Indonesia. Mengganti velg dan ban mobil menjadi salah satu modifikasi mobil yang banyak dilakukan oleh pengendara.

Walaupun modifikasi mobil ini lebih identik dengan berbagai macam perubahan desain dari pabrik yang dikeluarkan. Beda halnya, dengan modifikasi yang sering terjadi di Indonesia.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak orang yang memilih modifikasi proper. Hal ini tentunya dapat dikatakan sebagai modifikasi yang bisa dilakukan masih batas wajar.

Contohnya saja saja seperti, modifikasi alto look maupun street racing. Untuk lebih jelasnya kalian bisa menyimak beberapa penjelasan di bawah ini terkait modifikasi mobil, antara lain:

  • Modifikasi dalam Bentuk Chamber

Chamber merupakan jenis modifikasi Otomotif terupdate yang banyak sekali dilakukan oleh pengendara. Namun, jenis modifikasi chamber, ini modelnya tampak lebih ekstrem.

Umumnya pengguna yang melakukan modifikasi chamber ini, akan membuat kaki mobil terlihat. Sehingga posisi velg mobil akan tampak lebih miring.

Namun, modifikasi jenis ini masih terbilang wajar dikalangan anak otomotif. Jadi tidak heran model modifikasi mobil ini banyak digunakan oleh anak muda.

  • Model Modifikasi Street Racing

Jenis modifikasi otomotif terupdate selanjutnya banyak sekali digemari oleh kalangan muda yaitu street racing. Jenis Model modifikasi ini sebenarnya cocok untuk mobil balap sirkuit karena agar lebih terlihat sporty dan gagah.

Namun, meskipun mobil kalian sudah dimodifikasi. Akan tetapi, nantinya mobil ini tetap bisa kalian digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Jadi model modifikasi ini sebenarnya tidak terlalu norak jika dilakukan.

  • Model Modifikasi Stance with Air Suspension

Stance with air suspension juga dikenal sebagai salah satu jenis modifikasi mobil yang masih menjadi favorit Kaum muda. Untuk ciri khas dari modifikasi yang satu ini para pengendara membuat ground clearancenya yang cukup rendah. 

Sehingga bagian yang dimodifikasi hanyalah ban mobil, velg mobil, dan shockbreaker saja. Jadi walaupun tampilan modifikasi ini tampak lebih ceper, namun tetap dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari. 

Hal ini karena, jenis modifikasi ini telah menggunakan air suspension. Jadi kalian tetap bisa menggunakannya sesuai dengan kondisi jalanan.

  • Model Japanese Domestik Market

Aliran japanese domestik market ini juga dikenal sebagai salah satu dari modifikasi yang banyak digemari. Hal ini tentunya karena mobil jenis ini lebih nyaman saat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk ciri khas dari modifikasi ini telah menggunakan spare part dan komponen yang asalnya dari Jepang. Sementara itu, pada bagian bodynya tampak lebih simpel, berwarna, dan bersih. 

Modifikasi jenis ini juga telah banyak menggunakan stiker Jepang. Hal ini tentunya agar mobil tampak lebih estetik.

  • Modifikasi Hot Rod

Selanjutnya, otomotif terupdate dengan memodifikasi mobil menggunakan teknik hot rod. Untuk modifikasi yang satu ini biasanya dilakukan pada mobil klasik yang mesinnya tampak lebih besar.

Misalnya saja seperti mobil Holden, jadi modifikasinya akan memperlihatkan mesin big block. Dimana letak mesin ini berada di atas kap mesin.

Berdasarkan beberapa modifikasi yang ada di atas tentunya sudah banyak dilakukan oleh orang. Jadi kalian bisa memilih salah satu modifikasi yang paling bagus.

Baca juga : Apa itu Vapor Lock di Sistem Pengereman Mobil?

Namun, kalian tetap harus bisa merawat mobil dengan baik. Hal ini dilakukan agar mobil yang kalian miliki tetap terjaga dan teknologi otomotif terupdate tetap berfungsi dengan baik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here