Spesifikasi Kaca Film agar Tidak Salah Beli

0
346
Spesifikasi Kaca Film agar Tidak Salah Beli
Spesifikasi Kaca Film agar Tidak Salah Beli

Mengetahui spesifikasi kaca film agar tidak salah beli sangat penting dari mulai tingkat Ultraviolet Rejection, Infrared Rejection sampai Total Solar Energy Rejection. Spesifikasi tersebut akan menentukan kualitasnya.

Baca Juga: Beberapa Pilihan Mobil Toyota Terbaik Yang Ramah Di Kantong

Merupakan impian dari setiap pemilik kendaraan roda empat bisa memiliki kabin dengan suhu yang tetap sejuk, nyaman dan penggunaan AC nya dapat dikurangi agar BBM bisa digunakan lebih irit.

Untuk mendapatkannya, pemilik kendaraan roda empat bisa memanfaatkan kaca film. Tapi sebelum membelinya Anda wajib mengetahui dulu spesifikasi kaca film agar tidak salah beli. Karena spesifikasi tersebut memiliki beberapa istilah yang biasanya tidak diketahui oleh banyak orang.

Fungsi Utama dari Kaca Film Sebelum Salah Beli

Kaca film merupakan aksesoris mobil yang wajib dipakai menjadi pelengkap penampilan mobil menjadi semakin keren. Tetapi tidak hanya buat keren saja, ada fungsi utama yang membuat kaca film ini wajib untuk dipakai.

Tetapi sebelum itu Anda harus mengetahui terdapat spesifikasi kaca film agar tidak salah beli. Karena setiap spesifikasinya memiliki perbedaan dan kegunaannya masing-masing. Berikut ini fungsi utama dari kaca film secara umum.

  • Sebagai Pengaman atau Safety

Aksesoris ini biasanya digunakan untuk sebagai pengaman dan juga menjaga privasi. Untuk mendapatkan privasi yang lebih terjamin, biasanya Anda harus menggunakan kaca film dengan kegelapannya hingga 90%.

Sehingga membuat orang luar sulit untuk melihat ke dalam, ini juga akan melindungi mobil dari tindak kejahatan perampokan dan lainnya karena pencuri sulit untuk melihat barang berharga apa saja yang ada di dalam.

Kaca film juga memiliki fungsi utama sebagai dekorasi dan memberikan penampilan mobilnya lebih modis dan trendi. Sehingga, Anda bisa menyesuaikan warna kaca filmnya dengan warna mobilnya sendiri.

  • Solar control

Anda wajib untuk mengetahui spesifikasi kaca film agar tidak salah beli, karena ada jenis aksesoris ini yang berfungsi untuk menolak panas. Jenis ini biasanya sangat sering dicari karena fungsinya dapat menyerap panas dan memantulkannya jadi suhu di dalam kabinnya tidak panas dan tetap sejuk.

Manfaat Kaca Yang harus Diketahui

Spesifikasi Kaca Film agar Tidak Salah Beli_Manfaat Kaca Yang harus Diketahui 
Spesifikasi Kaca Film agar Tidak Salah Beli_Manfaat Kaca Yang harus Diketahui

Selain mengetahui fungsi utama dari kaca film, aksesoris ini juga memiliki beragam manfaat lainnya yang harus diketahui sebelum Anda mengetahui spesifikasi kaca film agar tidak salah beli.

  • Membuat BBM lebih irit

Meskipun tidak berhubungan langsung dengan BBM, tetapi penggunaan kaca film terbukti dapat mengurangi penggunaan BBM sebanyak 10% sampai dengan 20% karena suhu kabin yang tetap sejuk sehingga pekerjaan AC tidak terlalu berat.

Penggunaan AC yang berkurang otomatis akan membuat penggunaan BBM menjadi lebih irit. Sehingga saat nanti membelinya usahakan untuk mengetahui spesifikasi kaca film agar tidak salah beli.

  • Menjaga privasi setiap penumpangnya

Anda terasa risih ketika sedang berada di dalam mobil tetapi kacanya transparan sehingga orang dari luar akan mudah untuk melihat ke dalam. Untuk itu, Anda harus mengetahui spesifikasi kaca film agar tidak salah beli untuk menjaga privasi setiap penumpang.

Anda bisa memilih kaca film yang memiliki kegelapan yang tinggi sehingga penumpang merasa aman dan terjaga privasinya karena membuat orang luar tidak dapat melihat ke dalam.

  • Menambahkan fitur keamanan saat kaca pecah

Kejadian buruk bisa saja terjadi kapan saja, sehingga Anda harus mengantisipasinya dengan memasang aksesoris ini. fitur keamanan ini akan membantu kaca mobil memegang pecahan kacanya sehingga tidak berhamburan kemana-mana.

Sehingga ketika masih ada penumpang saat kejadian tersebut terjadi, dapat mengurangi risiko terluka akibat serpihan kaca tersebut.

Berikut ini Spesifikasi Kaca Film Agar Tidak Salah Beli 

Sebelum memutuskan untuk membelinya, Anda harus tahu dulu bahwa terdapat beberapa jenis yang perlu diketahui agar nanti tidak salah beli. Karena mayoritas tidak terlalu memahami pada spesifikasi yang tersedia di pasaran.

Agar tidak salah lagi, Anda harus mengetahui spesifikasi kaca film agar tidak salah beli sebagai berikut ini.

  • UVT

Spesifikasi yang pertama adalah UVT merupakan singkatan dari Ultraviolet Transmittance. Jadi, saat membelinya Anda tidak boleh melupakan spesifikasi kaca film agar tidak salah beli ini.

UVT merupakan cahaya yang berasal dari matahari yang bisa menyebabkan interior kulit menjadi pecah-pecah dan memudarkan warnanya juga. untuk mencegah hal ini, pilihlah dengan spesifikasinya UVT kecil.

Semakin kecil UVT nya merupakan data semakin baik kualitas produknya karena bermanfaat untuk mencegah transmisi dari UVT.

  • UVR

UVR merupakan kebalikan dari UVT merupakan Ultraviolet Rejection. UVR ini akan menunjukan kemampuan dari kaca filmnya untuk menolak sinar ultraviolet yang masuk ke dalam mobil. 

Karena kebalikannya, saat akan membelinya pastikan spesifikasi ini semakin besar UVR nya maka semakin baik kualitasnya dalam menolak sinar UVT.

  • IRR

IRR singkatan dari Infrared Rejection merupakan kemampuan untuk menghadang sinar infra merah yang biasanya akan menyebabkan panas pada kabin. Jadi spesifikasi kaca film agar tidak salah beli yang baik ketika IRR menunjukkan angka yang besar akan semakin baik kualitasnya.

  • TSER

Selanjutnya TSER atau Total Solar Energy Rejection merupakan total energi dari matahari yang ditolak oleh produknya. Agar tidak salah membelinya pilihlah TSER yang memiliki angka yang tinggi.

Karena semakin tinggi TSERnya akan semakin besar juga suhu panas yang dihadang oleh kaca filmnya.

  • VLT

Spesifikasi kaca film agar tidak salah beli terakhir adalah VLT merupakan Visible Light Transmission. VLT ini merupakan spesifikasi yang menunjukan seberapa banyak nilai cahaya yang masuk.

Jadi semakin kecil VLT nya maka semakin gelap, semakin gelap kaca filmnya akan semakin baik juga kualitasnya.

Tidak Bisa Sembarangan, Ini Aturan Saat Memasang Kaca Film

Spesifikasi Kaca Film agar Tidak Salah Beli_Tidak Bisa Sembarangan, Ini Aturan Saat Memasang Kaca Film
Spesifikasi Kaca Film agar Tidak Salah Beli_Tidak Bisa Sembarangan, Ini Aturan Saat Memasang Kaca Film

Tetapi perlu diingat ada beberapa aturan saat memasang kaca film yang sebaiknya diikuti untuk menjaga keselamatan pengendara dan penumpangnya juga.

  • Jangan memasang yang terlalu gelap terutama di kaca depan.

Anda yang ingin menjaga privasi tidak harus memasangnya tingkat kegelapannya 90% pada semua jendelanya. Karena, tidak hanya akan gelap dilihat dari luar, di dalam juga akan menjadi gelap. Apalagi jika dipasang pada jendela depan. 

Pengemudi akan jadi sulit untuk menyetir karena jarak panjangnya yang terasa gelap. Hal ini juga dapat membahayakan penumpang maupun pengemudi. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui spesifikasi kaca film agar tidak salah beli.

  • Kaca film yang memiliki kualitas baik harus terang saat dilihat dari dalam

Selanjutnya adalah kaca film yang memiliki kualitas baik juga harus terang saat dilihat dari dalam sehingga direkomendasikan untuk memasang untuk jendela samping maksimal kegelapannya adalah 80%.

Sedangkan untuk depan direkomendasikan untuk kurang dari 40%. Karena jika 90% dinilai terlalu gelap sehingga nanti membuat visibilitas di dalam mobil menjadi kurang. Hal ini tentu saja kurang baik.

  • Perhatikan harganya

Selain memilih berdasarkan spesifikasinya, Anda juga bisa membelinya pada beberapa merk ternama. Tetapi kekurangannya, produk yang dikeluarkan oleh merk pertama tersebut biasanya akan lebih mahal.

Tetapi walaupun mahal, kualitas dan spesifikasi kaca film agar tidak salah beli tidak perlu diragukan lagi karena biasanya sudah terjamin bagus.

Cara Pasang Kaca Film yang benar

Pemasangannya gampang-gampang susah, tidak perlu ke bengkel terlebih dahulu. Anda bisa memasangnya sendiri dengan mengikuti cara pasang kaca film dengan benar setelah membeli sesuai dengan spesifikasi film agar tidak salah beli.

  • Mempersiapkan tempat

Langkah pertama adalah siapkan tempat yang paling baik untuk memasangnya. Tidak perlu membongkar kacanya terlebih dahulu cukup cari tempat yang paling sempurna untuk memasangnya.

Direkomendasikan untuk memasangnya di tempat indoor yang bersih karena jika di outdoor dikhawatirkan akan kotor dan berdebu.

  • Bersihkan terlebih dahulu kacanya

Langkah keduanya adalah membersihkan dulu kacanya sampai benar-benar bersih tidak ada debu sama sekali. Karena percuma saja jika sudah membeli spesifikasi kaca film agar tidak salah beli tetapi tidak membersihkan kacanya dulu maka hasilnya tidak akan baik.

Setelah dibersihkan jangan lupa untuk membuatnya kering juga, gunakan alat seperti karet yang biasanya dipakai untuk jendela lalu dilanjutkan dengan lap agar memastikan kacanya menjadi sangat bersih.

  • Mencetak kaca filmnya

Selanjutnya, setelah membeli spesifikasi  selanjutnya adalah Anda cetak sesuai dengan ukuran kacanya. Sisi perangkatnya harus menghadap luar karena dipasangnya dari dalam.

Proses pengukuran ini dimulai dengan menyemprotkan air bersih terlebih dahulu ke permukaan kacanya. Setelah itu tempelkan gulungan kaca filmnya dan langsung menempel. Selanjutnya, bentuklah pinggirannya sesuai dengan bentuk kacanya.

Setelah itu semprotkan air sabun pada bagian luarnya agar bisa merekat dengan baik setelah itu, Anda baru bisa memotongnya dengan menggunakan cutter sesuai dengan bentuknya.

Baca Juga: Pahami Cara Menggunakan Car Seat Yang Benar, Hindari Kesalahan Berbahaya Ini

Setelah mendapatkan polanya, potong beberapa bagian lagi untuk ditempelkan di kaca lainnya. Dengan mengetahui spesifikasi kaca film agar tidak salah beli, kaca filmnya bisa difungsikan dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here