Platform DNGA Solusi Ramah Lingkungan Kendaraan Masa Depan

0
90
Platform DNGA Solusi Ramah Lingkungan Kendaraan Masa Depan
Platform DNGA Solusi Ramah Lingkungan Kendaraan Masa Depan

Platform DNGA merupakan singkatan dari Daihatsu New Global Architecture. Fitur ini dikembangkan oleh Daihatsu sebagai pelopor otomotif masa depan. ada banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh dengan pembaruan ini.

Baca juga : Resmi Rilis Subaru WRX 2023 Menjadi Semakin Bertenaga!

Apalagi pengguna roda empat semakin kesini, semakin menunjukkan minat yang tinggi. Sehingga berbagai perusahaan kompetitor otomotif berlomba-lomba menciptakan fitur terbaru demi kenyamanan pengguna salah satunya DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Modular ini menjadi salah satu upaya inovatif dari Daihatsu untuk melakukan persaingan dalam industri otomotif global. Bagi yang penasaran, bisa menyimak tentang penjelasan mengenai DNGA milik Daihatsu ini.

Mengenal Apa Itu Platform DNGA?

Mengenal Apa Itu Platform DNGA?
Mengenal Apa Itu Platform DNGA?

Platform DNGA adalah inovasi terbaru dari perusahaan otomotif Daihatsu, dimana memiliki tujuan baik untuk mengembangkan fitur lebih ramah lingkungan. Teknologi ini kompatibel pada berbagai jenis kendaraan roda empat Daihatsu.

Perkembangan teknologi menuntut berbagai aspek untuk terus berkembang, termasuk industri mobil. Ditambah lagi, ada regulasi pemerintah yang menekan para perusahaan otomotif supaya menurunkan emisi gas buang.

Dari sisi pengguna sendiri sangat membutuhkan fitur terbaru supaya mobil bisa lebih mengurangi penggunaan bahan bakar. Hal tersebut semakin dipicu oleh kenaikan harga BBM setiap tahunnya oleh pemerintah.

Semula, untuk solusi penghematan bahan bakar mesin menggunakan konsep VVTI-i (Variable Valve Timing-intelligent). Kemampuannya adalah membuka atau menutup katup mobil secara otomatis sesuai kebutuhan mesin.

Sehingga, sebagai salah satu perusahaan otomotif terbesar, Daihatsu memperbaikinya dengan menciptakan DNGA supaya dapat menyesuaikan perkembangan zaman. Ada sejumlah manfaat yang bisa dirasakan pengguna terhadap platform tersebut.

Disamping itu, fitur DNGA mampu memenuhi persyaratan regulasi global, memenuhi standar keamanan serta masuk ke dalam regulasi pemerintahan Indonesia. Lalu memungkinkan bisa dipasangkan pada teknologi terbaru dengan desain lebih canggih.

Daihatsu dapat membantu produsen mobil lain untuk memperkenalkan mobil ramah lingkungan serta hemat energi. Cara kerjanya dengan mengintegrasikan komponen mobil utama seperti mesin, transmisi, suspensi dan sasi dalam satu kesatuan.

Rangkaian strukturnya lebih kuat karena dirancang menggunakan teknologi teranyar demi menciptakan stabilitas keamanan pada mobil. Keseragaman komponennya mampu menghemat biaya produksi, sehingga harga jual lebih murah.

Fleksibilitas platform ini bisa membuat berbagai jenis mobil menjadi berbagai ukuran serta spesifikasi berbeda. Menariknya, tidak perlu mengubah desain maupun struktur dasar dari platform itu sendiri.

Fitur-fitur Milik Platform DNGA

Ada sejumlah fitur yang dibutuhkan supaya pengguna bisa mendapatkan kenyamanan berkendara. Mulai dari fitur mesin, teknologi yang dipakai, hingga fitur optimasi buka-tutup katup. Hal tersebut bisa didapatkan dalam satu platform.

Dengan tidak terlalu banyak membutuhkan komponen, Daihatsu membuat bobot mobil menjadi lebih ringan karena platform ini sangat fungsional serta multitasking. Lalu apa saja yang menjadi fitur platform unggulan Daihatsu? Simak dibawah ini.

  • Modular dan Fleksibel

DNGA dapat digunakan pada berbagai jenis dan ukuran mobil meski memiliki spesifikasi berbeda. Sehingga hal ini membuat produsen mobil dapat membuat berbagai model tanpa harus mengubah struktur desain platformnya.

  • Fitur Lightweight

Struktur rangkanya lebih ringan dapat mengurangi bobot lebih optimal. Keringanan dalam hal bobot mobil bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar sekaligus performa mobil. Platform DNGA juga bisa memperbaiki handling saat berkendara.

  • Fitur Keamanan

Karena dirancang untuk meningkatkan keamanan mobil, maka Daihatsu menggunakan material lebih kuat. Selain itu, mampu meningkatkan sasis supaya mampu menyerap benturan sekaligus melindungi penumpang saat terjadi kecelakaan.

  • Fitur Suspensi

Ada juga teknologi yang bisa membuat pengendara nyaman saat berkendara. Suspensi yang lebih baik adalah salah satu contohnya. Platform DNGA dapat memberikan kenyamanan pada interior mobil.

  • Fitur Efisiensi BBM

Platform ini merupakan pembaruan dari versi VVT-i, meski masih menggunakan fitur VVT-i, DNGA mampu mengoptimalkan kinerja katup supaya pembukaan dan penutupannya lebih efisien dalam mengatur posisinya secara tepat.

  • Fitur Transmisi¬†

Transmisi yang digunakan adalah dual transmisi, yaitu transmisi manual dan Continuously Variable Transmission (CVT). Keduanya membuat perpindahan gigi bisa lebih optimal tanpa kehilangan banyak energi.

Manfaat Platform DNGA bagi Pengguna

Dengan kemunculan DNGA pada mobil Daihatsu, menciptakan berbagai pengalaman kenyamanan pada pengendaranya. Apalagi kemunculan teknologi tentunya selaras dengan berbagai manfaatnya. Berikut penjelasan manfaat platform milik Daihatsu bagi penggunanya.

  • Mewujudkan Performa Lebih Baik

Rancangannya memang bertujuan meningkatkan performa mobil, termasuk percepatan, kecepatan maksimum serta stabilitas berkendara. Daihatsu mewujudkannya melalui penurunan bobot mobil, memperbaiki aerodinamika dengan grille lebih rendah serta air dam lebih besar.

  • Hemat BBM

Hal ini menjadi faktor utama mengapa platform DNGA lebih baik daripada lainnya. Dengan posisi air dam lebih rendah maka dapat mengurangi hambatan angin ketika mobil bergerak. 

Mobil hemat bbm sangat dibutuhkan oleh pengguna, terutama untuk kota metropolitan. Hal tersebut mampu mengurangi biaya operasional di tengah kemacetan dan memiliki keuntungan dalam jangka panjang. 

  • Meningkatkan Mobilitas

Bila mendapatkan mobil yang bisa menghemat bbm, kemungkinan besar seluruh mobilitas harian dapat dijangkau dengan mudah. Jumlah bahan bakar yang dibutuhkan lebih sedikit sehingga tidak perlu takut kehabisan bensin.

  • Mengurangi Efek Polutan

DNGA menghasilkan emisi gas lebih rendah dan tidak mengeluarkan gas kotor dari knalpot. Dengan begitu, bisa menciptakan kenyamanan bagi orang lain sekaligus meningkatkan keamanan karena mengurangi polusi.

  • Meningkatkan Keamanan

Sistem keamanan yang digunakan berupa sistem pengereman otomatis, dimana bisa mendeteksi bahaya sehingga mobil bisa perlahan mengurangi kecepatan. Lalu terdapat sistem kamera dan sensor guna mendeteksi objek di sekitar kendaraan.

Selanjutnya ada sistem kontrol stabilitas yang bisa membantu mengurangi tergelincir maupun kehilangan kendali, jadi bisa meminimalisir kecelakaan. Sistem pencegahan ini bisa mendeteksi bahaya dan memberikan peringatan tanda bahaya.

Pengaruh Platform DNGA pada Industri Otomotif

Perusahaan otomotif asal Jepang ini memiliki pengaruh yang cukup signifikan pada pasar perdagangan mobil. Setelah memahami berbagai manfaatnya, berikut dijelaskan bagaimana pengaruh platform DNGA pada industri mobil.

  • Meningkatkan Efisiensi Produksi dan Mengurangi Biaya Produksi

Industri otomotif berkali-kali memutar otak melakukan gebrakan dalam meningkatkan efisiensi produksi. Menekan biaya produksi tanpa mengurangi kualitas mobil penting dilakukan supaya bisa mendapat harga terjangkau namun tetap unggul pada kelasnya.

Platform DGNA memungkinkan Daihatsu dalam menghasilkan berbagai jenis mobil dengan biaya produksi rendah. Sebab platform tersebut dirancang agar bisa digunakan secara fleksibel pada berbagai varian mobil Daihatsu.

  • Memperkuat Daya Saing Daihatsu

Dengan adanya teknologi platform DNGA, Daihatsu menjadi perusahaan otomotif yang tidak ketinggalan zaman. Kualitas dan fiturnya menjadi lebih baik, sehingga bisa laku di pasaran Indonesia maupun global.

Supaya bisa bersaing di pasar otomotif, Daihatsu menawarkan harga lebih terjangkau. Berkat memakai teknologi tersebut, minat masyarakat menjadi lebih tinggi. Hal tersebut karena teknologinya bisa menguntungkan konsumen.

  • Meningkatkan Inovasi Teknologi Otomotif

Dalam meningkatkan inovasi teknologi, Daihatsu sudah mencoba berbagai macam cara sehingga memilih DNGA sebagai teknologi paling pas untuk saat ini. Teknologinya berguna untuk meningkatkan keamanan sehingga Daihatsu mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Selain keamanan, inovasi teknologi juga mampu mempertahankan posisi Daihatsu sebagai raksasa otomotif dari Jepang pilihan konsumen. Apalagi industri otomotif sangat kompetitif, jadi harus terus melakukan pembaruan teknologi.

  • Membantu Pertumbuhan Ekonomi

Industri otomotif bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi karena memberikan kontribusi terhadap pendapatan nasional dengan menciptakan lapangan kerja di Indonesia. Bisa membantu perkembangan sektor lain seperti logistik, manufaktur, dan bahan bakar.

Mobil yang Memakai Teknologi Platform DNGA

Mobil yang Memakai Teknologi Platform DNGA
Mobil yang Memakai Teknologi Platform DNGA

Mobil Daihatsu pemakai platform DNGA mampu memberikan user experience berkendara yang berbeda. Diantaranya mesin menjadi lebih halus, mobil ramah lingkungan, suspensi nyaman, dan desain stylish.

Secara teknisnya, mobil Daihatsu berteknologi DNGA memiliki berbagai keunggulan dan bisa didapatkan dengan harga lebih terjangkau. Bila penasaran mobil apa saja yang menggunakan teknologi fitur DNGA, simak berikut ini.

  • New Tanto

New Tanto menjadi mobil pertama yang menggunakan sistem DNGA, kapasitasnya hanya sebesar 660cc. Namun memiliki turbocharged sehingga performa mesin yang dihasilkan setara mesin berkapasitas 1000cc tanpa boros bensin.

Salah satu fitur andalannya adalah Smart Assist, dimana bisa meminimalisir, mencegah, dan mendeteksi risiko benturan pada kendaraan maupun pengendara lain. Ada juga sistem pengereman darurat yang dapat mengerem otomatis.

  • Rocky

Diluncurkan pada bulan April 2021 di Indonesia, Rocky sukses merebut perhatian masyarakat Indonesia. Meski berukuran kecil, Rocky menawarkan fitur DNGA dan memiliki fitur keamanan tercanggih dari Jepang.

  • New TAFT

New TAFT mengusung desain ketangguhan mobil Crossover versi mini, sehingga cocok untuk dikendarai sehari-hari. Tampilan glass roofnya mampu memberi visibilitas lebih luas untuk menikmati pemandangan.

Baca juga : Teknologi Mobil Korea KIA, Canggih dan Berkualitas Digunakan

Kehadiran teknologi mampu membantu manusia dalam berbagai aspek termasuk inovasi industri otomotif masa depan. Dalam penciptaannya, inovasi teknologi platform DNGA otomotif bisa membantu meminimalisir kecelakaan dan efisiensi bahan bakar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here