Ketahui Spesifikasi Honda Jazz sebelum Membelinya Bekas

0
99
Ketahui Spesifikasi Honda Jazz sebelum Membelinya Bekas
Ketahui Spesifikasi Honda Jazz sebelum Membelinya Bekas

Perhatikan spesifikasi Honda Jazz sebelum membelinya meski nanti hanya bekasan. Membeli mobil bekas bukanlah larangan jika barang tersebut masih bagus, surat-suratnya lengkap dan tidak ada masalah mengenai pajak.

Baca juga: Mengenal Fitur Mazda2 Sedan serta Spesifikasinya

Mengenal spesifikasi dari kendaraan tersebut bertujuan agar nanti tidak mudah tertipu oleh sang pembeli. Kalian bisa cek kondisi mesin dan menilainya baik atau tidak, jika sebelumnya mengetahui spesifikasi dari mobil tersebut.

Berikut ini kita akan memberikan sedikit ulasan kepada kalian, tentang spesifikasi Honda Jazz seperti apa, sehingga ketika membeli bekasnya, dapat barang bagus. Informasi lebih lengkapnya, simak di bawah ini.

Inilah 4 Spesifikasi Honda Jazz secara Lengkap

Inilah 4 Spesifikasi Honda Jazz secara Lengkap
Inilah 4 Spesifikasi Honda Jazz secara Lengkap

Membeli mobil bekas bukan masalah lagi sekarang. Jika memang dana yang kalian miliki hanya bisa membeli yang bekas, tidak masalah. Akan tetapi, harus perhatikan dengan baik, jangan asal beli.

Ada baiknya, jika membeli mobil bekas harus dari tangan pemiliknya langsung karena itu jauh lebih murah. Kalian juga bebas mengecek kondisi mobil di hadapan pemiliknya.

Sama ketika kalian ingin membeli mobil Honda Jazz bekas, tidak hanya membeli pada tempat yang tepat, tapi perlu juga mempelajari spesifikasi Honda Jazz.

Kalian akan bisa tahu apa saja fitur atau bagian mobil lainnya yang bermasalah, jika mengetahui spesifikasinya dengan baik. Dengan begitu, barang yang akan kalian dapatkan nanti berkualitas meski statusnya second hand.

Berikut ini akan kita tunjukkan bagaimana spesifikasi Honda Jazz secara lebih detail agar kalian tidak salah beli mobil bekas satu ini :

Spesifikasi Umum

Spesifikasi Umum
Spesifikasi Umum

Spesifikasi secara umum itu melibatkan kondisi mesin dari mobil tersebut. Kapasitas mesin dari mobil ini adalah 1.497 cc, dengan jenis mesinnya adalah SOHC 4-silinder 16 katup i-VTEC.

Kemudian untuk tenaga tertingginya mencapai 118 hp @ 6.600 rpm. Sementara torsi tertinggi adalah 145 Nm @ 4.600 rpm. Mobil ini memiliki transmisi dengan jenis CVT Eart Dream/ MT-5 kecepatan.

Dimensi Honda Jazz

Dimensi Honda Jazz
Dimensi Honda Jazz

Salah satu alasan membeli mobil ini karena spesifikasi Honda Jazz pada dimensinya itu cukup luas. Kabinnya memang tergolong lebih lega, baik pada bagian kepala atau bagian kaki.

Kapasitas dari mobil ini bisa menampung sampai dengan 5 orang. Uniknya, pada Honda Jazz terdapat konfigurasi kursi cerdas yang namanya Ultra Seat.

Tujuan adanya fitur tersebut, kalian bisa melipat bangku sesuai dengan keinginan. Fitur ini juga memiliki 4 mode, yaitu refresh, tall, long mode, dan utility. Masing-masing mode memiliki fungsi yang berbeda.

Berpindah pada kabin eksteriornya, pada Honda Jazz memiliki luas kabin eksterior yaitu (P x L x T) 4.035mm x 1.694mm x1.524 dengan panjang wheelbasenya adalah 2530mm.

Untuk penjelasan dimensi di atas untuk varian RS. Untuk varian lainnya sebenarnya memiliki dimensi lebih kecil dan cocok untuk keluarga kecil kalian.

Fitur Honda Jazz

Fitur Honda Jazz
Fitur Honda Jazz

Membahas tentang spesifikasi Honda Jazz, tentu tidak lepas dengan berbagai fitur yang mobil ini tawarkan. Sebenarnya, fitur pada mobil ini termasuk umum.

Untuk fitur umumnya yang pasti ada pada mobil Jazz varian apa saja, ada speaker, AC auto, Engine start stop, dan audio steering switch.

Jika mobil Jazz RS terdapat tambahan paddle shift dan cruise control. Lampu bagian depan menggunakan full LED dan juga DRL.

Selain itu ada fitur high mount stop lamp. Ini berguna untuk kalian jika melewati jalan yang sangat gelap.

Pada fitur kunci antara Jazz RS dan biasa juga memiliki perbedaan. Jika Honda Jazz RS itu menggunakan kunci smart key, sementara Jazz biasa menggunakan wave key.

Fitur lainnya juga ada alarm system, airbag, brake override system. Pengereman roda belakang sudah cakram, sementara roda depan masih tromol.

Perkiraan Harga Honda Jazz Bekas

Perkiraan Harga Honda Jazz Bekas
Perkiraan Harga Honda Jazz Bekas

Kemudian spesifikasi Honda Jazz adalah harga bekasnya. Untuk Harganya sendiri itu ada berbagai macam. Tergantung juga kalian mau beli tipe yang mana.

Tipe Honda Jazz itu ada 4, yaitu Jazz MT, Jazz CVT, Jazz RS MT dan Jazz RS CVT. Paling mahal biasanya adalah Jazz RS CVT. Meski sudah bekas, masih berada di sekitar 200 juta rupiah.

Sementara untuk yang paling murah ada varian Jazz Mt. Harga mobil barunya sekitar Rp. 256, 5 juta. Jika membeli bekas, bisa mendapat harga kurang lebih 100 jutaan, tergantung kondisi mobilnya juga.

Sebelum Membeli Mobil Honda Jazz Bekas Lihat Status Kendaraan

Sebelum Membeli Mobil Honda Jazz Bekas Lihat Status Kendaraan
Sebelum Membeli Mobil Honda Jazz Bekas Lihat Status Kendaraan

Setelah paham tentang spesifikasi Honda Jazz, lanjut untuk melihat status kendaraan yang akan kalian beli bekasnya. Jangan sampai, kalian membawa pulang mobil bekas yang telah rusak.

Ketika kalian membeli mobil bekas dari pemiliknya, mudah saja untuk mencocokkan STNK dan BPKB dari sang pemilik. Namun, kalian juga harus mencari tahu riwayat kendaraan tersebut di kantor samsat itu bagaimana. 

Siapa tahu pernah mendapatkan pelanggaran berat, nanti kalian yang tertuduh. Untuk mengeceknya, kalian tidak perlu datang ke kantor Samsat langsung, bisa melalui website. Apa saja yang harus kalian cek?

Pertama adalah blokir jua. Artinya, pemilik lama melapor ke samsat bahwa mobil dengan nomor polisi sekian telah terjual ke orang baru. Jadi, agar bisa tetap membayar pajak, harus langsung ganti nama.

Kedua, tilang elektronik. Lihatlah pada riwayat penilangan pada mobil tersebut, apakah ada penilangan yang belum selesai. Karena nanti, kalian bisa kena dendanya.

Dan yang ketiga, jangan hanya memperhatikan spesifikasi Honda Jazz saja, tapi juga melihat status blokir hilang.

Jika mobil bekas tersebut statusnya adalah kendaraan hilang, kalian harus berhati-hati dan jangan membelinya. Sudah pasti itu mobil curian dengan STNK dan BPKB yang palsu.

Cek Kondisi Mobil Berdasarkan Spesifikasi Honda Jazz

Cek Kondisi Mobil Berdasarkan Spesifikasi Honda Jazz
Cek Kondisi Mobil Berdasarkan Spesifikasi Honda Jazz

Fungsinya memahami spesifikasi agar nanti kalian tidak tertipu dengan penjual nakal. Biasanya, orang yang tidak tahu apa-apa tentang mobil dan ingin membeli bekas, rawan terkena penipuan.

Kecuali jika pembelinya memang baik dan jujur. Kalian bisa menemukan mobil bekas bagus pada beberapa platform jual-beli mobil bekas di internet. Pilih yang paling dekat dengan tempat tinggal kalian agar nanti proses pengecekkannya mudah.

Ini paling penting bagi calon pembeli mobil bekas, yaitu dengan melihat kondisi mobil berdasarkan spesifikasi Honda Jazz yang telah kalian ketahui sebelumnya.

Cocokkan antara kondisi sekarang dengan spesifikasi yang telah kalian pahami. Jika memang bagus, bisa menjadi pertimbangan untuk membelinya. Berikut adalah tips termudah untuk cek kondisi mobil Honda Jazz jika ingin membeli bekasnya, yaitu :

Tanyakan Kunci Cadangan

Tanyakan Kunci Cadangan
Tanyakan Kunci Cadangan

Ketika membeli mobil bekas, kalian akan mendapatkan banyak kelengkapan, salah satunya kunci cadangan. Menanyakan kunci cadangan sangat penting untuk mobil yang sudah memakai fitur immobilizer.

Perhatikan Indikator pada Panel Instrumen

Perhatikan Indikator pada Panel Instrumen
Perhatikan Indikator pada Panel Instrumen

Hal yang perlu kalian perhatikan selain mengetahui spesifikasi Honda Jazz saat membelinya secara bekas, yaitu dengan melihat indikatornya.

Mobil modern yang sudah lengkap dengan indikator pada panel, itu akan menunjukkan kondisi dari mobil itu saat ini seperti kondisi aki, tekanan mesin, cek mesin, dan lainnya.

Seberapa jauh mobil tersebut telah melaju. Jangan pilih mobil Jazz bekas yang sudah melaju terlalu jauh, karena kemungkinan ada kerusakan.

Hati-hati dengan Ruang Mesin yang Terlalu Bersih

Hati-hati dengan Ruang Mesin yang Terlalu Bersih
Hati-hati dengan Ruang Mesin yang Terlalu Bersih

Melihat ruang mesin terlalu bersih, jangan langsung terkecoh dan justru malah senang. Kalian tetap harus waspada.

Meski ruang mesin bersih, kemungkinan memiliki masalah pada oli. Coba telusuri lagi, siapa tahu nanti terdapat rembesan oli dan bahkan mesin tidak bisa nyala.

Cek Riwayat Service

Cek Riwayat Service
Cek Riwayat Service

Bagi kalian yang membeli mobil bekas, jangan lupa untuk mengecek riwayat service. Tapi catatan pada bengkel resmi, maka kalian bisa mengeceknya dari aplikasi.

Dengan pengecekkan ini, kalian tahu jenis-jenis perawatan yang pemilik sebelumnya lakukan agar bisa mengikutinya.

Selain itu, mengecek riwayat service juga mengetahui bahwa pemilik mobil sebelumnya sangat merawatnya.

Lakukan Test Drive

Lakukan Test Drive
Lakukan Test Drive

Kemudian langkah terakhir untuk memastikan mobil tersebut layak untuk kalian beli adalah dengan melakukan test drive.

Test drive ini perlu kalian lakukan untuk mengetahui performa dari mobil secara keseluruhan. Coba rasakan posisi duduk, stabil tidaknya saat mobil melaju, bagaimana pedal gasnya hingga transmisi.

Baca juga: Mengenal Spesifikasi Mitsubishi XForce dan Keunggulannya

Kalian boleh membeli mobil bekas, terutama jika yang ingin membeli Honda Jazz, akan tetapi perlu melakukan pemeriksaan secara lebih detail. Mungkin mengetahui spesifikasi Honda Jazz sangat membantu, tapi kalau bisa ajak teman yang lebih paham lagi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini