Fungsi Kamera di Spion Kiri Honda WR-V yang Membantu Keselamatan Berkendara

0
35
Fungsi Kamera di Spion Kiri Honda WR-V yang Membantu Keselamatan Berkendara
Fungsi Kamera di Spion Kiri Honda WR-V yang Membantu Keselamatan Berkendara

Fungsi kamera di spion kiri Honda WR-V belum banyak orang tahu. Hal ini pun cukup maklum mengingat Honda kerap memberikan kejutan kepada pelanggan setianya. Sistem kamera ini pun salah satu inovasi super pada generasinya.

Baca juga : Mengenal Apa Itu Dashcam, Fungsi Dashcam hingga Cara Kerja

Kamera yang dipasang di kaca spion samping penumpang menunjukkan video langsung dari titik buta, dan mobil yang bersembunyi, melalui layar media 7 inci berkualitas tinggi. Teknologi ini disebut dengan LaneWatch.

Fungsi Kamera di Spion Kiri Honda WR-V

Fungsi Kamera di Spion Kiri Honda WR-V
Fungsi Kamera di Spion Kiri Honda WR-V

Banyak kendaraan Honda baru menawarkan Honda LaneWatch, yang membuat banyak orang yang belum membeli mobil baru-baru ini bertanya-tanya tentang kegunaannya. Fungsi kamera di spion kiri Honda WR-V ini sebagai pemberi informasi terkini di sekitar kendaraan, sementara kita fokus mengemudi.

Alat ini membantu pengemudi tetap mendapat informasi tentang apa yang terjadi di sisi penumpang mobil. Lalu, bagaimana cara kerja sistem LaneWatch ini?

Tidak berbeda dengan pemantauan titik buta, fungsi kamera di spion kiri Honda WR-V ini akan mengirimkan gambar ke layar tampilan tengah. Hal ini memungkinkan pengemudi untuk mendapatkan pandangan yang jelas dari sisi mobilnya.

Ini akan lebih memudahkan untuk berpindah jalur. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa Honda LaneWatch bukanlah pengganti kaca spion samping penumpang. Ini merupakan sebuah peningkatan (inovasi), bukan pengganti spion.

Honda LaneWatch aktif saat kalian mengaktifkan sinyal belok kanan. Kamera menyala dan umpan video muncul di layar tampilan kalian, memberikan gambar titik buta pengemudi. Jika mau, kalian juga dapat mengaktifkan sistem pemantauan Honda LaneWatch dengan menekan tombol di ujung kontrol sinyal belok agar lampu sinyal tidak menyala.

Menekan tombol lagi akan mematikannya. Untuk mengubah pengaturan LaneWatch, ikuti langkah berikut:

  • Pilih Pengaturan di layar BERANDA.
  • Pilih Kamera.
  • Pilih LaneWatchâ„¢.
  • Buat perubahan pilihan yang kalian inginkan.
  • Tekan KEMBALI untuk keluar.

Mengenal Fitur LKAS

Selain LaneWatch, ada juga teknologi serupa yang tak kalah mumpuni, yakni Lane Keeping Assist System (LKAS). LKAS membantu pengemudi tetap terpusat di jalur yang terdeteksi, memberikan pengalaman berkendara yang lebih percaya diri di jalan raya yang sempit.

Lane Keeping Assist System (LKAS) 11 dirancang untuk membantu menjaga agar kendaraan tetap berada di tengah jalur yang terdeteksi. Alat ini menerapkan torsi kemudi ringan jika menentukan bahwa kendaraan melayang ke arah sisi jalur.

Dalam sistem tersebut, bagian dari rangkaian teknologi bantuan pengemudi aktif Honda WR-V, menggunakan kamera yang dipasang di kaca depan untuk mencari penanda jalur. Juga, dipasang pula kemudi tenaga listrik (EPS) untuk membantu mengarahkan kendaraan.

Sistem ini mampu mengidentifikasi Botts’ Dots dan tanda jalur lainnya, serta bekerja dengan kecepatan antara 45 mph dan 90 mph. Jika LKAS menentukan bahwa kendaraan menyimpang dari pusat jalur yang terdeteksi tanpa aktivasi lampu sein oleh pengemudi, LKAS akan berusaha mengarahkan kendaraan kembali ke tengah jalur.

Ini bisa sangat berguna saat bepergian di jalan raya yang sempit, seperti jalur carpool. Sistem LKAS tidak dimaksudkan untuk mengambil alih pengemudian atau kemudi kendaraan. Pengendalian kendaraan tetap menjadi tanggung jawab pengemudi.

Inovasi dalam Keselamatan Berkendara

Kembali ke LaneWatch, alat ini diaktifkan saat lampu sein kanan diaktifkan atau dengan menekan tombol LaneWatch di tangkai lampu sein. Bidang pandang fitur ini empat kali lebih besar daripada kaca spion biasa, meskipun banyak pengguna awalnya skeptis dengan kegunaannya.

Tetapi apakah Honda LaneWatch benar-benar memberikan alternatif atau tambahan yang berguna untuk kaca spion samping, tentu perlu jawaban konkret. Fungsi kamera di spion kiri Honda WR-V ini harus jelas dan dimengerti para pengendaranya.

Dan jawaban tegasnya adalah, ya, LaneWatch telah berkembang menjadi banyak fitur keselamatan berguna. Itu tidak hanya membantu menampilkan mobil di titik buta, tetapi juga pengendara sepeda dan pejalan kaki.

Namun, satu kelemahannya adalah kerentanan sistem terhadap silau dan distorsi pada malam hari. Hal ini yang membuat pengendara mesti sedikit berkompromi dengan fungsi kamera di spion kiri Honda WR-V ini.

Beberapa pengendara tidak pernah sepenuhnya menghargai Honda LaneWatch sampai menghabiskan waktu yang lama dengan fitur jangka Panjang ini. Dalam situasi tertentu, pengemudi akan benar-benar menggunakan LaneWatch alih-alih kaca spion samping saat berpindah jalur.

Fungsi kamera di spion kiri Honda WR-V ini terasa sangat nyaman melakukannya berkat garis referensi kuning dan merah yang terlihat saat pengemudi melewati mobil atau pejalan kaki. Lebih terjamin dalam melakukan spekulasi pemindaian lalu lintas dalam berkendara.

Beberapa pengemudi bahkan mengaku bahwa fungsi kamera di spion kiri Honda WR-V ini sangat fungsional. Kaca spion samping penumpang dan LaneWatch amat membantu saat berbelok ke kanan, berpindah jalur, dan parkir paralel.

LaneWatch memberi pengemudi rasa percaya diri ekstra saat berpindah jalur, terutama pada kecepatan tinggi, dan memudahkan untuk mendekati trotoar saat parkir paralel. Pengemudi akan menemukan itu mudah digunakan sejak awal.

Membantu Mengantisipasi Gerakan Sporadis

Ketika pertama kali menggunakan LaneWatch, pengemudi baru mungkin akan berpikir itu lebih seperti tipu muslihat daripada fitur keamanan yang berguna untuk meningkatkan penglihatan. Namun, banyak pengemudi lantas benar-benar menyukainya kemudian.

Tidak menggunakannya sebagai pengganti spion samping, tetapi lebih sebagai pemeriksaan ulang. Ini menunjukkan kepada kalian lebih dari sekadar kaca spion samping, dan bahkan bekerja pada kecepatan rendah, yang bagus untuk berbelok di lalu lintas kota tempat pejalan kaki menyeberang.

Ada juga yang skeptis dengan sistem LaneWatch Honda, tetapi setelah mengalaminya untuk uji coba, manfaat sistem tersebut menjadi lebih jelas. Tampilan sudut lebar kamera memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang apa yang terjadi di sisi kanan mobil daripada kaca spion saja.

Ini bisa berguna di jalan-jalan di mana berbagi jalan dengan pengendara sepeda adalah hal biasa. Namun, sistem kehilangan banyak kegunaannya di malam hari karena semakin sulit untuk menguraikan apa yang kalian lihat di layar dasbor.

Kalian mungkin memeriksa kaca spion dan layarnya, dan menurut layarnya menawarkan tampilan keseluruhan yang sedikit lebih baik. Dan kalian akan menyadari ketika mengendarai mobil lain yang tidak memiliki kamera, fungsi kamera di spion kiri Honda WR-V ini benar-benar terasa perbedaannya.

Ini membantu kalian menemukan pengendara sepeda di kota. Jika kalian merupakan seseorang yang hobi bersepeda, tentu akan berharap ada lebih banyak mobil yang menawarkan sistem ini.

Alternatif Kaca Spion

Alternatif Kaca Spion
Alternatif Kaca Spion

Ada juga yang menggunakan LaneWatch sebagai alternatif kaca spion samping penumpang. Banyak orang telah menyadari bahwa sistem LaneWatch bekerja lebih baik dalam menunjukkan kepada pengemudi apa yang ada di luar sisi penumpang mobil daripada kaca spion.

Fungsi kamera di spion kiri Honda WR-V ini adalah mengirim gambar yang diproyeksikan pada layar sistem multimedia dengan jelas dan mudah dibaca dengan cepat. Para pengemudi menyukai LaneWatch karena membantu mengenali pengendara sepeda yang datang dengan cepat di belakang saya di jalan, sehingga dapat menahan diri tidak memotongnya saat berbelok ke kanan.

Tidak diragukan lagi, fungsi kamera di spion kiri Honda WR-V ini membuat perubahan jalur lebih aman dan percaya diri. Kamera dapat memperlihatkan sebuah kendaraan yang nongkrong di titik buta kalian yang belum pernah tampak di kaca spion samping, dan itu benar-benar menyelamatkan.

Namun, penggunaannya di malam hari adalah cerita yang berbeda. Di jalan raya yang sangat gelap di malam hari, gambar di layar multimedia akan agak redup dan keruh. Lampu depan dari barisan mobil di belakang dapat menyatu menjadi gumpalan cahaya yang membingungkan.

Hal ini membuat kalian harus menengok ke kaca spion samping untuk memeriksa ulang sebelum berpindah jalur. Fungsi kamera di spion kiri Honda WR-V ini memang belum sempurna, tapi sudah cukup berfungsi dengan baik sebetulnya.

Fitur ini sejatinya jauh lebih baik daripada peringatan titik buta. Dalam kebanyakan kasus, ini akan menyala ketika kendaraan lain terlihat jelas di kaca spion kalian yang disetel dengan benar (yaitu, bukan titik buta).

Yang bagus untuk para pengendara adalah jika kalian malas dan tidak memeriksa titik buta kalian, itu akan memberi sinyal untuk pindah ke mobil lain. LaneWatch dan satu set spion yang disesuaikan dengan benar melakukan hal yang sama, meski sayangnya hanya di sisi kanan.

Baca juga : Mengenal Komponen Power Steering Mobil Beserta Cara Kerjanya

Jika kalian melihat kaca spion samping, kalian melihat sebuah kendaraan. Di saat itulah kalian akan menyadari keunggulan dari fungsi kamera di spion kiri Honda WR-V ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here